Salah Satu Akibat Makan Makanan Yang Haram Adalah Tidak Ada

Salah Satu Akibat Makan Makanan Yang Haram Adalah Tidak Ada

Ciri-Ciri Makanan Haram

Makanan yang diharamkan memiliki ciri-ciri antara lain :

  1. Makanan itu membahayakan
  2. Melemahkan dan merusak akal
  3. Mendatangkan kerusakan terhadap manusia baik jiwa ataupun raga.
  4. Memabukkan
  5. Menjijikkan

Arti Makanan Haram

Allah Swt. telah memerintahkan manusia supaya mengonsumsi makanan yang baik, sebaliknya manusia diharuskan menjauhi makanan yang haram. Makanan yang haram adalah makanan yang dilarang untuk dikonsumsi menurut syariat Islam . Sebagaimana Firman Allah Swt.:

…وَيَنْهَاهُمْ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ…

Artinya: …dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk …” (QS. Al-A’raf [7]:157)

Allah juga berfirman dalam QS. Al-Maidah [5]:3:

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَن تَسْتَقْسِمُوا بِالْأَزْلَامِ

Artinya: Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah. (QS. Al-Maidah [5]:3)

Apa saja makanan yang diharamkan?

Berapa jenis makanan yang diharamkan oleh Allah Swt. antara lain:

a. Bangkai binatang, kecuali ikan dan belalang.

Sabda Rasulullah Saw.

Hadits tentang haramnya bangkai kecuali bangkai ikan dan belalang

Artinya : Dihalalkan bagi kita dua macam bangkai, yaitu bangkai ikan dan belalang” (HR. Ibnu Majah dari Abdullah Bin Umar : 3209)

b. Darah dari binatang halal maupun haram, meskipun sudah dimasak seperti saren/dideh yang mirip dengan daging hati dan limpa.

Baca :   Materi Radiasi Elektromagnetik Kelas 12 Pdf

c. Makanan yang buruk, menjijikkan atau najis seperti kecoa, lalat, tikus, cacing, kutu dan lain-lain.

Firman Allah dalam QS. Al-A’raaf (7):157:

…وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ…

Artinya : …dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka ….” (QS. Al-A’raaf [7]:157)

d. Daging babi, termasuk di dalamnya kulit, tulang dan semua bagian dari hewan tersebut.

e. Binatang yang disembelih tidak atas nama Allah.

f. Makanan yang membahayakan

Contoh makanan yang mengandung racun, mengandung alkohol, dan makanan yang basi. Firman Allah dalam QS. Al-Baqarah (2):195 :

وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ…

artinya : Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan … (QS. Al-Baqarah [2]:195)

Macam-Macam Makanan yang Haram

Makanan yang diharamkan agama, yaitu makanan yang diharamkan di dalam al-Qur’an dan Hadis, dan bila tidak terdapat petunjuk yang melarang, berarti halal.

Haramnya makanan secara garis besar dapat dibagi dua macam yaitu:

1. Haram Aini

Haram aini maksudnya hukum asal dari makanan itu sendiri memang sudah haram ditinjau dari sifat bendanya seperti daging babi, darah, dan bangkai.

Haram karena sifat tersebut, ada tiga yaitu:

  • Berupa hewani yaitu haramnya suatu makanan yang berasal dari hewan seperti daging babi, anjing, ulat, buaya, darah hewan, nanah dll.
  • Berupa nabati (tumbuhan), yaitu haramnya suatu makanan yang berasal dari tumbuhan seperti kecubung, ganja, serta daun beracun.
  • Benda yang berasal dari perut bumi, apabila dimakan orang tersebut, akan mati atau membahayakan dirinya, seperti timah, aspal, logam dan lainnya.

2. Haram sababi

Haram sababi maksudnya hukum asal makanan itu sendiri adalah halal, akan tetapi dia berubah menjadi haram karena adanya sebab yang menjadikan haramnya makanan tersebut, seperti daging sapi digoreng dengan minyak babi.

Haram sababi dapat juga ditinjau dari hasil usaha yang tidak dihalalkan oleh agama, seperti:

  • Makanan haram yang diperoleh dari usaha dengan cara dhalim, seperti mencuri, korupsi, menipu, merampok, dll.
  • Makanan haram yang diperoleh dari hasil judi, undian harapan, taruhan, menang judi, dll.
  • Hasil haram dari penjualan makanan haram seperti menjual daging babi, kemudian uangnya digunakan untuk membeli makanan. Uang tersebut haram.
  • Hasil haram dari membungakan uang (riba), yaitu menggandakan uang. Uang hasil penggandaan uang hukumnya haram.

Akibat Memakan Makanan Haram

Tahukah kalian, amalan dan ibadah yang telah dilakukan sungguh-sungguh dapat hilang begitu saja pahalanya, hanya karena pelakunya mengonsumsi makanan haram?.

Baca :   Yang Termasuk Dalam Perangkat Keras Adalah

Ada beberapa akibat yang akan menimpa orang yang makan makanan haram, antara lain:

1. Makanan haram akan merusak kesehatan.

Apa yang dikonsumsi seseorang ke dalam perutnya memiliki hubungan sangat erat dengan qalbunya. Mengonsumsi makanan haram akan merusak qalbu/hati dan menjadikannya tidak sehat. Karenanya Nabi Saw. bersabda:

Hadits bahwa makanan haram akan merusak kesehatan

Artinya: “Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Ketahuilah, sesungguhnya di dalam diri ini terdapat suatu bagian, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuh; ketahuilah bahwa dia adalah hati.” (HR. Bukhari Muslim)

2. Orang yang mengonsumsi makanan haram doanya tidak dikabulkan

Karena makanan haram menghalangi terkabulnya doa dan diijabahi permohonan. Dalilnya, hadits Nabi Saw. menyebutkan seorang laki-laki yang telah menempuh perjalanan jauh, sehingga rambutnya kusut dan berdebu.

Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdo’a: ‘Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku.’ Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan dikenyangkan dari yang haram, maka bagaimanakah Allah akan memperkenankan do’anya?” (HR. Muslim)

3. Makanan haram dapat merusak amal-amal shalih

Akibatnya, makanan yang haram menyebabkan amal-amal ibadah tidak diberi pahala. Rasulullah Saw. bersabda:

Hadits bahwa makanan haram dapat merusak amal-amal shalih

Artinya: Shalat tidak diterima tanpa bersuci dan shaqadah yang dari kecurangan tidak akan diterima. (HR. Muslim)

4. Merasa hina dan rendah

Mengonsumsi makanan haram akan merasa hina dan rendah diri karena dia hidup di atas kezaliman terhadap orang lain, memakan harta mereka dan merampas hak-hak mereka. Sehingga hatinya merasa hina dan jiwanya merasa rendah. Rasulullah Saw. bersabda:

Hadis tentang makanan haram - Merasa hina dan rendah

Artinya: “Dan dosa adalah sesuatu yang membuat goncang hatimu dan engkau tidak suka orang-orang mengetahuinya”. (HR. Muslim)

5. Makanan haram menyebabkan keturunannya rusak

Yakni makanan haram yang dikonsumsi seseorang untuk dirinya dan keluarganya akan menyebabkan keturunannya menjadi rusak agama dan akhlaknya. Allah tidak menjaga mereka sebagai hukuman atas perbuatan orang tua yang mengambil yang haram. Karena anak yang shalih, baik, dan patuh menjadi pembahagia dan permata untuk orang tuanya. Allah cabut kebahagiaan ini dari hidupnya.

Baca :   Ukuran Panjang Dan Lebar Gelanggang Pencak Silat

Hikmah Menghindari Makanan yang diharamkan

Dari beberapa makanan yang diharamkan oleh Allah ada isyarat hikmah yang terkandung di dalamnya. Hikmah yang terkandung antara lain:

  1. Minuman yang memabukkan diharamkan karena di dalamnya mengandung zat etanol atau metanol yang bersifat racun, sehingga membahayakan kesehatan manusia terutama merusak jaringan otak dan saraf.
  2. Diharamkannya babi karena di dalamnya mengandung cacing pita yang dapat tumbuh dalam lambung manusia dan akan merusak alat pencernakan.
  3. Diharamkan bangkai karena bangkai tersebut kemungkinan mengandung mikroba-mikroba atau baksil yang akan meracuni dan merusak tubuh manusia
  4. Makanan yang menjijikkan atau kotor diharamkan, karena makanan tersebut dapat mengotori tubuh kita dan akan menjadi racun dalam tubuh yang akan mengganggu pertumbuhan jasmani dan rohani.

Dari keempat hikmah di atas, dapat disimpulkan bahwa diharamkannya makanan oleh Allah merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada manusia. Dengan menghayati ketentuan Allah tersebut akan tumbuh kesadaran bahwa betapa kasih sayang Allah terhadap hambaNya sangatlah besar.

Menarik nih: Bahasan lengkap makanan halal juga contoh soal makanan halal & haram 😉

Cara Menghindari Makanan Haram

Simak Cerita Berikut

Saad bin Abi Waqas bertanya kepada Rasulullah Saw: “Wahai Rasulullah, mintalah kepada Allah SWT supaya Dia menjadikan doaku mustajab.”
Jawab Baginda: “Wahai Saad, jagalah soal makanmu niscaya kau menjadi orang yang makbul doanya. Demi Allah yang nyawa Muhammad dalam kekuasaan-Nya, jika seseorang lelaki memasukkan sesuap makanan haram dalam perutnya, doanya tidak akan diterima selama empat puluh hari.”

Sebagai seorang muslim kita harus berusaha menghindari atau menjauhi makanan yang haram. Agar dapat menghindari makanan yang diharamkan, hendaklah diperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Tanamkan di dalam diri sikap benci dan tidak suka terhadap makanan yang diharamkan.
  2. Hendaklah dipahami betul macam-macam makanan yang diharamkan.
  3. Jika terdapat keraguan terhadap makanan tersebut tanyakanlah kepada ulama terdekat.
  4. Bersikap hati-hati terhadap makanan yang telah diolah atau dalam kemasan.
  5. Tanamkan keyakinan di dalam diri bahwa makan sesuatu yang haram akan merusak dan membahayakan jiwa kita.
  6. Menjauhi pergaulan yang mengarah pada makanan yang haram.

Salah Satu Akibat Makan Makanan Yang Haram Adalah Tidak Ada

Source: https://ilmuwiki.blogspot.com/2019/03/makanan-haram-ciri-jenis-macam-hikmah-akibat.html

Artikel Terkait

Leave a Comment