Rujak Cingur Adalah Makanan Khas Dari Daerah

Rujak Cingur Adalah Makanan Khas Dari Daerah

Kekayaan kuliner Nusantara memang tak terkira banyaknya. Setiap daerah tentu mempunyai makanan khasnya masing-masing. Tak terkecuali Jawa Timur, daerah asal saya. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja makanan khas di propinsi paling timur pulau Jawa ini, berikut saya bahas secara singkat kuliner khas Jawa Timur dan juga Keterangannya.

Makanan Khas Jawa Timur dan Keterangannya

 Rawon
atau nasi rawon adalah makanan khas surabaya – jawa timur (karena selalu disajikan dengan nasi) adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek.

 Tahu lontong
atau nasi tahu. Yaitu makanan pokok atau makanan utama yang terbuat dari tahu yang digoreng tidak terlalu kering. Untuk menghidangkannya tahu di letakan di atas lontong yang nantinya di sebut Tahu Lontong atau nasi yang akhirnya di esbut nasi tahu di taburi tauge pendek dan disiram saus kecap.

Soto Lamongan
adalah Soto Koya-satunya yang menggunakan atau semacam bubuk bawang putih. Lauk untuk makanan ini adalah ayam, yang telah uap dengan rempah-rempah

Bakso bakar khas Malang
pertama kali diciptakan oleh Soeparman alias Pak Man pada tahun 1997. Bakso bakar ini terbuat dari daging sapi yang digiling lalu direbus dan dibakar. Sebelum dibakar, bakso diberi berbagai bumbu seperti kecap dan saos. Dengan aromanya yang harum dan rasanya yang nikmat dan pedas, bakso bakar ini menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke Malang. Jika penasaran ingin mencicipi bakso bakar Pak Man, Warung Bakso Bakar Pak Man ini ada di Jalan Diponegoro No 19 A Kota Malang.

Rujak cingur
adalah salah satu
makanan khas yang paling terkenal
dan mudah ditemukan di daerah
Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. terdiri dari irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, krai (sejenis ketimun khas Jawa Timur),bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong dan ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo dan cingur serta sayuran-sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung dan kacang panjang

Baca :   Manfaat Aturan Dalam Kehidupan Sehari Hari

Opak gambir
adalah makanan khas Blitar. Di daerah lain, orang mengenalnya sebagai kue semprong. Opak gambir dibuat dari tepung terigu, telur, gula dan sari buah. Rasanya enak, bisa jadi teman minum teh di sore hari atau teman nonton.

Krengsengan
adalah masakan yang biasanya terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil (2X2 cm), yang diberi bumbu tumisan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala, (dihaluskan terlebih dahulu) ditambah dengan kecap manis pada waktu memasak, sehingga tidak banyak berkuah dan berwarna coklat tua, ada juga yang dicampur dengan bagian jeroan kambing. Masakan yang khas menggunakan daging kambing ini biasanya dijumpai bersama gulai kambing,

Sop Kikil
adalah salah satu makanan khas Kota Surabaya. Makanan ini bahan utamanya adalah daging sapi yang berurat (biasanya bagian kaki), sehingga ketika dimakan dagingnya terasa kenyal. Kuahnya merupakan kaldu dari daging tersebut, dicampur dengan kunir, sereh, bawang goreng dan bumbu lainnya. Makanan ini disajikan panas dan dicampur jeruk nipis dan sambal sesuai selera.

Soto Madura
adalah jenis soto yang berasal dari daerah Madura, Jawa Timur berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge, dengan bumbu ketumbar, bawang merah dan bawang putih, jahe, kunir, laos, Kemiri, jeruk purut, dan garam secukupnya.

Demikian artikel yang saya bisa sampaikan hari ini baca juga Makanan Khas Korea Super Pedas

Rujak Cingur Adalah Makanan Khas Dari Daerah

Source: https://coretanbesar.blogspot.com/2015/05/makanan-khas-jawa-timur-dan.html

Artikel Terkait

Leave a Comment