Tujuan Pohon Jati Menggugurkan Daunnya Pada Musim Kemarau Adalah

Tujuan Pohon Jati Menggugurkan Daunnya Pada Musim Kemarau Adalah

KOMPAS.com
– Ada begitu banyak tumbuhan di bumi yang masing-masing memiliki ciri khususnya tersendiri.

Menurut ilmuan Royal Botanic Garden dalam laporanState of The Globe’south Plants
(2016) ada sekitar 391.000 spesies tumbuhan vaskular (berpembuluh) yang saat ini dikenal sains hidup di bumi.

Apakah ciri-ciri khusus spesies tumbuhan vaskular seperti pohon jati, kaktus dan bakau?

Ciri khusus pohon jati

Pohon jati dengan nama latin
Tectona grandis
adalah pohon yang tumbuh subur di gutan tropis Asia seperti Indonesia, Malaysia, India, Thailand, dan Myanmar.

Dilansir dari
Woods Assistant,
Tectona grandis
adalah spesies pohon kayu keras tropis dari keluarga (genus) tanaman berbunga
Lamiaceae.

Pohon jati dapat tumbuh sekitar 40 meter dengan bore batang bisa mencapai 1,5 meter. Batang jati menghasilkan kayu yang keras, tahan air, juga mengandung minyak sehingga dapat menghindari pembusukan akibat jamur dan bakteri.

Sukriati Andesti Lamanda dalam skripsiAnalisis Morfologis Jati (Tectona grandis Linn. f.)
(2018) menyebutkan pohon jati memiliki daun besar sekitar sixty hingga seventy cm dikali 80 hingga 100 cm.

Baca juga: Ciri-Ciri Khusus Tanaman Kantong Semar

Pohon jati memiliki bunga yang kecil berwarna-warni dan tumbuh di ujung cabangnya. Bunga-bunga jati dapat menghasilkan buah berwarna hijau kemerahan yang berdiameter 1 hingga one,5 meter.

Selain batang pohon yang menjulang tinggi dan daunnya yang besar, jati memiliki ciri khusus lainnya. Yakni, pohon jati menggugurkan daunnya pada saat musim kemarau. Semakin besar luas permukaan daun, maka akan semakin besar penguapan yang terjadi pada stomatanya.

Pada musim kemarau, penguapan yang besar akan mengakibatkan pohon kekurangan air. Tujuan pohon jati menggugurkan daunnya ketika musim kemarau tiba adalah menggugurkan daunnya pada saat kemarau untuk mengurangi penguapan.

Baca :   Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Hal 191

Hal tersebut adalah bentuk adaptasi pohon jati tetap bertahan hidup dalam tanah kering akibat kemarau.


PIXABAY/MILIVIGEROVA
Ilustrasi tanaman kaktus.

Ciri khusus pohon kaktus

Kaktus adalah tumbuhan tanggung yang bisa bertahan hidup di lingkungan gurun yang panas dan kering. Dilansir dari
Encyclopedia Britannica, kaktus adalah tumbuhan berbunga (ordo Caryophyllales) yang memiliki sekitar two.000 spesies dan 139.

Walaupun kaktus memiliki banyak spesies, hampir semua spesies kaktus memiliki ciri khusus yang sama untuk bertahan dalam lingkungan panas dan kering, yaitu:

  • Kulit tebal

Batang tumbuhan kaktus memiliki kulit tebal seperti lapisan lilin. Kulit tebal berupa lilin tersebut membantu mengurangi penguapan. Lapisan lilin tidak membiarkan air dalam batang tidak menguap karena cuaca gurun yang panas, sehingga persediaan air tetap terjaga.

Baca juga: 10 Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

  • Batang besar

Kaktus memiliki batang besar berdaging yang berbentuk silinder atau bola untuk menyimpan air dalam jumlah besar. Cadangan air inilah yang membuat kaktus bisa bertahan hidup bahkan hingga ratusan tahun di wilayah gurun.

Batang kaktus juga berfungsi sebagai tempat fotosintesis menggantikan daun. Batang kaktus memiliki stomata yang hanya terbuka pada malam hari untuk menghindari penguapan. Karbon dioksida yang didapat stomata didimpan hingga matahari terbit untuk melakukan fotosintesis.

  • Akar tipis

Tidak seperti batangnya yang besar, kaktus memiliki akar yang sangat tipis dan panjang yang menyebar untuk mendapat jangkauan serapan air yang lebih luas saat hujan turun.

Hyejeong Kim dalam jurnalHydraulic Strategy of cactus Root-Stem Junction for Effective H2o Transport
(2018) akar kaktus berfungsi sebagai katup pengaman dengan mengalirkan air tersedia dengan cepat dan mencegah kehilangan air dalam kondisi kekeringan.

Untuk mencegah penguapan itulah, akar kaktus jauh lebih tipis dibanding batangnya. Sebagai gantinya, persimpangan antara akar dan batang kaktus bekerja lebih efektif dalam transportasi air. Sehingga kaktus dapat menyerap sejumlah besar air dalam waktu yang singat.

  • Duri

Kaktus mengubah daunnya menjadi duri untuk menghindari penguapan air di gurun yang panas. Selain mengurangi penguapan dengan mereduksi luas daun menjadi duri yang tipis, duri kaktus juga memecah aliran udara sehingga angin tidak dapat menguapkan air dari batangnya.

Duri kaktu juga berfungsi sebagai perlindungan diri dari hewan. Duri melindungi agar batang kaktus yang penuh air tidak rusak atau dimakan oleh hewan.

Baca juga: Peran Tumbuhan dalam Pemanasan Global

Kondisi hutan bakau warga bajau serumpun yang subur. Mereka memperjuangkan pelestarian hutan ini untuk kehidupan masa depan yang lebih baik.
KOMPAS.COM/ROSYID A AZHAR
Kondisi hutan bakau warga bajau serumpun yang subur. Mereka memperjuangkan pelestarian hutan ini untuk kehidupan masa depan yang lebih baik.

Ciri khusus pohon bakau

Pohon bakau atau
mangrove
adalah tumbuhan yang hidup di pesisir pantai dan memegang kunci pencegahan pengikisan daratan oleh air pantai. Pohon bakau dapat ditemui tumbuh subur di garis pantai tropis maupun subtropis. Berikut ciri khusus pohon bakau:

  • Kelenjar garam

Pohon bakau diketahui merupakan satu-satunya tanaman yang dapat bertahan hidup di lungkungan dengan kadar salinitas (keasinan) yang tinggi. Kebanyakan tanaman akan mati jika menyerap air yang asin secara terus-menerus, tapi tidak terjadi pada bakau.

Dilansir dari
Ask Nature, ketika jaringan akar terkena air asin, konsentrasi garam di pembuluh akar lebih rendah dan menciptakan slope.

Slope tersebut akan mendorong garam melintasi membran dan sel ke kelenjar garam dan mengeluarkannya. Sehingga bakau memiliki kemampuan mengeluarkan kelebihan garam dari tubuhnya.

  • Daun berlapisan lilin

Dilansir dari
American Museum of Natural History, bakau memiliki daun dengan lapisan lilin untuk mengurangi penguapan air pada beberapa spesiesn.

Beberapa spesies lainnya memiliki rambut halus pada daun untuk memecah aliran udara dan mengurangi penguapan seperti yang dilakukan duri kaktus.

Baca juga: Mengenal Tanaman Serealia dan Manfaatnya

  • Akar tunggang

Pohon bakau memiliki akar tunggang yang tinggi dan banyak bercabang. Akar tunggang bakau sangatlah kuat sehingga bisa menahan terpaan angin laut juga deburan ombak sehingga menjaga panati dari pengikisan.

Akar tunggang bakau juga memiliki struktur yang dinamakan lentisel. Lentisel merupakan pori-pori yang dapat tertutup ketika terkena air dan terbuka ketika tidak terkena air untuk membantu penyerapan oksigen. Oksigen kemudian disimpan dalam tabung pernafasan yang disebut dengan pneumatofora.

  • Benih yang beradaptasi dengan keaadan pantai

Benih bakau dapat beradaptasi dengan pasang dan surutnya air laut. Benih bakau biasanya sudah berkecambah membentuk batang dan akar yang melengkung sejak masih menempel pada induknya.

Jika benih jatuh ketika pantai yang sedang surut, akarnya akan langsung menancap ke permukaan. Namun jika benih jatuh ketika pantai sedang pasang, benih akan mengapung dan jika kembali ke permukaan, akan mulai menancapkan akarnya juga.

Peristiwa mengapungnya benih dapat terjadi selama setahun sebelum akhirnya tertancap di permukaan.

Baca juga: Metagenesis Tumbuhan Paku: Pengertian, Skema dan Jenisnya

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tujuan Pohon Jati Menggugurkan Daunnya Pada Musim Kemarau Adalah

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/29/151904969/ciri-khusus-tumbuhan-pohon-jati-kaktus-dan-bakau?page=all#:~:text=Tujuan%20pohon%20jati%20menggugurkan%20daunnya,saat%20kemarau%20untuk%20mengurangi%20penguapan.

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …