Tuliskan 3 Manfaat Keberagaman Di Lingkungan Sekolah

Tuliskan 3 Manfaat Keberagaman Di Lingkungan Sekolah

Bola.com, Djakarta –
Keberagaman
adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Negara Kesatuan Republik Republic of indonesia (NKRI) terbentuk dari keberagaman dalam semua aspek kehidupan.

Keberagaman yang menjadi realita kehidupan di Republic of indonesia menjadi modal terbentuknya persatuan dan kesatuan bangsa. Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.

  • Manfaat Mendengarkan Musik saat Olahraga, Bantu Tingkatkan Suasana Hati
  • Manfaat Slow Living bagi Kesehatan Mental, Ketahui Cara Melakukannya
  • Cara Menghilangkan Kecanduan Fast Food

Keberagaman
di Indonesia tersebut terbentang dari Sabang sampai Merauke, Rote hingga Miangas. Keberagaman yang dimiliki Indonesia tersebut bukan tanpa sebab. Ada beberapa faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.

Di Indonesia, keberagaman banyak ditemukan di berbagai lingkungan. Keberagaman di berbagai lingkungan tersebut, antara lain lingkungan masyarakat, agama, hingga sekolah.

Keberagaman di lingkungan sekolah memiliki sejumlah manfaat. Manfaat keberagaman di lingkungan sekolah justru akan makin mendukung proses belajar dan mengajar.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat
keberagaman
di lingkungan sekolah, seperti dilansir dari lamanreginapacis-jkt.sch.id, Jumat (27/5/2022).

1. Memahami Beragam Perbedaan

Adanya perbedaan yang datang dari berbagai suku, budaya, agama, ras, dan etnik akan memberikan pembelajaran pada siswa bahwa Indonesia kaya akan keberagaman.

Manfaat keberagaman di lingkungan sekolah ini akan menjadi contoh nyata kepada siswa bahwa meski ada banyak suku dan ras, kita semua tetap bisa rukun dan bersatu.

Dengan memahami adanya perbedaan ini maka akan muncul penerimaan bahwa setiap individu memiliki karakteristik masing-masing.

Baca :   Setiap Warga Digital Memiliki Hak Atas

ii. Memupuk Rasa Saling Menghormati

Manfaat keberagaman di lingkungan sekolah lainnya akan memupuk rasa saling menghormati. Siswa telah mengerti bahwa adanya keunikan dalam hal agama, suku, ras, etnik, dan lain sebagainya menghasilkan banyak perbedaan.

Namun, bukan berarti perbedaan tersebut buruk. Sebaliknya, perbedaan itulah yang menguatkan dan menyatukan Indonesia. Maka itu, siswa akan mengerti bahwa keberagaman harus dihormati, serta tidak mengejek maupun memaksa kehendak orang lain.

3. Memunculkan Toleransi

Lingkungan sekolah yang majemuk, terdiri dari berbagai macam budaya, etnik, hingga agama, akan menuntut siswa untuk dapat saling menghormati. Setelah siswa bisa menghormati maka berikutnya ia akan dapat memupuk rasa toleransi dalam dirinya.

Ketika sudah memiliki rasa toleransi maka dapat menerima dan menghargai berbagai keragaman tersebut. Inilah manfaat keberagaman di lingkungan sekolah, di mana siswa dapat belajar saling menerima kebiasaan dan pilihan orang lain.

4. Bisa Belajar Mengenai Budaya Lain

Sisi positif adanya keanekaan di lingkungan sekolah bisa pula menjadi pembelajaran siswa tentang budaya, adat, dan etnik dari kelompok lain. Hal ini merupakan pengetahuan yang berharga dan tidak semua anak bisa mengalami tinggal di lingkungan yang beragam.

Aadanya keberagaman adat istiadat, bahasa, dan kebudayaan di dalam lingkungan sekolah, siswa secara nyata dikenalkan langsung dengan budaya lain. Dengan begitu wawasan budayanya akan makin bertambah.

5. Belajar Bersosialisasi

Sekolah merupakan lingkungan di mana siswa dapat berlatih untuk bersosialisasi dengan lebih banyak orang selain anggota keluarga. Siswa akan berinteraksi dengan teman satu kelas, kakak kelas, adik tingkat, guru, penjaga kantin, satpam, dan warga sekolah lainnya.

Baca :   Pernyataan Yang Tepat Mengenai Teknik Bayi Tabung Adalah

Jika keberagaman budaya tercipta di lingkungan sekolah, kemampuan bersosialisasi siswa akan makin terasah. Misalnya, saat ia bertemu dengan teman yang berasal dari luar kota dan kebetulan memiliki suku berbeda.

Maka, ia secara tidak langsung akan menyesuaikan sikap dan serta caranya berkomunikasi agar bisa berinteraksi dan bersosialisasi dengan temannya ini. Ke depannya, ia akan terlatih untuk menjalin pertemanan dengan banyak siswa dari latar belakang beragam.

Sumber:
Web Sekolah Regina Pacis Jakarta

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Tuliskan 3 Manfaat Keberagaman Di Lingkungan Sekolah

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4972555/manfaat-keberagaman-di-lingkungan-sekolah-bagi-siswa-lengkap-beserta-penjelasannya

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …