Sebutkan Tiga Sikap Pasang Dalam Pencak Silat

Sebutkan Tiga Sikap Pasang Dalam Pencak Silat.

Bola.com, Jakarta –
Pencak silat
merupakan simpang olahraga beladiri nan sudah lalu diajarkan di berbaga janjang pendidikan, tiba tingkat dasar sampai perguruan tataran.

Menurut Kamus Osean Bahasa Indonesia (KBBI), pencak silat yaitu permainan (keahlian) privat mempertahankan diri dengan keahlian menangkis, menyerang serta membela diri menggunakan maupun tanpa senjata.

  • 38 Pengenalan-Kata Bijak adapun Purnabakti, Kaprikornus Karunia di Tahun Wreda
  • 7 Kaidah agar Anda Tidur Nyenyak, Terdepan Diketahui
  • 40 Pengenalan-Pembukaan Bijak Keren Terbaik yang Bisa Menginspirasi Hidup

Di Indonesia,
silat kuntau
menjadi suatu di antara adat istiadat yang diwariskan secara drop temurun dari generasi ke generasi. Dalam pencak silat ada sejumlah teknik pangkal nan wajib dikuasai.

Materi latihan yang harus dikuasai pendekar pemula ialah sikap dan gerak radiks. Sikap sumber akar silat silat adalah sikap-sikap statis nan dilakukan untuk melatih keefektifan urat-otot suku, dan kaki

Berikut ini ikhtisar adapun aneh-aneh sikap dasar dalam
kuntau silat
nan wajib diketahui, sebagai halnya dilansir semenjak laman
journal.uny.ac.id, Selasa (14/12/2021).

1. Sikap Menggermang

Ada tiga sikap mengirik intern pencak pencak, antara lain sikap seram tegak, sikap berdiri kuda-kuda, dan sikap pasang. Sikap bersimbah tegak terdiri dari empat sikap redup, adalah:

a. Sikap tegak 1, kedua lengan dan tangan lurus di samping awak.

b. Sikap tegak 2, kedua tangan mengepal berada di samping pinggang.

c. Sikap mengirik 3, kedua tangan memeras di depan dada.

Baca :   Salah Satu Upaya Penegakkan Kedaulatan Perairan Adalah

d. Sikap tegak 4, kedua tangan cagak di depan dada.

2. Sikap Berdiri Kuda-Kuda

Pada dasarnya, sikap kuda-jaran berfungsi cak bagi melatih otot kaki, khususnya lakukan meningkatkan keseimbangan badan pada saat berbuat tendangan atau serangan oponen.

Ketika berbuat kuda-aswa, keseimbangan badan harus diperhatikan. Jika keseimbangan badan tidak bagus, akan mudah jatuh, apalagi penyerang berdaya kuat.

Mengenai sikap samar muka kuda-kuda terdiri atas:

  • Kuda-Jaran Depan

Kuda-kuda depan dimulai sikap memancang, kemudian kaki kiri/kanan bergerak dengan berat badan ditumpukan pada suku depan.

  • Kuda-Kuda Pantat

Jaran-aswa pinggul dimulai mulai sejak sikap berdiri tegak, kemudian kaki kiri/kanan bergerak dengan berat fisik ditumpukan sreg kaki belakang.

  • Kuda-Kuda Perdua

Jaran-kuda tengah dimulai dari sikap mengirik tegak. Kemudian kaki selangkangan dan titik keseimbangan badan terletak di tengah-tengah.

Pelaksanaannya, tubuh agak gelap pandangan ke depan, kedua dengkul terbatas ditekuk segaris tegak lurus dengan ibu tangan kaki kiri dan kanan.

  • Kuda-Kuda Samping

Kuda-kuda samping dimulai mulai sejak sikap memancang. Kemudian posisi seperti jaran-jaran, tetapi pandangan menyamping.

  • Kuda-Kuda Menyamping Kiri/Kanan

Jaran-kuda menyamping kiri/ kanan dimulai bermula sikap berdiri samar muka. Kemudian tungkai kidal/kanan menggeser ke samping kiri/kanan. Berat awak bertumpu raga pada suku kiri dan sebaliknya.

  • Aswa-Kuda Silang

Kuda-kuda cabang, terdiri dari kuda-kuda silang depan, dan kuda-kuda silang belakang. Aswa-kuda silang dimulai berusul sikap memancang.

Kemudian sulit badan bertumpu pada satu kaki, madya kaki yang enggak ringan sentuhan dengan ibu/ujung jari kaki.

3. Sikap Duduk

Sikap duduk adalah sikap sumber akar dari permainan bawah. Ada lima sikap duduk dalam kuntau pencak, yang terdiri dari duduk absah, sila, trapsila/ mengorak sila, simpuh, dan sempok/ depok.

  • Sikap sempok/depok
Baca :   Ani Nia Dan Ina Pergi Bersama Sama Ke Toko Buah

Kedua kaki dilipat silang, sedangkan kedua tangan bersatu di depan dada, pandangan rileks ke depan.

  • Sikap sila

Kedua kaki dilipat, kedua tangan bersatu diletakkan di atas lutut, pandangan rileks ke depan.

  • Sikap duduk

Kedua kaki ditekuk, tangan berganduh diletakkan di atas dengkul, pandangan rileks ke depan.

  • Sikap trapsila

Duduk dengan suatu di antara suku dilipat ke dalam dan suku lainnya dilipat keluar, tangan kiri bertumpu di lantai sedang tangan kanan siap di depan dada, rukyah adv minim menyamping.

  • Sikap simpuh

Duduk dengan kedua lutut bertumpu di keramik sedangkan kedua tangan bersatu diletakkan di atas lutut, pandangan rileks ke depan.

4. Sikap Pasang

Sikap pasang adalah kesinambungan berpunca sikap kuda-aswa dan yakni sikap penting dalam melakukan bela serang sreg pertandingan pencak terlak. Sikap pasang bisa dimulai dari kaki kiri atau sebaliknya dimulai berbunga kaki kanan.

  • Sikap Pasang 1

Sikap pasang 1 dilakukan kuda-jaran depan yaitu kaki kiri depan ditekuk rileks, bodi tegak kedua tangan rileks di depan dada, dan pandangan lurus ke depan.

  • Sikap Pasang 2

Sikap pasang 2 dimulai dari kuda-kuda depan dilanjutkan badan dan kaki tumpu depan diputar 45 derajad ke arah kiri, sedang kaki belakang sedikit jinjit.

  • Sikap Pasang 3

Sikap pasang 3 dimulai berasal jaran-aswa depan dilanjutkan kaki kanan bokong ditarik benyot kanan serta kedua tangan rileks di depan dada.

  • Sikap Pasang 4

Sikap pasang catur dilakukan dengan kuda-kuda kelangkang dan berat raga bertumpu pada kedua kaki. Badan petarung lurus ke depan serta kedua tangan rileks ke depan.

  • Sikap Pasang 5

Sikap pasang panca dilakukan dengan jaran-kuda silang belakang. Kaki kanan dilangkahkan ke depan, adv amat menyengkelangkan kaki kiri harfiah di birit tungkai kanan.

Baca :   Penyelesaian Persamaan Z 5 5 Adalah

Sreg sikap pasang panca, pelik fisik bertumpu pada tungkai kanan. Penglihatan petarung menyamping serta kedua tangan rileks di depan dada.

  • Sikap Pasang 6

Sikap pasang 6 yaitu kuda-aswa paruh menyamping pandangan ke arah samping kiri serta kedua tangan rileks di depan dada.

  • Sikap Pasang 7

Sikap pasang 7 dilakukan dengan menggunakan kuda-aswa simpang depan ialah dari sikap aswa-aswa tengah menyamping, kaki kanan disilangkan ke depan suku kiri, rukyah ke arah samping kidal serta kedua tangan rileks di depan dada.

  • Sikap Pasang 8

Sikap pasang 8 dilakukan dengan menyanggang kaki kidal dan kaki kanan bagaikan sandar, pandangan ke lurus ke depan serta kedua tangan rileks di depan dada.

Sumber:
uny.ac.id

Sebutkan Tiga Sikap Pasang Dalam Pencak Silat

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4742193/macam-macam-sikap-dasar-dalam-pencak-silat-yang-perlu-diketahui

Check Also

Hal Yang Tidak Memengaruhi Keluarnya Keringat Oleh Tubuh Adalah

Hal Yang Tidak Memengaruhi Keluarnya Keringat Oleh Tubuh Adalah. Seseorang bisa berkeringat ketika sedang berolahraga, …