Sebutkan Tiga Usaha Yang Dapat Dilakukan Di Bidang Pariwisata

Sebutkan Tiga Usaha Yang Dapat Dilakukan Di Bidang Pariwisata

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sehingga adanya sektor pariwisata ini sangat membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia, termasuk masyarakat daerahnya. Hal ini berkaitan dengan terbantunya ekonomi masyarakat sekitar dengan adanya tempat wisata. Mereka bisa membuka berbagai jenis usaha dibidang pariwisata yang menjanjikan.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor x Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, pengertian dari usaha pariwisata adalah usaha yang menyediakan barang dan/atau jasa bagi pemenuhan kebutuhan wisatawan dan penyelenggaraan pariwisata. Perlu Anda ketahui juga, bahwa industri pariwisata ini membantu mengurangi jumlah pengangguran. Karena ketika tempat wisata dibuka, secara otomatis lapangan pekerjaan juga semakin banyak.

Meskipun demikian, dalam proses pengembangan pariwisata ini juga harus memikirkan mengenai dampak lain selain ekonomi. Misalnya saja dari aspek lingkungan juga perlu diperhatikan. Karena tanpa disadari adanya pariwisata juga berkaitan langsung dengan lingkungan. Faktanya masih banyak pengelola wisata, wisatawan, dan yang lain masih abai dengan aspek lingkungan.

Mengenal jenis usaha dibidang pariwisata, Sumber: travel.okezone.com
Mengenal jenis usaha dibidang pariwisata, Sumber: travel.okezone.com

Apabila sektor pariwisata dapat dikelola dengan baik, maka bisa menjamin mengenai kelestarian alam dan budaya. Selain itu juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk lokal dibidang usaha pariwisata. Untuk itu diperlukan suatu konsep pariwisata yang mampu menjamin semua aspek mulai dari ekonomi, lingkungan, hingga sosial. Konsep pariwisata tersebut disebut
Sustainable Tourism
atau yang lebih dikenal dengan sebutan pariwisata berkelanjutan.

Jadi pariwisata berkelanjutan ialah sebuah konsep pariwisata yang tidak hanya memperhitungkan dari aspek ekonomi saja, melainkan dari aspek lingkungan dan juga sosial. Hal ini diperhitungkan bukan hanya untuk masa kini saja, tapi juga untuk masa depan. Untuk mewujudkannya tidak hanya dari pemerintah saja, namun juga membutuhkan dukungan dari masyarakat, wisatawan, hingga pengelola wisata.

Jenis Usaha Dibidang Pariwisata

Dibukanya sektor pariwisata dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitar, sehingga lapangan pekerjaanpun jadi semakin banyak. Banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia juga membantu mengurangi jumlah pengangguran. Berikut beberapa jenis usaha dibidang pariwisata yang bisa Anda jadikan peluang untuk membuka lapangan pekerjaan baru dan menambah pemasukkan Anda tentunya.

1. Usaha Penginapan

Apabila Anda memiliki lahan pribadi di dekat tempat wisata, maka Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis penginapan. Bisa dijadikan sebuah hotel, homestay, villa, atau penginapan lainnya. Buatlah desain penginapan yang menarik dengan fasilitas lengkap, sehingga dapat menarik perhatian wisatawan untuk menyewa penginapan Anda selama berlibur di daerah tersebut.

Baca juga: Sosial Media Untuk Promosi Wisata, Bagaimana? (Penjelasan)

Anda bisa menggunakan jasa desain dan perencanaan untuk membantu mendesain penginapan yang menarik. Pastika juga Anda menjaga kebersihan di penginapan tersebut, supaya wisatawan bisa nyaman untuk tinggal di sana dalam beberapa waktu. Jangan lupa juga untuk memasang tarif yang terjangkau bagi pengunjung, supaya mereka semakin tertarik untuk menyewa penginapan Anda.

Membuka bisnis penginapan, Sumber: galerigriya.com
Membuka bisnis penginapan, Sumber: galerigriya.com

2. Bisnis
Bout Guide
dan Penerjemah

Usaha dibidang pariwisata selanjutnya ialah membuka bisnis
tour guide
dan penerjemah. Adanya tour guide ini dapat membantu wisatawan luar daerah untuk mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan tempat wisata yang sedang dikunjungi. Misalnya saja mulai dari sejarah tempat, rekomendasi spot foto yang bagus, hingga tempat membeli oleh-oleh yang bagus.

Baca :   Buku Matematika Kelas 11 Kurikulum 2013 Penerbit Erlangga Pdf

Selain itu adanya
bout guide
dan penerjemah ini juga sangat membantu para wisatawan asing yang datang dari luar negeri. Mereka sangat memerlukan jasa penerjemah untuk membantunya berkomunikasi selama berada di Republic of indonesia. Biasanya
tour guide
ini juga sudah dilengkapi dengan kemampuan berbahasa asing, misalnya saja Inggris, Mandarin, dan bahasa asing lainnya.

Membuka usaha tour guide dan penerjemah, Sumber: synotrip.com
Membuka usaha tour guide dan penerjemah, Sumber: synotrip.com

3. Jasa Sewa Kendaraan

Jika sedang liburan, tentu saja wisatawan membutuhkan kendaraan untuk berwisata mengelilingi daerah tersebut. Usaha dibidang pariwisata yang satu ini juga membuka peluang besar, karena banyak sekali wisatawan yang membutuhkan jasa sewa kendaraan ini. Biasanya wisatawan menyewa mobil ataupun motor selama berlibur di daerah tersebut. Untuk persewaan mobil, Anda bisa sekaligus menyiapkan sopir yang siap mengantarkan wisatawan kemanapun tujuannya.

Baca juga: Fasilitas di Tempat Wisata: Apa Saja Itu?

Namun pastikan bahwa kendaraan yang akan disewa wisatawan sudah terjamin kualitas dan keamanannya. Rutinlah untuk membersihkan kendaraan tersebut, supaya penyewa menjadi nyaman dan senang untuk menyewa lagi dikemudian hari saat berkunjung ke daerah tersebut. Selain itu, pastikan juga sopir yang mengantarkan wisatawan berpenampilan rapi dan juga ramah. Sehingga dapat mencairkan suasana saat mengantarkan wisatawan.

Jasa sewa kendaraan, Sumber: puteramentari.com
Jasa sewa kendaraan, Sumber: puteramentari.com

4. Usaha Kuliner

Wisata kuliner saat liburan merupakan salah satu hal yang masuk ke dalam daftar bepergian wisatawan. Jadi membuka usaha kuliner di sekitar tempat wisata bisa membuka peluang untuk Anda. Pada saat wisatawan lelah dan lapar setelah berkeliling tempat wisata, tentu saja tempat yang dituju berikutnya ialah warung makan. Banyak wisatawan yang tertarik dengan makanan khas daerah, jadi adanya menu khas dapat menarik perhatian pengunjung.

Membuka bisnis kuliner, Sumber: blog.anteraja.id
Membuka bisnis kuliner, Sumber: blog.anteraja.id

five. Membuka Toko Oleh-Oleh

Setelah berlibur ke suatu tempat atau daerah, aktivitas wisatawan sebelum pulang ialah mencari oleh-oleh untuk kerabat atau sanak saudara yang tidak ikut liburan. Jadi ide usaha yang satu ini cukup memberikan peluang baik untuk Anda. Bisa dari makanan ringan khas daerah, berbagai gift menarik, hingga berbagai hal lainnya yang mencerminkan daerah wisata tersebut.

Membuka toko oleh-oleh, Sumber: krisnabali.co.id
Membuka toko oleh-oleh, Sumber: krisnabali.co.id

Itulah tadi informasi mengenai beberapa jenis usaha dibidang pariwisata yang bisa memberikan peluang menarik untuk Anda. Jangan ragu untuk mengonsultasikan berbagai kebutuhan Anda mengenai pengembangan pariwisata bersama Eticon, kami akan membantu Anda dengan segenap hati. Ingin mendapatkan informasi menarik lainnya terkait pariwisata? Kunjungi laman website
PT Eticon Rekayasa Teknik
untuk menemukan informasi tersebut.

Baca :   Satuan Panjang Yang Tepat Untuk Lebar Ruangan Kelas

Sebutkan Tiga Usaha Yang Dapat Dilakukan Di Bidang Pariwisata

Source: https://eticon.co.id/jenis-usaha-dibidang-pariwisata/

Artikel Terkait

Leave a Comment