Untuk Menjaga Kesehatan Kapan Sebaiknya Kita Harus Mengganti Pakaian

Untuk Menjaga Kesehatan Kapan Sebaiknya Kita Harus Mengganti Pakaian

Kapan Harus Mengganti Handuk dan Cara Mencucinya?

mengganti handuk

Mengganti handuk mandi adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Mengganti handuk ini harus dilakukan secara rutin karena dengan digunakannya handuk terlalu lama dapat menimbulkan berbagai penyakit kulit.

Selain dengan rutin menggantinya, ada pula beberapa cara yang tepat untuk membersihkannya agar kuman yang bersarang pada handuk mandi tersebut dapat dibasmi.

Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Handuk?

Walaupun terlihat sepele, namun mengganti handuk secara rutin sangatlah penting untuk dilakukan. Karena tanpa disadari handuk dapat menjadi tempat berkembangnya kuman dan media penularan berbagai jenis penyakit kulit.

Nah, waktu mengganti handuk ini berbeda-beda tergantung dari pemakaian handuk itu sendiri. Pemakaian yang sering tentu harus sering pula dalam mencuci dan menggantinya.

– Handuk Mandi

Handuk mandi adalah handuk yang pasti digunakan oleh setiap orang. Pemakaian handuk mandi sendiri minimal adalah satu kali setiap harinya tergantung dari seberapa banyak Anda mandi dalam satu hari tersebut.

Untuk handuk mandi yang digunakan sendiri, ada baiknya diganti setiap 3 hari sekali atau 2 kali dalam seminggu. Setiap kali digunakan pun, handuk mandi harus dijemur hingga benar-benar kering.

Selain itu, Anda harus menghindari penggunaan handuk mandi bergantian dengan anggota keluarga lain. Hal ini dikarenakan handuk mandi memiliki risiko tinggi dalam penularan kuman.

– Handuk Olahraga

Berbeda dengan handuk olahraga, handuk yang digunakan untuk olahraga harus diganti setiap kali Anda menggunakannya. Pasalnya handuk jenis ini digunakan untuk menyeka keringat dan sangat banyak kuman dan bakteri yang akan bersarang di handuk tersebut.

Pergantian handuk setiap kali digunakan juga berlaku untuk handuk yang digunakan untuk orang sakit, handuk tamu, atau handuk yang terjatuh ke lantai.

Cara Mencuci Handuk yang Benar

Kuman bukanlah makhluk yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Handuk yang terlihat bersih belum tentu bebas dari kuman. Oleh karenanya kita harus mencuci handuk sebersih mungkin dengan beberapa tips berikut :

  • Cucilah handuk dengan suhu tinggi sesuai dengan suhu maksimal yang dianjurkan untuk bahan handuk tersebut. Contohnya handuk dengan bahan dasar microfiber, suhu maksimal untuk mencuci handuk microfiber adalah 90 derajat celcius.
  • Hindari mencampur handuk dengan pakaian lain saat proses pencucian.
  • Keringkan handuk dengan menjemurnya dibawah paparan sinar matahari langsung.
  • Jangan tinggalkan cucian atau handuk mandi yang telah dicuci terlalu lama di dalam mesin cuci karena dapat menyebabkan kuman berkembang biak.
  • Bersihkan permukaan handuk dari debu atau kotoran halus lainnya yang menempel pada saat proses penjemuran sebelum disetrika dan dilipat.
  • Bersihkan mesin cuci secara rutin dengan cairan desinfektan untuk mencegah berkembangnya kuman di dalam mesin cuci.

Penting untuk kita dalam menjaga kesehatan diri kita sendiri dengan rutin membersihkan dan mengganti peralatan pribadi yang sering digunakan.

Gantilah handuk yang Anda gunakan sesegera mungkin bila handuk sudah tampak kotor dan berbau.

Begitulah beberapa tips dalam mengganti dan mencuci handuk.

Gunakanlah handuk yang nyaman dan lembut untuk tubuh Anda seperti handuk microfiber. Kain microfiber sangatlah lembut dan nyaman di kulit, selain itu dapat menyerap air dengan maksimal.

Apa sih microfiber itu?

Jangan lupa follow instagram, like facebook folio, dan subscribe youtube kita ya…

One idea on “Kapan Harus Mengganti Handuk dan Cara Mencucinya?


cara membersihkan setrika

10 Cara Membersihkan Setrika

Cara Membersihkan Setrika – Setrika dapat membuat pakaian terlihat rapi. Menggunakan untuk menghilangkan kerutan dan lipatan dari pakaian adalah rutinitas penting dalam kehidupan kita. Penting juga untuk membersihkan dan merawat

Selengkapnya »

membersihkan lantai kamar mandi

Cara Menghilangkan Jamur Pada Lemari

Cara Menghilangkan Jamur Pada Lemari

Menghilangkan Jamur Pada Lemari – Batuk berdahak, kelelahan kronis, dan mata merah dan gatal mungkin merupakan tanda dari penyebab tersembunyi: jamur yang tumbuh di lemari Anda. Jamur hitam beracun tumbuh

Selengkapnya »

Membersihkan Wastafel Stainless Steel

Cara Membersihkan Wastafel Stainless Steel

Membersihkan Wastafel Stainless Steel – Wastafel stainless steel menjadi pilihan populer untuk tempat pencucian di dapur. Namun, pekerjaan ekstra diperlukan untuk menjaga hasil akhir tetap bersih. Ikuti langkah-langkah sederhana ini

Selengkapnya »

logo-mipacko

Alamat

Jalan Terusan Panyileukan no.8, Bandung, Jawa Barat, Republic of indonesia

Hubungi Kami

Email

Untuk Menjaga Kesehatan Kapan Sebaiknya Kita Harus Mengganti Pakaian

Source: https://microfiber.co.id/kapan-harus-mengganti-handuk-dan-cara-mencucinya/

Baca :   Tahap Pertama Sebelum Berolahraga Di Dalam Air Adalah Berlatih

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …