Tuliskan Tiga Contoh Tanggung Jawab Pelajar Di Lingkungan Masyarakat

Tuliskan Tiga Contoh Tanggung Jawab Pelajar Di Lingkungan Masyarakat

Bola.com, Jakarta –
Tanggung jawab
adalah sikap seseorang terhadap segala tingkah laku dan perbuatannya. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan dari kesadaran dan kewajiban.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tanggung jawab berarti keadaan wajib menanggung segala sesuatu kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan sebagainya.

  • 95 Arti Nama Bayi Laki-Laki Islami, Sarat Makna dan Doa Baik
  • 20 Contoh Pantun Kiasan, Penuh Makna dan Menarik Dibaca
  • Macam-Macam Amalan yang Biasa Dilakukan Rasulullah sebelum Tidur

Tanggung jawab
merupakan bagian penting yang sejatinya harus tertanam dalam diri setiap orang. Sikap tanggung jawab tumbuh dari jiwa, dan akan menjadi bagian dari diri seseorang.

Jadi, sikap tanggung jawab perlu dimiliki setiap orang, termasuk siswa saat berada di lingkungan sekolah. Tanggung jawab siswa saat berada di sekolah tidak hanya hal-hal yang berkaitan dengan aspek akademik saja.

Tanggung jawab seorang pelajar di sekolah dimulai dari hal yang paling kecil hingga yang besar. Sebagai seorang siswa tentu perlu mengetahui tanggung jawabnya di sekolah.

Berikut ini beberapa contoh-contoh bentuk sikap
tanggung jawab
siswa saat berada di sekolah, seperti dilansir dari
smadwiwarna.sch.id, Kamis (24/3/2022).

1. Datang ke Sekolah Tepat Waktu

Seperti yang telah disebutkan di atas, rasa tanggung jawab seorang siswa bisa ditunjukkan dengan hal-hal kecil, seperti selalu datang tepat waktu ke sekolah.

Siswa yang tidak pernah datang terlambat sudah menunjukkan kalau dirinya memiliki rasa tanggung jawab yang besar pada kewajiban dan tugas untuk menuntut ilmu demi masa depannya.

Baca :   Contoh Soal Pbb Dan Jawabannya Brainly

2. Mengerjakan Semua Tugas yang Diberikan

Seorang siswa yang selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru sesuai jadwal yang ditetapkan juga menunjukkan rasa tanggung jawab yang besar.

Siswa tersebut tentu memiliki kesadaran penuh terhadap semua tugas-tugas yang diberikan sebagai bagian dari masa depan mereka nantinya.

Mengerjakan semua tugas dengan tekun merupakan jalan awal untuk meraih prestasi akademis yang terbaik. Siswa yang berhasil mendapatkan prestasi akademik yang bagus tentunya akan lebih mudah mewujudkan cita-citanya.

3. Memakai Baju Seragam Sesuai Peraturan

Setiap sekolah memiliki peraturan tersendiri mengenai pakaian seragam yang dikenakan siswa lengkap dengan atributnya.

Nah, memakai baju seragam yang sesuai ketentuan atau peraturan dan jadwal yang ditetapkan oleh sekolah juga menjadi bagian dari tanggung jawab siswa di sekolah.

Contohnya, jika seragam pada hari Jumat adalah Pramuka dengan sepatu dan kaos kaki berwarna hitam maka sebagai bentuk tanggung jawab siswa harus mematuhinya. Begitu juga dengan ketentuan pakaian seragam di hari-hari yang lainnya.

4. Tidak Meninggalkan Kelas saat Pelajaran

Di berita, sering kita dengar ada tawuran pelajar yang terjadi pada saat jam pelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa pelajar-pelajar tersebut belum memiliki rasa tanggung jawab sebagai seorang siswa.

Apa yang dilakukan tersebut tentunya bukan sesuatu yang baik. Mengikuti jam pelajaran di dalam kelas sesuai jadwal merupakan tanggung jawab siswa dalam meraih masa depan yang baik.

Siswa yang memiliki rasa tanggung jawab dalam menuntut ilmu tidak akan meninggalkan kelas pada saat jam pelajaran kecuali ada alasan yang sangat penting, seperti sakit atau ada urusan keluarga.

v. Tidak Melakukan Kecurangan

Meski terdengar sepele dan sering dilakukan oleh para pelajar, kecurangan seperti mencontek saat ulangan merupakan kebiasaan yang tidak baik.

Baca :   Jelaskan Yang Kamu Ketahui Tentang Tari Merak

Kebiasaan mencontek ketika guru memberikan soal ujian atau ulangan merupakan bentuk kurangnya tanggung jawab siswa untuk belajar.

Bagaimana seorang siswa bisa meraih prestasi terbaiknya kalau belajar saja malas dan justru malah mencontek saat ulangan.

Kendati terlihat sepele dan mudah, jika sikap tanggung jawab siswa di sekolah tersebut tidak dilatih serta ditanamkan sejak awal, akan sulit untuk mempraktikannya. Jika sudah menjadi kebiasaan maka tanggung jawab tersebut bukan sesuatu yang sulit dan berat.

6. Melaksanakan Jadwal Piket

Adanya piket kebersihan kelas bertujuan untuk membentuk sikap tanggung jawab para siswa. Hendaknya siswa yang sudah terjadwal harus melaksanakan piket.

Hal tersebut akan menunjukkan karakter tanggung jawab siswa dengan melakukan kewajibannya. Jadwal piket kelas harus sesuai yang disepakati.

Tidak hanya itu, menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan tidak membuang sampah sembarangan juga menjadi tanggung jawab setiap siswa.

Sumber:
Spider web SMA Dwiwarna Boarding Schoolhouse







Tuliskan Tiga Contoh Tanggung Jawab Pelajar Di Lingkungan Masyarakat

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4919920/contoh-contoh-bentuk-sikap-tanggung-jawab-siswa-di-sekolah

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …