Variabel Yang Mempengaruhi Variabel Yang Lain Disebut Dengan Variabel

Variabel Yang Mempengaruhi Variabel Yang Lain Disebut Dengan Variabel

Jakarta

Dalam konsep dasar penelitian ilmiah, kita pasti akan mendengar istilah tentang variabel.
Variabel
adalah suatu sebutan yang bentuknya dapat diberi nilai angka (kuantitatif) atau nilai mutu (kualitatif).

Variabel dari suatu penelitian merupakan kegiatan menguji hipotesis (kesimpulan atau dugaan sementara). Artinya menguji kecocokan antara teori dan fakta empiris yang ada di dalam dunia nyata.

Mengutip buku Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah oleh Dr. Juliansyah Noor, S.E., M.M., istilah variabel berasal dari dua kata Bahasa Inggris, yakni ‘vary’ berarti berubah, dan ‘able’ berarti dapat. Dinamakan variable, karena pada dasarnya variabel itu bervariasi, sehingga masing-masingnya dapat berbeda.


Jadi,
variabel
bisa juga diartikan sebagai suatu atribut, sifat atau nilai dari orang, serta objek atau kegiatan yang memiliki variasi tertentu untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya oleh seorang peneliti.

Variabel merupakan pengelompokan secara logis dari dua atau lebih suatu atribut dari objek yang diteliti.

Atribut yang dimaksudkan, misalnya usia anak-anak, remaja, dan dewasa. Maka, variabelnya adalah tingkat umur dari objek penelitian. Contoh lain dari variabel adalah, seperti tidak sekolah, tidak tamat SMP, tidak tamat SMA. Maka, variabel dari objek penelitiannya adalah tingkat pendidikan.

Berikut adalah penjelasan dari macam-macam variabel yang dilansir dari buku buku Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah oleh Dr. Juliansyah Noor, S.E., M.M, dan modul Sosiologi Paket C Setara SMA/MA Kemdikbud oleh Maria Listiyanti.

Jenis-jenis Variabel

Dari adanya beberapa macam variabel yang ada, variabel utama yang sangat penting untuk dipahami adalah
variabel
bebas dan variabel terikat.

Berikut adalah macam-macam variabel dalam penelitian:

  • Variabel
    Bebas (Independent Variable)

Variabel bebas atau independent variable adalah variabel yang mempengaruhi, atau yang menjadi sebab perubahan dari adanya suatu variabel dependen (terikat). Variabel bebas biasanya dinotasikan dengan X.

  • Variabel Terikat
Baca :   Tentukan Konfigurasi Elektron Dan Jumlah Elektron Valensi Unsur Unsur Berikut

Variabel terikat atau
variable dependent
diartikan sebagai variabel yang dipengaruhi, akibat adanya variabel bebas. Variabel ini biasa dinotasikan dengan Y.

Padanan kata antara variabel bebas dan variabel terikat. Foto: Buku Metodologi Penelitian oleh Dr. Juliansyah Noor, S.E., M.M.

Contohnya, penelitian mengenai hubungan kesulitan belajar siswa. Kesulitan belajar (variabel terikat), yang dipengaruhi oleh faktor kelelahan (variabel bebas).

  • Variabel Moderator

Variabel moderator merupakan variabel bebas kedua, artinya variabel moderator adalah variabel yang mempengaruhi (memperkuat atau memperlemah) hubungan antar variabel bebas dengan variabel terikat. Variabel ini mempunyai karakteristik dasar, yakni lebih sulit berubah dalam jangka waktu tertentu dan sering digunakan dalam analisis regrasi linear, atau
structural equation modeling.

Contohnya, pengaruh kemampuan terhadap kinerja. Usia dan kepribadian seseorang adalah variabel moderator dari contoh tersebut, artinya kemampuan kinerja akan semakin kuat apabila seseorang berada di usia yang relatif muda dan ada kepribadian tipe tertentu.

  • Variabel Antara

Variabel antara atau
intervening variable
adalah variabel yang mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, sehingga menjadi hubungan yang tidak langsung serta tidak dapat diukur dan diamati.

Contohnya, pengaruh kualitas pelayanan (variabel bebas) dan kepuasan konsumen (variabel terikat) terhadap loyalitas (variabel antara).

  • Variabel Kontrol

Variabel kontrol adalah variabel yang dapat dikendalikan. Sesuai dengan namanya, sehingga variabel bebas terhadap variabel terikat tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Variabel kontrol umumnya, sering digunakan untuk jenis penelitian perbandingan.

  • Variabel Nominal

Variabel nominal merupakan variabel yang di tetapkan berdasarkan proses penggolongan. Contohnya, penggolongan jenis kelamin (dipilah dalam pria dan wanita), jenis pekerjaan (dipilah dalam PNS dan swasta), dan lain-lain.

  • Variabel Ordinal
Baca :   Contoh Konkret Yang Dapat Mengancam Nasionalisme Dalam Bidang Sosial

Variabel ordinal adalah variabel yang disusun berdasarkan jenjang dalam suatu atribut tertentu. Contohnya, tingkat ranking siswa dalam suatu kelas (dipilah dalam ranking tinggi, sedang, dan rendah).

  • Variabel Interval

Variabel interval adalah variabel yang dihasilkan dari suatu pengukuran dimana pengukuran itu diasumsikan terdapat satuan pengukuran yang sama. Sifat variabel interval adalah adanya penggolongan, urutan/ranking, dan satuan pengukuran. Contohnya, prestasi belajar, dan penghasilan yang dinyatakan dalam skor.

  • Variabel Rasio

Variabel rasio adalah variabel yang terdapat titik nol mutlak, dalam kuantifikasinya. Adanya penggolongan, ranking, satuan pengukuran, dan nol mutlak merupakan sifat dari variabel ini.

  • Variabel Diskrit

Variabel diskrit disebut juga dengan variabel kategori, karena hanya dikategorikan dalam dua jawaban yang berlawanan, yaitu pilihan jawaban “ya” atau “tidak”.

  • Variabel
    Statis

Variabel statis adalah variabel yang keberadaannya tidak dapat diubah, seperti jenis kelamin, tempat tinggal, dan lain-lain.

  • Variabel Dinamis

Variabel dinamis adalah variabel yang keberadaannya dapat diubah. Perubahan tersebut dapat berupa peningkatan, atau penurunan. Misalnya, motivasi, kedisiplinan, dan lain-lain.

Dari pengertian variabel di atas, membuktikan bahwa
variabel
menjadi salah satu hal yang penting dari sebuah penelitian.

Simak Video “4 Teknologi yang Mencoba “Melawan” Kuasa Tuhan


[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Variabel Yang Mempengaruhi Variabel Yang Lain Disebut Dengan Variabel

Source: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5821887/pengertian-variabel-dan-jenisnya-dalam-penelitian

Artikel Terkait

Leave a Comment