Tinggi Net Pada Tenis Meja Adalah

Tinggi Net Pada Tenis Meja Adalah

Olahraganesia.id – Ukuran lapangan tenis meja akan menjadi salah satu jenis informasi dalam dunia tenis meja yang wajib kamu ketahui. Sebab, ukuran dari lapangan tenis meja akan berbeda dibanding ukuran lapangan dari jenis olahraga lainnya.

Permainan tenis meja sendiri sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Jenis olahraga satu ini merupakan jenis permainan yang dilakukan secara indoor, sehingga sangat cocok untuk dilakukan oleh orang-orang yang memang tidak terlalu menyukai surface area outdoor.

Langsung saja simak ukuran lapangan tenis meja sesuai standar internasional, berikut ini.

Daftar Isi

  • Ukuran Lapangan Tenis Meja yang Tepat
  • Ukuran Cyberspace Tenis Meja
  • Ukuran Bet Tenis Meja
  • Gambar Lapangan dan Perlengkapan dalam Permainan Tenis Meja
    • 1. Bet (Alat Pemukul)
    • two. Bola
    • three. Net
  • Akhir Kata

Ukuran Lapangan Tenis Meja yang Tepat

Cukup berbeda dengan ukuran lapangan jenis olahraga lainnya yang pada umumnya berukuran sangat luas, ukuran lapangan tenis meja standar nasional dan internasional tidak terlalu luas, sehingga jenis olahraga ini merupakan permainan yang dapat dilakukan dalam area indoor.

Lapangan tenis meja atau biasa juga disebut dengan meja ping pong terbuat dari bahan material kayu yang berjenis multiplek. Sementara itu, untuk ukurannya sendiri juga sudah ditentukan, yang antara lainnya adalah:

  • Berukuran lebar sebesar 152,5 cm
  • Berukuran panjang sebesar 274 cm
  • Berukuran tinggi sebesar 76 cm
  • Ketebalannya mencapai kurang lebih 15 mm

Untuk ukuran standarnya sendiri, nanti dapat diukur dengan pantulan yang dihasilkan dari bola ping pong yang umumnya dijatuhkan dari tingkat ketinggian yang mencapai 30 cm. Sementara itu, untuk hasil pantulannya sendiri akan setinggi 23 cm.


Baca Juga: Teknik Dasar Tenis Meja

Baca :   Sebutkan Dan Jelaskan Posisi Pemain Dalam Permainan Sepak Bola

Ukuran Net Tenis Meja

Selain mengetahui ukuran tepat dari lapangan tenis meja atau meja ping pong, ukuran netnya pun juga wajib untuk kamu ketahui jika memang hendak melakukan jenis permainan olahraga satu ini.

Ukuran net tenis meja tentu saja akan berbeda dengan ukuran lapangan tenis meja. Maka dari itu, kamu wajib mengetahuinya dengan tepat, karena menggunakan internet yang sesuai dengan ukurannya adalah salah satu peraturan yang wajib diikuti ketika kamu akan bermain permainan ini. Berikut ukuran tepatnya:

  • Ukuran panjang net adalah 183 cm
  • Ukuran lebar atau tinggi cyberspace adalah 15,25 cm
  • Ukuran jarak antara meja ke tiang atau biasa disebut juga dengan istilah internet overhanging adalah xv,25 cm
  • Ukuran dari keseluruhan cyberspace adalah 2790.75 cm persegi

Internet tenis meja wajib memenuhi persyaratan ukuran di atas. Sebab, hal ini akan berpengaruh terhadap jalannya pertandingan. Untuk memperlancar pertandingan, ukuran net wajib diperhatikan dengan baik.

Ukuran Bet Tenis Meja

Ukuran Bet Tenis Meja

Bahan utama dari bet tenis meja adalah karet, serat karbon, serat kaca, dan kayu. Sementara itu, untuk ukurannya sendiri bisa dibagi menjadi ii jenis, yaitu:

  • Tipe curt handle yang berukuran 240 mm
  • Tipe long handle yang berukuran 260 mm

Meskipun dari ukurannya sendiri dapat dibagi menjadi 2 jenis, akan tetapi keduanya sama-sama harus datar pada bagian daun raketnya dan tentunya juga bertekstur kaku.

Selain itu, bet atau alat pemukul dalam permainan tenis meja juga wajib dilapisi dengan karet yang sudah dilapisi juga dengan lem untuk merekatkannya. Namun, jumlah lem yang akan digunakan pun ada ukurannya sendiri, yaitu tidak boleh lebih dari 2 mm.

Jika karet yang digunakan memiliki ketebalan yang rendah atau tipis, maka karet itu wajib dilapisi dengan spons. Hal ini biasanya akan dinilai oleh wasit sebelum pertandingan. Maka dari itu, sebelum permainan dimulai, kamu wajib menyerahkan raketmu ke wasit, untuk diperiksa kualitasnya terlebih dahulu.

Baca :   Proposal Pameran Seni Rupa Di Sekolah

Baca Juga: Sejarah Permainan Tenis Meja


Gambar Lapangan dan Perlengkapan dalam Permainan Tenis Meja

Saat ini, seseorang akan lebih menyukai penjelasan yang juga diberikan gambar sebagai contohnya. Begitu pun juga ketika mempelajari tentang dunia lapangan tenis meja.

Gambar tenis meja dapat kamu temukan dengan mudah melalui internet. Namun, disini kami akan membagikan salah satu contoh lapangan tenis meja yang bisa kamu jadikan sumber pembelajaran yang nantinya bisa kamu pahami lebih dalam lagi.

Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Nasional Internasional

Setelah memahami ukuran lapangan tenis meja hingga mempelajari contoh gambar tenis meja, sekarang kamu perlu mempelajari juga apa saja perlengkapan yang harus disiapkan sebelum melakukan permainan tenis meja.

Berikut daftar lengkapnya:

1. Bet (Alat Pemukul)

Dalam dunia tenis meja, bet diartikan sebagai alat pemukul atau raket yang terbuat dari bahan campuran kayu serta serat karbon, dan berfungsi sebagai pemukul bola dalam pertandingan.

Pada bagian sisi raket yang berfungsi untuk menerima bola, akan dilapisi karet licin yang memiliki ketebalan sebesar ii mm tanpa menggunakan spons di dalamnya. Sedangkan untuk bagian yang menggunakan spons, akan memiliki ketebalan sebesar 4 mm.

Kriteria bet tenis meja yang sesuai dengan standar adalah 85% terbuat dari material kayu. Sedangkan persentase sisanya akan terdiri dari bahan serat karbon, serat kaca, dan kertas padat. Kombinasi antara semua bahan ini akan membuat bet terasa lebih kokoh.

ii. Bola

Tentu saja dalam dunia tenis meja, bola akan menjadi salah satu perlengkapan yang harus disiapkan sebelum melakukan permainan ini.

Ukuran bola tenis meja
dan bahan sudah ditetapkan sejak awal, supaya semua bola tenis meja di seluruh dunia sama dan tidak ada yang berbeda, karena aturan ini memang berstandar internasional.

Baca :   Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Yang Menggunakan Klise Adalah

Sementara itu, warna bolanya sendiri hanya diperbolehkan menggunakan warna putih dan oranye. Jadi, selain kedua warna tersebut, bola tidak boleh menggunakan warna lainnya.

Untuk ukuran jarak pantulan bola tenis meja harus mencapai 23-26 cm. Sedangkan untuk kualitas dari bola tersebut, nantinya akan ditandai dengan simbol yang berbentuk bintang.

3. Net

Fungsi dari cyberspace adalah memisahkan antara masing-masing pemain. Hal ini serupa dengan fungsi net yang ada di permainan bulu tangkis dan tenis. Untuk net pada permainan tenis meja sendiri, akan dipasang di tengah-tengah meja, karena fungsinya sendiri memang untuk memisahkan antar pemain.

Net pada permainan tenis meja wajib dibuat dengan ukuran yang tepat dan sesuai dengan standar yang telah ditentukan, karena hal ini juga termasuk dalam peraturan dasar permainan tenis meja. Jadi, jangan pernah mengabaikan ukuran net tenis meja, ketika akan bermain jenis olahraga satu ini.

Akhir Kata

Karena ukuran lapangan tenis meja ini juga berstandar internasional, jadi ukuran ini juga akan menjadi acuan di seluruh negara. Jadi, ukuran meja ping pong di atas bukan hanya berlaku di Indonesia, tapi juga berlaku di seluruh dunia.

Sampai disini saja pembahasan kita mengenai ukuran lapangan tenis meja. Semoga dengan adanya artikel ini, banyak orang akan semakin gemar untuk bermain olahraga tenis meja satu ini.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkanshare artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian,salam olahraga!

Tinggi Net Pada Tenis Meja Adalah

Source: https://olahraganesia.id/ukuran-lapangan-tenis-meja/

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …