Setelah Membaca Wacana Tentukan Benar Atau Salah

Setelah Membaca Wacana Tentukan Benar Atau Salah

Daftar Isi:

Baca :   Jenis Gerhana Apakah Yang Terjadi Berdasarkan Gambar Dibawah Ini Jelaskan

Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat besar bagi perekomian Indonesia. Pada saat usaha besar sedang dalam tren melambat, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) UMKM cukup stabil. Tidak memandang latar belakang dan pendidikan seseorang, setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam memulai bisnis usaha UMKM. Agar masyarakat tertarik dalam usaha UMKM, pemerintah menurunkan Pph final dari 1% menjadi 0,5% sehingga pelaku usaha UMKM tidak merasa terlalu dibebani pajak.

Nah, Sobat, bagi kamu yang berencana untuk memiliki UMKM sendiri, kamu bisa memulainya dengan modal kecil,
lho. Terdapat banyak jenis UMKM yang bisa kamu jadikan referensi untuk merintis usaha. Bidang kuliner merupakan salah satu jenis UMKM yang menguntungkan dan selalu laris. Bisnis kuliner juga memiliki banyak kategori, seperti makanan ringan, minuman, sampai dengan makanan pokok. Semua usaha kuliner memiliki potensi yang bagus karena kuliner banyak dicari oleh masyarakat, terlebih yang tinggal di kota besar. Walaupun demikian, keberhasilan menjalankan UMKM tetap tergantung pada bagaimana kamu memasarkan produk dan berinovasi.

Sobat, dari infografik di atas kita tahu bahwa UMKM sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga keberlangsungan UMKM harus terus didorong. Agar UMKM terus berkembang, sumber daya manusianya pun perlu memiliki kemampuan yang sesuai untuk menjalankan usaha. Cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbisnis adalah dengan mengikuti pelatihan bisnis. Pelatihan tersebut biasanya mendatangkan para pelaku bisnis yang sukses dan yang dapat membantu peserta melihat peluang mendapat keuntungan terbaik. Salah satu program pelatihan bisnis yang dapat kamu ikuti adalah Business Leadership Workshop yang diselenggarakan GELCE. Pelatihan ini selalu mendatangkan pelatih yang berkompeten di bidangnya dan memberi kesempatan pemilik bisnis untuk bekerja sama untuk meningkatkan bisnisnya.

(Sumber: www.indonesiabaik.id, https://ajaib.co.id/selain-modal-ini-cara-memulai-bisnis-ukm/, dan https://glcworld.co.id/pelatihan-usaha-kecil-mengengah/)

Setelah kalian mencermati infografis ‘UMKM Menopang Ekonomi Indonesia’, kalian akan mendapatkan beberapa informasi.


Berdasarkan informasi yang terdapat pada infografis tersebut, klik pada kolombenar
atau
salah untuk tiap pernyataan berikut!

Pernyataan Benar Salah

Pemerintah mendorong pertumbuhan UMKM melalui pemberian subsidi pajak.

Peningkatan penerimaan Pph UMKM orang pribadi dan Pph UMKM badan selalu meningkat.

Pada tahun 2016, penerimaan Pph UMKM badan lebih kecil daripada penerimaan Pph UMKM orang pribadi.

Pemerintah menurunkan tarif pajak penghasilan (Pph) final bagi UMKM sebesar 1 %.

Kunci Jawaban/ Pembahasan

Pemerintah mendorong pertumbuhan UMKM melalui pemberian subsidi pajak. (Benar); Peningkatan penerimaan Pph UMKM orang pribadi dan Pph UMKM badan selalu meningkat. (Benar); Pada tahun 2016, penerimaan Pph UMKM badan lebih kecil daripada penerimaan Pph UMKM orang pribadi. (Benar); Pemerintah menurunkan tarif pajak penghasilan (Pph) final bagi UMKM sebesar 1 %. (Salah)


Baca wacana ini dengan cermat!



Voluntourism


dan Sektor Pariwisata yang Menyerap Banyak Tenaga Kerja

        Kementerian Pariwisata RI menetapkan 2022 sebagai tahun sumber daya manusia (SDM). Karena itu, penguatan SDM pelaku pariwisata terus diperkuat. Langkah ini dilakukan seiring dengan makin berkembangnya sektor pariwisata di Indonesia. Pariwisata memberikan kontribusi penting bagi pendapatan negara, yaitu sebagai penyumbang devisa kedua terbesar setelah sektor minyak dan gas (migas). Dengan kata lain, pariwisata tidak sekadar membantu menciptakan peluang kerja, tetapi juga berperan dalam menekan angka pengangguran di tanah air dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

        Meningkatnya jumlah wisatawan asing dan lokal di Indonesia, ternyata, membawa dampak lain selain ekonomi. Selain menikmati kegiatan berwisata dan membeli oleh-oleh, wisatawan dapat memberikan manfaat bagi destinasi yang dikunjungi. Apakah kamu pernah mendengar istilah voluntourism?V
oluntourism
merupakan gabungan dari dua kata, yaitu
volunteer
dan
tourism,yang mengandung makna melakukan kegiatan pariwisata sambil menjadi sukarelawan. Menurut pengamatan sebuah biro perjalanan, rata-rata turis asing membawa keluarga dan sahabatnya untuk menikmati
voluntourism

untuk waktu yang lama, yaitu dua minggu hingga sebulan. Pemilik biro tersebut mengatakan bahwa beberapa kliennya dari luar negeri jadi ketagihan dan selalu datang kembali hampir tiap tahun.

        Selama berwisata, para turis dapat melakukan kegiatan sukarela yang bermacam-macam, seperti mengajar bahasa Inggris atau bahasa asing, mengajar baca-tulis-hitung, dan mengajak anak-anak penduduk lokal membuat karya seni lewat beragam cara. Para turis tersebut juga diajak menginap di rumah-rumah penduduk. Sebagian besar turis sangat senang berkegiatan layaknya penduduk lokal. Mereka belajar untuk berempati, menerima keberagaman, menghormati alam, dan menghargai budaya lokal.

(Sumber: https://radarjogja.jawapos.com/2022/05/04/sektor-pariwisata-serap-banyak-tenaga-kerja/ dan https://travel.kompas.com/read/2015/04/27/100649127/.Voluntourism.Bukan.Jalan-jalan.Biasa)

Berdasarkan wacana tersebut, apa manfaat
voluntourism
bagi penduduk di tempat destinasi wisata? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.

Kemampuan penduduk untuk baca-tulis-hitung meningkat.

Sikap saling menghargai keberagaman menjadi lebih baik.

Penduduk lokal dapat belajar bahasa Inggris atau asing.

Turis asing bisa menikah dengan penduduk lokal.

Kunci Jawaban/ Pembahasan

A, B, dan C


Eva Rahmi Kasim, Penyandang Disabilitas yang Menjadi Pejabat

Eva Rahmi Kasim namanya. Tangannya tengah sibuk membuka tumpukan kertas di atas mejanya. Lembar demi lembar diparafnya. Lalu, bel berdering saat dia menekan tombol di mejanya. Seorang pegawai perempuan memakai baju batik masuk ke ruangan, mengambil dokumen-dokumen tersebut, dan membawanya keluar. Eva mengatakan bahwa dokumen tersebut ditunggu Pak Menteri (Menteri Sosial Republik Indonesia).

Eva Rahmi Kasim adalah pimpinan instansi yang terletak di Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur. Jabatannya adalah kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial (Puslitbangkesos) Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos).

Sepintas, tidak ada yang berbeda dari penampilan Eva. Namun, di tembok samping mejanya ada sebuah kursi roda dan dua tongkat alat bantu jalan tersandar. Sebagai tunadaksa sejak lahir, Eva bergantung pada alat tersebut untuk mobilisasi. ”Kalau keliling kantor, ya, pakai ini,” ujarnya menunjuk kursi roda dan tongkat itu.

Kondisi fisik tidak menjadi halangan bagi Eva Kasim untuk meraih jabatan tinggi. Dia dilantik sebagai kepala Puslitbangkesos, Kemensos pada 26 Agustus lalu oleh Menteri Sosial saat itu, Agus Gumiwang Kartasasmita. Dengan jabatan tersebut, Eva Kasim adalah satu-satunya aparatur sipil negara (ASN) penyandang disabilitas yang menjadi pejabat eselon II. ”Kita semua setara dan punya kesempatan yang sama,” tuturnya.

Dalam pidato pelantikan tersebut, Agus Gumiwang saat itu mengatakan bahwa Eva diangkat sebagai pejabat bukan karena dia difabel, melainkan karena memang layak menempati jabatan tersebut. Sesuai penilaian panitia seleksi (pansel) lelang jabatan, dia memiliki nilai tertinggi. Menurut Eva, kondisi fisik bukan penghalang meraih jabatan tinggi, asal kita dapat disiplin, kerja keras, dan pantang menyerah. ”Apalagi, regulasi mendukung,” imbuhnya.

Seiring dengan terbitnya Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, difabel mempunyai hak memperoleh kesempatan mengembangkan jenjang karier. Peraturan Presiden (Perpres) 75/2015 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia juga mengintegrasikan hak difabel dalam rencana pembangunan nasional. Eva menyatakan, dua regulasi tersebut memberikan payung hukum yang kuat bagi kaum difabel untuk mengeksplorasi potensi mereka.

Meskipun demikian, Eva tidak menampik bahwa masih ada kalangan yang meremehkan difabel, tak terkecuali di instansi yang dipimpinnya. Di Puslitbangkesos Kemensos, dia memimpin 40-an pegawai.  Walaupun ada yang meremehkannya, Eva tak peduli karena ia yakin mampu bekerja dengan baik. Dalam memimpin dia menganut filosofi main layang-layang. Ada saatnya diulur dan ada waktunya pula ditarik kencang sehingga ritme kerja berjalan harmonis.

Dengan jabatannya sekarang, Eva Rahmi Kasim punya tugas sosial. Salah satunya ialah menghasilkan riset yang menjadi bahan kebijakan untuk mengatasi problem difabel di tanah air.  Puslitbangkesos, misalnya, membuat rekomendasi agar pemangku kepentingan menyiapkan fasilitas layanan publik yang ramah difabel, termasuk fasilitas transportasi hingga perbankan. Dia mengungkapkan bahwa Indonesia belum ramah bagi penyandang disabilitas. Hal itu tecermin dari sejumlah perlakuan diskriminatif terhadap kaum difabel.

Eva Rahmi memang sosok berprestasi. Setelah lulus S-1 di Universitas Indonesia (UI), dia mendapat beasiswa melanjutkan studi master di Deakin University, Melbourne, Australia. Program studinya adalah Health and Behavioral Science dengan spesialisasi ilmu disabilitas. Pada 2022 Eva mendapatkan penghargaan Lencana Karya Satya dari presiden RI atas pengabdiannya sebagai ASN. Dia juga pernah menerima Australian Alumni Awards dari pemerintah Australia untuk kategori Tokoh Inspirasional. Eva juga menginisiasi lahirnya Pusat Kajian Disabilitas (PKD) di FISIP UI. Di sela-sela kesibukannya, Eva pun aktif menulis di berbagai media nasional. Fokusnya adalah isu disabilitas. Dengan merintis karier sebagai PNS sejak 1992, Eva menapaki anak tangga mulai bawah. ”Saya berharap ini bisa menjadi motivasi bersama, khususnya bagi penyandang disabilitas, bahwa tidak ada batasan bagi mereka untuk menggapai mimpi,” tuturnya.

(Sumber: https://www.jawapos.com/features/03/12/2022/eva-rahmi-kasim-asn-disabilitas-pertama-pejabat-eselon-ii/)

Eva Rahmi sebagai penyadang disabilitas telah sukses menjadi ASN dan meraih posisi jabatan sebagai kepala Puslitbangkesos. Apa yang menjadi faktor pendukung Eva Rahmi menduduki posisi tersebut? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.

Eva Rahmi membuat riset tentang kebijakan untuk mengatasi masalah disabilitas di Indonesia.

Sebagai seorang ASN, Eva Rahmi sering berkeliling kantor memakai tongkat atau kursi roda.

Eva Rahmi memiliki nilai tertinggi dalam seleksi lelang jabatan.

Terbitnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 dan Peraturan Presiden 75/2015.

Kunci Jawaban/ Pembahasan

C dan D


Baca wacana ini dengan cermat!



Voluntourism


dan Sektor Pariwisata yang Menyerap Banyak Tenaga Kerja

 Kementerian Pariwisata RI menetapkan 2022 sebagai tahun sumber daya manusia (SDM). Karena itu, penguatan SDM pelaku pariwisata terus diperkuat. Langkah ini dilakukan seiring dengan makin berkembangnya sektor pariwisata di Indonesia. Pariwisata memberikan kontribusi penting bagi pendapatan negara, yaitu sebagai penyumbang devisa kedua terbesar setelah sektor minyak dan gas (migas). Dengan kata lain, pariwisata tidak sekadar membantu menciptakan peluang kerja, tetapi juga berperan dalam menekan angka pengangguran di tanah air dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

        Meningkatnya jumlah wisatawan asing dan lokal di Indonesia, ternyata, membawa dampak lain selain ekonomi. Selain menikmati kegiatan berwisata dan membeli oleh-oleh, wisatawan dapat memberikan manfaat bagi destinasi yang dikunjungi. Apakah kamu pernah mendengar istilah voluntorism?V
oluntourismmerupakan gabungan dari dua kata, yaituvolunteerdantourism,yang mengandung makna melakukan kegiatan pariwisata sambil menjadi sukarelawan. Menurut pengamatan sebuah biro perjalanan, rata-rata turis asing membawa keluarga dan sahabatnya untuk menikmati voluntourism untuk waktu yang lama, yaitu dua minggu hingga sebulan. Pemilik biro tersebut mengatakan bahwa beberapa kliennya dari luar negeri jadi ketagihan dan selalu datang kembali hampir tiap tahun.

        Selama berwisata, para turis dapat melakukan kegiatan sukarela yang bermacam-macam, seperti mengajar bahasa Inggris atau bahasa asing, mengajar baca-tulis-hitung, dan mengajak anak-anak penduduk lokal membuat karya seni lewat beragam cara. Para turis tersebut juga diajak menginap di rumah-rumah penduduk. Sebagian besar turis sangat senang berkegiatan layaknya penduduk lokal. Mereka belajar untuk berempati, menerima keberagaman, menghormati alam, dan menghargai budaya lokal.

(Sumber: https://radarjogja.jawapos.com/2022/05/04/sektor-pariwisata-serap-banyak-tenaga-kerja/ dan https://travel.kompas.com/read/2015/04/27/100649127/.Voluntourism.Bukan.Jalan-jalan.Biasa)


Berdasarkan wacana tersebut, manakah pernyataan yang sesuai untuk menunjukkan manfaat
voluntourism
bagi turis asing? Klik pada kolom Benar jika pernyataan sesuai dan klik pada kolom Salah jika pernyataan tidak sesuai.

Pernyataan Benar Salah

Mereka menghormati alam.

Mereka belajar untuk berempati.

Mereka menghargai keberagaman.

Mereka mempelajari budaya lokal.

Mereka membuka biro perjalanan.

Kunci Jawaban/ Pembahasan

Mereka menghormati alam. (Benar); Mereka belajar untuk berempati. (Benar); Mereka menghargai keberagaman. (Benar); Mereka mempelajari budaya lokal. (Benar); Mereka membuka biro perjalanan. (Salah)



Gerakan Nasional 1000
Startup
Digital


Pada tahun 2016 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan KIBAR, sebuah perusahaan teknologi, secara resmi meluncurkan Gerakan Nasional 1000
Startup
Digital di Jakarta. Program ini dibuat sebagai bentuk pergerakan baru di industri digital untuk menyiapkan sumber daya yang mumpuni dalam mengambangkan bisnis digital yang baru. Menteri Kominfo saat itu menjabarkan bahwa perkembangan industri digital akan sangat berpengaruh terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Menurutnya, jika target nilai
e-commerce pada tahun 2022 tercapai hingga Rp130 Miliar, maka PDB akan menjadi 9 %.

Program Gerakan 1000
Startup
Digital telah dilakukan di 10 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak. Di kota-kota tersebut didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif, dan budaya. Di sana juga disediakan
co-working space
agar para pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi dalam menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat, baik dalam level lokal maupun nasional.

Beberapa program dari Gerakan 1000
Startup
Digital adalah
networking,
workshop, seminar yang dihadiri oleh
founder startup,
mentoring,
serta
hasksprint,yaitu membangun sebuah produk secara cepat. Sampai bulan Februari 2022, ada lebih dari 40 ribu peserta yang telah mengikuti program ini. Beberapa
startup
seperti Kopitani, Lindungihutan, Bizhare, dan Gardapangan adalah alumni program Gerakan 1000
Startup
Digital.

Semakin banyaknya perusahaan-perusahaan rintisan, selain dapat meningkatkan ekonomi, juga menjadi solusi bagi masyarakat.
Startup
Kopitani, contohnya, lahir untuk meningkatkan industri kopi Indonesia melalui pemberdayaan petani kopi dengan sistem pertanian modern.
Startup
Lindungihutan lahir untuk melindungi hutan Indonesia melalui sistem penggalangan dana. Bizhare merupakan sistem investasi daring yang menghubungkan antara investor dan UMKM. Gardapangan lahir dari komunitas gerakan
food bank makanan sisa dari industri atau rumah makan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerawanan pangan, sekaligus mengurangi kerusakan lingkungan.


Startup
lahir dari masalah-masalah yang sangat dekat dengan kehidupan kita.
Startup
menjawab permasalahan tersebut dengan sebuah solusi. Oleh karena itu, inovasi dan kreativitas kaum muda melalui gerakan-gerakan sosial seperti
startup
ini sangat dibutuhkan masyarakat. Pada masa mendatang, diharapkan lebih banyak lagi putra-putri bangsa yang turut membangun Indonesia melalui industri digital.

Sumber: https://www.kominfo.go.id/content/detail/7689/kemkominfo-bersama-kibar-luncurkan-gerakan-nasional-1000-startup-digital/0/berita_satker    dan   https://1000startupdigital.id/

Gerakan Nasional 1000
Startup Digital resmi diluncurkan di kota ….

Jakarta

Pontianak

Yogyakarta

Bandung

Surabaya

Kunci Jawaban/ Pembahasan

A




Gerakan Nasional 1000Startup Digital


Pada tahun 2016 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan KIBAR, sebuah perusahaan teknologi, secara resmi meluncurkan Gerakan Nasional 1000Startup Digital di Jakarta. Program ini dibuat sebagai bentuk pergerakan baru di industri digital untuk menyiapkan sumber daya yang mumpuni dalam mengambangkan bisnis digital yang baru. Menteri Kominfo saat itu menjabarkan bahwa perkembangan industri digital akan sangat berpengaruh terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Menurutnya, jika target nilaie-commerce pada tahun 2022 tercapai hingga Rp130 Miliar, maka PDB akan menjadi 9 %.

Program Gerakan 1000Startup Digital telah dilakukan di 10 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak. Di kota-kota tersebut didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif, dan budaya. Di sana juga disediakanco-working space agar para pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi dalam menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat, baik dalam level lokal maupun nasional.

Beberapa program dari Gerakan 1000Startup Digital adalahnetworking,workshop, seminar yang dihadiri olehfounder startup,mentoring,sertahasksprint,yaitu membangun sebuah produk secara cepat. Sampai bulan Februari 2022, ada lebih dari 40 ribu peserta yang telah mengikuti program ini. Beberapastartup seperti Kopitani, Lindungihutan, Bizhare, dan Gardapangan adalah alumni program Gerakan 1000Startup Digital.

Semakin banyaknya perusahaan-perusahaan rintisan, selain dapat meningkatkan ekonomi, juga menjadi solusi bagi masyarakat.Startup Kopitani, contohnya, lahir untuk meningkatkan industri kopi Indonesia melalui pemberdayaan petani kopi dengan sistem pertanian modern.Startup Lindungihutan lahir untuk melindungi hutan Indonesia melalui sistem penggalangan dana. Bizhare merupakan sistem investasi daring yang menghubungkan antara investor dan UMKM. Gardapangan lahir dari komunitas gerakanfood bank makanan sisa dari industri atau rumah makan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerawanan pangan, sekaligus mengurangi kerusakan lingkungan.


Startup lahir dari masalah-masalah yang sangat dekat dengan kehidupan kita.Startup menjawab permasalahan tersebut dengan sebuah solusi. Oleh karena itu, inovasi dan kreativitas kaum muda melalui gerakan-gerakan sosial sepertistartup ini sangat dibutuhkan masyarakat. Pada masa mendatang, diharapkan lebih banyak lagi putra-putri bangsa yang turut membangun Indonesia melalui industri digital.

Sumber: https://www.kominfo.go.id/content/detail/7689/kemkominfo-bersama-kibar-luncurkan-gerakan-nasional-1000-startup-digital/0/berita_satker    dan   https://1000startupdigital.id/

Jenis perusahaan
startup
yang berkembang pesat di Indonesia adalah ….

biro jodoh, contohnya bridestory.com

transportasi, contohnya go-jek.com

sekuritas, contohnya qlue.id

gim, contohnya games.com

media sosial, contohnya sribu.com

Kunci Jawaban/ Pembahasan

B

Setelah Membaca Wacana Tentukan Benar Atau Salah

Source: https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/akm/soal?j=3&l=5&s=254

Artikel Terkait

Leave a Comment