Sebutkan 5 Sudut Pandang Dalam Menggambar Komik

Sebutkan 5 Sudut Pandang Dalam Menggambar Komik

Bola.com, Jakarta –
Komik
adalah cerita yang disampaikan dengan menggunakan gambar. Adanya gambar tersebut memudahkan pembaca memperoleh visualisasi dari adegan yang ada dalam cerita.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, komik adalah cerita bergambar (dalam majalah, surat kabar, atau berbentuk buku) yang umumnya mudah dicerna dan lucu.

  • xl Kata-Kata Bijak untuk Mengelola Kemarahan agar Diri Lebih Terkendali
  • 40 Kata-Kata Rindu Masa Kecil, Jadi Mesin Waktu
  • six Komponen Penting dalam Permainan Sepak Bola, Lengkap beserta Penjelasannya

Komik
merupakan satu di antara jenis buku cerita bergambar yang diminati banyak orang dari berbagai kalangan, terutama anak muda. Saking populernya komik di tengah masyarakat, tidak heran banyak judul komik sudah diterbitkan.

Komik yang ada dan biasanya beredar di kalangan masyarakat jenisnya juga ada beragam. Apa saja jenis-jenis komik yang ada tersebut?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis
komik
beserta penjelasannya yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman
dosensosiologi.com
, Selasa (11/1/2022).

Jenis-Jenis Komik Berdasarkan Tampilannya

Bentuk komik jikalau ditinjau berdasarkan pada penampilan, terbagi atas beberapa macam, di antaranya:

Komik Strip

Komik strip merupakan komik yang hanya terdapat sedikit gambar saja. Selain gambar, gagasan yang ada dalam komik tersebut juga sedikit.

Meski hanya menggunakan sedikit gambar dan tulisan, hal tersebut sudah cukup menggambarkan suatu gagasan yang utuh. Komik strip ini biasanya banyak dijumpai di surat kabar dan majalah.

Keterbatasan tempat untuk memuat komik dalam surat kabar atau majalah, menjadikan cerita dan gambar diringkas dan hanya menyajikan pokok-pokoknya saja.

Baca :   Salah Satu Manfaat Biologi Dalam Bidang Pertanian Adalah

Komik Buku

Komik buku merupakan jenis komik yang paling banyak ditemui. Komik buku merupakan komik yang menampilkan cerita secara utuh dalam satu buku.

Selain itu, dalam komik tersebut biasanya juga terdapat seri-seri dari setiap judul yang menampilkan cerita secara berkelanjutan. Namun, ada juga jenis komik buku yang tidak berkelanjutan atau berseri.

Jadi, tergantung penulis komik apakah akan membuat cerita habis hanya dalam satu buku atau lebih.

Jenis-Jenis Komik Berdasarkan Tampilannya

Komik Humor/Petualangan

Komik humor merupakan jenis komik yang menampilkan cerita lucu agar pembaca tertawa. Unsur kelucuan dalam komik sense of humor terdapat dalam teks yang disisipkan atau juga dapat berasal dari gambar-gambar yang dibuat secara lucu.

Selain komik sense of humor, terdapat pula genre petualangan dalam komik. Komik ini bercerita mengenai perjalanan tokoh untuk mencari atau memperjuangkan sesuatu.

Komik Biografi dan Ilmiah

Komik biografi biasanya menampilkan kisah hidup seorang tokoh berpengaruh yang ditampilkan dalam bentuk gambar yang berurutan.

Komik tersebut tentu berbeda dengan jenis buku biografi yang hanya menampilkan tulisan dari kisah-kisah tokoh inspiratif. Sementara dalam komik biografi terdapat gambar-gambar pendukung.

Komik ilmiah merupakan komik yang berisi perpaduan antara narasi dan gambar. Dalam komik ilmiah lebih ditekankan cerita yang berisi proses penemuan terhadap produk terbaru.

Jenis-Jenis Komik Berdasarkan Genre Cerita

Jenis komik berdasarkan genre cerita terbagai atas beberapa bentuk, yakni:

Komik Edukasi

Dalam komik jenis ini lebih ditekankan pada tujuan edukasi atau pendidikan, tetapi tidak mengesampingkan fungsi hiburannya. Hal itu karena komik banyak digemari oleh anak-anak dan remaja.

Hal tersebut membuat penulis tidak hanya menampilkan nilai komersialnya saja, tetapi juga turut memperhatikan nilai edukasinya.

Baca :   Tahapan Proses Kerja Komputer Yang Benar Adalah

Komik Promosi

Komik promosi dibuat untuk keperluan promosi atau memperkenalkan suatu produk. Komik promosi ini diharapkan dapat mengenalkan suatu produk dengan membangkitkan imajinasi pembaca melalui narasi yang dibuat menjadi gambar-gambar yang menarik.

Komik Wayang

Komik wayang merupakan komik yang mengangkat cerita pewayangan, seperti kisah Mahabarata atau Ramayana. Selain digunakan sebagai hiburan bagi pembacanya, komik wayang ini juga dapat turut andil dalam melestarikan unsur budaya asli Nusantara.

Komik Silat

Komik silat merupakan komik yang cukup populer karena menggambarkan adegan laga dari tokoh cerita. Komik ini bercerita mengenai pertarungan antartokohnya.

Jenis-Jenis Komik Berdasarkan Fungsinya

Jenis-jenis komik berdasarkan fungsi terbagi dalam beberapa bentuk, antara lain:

Komik Kartun/Karikatur

Komik kartun merupakan satu di antara jenis komik yang menggabungkan teks dengan gambar-gambar lucu yang bersifat menyindir. Tujuan komik karikatur adalah sebagai media untuk mengkritik dengan diselingi sense of humour.

Komik Potongan

Komik potongan ini berisi penggalan-penggalan gambar yang digabungkan menjadi satu bagian yang menyusun sebuah cerita. Komik jenis ini biasanya ditampilkan dalam seri harian bahkan mingguan secara bertahap. Dengan begitu, pembaca akan menanti setiap episodenya.

Komik Online (Komik Web)

Selain media cetak, dalam era sekarang juga populer komik dalam media elektronik atau media online. Kelebihan komik jenis ini adalah jangkauan pembacanya yang lebih luas daripada komik jenis cetak.

Selain itu biasanya gambarnya juga lebih menarik dengan ciri gambar penuh dengan warna.

Sumber:
Dosensosiologi

Sebutkan 5 Sudut Pandang Dalam Menggambar Komik

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4855802/jenis-jenis-komik-beserta-penjelasannya-yang-perlu-diketahui

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …