Yang Bukan Teknik Dasar Bola Basket Adalah

Yang Bukan Teknik Dasar Bola Basket Adalah

Bola handbasket merupakan salah satu olahraga yang populer sejak puluhan tahun lalu. Kalau Sobat tertarik untuk mempelajari olahraga yang satu ini, sebaiknya pelajari teknik dasar permainan bola basket
terlebih dahulu.

Dalam bola basket terdapat teknik dasar meliputi communicable dan passing, dribbling, shooting dan pivot. Supaya lebih jelas, sebaiknya baca penjelasan berikut ini sampai habis.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Dalam olahraga bola handbasket dikenal viii teknik dasar dan lanjutan. Berikut ini penjelasan yang bisa Sobat simak supaya bisa memahami teori permainan bola handbasket.

  • Teknik paling dasar dalam permainan bola basket adalah passing (mengoper) dan catching (menerima) bola dari rekan satu tim. Untuk melakukan teknik ini, Sobat membutuhkan seorang partner.

    Ketika akan melakukan passing atau mengoper, letakkan bola sejajar dengan dada Sobat. Gunakan telapak tangan untuk memegang bola handbasket. Kemudian tolak bola tersebut ke arah depan sampai tangan Sobat lurus.

    Posisi akhir dari gerakan ini adalah kedua tangan lurus dengan telapak tangan saling bertolak belakang.

    Sementara untuk menerima bola dari kawan atau melakukan communicable, Sobat harus membaca arah bola. Setelah itu, tangkap bola dengan kedua telapak tangan.

    Gerakan passing dan catching ini harus dilakukan dalam waktu yang sangat cepat. Jika tidak cekatan, bola mungkin saja direbut oleh lawan.

  • Dribbling merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut gerakan menggiring bola dalam olahraga basket. Untuk menggiring bola, Sobat harus memantulkannya di lantai sambil berjalan atau berlari dengan cepat.

    Dalam melakukan dribbling, Sobat hanya boleh menggunakan satu tangan. Mengganti tangan diperbolehkan ketika dribbling, namun tak diperkenankan untuk menggiring bola dengan dua tangan sekaligus.

    Teknik menggiring bola dibagi menjadi dua jenis yaitu dribbling rendah dan tinggi. Untuk dribbling rendah, pantulan bola hanya sebatas lutut pemain. Jika pantulan bola lebih tinggi dari itu, maka disebut sebagai dribbling tinggi.

    Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan dribbling adalah melihat ke arah depan dan mengontrol bola dengan baik. Jagalah bola tersebut jangan sampai direbut oleh pemain tim lawan.

  • Poin dalam permainan handbasket diperoleh dengan memasukkan bola ke ring di daerah lawan. Oleh karena itu, teknik menembak bola ke ring atau shooting wajib untuk dikuasai. Shooting bisa dilakukan dengan satu atau dua tangan.

    Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan ketika shooting. Pertama, dribbling bola ke arah ring sambil mengunci target. Setelah itu, angkat badan Sobat dengan gerakan melompat dan tembakkan bola ke arah ring.

    Untuk melakukan tembakan, Sobat tak harus berada di dekat ring. Sobat juga bisa melakukan tembakan jarak jauh, namun tekniknya hampir sama. Sobat hanya perlu menyesuaikan target dengan posisi Sobat saat ini.

    Poin one diberikan ketika Sobat menembakkan bola ke ring dari jarak dekat. Sementara tembakan jarak jauh yang berhasil masuk band akan diganjar 3 poin.

  • Teknik dasar permainan bola basket yang berikutnya adalah pivot atau gerakan memutar. Tujuan dari gerakan ini adalah menyelamatkan bola dari upaya lawan untuk merebutnya.

    Untuk melakukan teknik ini, caranya sangat sederhana. Pegang bola dengan kedua tangan, bungkukkan badanmu sedikit untuk melindungi bola. Kemudian gunakan salah satu kaki untuk melakukan gerakan memutar menghindari lawan.

    Gerakan pivot biasanya dilakukan berurutan dengan tiga teknik lainnya, yaitu passing atau mengoper, menggiring bola, lalu menembakkannya ke band.

  • Ketika melakukan shooting, tidak semua tembakan bisa masuk di ring. Sebagian tembakan mungkin saja gagal karena memantul. Hal ini bisa menjadi celah lawan untuk merebut bola dari tim Sobat. Supaya hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya Sobat juga mempelajari teknik rebound.

    Cara melakukan gerakan rebound juga sangat sederhana. Perhatikan bola ketika akan ditembakkan ke ring oleh Sobat, teman satu tim, maupun lawan primary. Ambil ancang-ancang untuk berjaga apabila bola tersebut memantul. Begitu bola memantul, melompatlah kemudian raih bola tersebut.

    Gerakan rebound dibagi menjadi dua jenis, yaitu offensive rebound dan defensive rebound. Ketika Sobat mengambil bola yang ditembakkan oleh lawan, hal ini disebut sebagai defensive rebound. Biasanya, gerakan ini dilanjutkan dengan serangan balik.

    Sedangkan offensive rebound dilakukan ketika ada bola yang tidak berhasil ditembakkan ke ring oleh pemain satu tim.

  • Slam dunk adalah salah satu jenis variasi gerakan shooting yang sudah Sobat pelajari sebelumnya. Perbedaannya ada pada posisi tubuh ketika menembakkan bola ke ring. Ketika melakukan gerakan slam dunk, posisi tubuh benar-benar melayang, kaki pemain juga biasanya sedikit ditekuk.

    Untuk melakukan gerakan slam douse, bungkukkan badan Sobat untuk mengambil ancang-ancang lompatan. Perhatikan pula target ring yang ada di depan. Setelah itu melompatlah setinggi mungkin dan lakukan gerakan shooting dengan satu tangan.

    Gerakan slam dunk terbagi menjadi beberapa variasi berikut ini:

    • Walking in the air (berjalan di udara)
    • Alloy-ops
    • 360 degree douse
    • Tip douse
    • Back dunk
    • Crossover dunk
  • Teknik yang ketujuh dalam bola basket adalah screen. Teknik ini digunakan untuk melindungi teman satu tim dari upaya intervensi lawan. Ada dua tahap yang perlu Sobat lakukan ketika melakukan screen.

    Pertama, Sobat harus menggunakan dua atau satu tangan untuk memblokir gerakan lawan mendekati teman satu tim Sobat. Setelah itu, Sobat harus membuka atau memberikan jalan kepada pemain yang Sobat lindungi tadi.

    Dengan upaya kerja sama seperti ini, bukan mustahil tim Sobat menguasai permainan dan memenangkan pertandingan.

  • Hampir sama seperti slam dunk, lay upward juga merupakan salah satu variasi gerakan dari shooting atau menembakkan bola ke arah ring lawan. Jika ingin melakukan lay upward, ikuti langkah-langkah berikut ini.

    • Pertama, giring bola mendekati band lawan.
    • Setelah itu, ambil dua langkah maju mendekati ring sambil membawa bola di tangan.
    • Tembakkan bola ke band dari jarak yang sangat dekat dengan sedikit mengangkat badan, namun tidak sampai melakukan lompatan.

Tingkatkan Kemampuan dengan Menonton NBA

Mempelajari sesuatu tidak hanya cukup dari teori. Sobat juga perlu melihat contoh secara langsung kemudian mempraktikkannya.

Setelah mempelajari teori dari teknik dasar bermain bola handbasket di atas, sebaiknya Sobat juga mencontoh teknik tersebut dari pemain profesional. Untuk melihat bagaimana permainan para pemain profesional, cobalah untuk menyaksikan mereka berlaga di pertandingan NBA.

Tayangan tersebut bisa Sobat nikmati dengan berlangganan paket minipack IndiBasketball dari IndiHome. Dengan berlangganan add-on tersebut, Sobat bisa menikmati tayangan NBA TV dan NBA Television set HD.

Kalau Sobat sudah berlangganan IndiHome sebelumnya, Sobat bisa langsung berlangganan addition tersebut. Biayanya juga sangat murah, hanya Rp15.000 per bulan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, nonton NBA TV sekarang juga!

Amati permainan yang ada di tayangan tersebut dengan seksama. Perhatikan setiap detail gerakan dan teknik dasar permainan bola handbasket yang mereka lakukan. Setelah itu, Sobat bisa mempraktikkannya sendiri di rumah. Jangan mudah menyerah, ya.

Lihat Foto

Pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Arki Dikania Wisnu (kanan) melakukan umpan saat dijaga pebasket Pelita Jaya Bakrie Jakarta Reggie William Mononimbar (kiri) dalam gim ketiga Final Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 di Britama Loonshit, Jakarta, Minggu (6/half-dozen/2021). Satria Muda Pertamina Jakarta berhasil menjadi juara IBL 2021 usai mengalahkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dengan skor 68-60 (2-1).

KOMPAS.com –
Pengajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di sekolah sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional. Di mana hal ini bertujuan agar siswa memiliki kemampuan yang dapat dialihgunakan melalui kegiatan olahraga.

Sehingga terdapat keserasian antara pengajaran yang menekankan pada pemahaman konsep dan pengajaran yang menekankan pada keterampilan kebugaran jasmani.

Baca juga: 20 Peraturan Permainan Bola Basket, Siswa Sudah Paham?

Bagi siswa yang sedang belajar permainan bola basket, tentu harus mampu memahami dan mempraktikkan konsep atau teknik dasar bola basket yang baik dengan sikap disiplin, bekerja sama dan tanggung jawab melalui pembelajaran pendidikan jasmani:

Melansir laman Kemendikbud Ristek, berikut dijelaskan mengenai teknik dasar bola basket.

8 teknik dasar bola basket

  1. Cara memegang bola
  2. Passing dan Catching (Melempar dan Menangkap Bola)
  3. Dribbling (Menggiring Bola)
  4. Pin
  5. Shooting
  6. Lay Up
  7. Rebound
  8. Screen

1. Cara memegang bola

Adapun teknik dasar memegang bola basket yang benar, adalah sebagai berikut:

  • Pegang bola basket dengan kedua tangan.
  • Untuk memegang bola kedua telapak tangan harus dibuka lebar seperti halnya memegang mangkok besar.
  • Kedua telapak tangan berada di sisi kanan dan kiri bola serta berada agak di belakang.
  • Jari-jari tangan direntangkan semua dan melekat di bagian tengah sisi kanan dan kiri bola.
  • Kedua kaki dibuka lebar, posisi salah satu kaki agak ke depan.
  • Badan sedikit condong ke depan dan lutut tidak kaku (rileks).

Baca juga: Gerak Dasar Sepak Bola, Siswa Sudah Paham?

2. Passing dan Catching (Melempar dan Menangkap Bola)

Cara menangkap bola (catching):

  • Raih bola dengan telapak tangan yang terbuka lebar dan jari-jari terentang.
  • Begitu bola berada di telapak tangan, genggam bola tersebut dengan merentangkan jari tangan selebar mungkin ke sisi bola sambil ditarik ke belakang mendekat ke badan.

Melempar bola (passing) terdiri dari 5 cara, antara lain:

  • Chest Pass: melempar bola dari posisi dada
  • Overhead Laissez passer: melempar bola dari posisi di atas kepala
  • Bounce Pass: melempar bola dengan cara memantulkan bola ke lantai
  • Baseball game Pass: melempar bola dari posisi diatas atau di belakang kepala
  • Behind Back Pass: melempar bola dari belakang tubuh dengan memantulkan ke lantai

3. Dribbling (Menggiring Bola)

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menggiring bola, adalah sebagai berikut:

  • Memantulkan bola ke lantai dengan satu tangan.
  • Mengontrol bola dalam genggaman jari-jari tangan, menjaga agar bola tidak bergerak tanpa arah.
  • Ketika bola dipantulkan, tangan harus mengikuti arah bola lalu sesegera mungkin menempelkan telapak tangan pada bola.
  • Saat menggiring bola, siku tangan harus lurus sementara pergelangan tangan dilenturkan.
  • Tubuh tidak boleh terlalu tegak melainkan harus dalam keadaan setengah membungkuk, hal ini bertujuan agar lebih mudah menggiring bola.
  • Kepala tegak lurus menghadap ke depan, hal ini untuk melihat lawan yang ada di depan mata.
  • Memanfaatkan kedua tangan dalam melakukan dribbling bola, agar bola yang berada di tangan kita tak mudah direbut oleh lawan master. Dalam menggiring bola, pemain hanya boleh memantulkan bola ke lantai setelah melakukan tiga langkah pergerakan. Jika hal ini dilanggar maka akan dianggap sebagai pelanggaran, dan bola berpindah ke bawah penguasaan tim lawan.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Servis Atas Bola Voli

4. Pivot

Pivot adalah gerakan penyelamatan bola dari jangkauan lawan dengan melakukan gerakan memutar menggunakan satu kaki sementara kaki yang lainnya sebagai poros. Biasanya gerakan pivot ini diikuti dengan melakukan 3 gerakan lainnya yakni distill, passing dan shooting.

5. Shooting

Lihat Foto

Bola basket SMA di Amerika Serikat

Shooting merupakan gerakan inti dari permainan bola basket yakni gerakan untuk mencetak angka/poin. Shooting atau menembak adalah gerakan memasukkan bola langsung kedalam ring/keranjang tim lawan.

Gerakan ini dapat dilakukan dengan menggunakan kedua tangan maupun satu tangan saja. Selanjutnya hasil dari gerakan shooting ini dapat menghasilkan jumlah poin yang berbeda yakni ane, 2 atau 3 angka.

6. Lay Up

Lay-upwardly bukan merupakan satu gerakan tapi rangkaian gerakan untuk memasukkan bola ke dalam band lawan. Gerakan ini dilakukan dengan cara melangkah sebanyak dua kali kemudian memasukkan bola ke dalam ring lawan.

Lay-upward dilakukan di sebelah kanan atau kiri sisi keranjang. Gerakan ini merupakan gerakan tembakan dari jarak dekat. Lay-upward disebut juga dengan istilah tembakan melayang.

Baca juga: Siswa, Begini Gerak Passing Bola Voli

7. Rebound

Rebound adalah gerakan mengambil bola yang gagal masuk ke dalam ring. Gerakan rebound dilakukan dengan cara menangkap atau mendapatkan hasil pantulan dari bola yang sebelumnya gagal masuk ring/keranjang oleh pemain lain, baik pemain dari satu tim maupun pemain tim lawan.

Pemain dari tim manapun boleh melakukan gerakan ini, baik dari tim yang sama dengan yang memasukkan bola sebelumnya maupun dari tim lawan. Rebound dibagi menjadi ii jenis, antara lain:

  • Ofensif rebound: shoot ulang bola yang gagal dimasukkan oleh rekan satu tim.
  • Defensif rebound: merebut bola yang gagal dimasukkan oleh tim lawan.

viii. Screen

Screen merupakan gerakan dari pemain yang bertindak sebagai penyerang dalam upaya membebaskan teman satu timnya dari penjagaan tim lawan. Gerakan screen ini dilakukan dengan cara menutup arah pergerakan pemain tim lawan yang menjaga teman satu tim.

Kemudian membuka ruang pergerakan teman satu tim tersebut yakni dengan memberi jalan melewati belakang pemain yang melakukan screen.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian bring together. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Yang Bukan Teknik Dasar Bola Basket Adalah

Source: https://apayangkamu.com/di-bawah-ini-yang-bukan-teknik-dasar-permainan-bola-basket-adalah-dribling-shoting-passing-smas

Check Also

10 Soal Essay Tentang Bola Voli Beserta Jawabannya

10 Soal Essay Tentang Bola Voli Beserta Jawabannya Berikut ini, kami akan membagikan latihan soal …