Untuk Memperkuat Alasan Yang Disampaikan Oleh Penulis Maka Disertakan

Untuk Memperkuat Alasan Yang Disampaikan Oleh Penulis Maka Disertakan

Argumentasi adalah?
Arti argumentasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah alasan untuk menolak atau memperkuat suatu pendapat, pendirian atau gagasan. Nah, berikut ini merupakan definisi argumentasi secara umum dan menurut para ahli, serta manfaatnya.

Daftar Isi

  • Pengertian Argumentasi
    • Pengertian Argumentasi Menurut Para Ahli
  • Ciri-Ciri Argumentasi
  • Tujuan Argumentasi
    • 1. Menyampaikan Pendapat
    • 2. Memengaruhi Orang Lain
    • 3. Mencari Solusi
  • Contoh Argumentasi

Pengertian Argumentasi

Argumentasi adalah suatu proses berpikir dengan cara sistematis dan terstuktur untuk menjawab pertanyaan, pernyataan yang kurang memuaskan disertai dengan alasan yang jelas mengapa menolak atau memperkuat dengan tujuan menyakinkan pihak lain bahwa pendapat Anda layak untuk dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.

Dalam Bahasa Indonesia, argumentasi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk menyakinkan atau membujuk para pembaca. Dalam penulisan argumentasi isinya dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan dan ulasan secara obyektif yang disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat. Tujuannya agar para pembaca yakin bahwa ide, gagasan atau pendapat tersebut terbukti benar.

Menurut Gorys Keraf (1997), argumentasi adalah suatu retorika yang berusaha mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, sehingga mereka percaya dan bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembicara atau penulis.

Menurut Aceng Hasani (2005), argumentasi adalah salah satu jenis esai yang mencoba untuk mempengaruhi orang lain dengan menghadirkan bukti-bukti yang memperkuat argumen yang disajikan secara logis dan faktual agar pembaca atau pendengar tertarik dengan argumen yang dikemukakan oleh penulis.

Baca :   Materi Pjok Kelas 7 Semester 2

Menurut Adeng Chaedar Alwasilah (2005), argumentasi adalah suatu esai yang bertujuan untuk membuktikan mengenai kebenaran dan ketidakbenaran dari sebuah pernyataan.

Berdasarkan pengertian argumentasi yang telah disebutkan diatas, Anda harus mempunyai landasan mengapa menolak atau memperkuat suatu pernyataan atau pertanyaan. Apa saja yang dapat Anda gunakan sebagai landasan? Anda dapat menjadikan teori, fakta, realita, pengalaman dan bukti-bukti yang berkaitan dengan masalah yang sedang dibahas dalam forum atau diskusi.

Ciri-Ciri Argumentasi

Dalam kehidupan sehari-hari Anda pasti sering melakukan argumentasi, entah dalam sekolah, kuliah bahkan masyarakat. Argumentasi memiliki ciri dan karakter khas. Berikut ini ciri-ciri argumentasi yang dapat Anda kenali:

  1. Sebuah argumentasi selalu mengandung ide, pendapat, pandangan, pernyataan atas masalah dalam ruang lingkup pembicaraan
  2. Saat menyampaikan argumentasi selalu ada alasan yang jelas dan kritik yang membangun untuk mencari solusi atas masalah yang sedang dibicarakan.
  3. Argumentasi yang baik adalah argumentasi yang didasarkan pada fakta valid dan dapat dipertanggungjawabkan
  4. Argumentasi tidak memihak pada pihak manapun karena harus dilakukan secara obyektif
  5. Argumentasi dilakukan untuk mencari kebenaran atau solusi atas masalah, bukan untuk berdebat hal yang tidak ada manfaatnya.
  6. Argumentasi diadakan untuk membuat rumusan masalah dengan jalan keluar yang obyektif, jelas, kritis, analogis dan dapat dianalisis.

Tujuan Argumentasi

Argumentasi merupakan alasan untuk memperkuat suatu pendapat atau pendirian seseorang. Oleh karena itu argumentasi juga mempunyai tujuan dan maksud, terutama dalam diskusi, berikut ini beberapa tujuan argumentasi:

1. Menyampaikan Pendapat

Tujuan utama dilakukan argumentasi adalah menyampaikan pendapat kepada orang lain, baik bersifat pribadi atau musyarawah. Menyampaikan pendapat bukan perkara mudah, Anda harus menyiapkan mental karena tidak semua orang dapat memerima pendapat, ada yang akan menolak dengan alasan tertentu. Jika Anda menemui kondisi ini Anda harus bisa menyanggah dengan sopan dan tegas tanpa menjatuhkan.

Baca :   Senam Irama Yang Mengutamakan Keindahan Dan Keserasian Gerakan Disebut

2. Memengaruhi Orang Lain

Tujuan kedua dari argumentasi adalah mempengaruhi orang lain untuk setuju dengan pendapat Anda, agar dapat mempengaruhi orang lain Anda harus mempunyai data yang cukup valid dan  dapat dipertanggungjawabkan serta pandangan atas masalah tertentu sehingga pihak lawan  akan percaya dengan pendapat  yang Anda  sampaikan karena berdasarkan fakta dan opini yang jelas.

3. Mencari Solusi

Tujuan ketiga dari argumentasi adalah mencari solusi atas masalah yang menjadi topik diskusi, dalam diskusi umumnya berbagai pihak akan menyampaikan pendapat dan saran secara bergantian. Peserta diskusi akan menyampaikan argumentasi sesuai dengan ilmu yang dikuasai, menemukan solusi dalam diskusi adalah hal yang cukup sulit  karena peserta akan saling beradu argumentasi hingga pembahasan semakin melebar.

Jika Anda berada dalam keadaan seperti ini Anda tidak perlu pusing karena Anda cukup mengambil poin-poin dari diskusi yang terjadi, merangkum, lalu menjabarkan maksud dari poin-poin tersebut, dan membuat rencana untuk merealisasikan apa yang Anda catat.

Contoh Argumentasi

Argumentasi artinya berpendapat berdasarkan fakta dan terbukti kebenarannya. Berikut beberapa contoh argumentasi berdasarkan fakta.

1. Menjaga hewan langka adalah hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang. Apabila setiap keluarga yang ada di lingkungan sadar dan mulai memperhatikan kelangkaan hewan, maka hewan itu tidak akan punah.

2. Saat ini pendidikan di Indonesia masih tertinggal cukup jauh dibandingkan negara lainnya yang ada di dunia. Bahkan Indonesia sendiri untuk masalah pendidikan masih kalah dengan tetanggara negara, seperti Singapura dan juga Malaysia.

3. Bekerja dengan giat dan disertai dengan doa merupakan kunci dari kesuksesan. Seseorang yang mempunyai niat yang besar dalam bekerja akan dapat mengatasi setiap masalah yang ditimbulkannya. Selain itu dengan niat dan tekad yang kuat pastilah seseorang itu akan sukses dalam bekerja. Jadi jangan takut gagal dan jadikan kegagalan tersebut menjadi jalan menuju kesuksesan.

Baca :   Proses Terjadinya Gerhana Matahari Dan Bulan

Itulah
pengertian argumentasi
beserta ciri-ciri dan manfaatnya,
argumentasi adalah
hal paling sering dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, argumentasi juga memiliki tata cara dan etika dalam menyampaikan pendapat.

Dalam melakukan argumentasi Anda harus memakai bahasa yang sopan agar tidak menyakiti berbagai pihak, usahakan menggunakan kalimat yang tidak menggurui namun dapat dimengerti, obyektif dan tidak memihak pada pihak tertentu, harus memiliki prinsip yang tidak dapat dipengaruhi pendapat orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.


Untuk Memperkuat Alasan Yang Disampaikan Oleh Penulis Maka Disertakan

Source: https://www.freedomnesia.id/argumentasi/

Artikel Terkait

Leave a Comment