Rpp Pkn Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013

Rpp Pkn Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013

Download RPP 1 Lembar SMP Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013

– Mengajar dan mendidik merupakan kewajiban yang harus guru kerjakan secara sungguh-sungguh. Melakukan pekerjaan tersebut tampaknya sangat mudah.

Namun, jika tidak melakukannya secara hati-hati. Alias tanpa perencanaan, bisa saja malah akan memberikan dampak buruk bagi siswa. Oleh sebab itu, seorang guru harus dapat mempersiapkan segala perencanaan mengajar dan mendidik siswa dengan matang.

Perencanaan inilah yang sobat kenal dengan sebutan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Merupakan bagian dari administrasi kelas yang wajib guru miliki sebelum tatap muka dengan para anak didik.

Melalui artikel berjudul
RPP Kelas 7 Semester 2 dan 1 Hanya 1 Lembar. Gurusekali.com akan membagikan salah satu perangkat pembelajaran untuk setiap mata pelajaran Kurikulum 2013 Revisi Terbaru.

Untuk kumpulan bidang studi terdiri dari:
Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Prakarya, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), dan Pendidikan Agama Islam (PAI).

RPP SMP Kelas 7 tersebut dapat sobat guru unduh pada akhir artikel. Tapi sebelumnya, ayoo ketahui dahulu apa sih itu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran?. Lalu seperti apa komponen dan bentuknya?. Simak lebih lanjut dibawah ini.

Daftar Isi:

  • 1
    Review RPP Kurikulum 2013
  • 2
    Format RPP 1 Lembar SMP
  • 3
    Download RPP Kelas 7 Semester 1 dan 2

    • 3.1
      Download Rpp K13 Matematika Smp Kelas 7 Semester 1


Review RPP Kurikulum 2013


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah salah satu perangkat guru yang isinya mengenai perencanaan kegiatan proses belajar mengajar supaya siswa-siswi dapat mencapai kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang guru tetapkan.

Baca :   Rpp Kelas 2 Tema 4 Subtema 1

Dalam melakukan kegiatan perencanaan tidak boleh terpisah-pisah dari kegiatan belajar lainnya. Oleh karena itu, sobat guru harus bisa membuat RPP 1 Lembar SMP Kelas 7 secara sistematis dan penuh untuk semester 1 dan 2.

Jika persiapan RPP yang salah guru susun, maka dapat menyebabkan tidak fokusnya kegiatan tatap muka dengan siswa. Makanya guru memiliki peran sangat kruasial dalam pendidikan, karena guru adalah faktor yang dapat menentukan kualitas pendidikan.

Penyebabnya tidak lain karena gurulah yang berhadapan langsung dengan para siswa sang generasi penerus bangsa. Namun, dalam kenyataannya di lapangan, beberapa guru masih tidak memahami prosedur untuk merancang RPP dengan baik dan benar.

Sudah sewajarnya memang merancang perangkat pembelajaran menjadi tugas utama guru. Jadi, kita bisa saja beranggapan bahwa mudah untuk membuat RPP. Namun jika tidak melakukannya secara hati-hati, sesuai prosedur dan terencana. Maka apa yang telah terencana, malah akan memberikan efek buruk saat mengajar.

Sebelumnya, guru memerlukan waktu yang lama saat membuat RPP Kelas 7. Penyebabnya karena banyaknya komponen yang harus muncul dalam format RPP. Coba bayangkan saja, untuk 1 kegiatan tatap muka bisa memerlukan 10 sampai 15 lembar kertas.

Namun sejak tahun 2022, saat Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mencetuskan peraturan baru dalam merancang RPP 1 Lembar. Sehingga memberikan efek positif bagi guru.

Penyebabnya karena dapat meringankan tugas guru, yang awalnya membuat RPP perlu banyak kertas untuk setiap pertemuan. Jadi, sekarang hanya perlu 1 lembar saja. Sehingga dalam merancang RPP Kelas 7 Semester 2 dan 1 menjadi lebih simple dan mudah memahaminya.

Format RPP 1 Lembar SMP

Berikut adalah format RPP Versi Kemendikbud yang diharapkan memberikan inspirasi bagi guru dalam menciptakan perangkat pembelajaran untuk siswa-siswi kelas VII SMP.

Format RPP 1 Lembar Kelas 7 Semester 1 dan 2
Format RPP Inspiratif Versi Kemendikbud

Dari format tersebut dapat sobat simpulkan bahwa terdapat 3 komponen wajib tercantum saat mau membuat RPP. Yaitu:
Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Belajar, dan Penilaian

yang terbagi menjadi 3 bagian (Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan).

Baca :   Tuliskan Cara Pengolahan Sampah Kaleng Minuman Dengan

Jadi, sobat guru diberikan keluasaan dalam mengekspresikan perancangan kegiatan belajar. Sehingga dengan memperhatikan Kompetensi Dasar (KD) capaian, kondisi sekolah dan siswa. Maka guru dapat menentukan proses mengajar dan mendidik apa yang paling cocok dan sesuai kebutuhan.

Download RPP Kelas 7 Semester 1 dan 2

Sebelum sobat guru mengunduh perangkat administrasi kelas 7 berikut. Kami memberitahukan bahwa file RPP 1 Lembar tersimpan menggunakan format .doc. Jadi kalau ingin membukanya pakai dulu software
Microsoft Word

sejenisnya.

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII
RPP Bahasa Inggris Kelas VII
Format RPP IPA Kelas VII
Format RPP IPS Kelas VII
RPP Matematika Kelas VII
RPP PAI Kelas VII
Format RPP PJOK Kelas VII
RPP PKn Kelas VII
Format RPP Prakarya Kelas VII
Format RPP Seni Budaya Kelas VII
RPP Fiqih Kelas VII

Untuk mendownload file RPP SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi diatas, sobat hanya perlu menentukan mata pelajaran apa yang dibutuhkan. Selanjutkan KLIK/TEKAN format RPP pada tabel tersebut.
Jangan lupa untuk mengedit Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan kebutuhan sobat.

Akhir Kata

Setelah kamu mengunduh file administrasi kelas 7 yang gurusekali.com bagikan. Langkah selanjutnya yang harus kamu buat adalah menentukan
Kriteria Ketuntasan Minimal. Silahkan kunjungi artikel berjudul : KKM Kelas 7 Semester 2 dan 1 Kurikulum 2013. Untuk mendapatkan setiap formatnya. Salam Pendidikan.

Rpp Pkn Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013

Source: https://prednisowp.com/download-rpp-k13-matematika-smp-kelas-7-semester-1/

Artikel Terkait

Leave a Comment