Struktur Teks Eksplanasi Yang Tepat Adalah

Struktur Teks Eksplanasi Yang Tepat Adalah

Membuat teks eksplanasi tergolong lebih sulit sebab ada ciri-ciri dan aturan urutan struktur teks eksplanasi yang harus dipatuhi.

Nah, sebelumnya sudah dibahas juga mengenai
pengertian teks eksplanasi. Kalian bisa dalami masalah pengertian secara lengkap dan menurut para ahli pada artikel tersebut.

Secara umum, teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang proses sebab-akibat kejadian yang terjadi secara fakta dan aktual baik dalam bidang alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Oleh karenanya, teks ini akan mnejelaskan secara rinci bagaimana proses tersebut terjadi, penyebabnya apa serta akibat yang ditimbulkan seperti apa.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi sangat berbeda dengan jenis teks lainya baik dari segi ciri-ciri dan struktur susunananya. Berikut ini ciri-ciri teks eksplanasi beserta penjelasannya.

1. Terdiri Beberapa Paragraf

Dari namanya saja eksplanasi (penjelasan), pastinya dalam satu teks tulisan berisi beberapa paragraf. Kedua, teks eksplanasi ini berisi fakat-fakta sehingga harus bisa menjelaskan secara panjang supaya fakta tersebut tersampaikan dengan tepat sasaran dan valid.

Baca :   Sebutkan Tiga Macam Bentuk Yang Dapat Memperindah Motif

2. Topik di Setiap Paragraf

Setiap paragraf tidak hanya tentang menulis sebuah fakta dan opini yang berbelit-belit dan yang penting panjang. Hal yang perlu diperhatikan adalah setiap paragrafnya memiliki pokok bahasan yang jelas dan tujuan utamanya adalah untuk mendukung fakta-fakta yang disampaikan.

3. Fakta dan Aktual

Bukan sekedar opini dan argumen dari penulis tanpa dasar, setiap tulisan yang ada dalam paragraf juga harus berdasarkan informasi faktual, valid, berdasarkan fakta yang terjadi. Fakta ini bisa dibuktikan dengan bukti maupun sumber referensi yang jelas bahkan dari penelitian itu malah lebih baik.

4. Mengandung Sifat Keilmuan

Tujuan menyusun teks eksplanasi adalah ada pengetahuan dan ilmu yang disampaikan dan diharapkan ilmu pengetahuan ini bukan hanya untuk dibaca tetapi untuk menjadi bahan rujukan dan pehamahan yang lebih di dunia nyata.

v. Memiliki Struktur yang Baku

Urutan Struktur teks eksplanasi sudah baku dan harus diikuti yang nanti akan kita bahas bersama mulai dari pendahuluan, sebab akibat sampai dengan kesimpulan. Kedua, bahasa yang digunakan juga harus baku dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Urutan Struktur Teks Eksplanasi

Setelah mengetahui ciri-cirinya, langkah yang harus dilakukan adalah bisa menyusun teks ekplanasi dengan baik dan tepat. Berikut ini urutan struktur teks ekplanasi yang tepat dan benar.

1. Judul

Setiap teks yang ditulis salah satunya teks eksplanasi, penulisan dan pemberian judul itu wajib sebab judul menjadi hal penting yang harus diketahui seseorang sebelum dia membaca secara lengkap. Judul yang baik adalah yang singkat, padat dan bisa mendeskripsikan secara keseluruhan isi dari teks yang ditulis.

Daftar Reseller

two. Pernyataan Umum

Dalam pernyataan umum akan berisi penjelasan singkat tentang topik yang diangkat atau bisa disebut juga pendahuluan dan latar belakang ya. Biasanya berisi penjelasan umum pendapat, masalah umum, suatu fenomena yang akan dibahas atau pokok bahasan yang akan dibahas lengkap nantinya.

Baca :   Komik Tentang Melestarikan Hewan Dan Tumbuhan

3.Urutan sebab-akibat

Setelah membuat pernyataan umum yang menarik, lanjut ke pembahasan yang lebih mendetail dan panjang, yaitu urutan sebab dan akibat. Nantinya, pembahasan didalamnya berisi paragraf-paragraf yang sifatnya deskripsi dan penjelasan mengenai penyebab terjadinya masalah yang diangkat dan bagaimana efek, dampak atau akibat yang ditimbulkan sehingga menjadi keresahan yang harus diperhatikan.

Paragraf-paragraf inilah yang akan memperkuat nilai atau pesan teks eksplanasi itu bagus dan sudah tepat atau belum.

4. Interpretasi

Terkahir, penulis harus membuat penutup yang bisa meinterpretasikan secara keseluruhan teks dan bahasan menjadi lebih padat dan menjadi kesimpulan yang mudah dipahami.

Dengan mengetahui urutan struktur teks eksplanasi di atas, diharapkan dalam membuat karangan, tugas ataupun makalah penelitian yang memerlukan teks berbentuk eksplanasi bisa membuatnya dengan baik. Menulis itu tidak tiba-tiba langsung menjadi ahli, tetapi harus diasah dan mencobanya secara sering dan berulang.

Bagaimana contoh teks eksplanasi yang strukturnya sudah benar? Kalian bisa membacanya pada artikel Contoh Teks Eksplanasi.

Rekomendasi Buku Menulis, Cek yuk!

  • Keterampilan Menulis

    Buku Keterampilan Menulis

  • Menulis Teks Ekposisi

    Buku Asyik Menulis Teks Eksposisi

  • Buku DasarDasar Menulis

    Buku Dasar-Dasar Menulis Paragraf Deskripsi

Struktur Teks Eksplanasi Yang Tepat Adalah

Source: https://penerbitbukudeepublish.com/struktur-teks-eksplanasi/

Artikel Terkait

Leave a Comment