Sel Tubuh Manusia Terdapat 46 Kromosom Yang Terdiri Atas

Sel Tubuh Manusia Terdapat 46 Kromosom Yang Terdiri Atas

Kromosom. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/dream designs

JABAR | 29 September 2022 19:00
Reporter : Novi Fuji Astuti


Merdeka.com –



Kromosom adalah struktur nukleoprotein yang membawa informasi genetik. Struktur ini terletak di dalam inti sel dan berkumpul membentuk genom. Pada organisme terdapat dua macam kromosom yaitu kromosom seks (gonosom) yang menentukan jenis kelamin dan kromosom tubuh (autosom) yang tidak menentukan jenis kelamin.

Kromosom pada makhluk hidup biasanya ditemukan dalam keadaan berpasang-pasangan, maka dari itu disebut diploid. Kromosom diploid dipertahankan dari generasi ke generasi dengan pembelahan motosis (pembelahan dua anak yang bersifat sama dengan induknya). Kromosom yang berpasangan (kromosom homolog) memiliki bentuk, ukuran dan komposisi yang sama.

Pada manusia setiap sel somatik berjumlah 46 kromosom (kecuali sel sperma dan ovum karena memiliki sel tunggal kromosom) atau 23 pasang. Empat puluh enam kromosom manusia ini merupakan dua set kromosom yang terdiri dari masing-masing 23 kromosom yaitu satu set meternal (dari ibu) dan satu set paternal (dari ayah).

Berikut ini lebih jauh informasi mengenai fungsi kromosom, lengkap dengan pengertian dan jumlahnya telah dirangkum merdeka.com melalui eprints.undip.ac.id dan sehatq.com pada Rabu, (29/09/2022).

2 dari 4 halaman


Kromosom merupakan struktur yang bentuknya bisa diibaratkan seperti tali dan terdapat di dalam nukleus atau inti sel. Di dalamnya, ada protein serta satu buah molekul DNA. Komponen inilah yang bisa membuat kamu memilik kemiripan karakteristik secara fisik dengan orang tua, namun dengan ciri khasnya sendiri.

Nama kromosom atau chromosome, diambil dari bahasa yunani kuno, yaitu chroma yang artinya warna dan soma yang artinya tubuh. Para peneliti memilih kata-kata tersebut sebagai nama kromosom karena kromosom adalah tubuh atau struktur dari sel, dan struktur ini diwarnai dengan pewarna khusus saat penelitian dilakukan.

Tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan pun memiliki kromosom. Hanya saja, jumlah dan karakteristiknya berbeda.

3 dari 4 halaman


Di dalam kromosom, posisi DNA mengelilingi komponen serupa protein yang disebut sebagai histon. Bentuk kromosom yang sedemikian rupa inilah yang memungkinkan DNA melilit histon agar bisa muat dalam sel-sel.

Baca :   Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Deformasi

Agar tubuh manusia bisa tumbuh dengan sempurna, sel harus rutin membelah diri untuk memproduksi sel-sel baru yang bisa menggantikan sel-sel lama yang sudah rusak. Lagi-lagi, peran kromosom kembali dibutuhkan.

Fungsi kromosom manusia yang utama adalah untuk memastikan bahwa DNA tetap berada di tempatnya saat terjadi pembelahan sel, sehingga bisa terbagi rata antarsel. Kromosom juga berperan dalam memastikan proses duplikasi DNA terjadi dengan tepat.

4 dari 4 halaman


Kromosom adalah struktur dalam sel yang mengandung informasi genetik. Kromosom manusia normal terdiri dari 22 pasang kromosom autosom dan kromosom gonosom, baik XX maupun XY. Kromosom mempunyai bagian yang menyempit sepasang yaitu sentromer dan membagi kromosom menjadi dua lengan yaitu lengan P pada bagian atas dan lengan q pada bagian bawah.

Berdasarkan letak sentromernya kromosom dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk. Pertama kromosom metasentrik yaitu apabila sentromer terletak di tengah kromosom sehingga kromosom terbagi menjadi dua lengan yang hampir sama panjang. Kedua kromosom submetasentrik yaitu apabila sentromer terletak ke arah salah satu ujung kromosom sehingga kromosom terbagi menjadi dua lengan yang tak sama panjang. Ketiga kromosom akrosentik yaitu letak sentromer di dekat ujung kromosom sehingga satu lengan menjadi sangat pendek dan yang lain sangat panjang. Terakhir adalah kromosom telosentrik yaitu apabila sentromer terletak di ujung kromosom sehingga kromosom hanya terdiri dari satu lengan saja.

Dalam sel tubuh manusia yang berinti sel, di dalamnya terdapat 46 kromosom. Dari ke-46 kromosom ada pasangan kromosom dengan morfologi serupa, sehingga dikenal pasangan ke-1, pasangan ke-2 dan seterusnya hingga ke pasangan ke-23, sehingga secara sistematis membagi kromosom pada sel somatik menjadi 2 tipe, yaitu:

Autosom (kromosom somatis), berjumlah 22 pasang (44 buah) dan tidak berhubungan dengan penentuan jenis kelamin.Gonosom (kromosom seks) berjumlah sepasang (2 buah) yaitu X dan X untuk wanita serta X dan Y untuk laki-laki. Kromosom ini berhubungan dengan jenis kelamin.

Baca :   Apa Yang Dimaksud Dengan Yaumul Ba Ats

(mdk/nof)

Lihat Foto

Ilustrasi jumlah kromosom manusia dan fungsinya

KOMPAS.com
– Makhluk hidup memiliki kromosom di tubuhnya. Jumlah kromosom sangatlah beragam, ada yang banyak, tetapi ada pula yang sedikit. Walau memiliki perbedaan, tetapi umumnya jumlah kromosom dalam suatu spesies hampir mirip.

Istilah kromosom pertama kali diperkenalkan oleh W. Waldeyer pada 1888. Kromosom berasal dari bahasa Yunani chroma dan soma. Chroma berarti warna, dan soma berarti badan. Pemberian nama ini didasarkan pada sifatnya yang mudah menyerap warna.

Menurut Yanti Fitria dalam buku Ekoliterasi dalam Pembelajaran Kimia dan Biologi Pendidikan Dasar (2022), kromosom adalah salah satu komponen di bagian inti yang dapat menyerap warna. Kromosom terletak di dalam inti sel atau nukleus.

Kromosom bisa bereproduksi sendiri. Kromosom saling berpasangan dan mempunyai struktur serta komposisi yang sama. Untuk yang berpasangan, diberi simbol 2n kromosom. Sedangkan yang tidak, diberi simbol n kromosom.

Baca juga: Perbedaan Antara Kromosom Diploid (2n) dengan Haploid (n)

Jumlah kromosom manusia

Makhluk hidup memiliki jumlah kromosom yang berbeda-beda. Mengutip dari buku Teori Dasar dan Implementasi: Perkembangan Biologi Sel dan Molekuler (2022)karya Anna Yuliana dan Mochamad Fathurohman, jumlah kromosom penyusun sel tubuh manusia adalah 46 buah.

Karena berpasangan, totalnya menjadi 23 pasang. Dalam sel manusia, kromosom terbagi menjadi dua kelompok. Pertama, autosom atau sel tubuh manusia, jumlahnya 22 pasang. Kedua, gonosom atau jenis kelamin, jumlahnya satu pasang.

Perempuan mempunyai dua kromosom X, atau disebut kromosom XX. Rumus kromosomnya 22AAXX. Sedangkan pria mempunyai kromosom X dan Y, ata disebut kromosom XY. Rumus kromosomnya 22AAXY.

Fungsi kromosom

Fungsi utama kromosom adalah menyimpan serta membawa materi genetik dalam tubuh makhluk hidup. Kromosom membawa sifat induk beserta informasi genetik lainnya dari generasi ke generasi selanjutnya.

Baca :   Fraksi Minyak Bumi Diperoleh Dengan Cara

Dilansir dari situs National Human Genome Research Institute Home, kromosom berfungsi untuk memastikan DNA telah disalin serta didistribusikan secara akurat dalam pembelahan sel. Selama pembelahan terjadi, sangat penting untuk menjaga DNA tetap utuh dan terdistribusi secara merata di antara sel.

Baca juga: Soal UAS Biologi: Struktur Kromosom

Selain dua fungsi di atas, kromosom juga berfungsi untuk menentukan jenis kelamin. Jika kromosom embrionya XX maka berjenis kelamin perempuan. Namun, jika kromosom embrionya XY maka berjenis kelamin pria.

Bila disimpulkan, kromosom mempunyai tiga fungsi penting, yakni:

  1. Menyimpan dan membawa sifat induk beserta informasi genetik dari generasi pertama ke generasi berikutnya.
  2. Memastikan DNA telah disalin dan didistribusikan secara akurat dalam pembelahan sel.
  3. Menentukan jenis kelamin.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya


Bagian yang menunjukkan bagian Dorsal Nerve Cord sebagai pusat syaraf dorsal, Pseudocoel, Testis, Intestin, dan Saluran Sekretori berturut- turut ditu …

njukkan oleh huruf…a.A,B,C,D,Eb.E,A,D,C,Bc.C,D,B,E,Ad.C,D,B,A,E​


sebutkan masing-masing 5 bagian organ reproduksi.Jelaskan masih -masing fungsinya pada:a.priab.wanita​


Tolong bantu tugas ipa​


Tolong bantu tugas ipa​


Tolong bantu tugas ipa​


Apa yang disebut Lampu bertenaga solar dan memiliki fungsi untuk bisa menanam tanpa sinar matahari


fungsi inti atom?butuh jawabannya bukan basa-basinyayang ditanya apa, dijawab apa​


Mobil Debby mula mula diam.kemudian Debby menginjak gas sehingga mobilnya dipercepat 2 m/s².berapakah kecepatan mobil Debby setelah 7 detik?


hewan yang membantu penyerbukan teka teki siLang no 11ada huruf a dan oada di gambar​


sistem rangka tubuh manusia tersusun atas bagian tengkorak,badan dan anggota gerak sebutkan tulang tulang penyusuna.tulang belakang c.tulang …

rusukb.anggota gerak atas d.tulang wajah​

Sel Tubuh Manusia Terdapat 46 Kromosom Yang Terdiri Atas

Source: https://mempelajari.com/sel-tubuh-manusia-terdapat-46-kromosom-yang-terdiri-atas

Artikel Terkait

Leave a Comment