Ragam Hias Bangunan Rumah Di Kayu Sering Dijumpai Pada

Ragam Hias Bangunan Rumah Di Kayu Sering Dijumpai Pada


Manfaat Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Kayu
– Ragam hias pada kayu sering kalian jumpai pada pintu, jendela, lemari, patung dan lain sebagainya, pada umumnya ragam hias kayu tidak hanya digunakan untuk hiasan saja tetapi Sebagian orang mempercayai sebagai penolak bala atau penghormatan kepada leluhur. Beberapa daerah di Indonesia seperti jawa, bali, Sumatra. Kalimatan dan papua memiliki ragam hias yang khas pada kayu.

Faktor kepercayaan turut mendukung berkembangnya ragam hias karena adanya perlambangan di balik gambar. Ragam hias memiliki makna karena disepakati oleh masyarakat penggunanya. Penerapan ragam hias kayu juga terdapat pada benda benda seni kerajinan. Fungsi ragam hias tidak hanya untuk menambah keindahan atau estetika tetapi juga memiliki simbol atau makna.

manfaat penerapan ragam hias pada bahan kayu

Keinginan untuk menghias merupakan naluri atau insting manusia. Ragam hias pada bahan kayu pada dasarnya mempunyai arti pola hias yang diterapkan pada media kayu dan dikerjakan dengan teknik tertentu. Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kayu, karena kayu sering digunakan untuk pembuatan barang-barang tertentu salah satunya adalah benda kerajinan.

Karena memiliki sifat yang khas, terkadang kayu tidak dapat digantikan dengan bahan lain. Ragam hias pada bahan kayu disebut juga dengan ornamen. Kegunaan dari ragam hias adalah untuk menambah nilai keindahan (estetis) dari benda atau produk yang diciptakan dari bahan kayu tersebut.


Manfaat Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Kayu

Kita sebagai pengguna dari kayu yang setiap jenisnya mempunyai sifat-sifat yang berbeda, perlu mengenal sifat-sifat kayu tersebut sehingga dalam pemilihan atau penentuan jenis untuk tujuan penggunaan tertentu harus betul-betul sesuai dengan yang kita inginkan. Beberapa sifat kayu yaitu keras dan kuat serta mudah dibentuk sehingga kayu sangat cocok untuk dibuat kerajinan ukiran. Ragam hias pada bahan kayu juga berfungsi untuk menambah nilai estetis sekaligus nilai ekonomis dari benda kerajinan yang diciptakan.

Baca :   Pengolahan Bahan Pangan Sayuran Menjadi Makanan Dan Minuman Kesehatan

Apa saja manfaat penerapan ragam hias pada bahan kayu sebenarnya sudah mulai diajarkan pada siswa saat di bangku SMP. Semua materinya yang terdiri dari definisi, fungsi, manfaat, dan contoh ragam hias tersebut pun tertulis rapi di buku pedoman kesenian. Sayangnya masih ada beberapa siswa yang mengeluh sulit mengerjakan butir soal ketika ujian. Alasannya pun tak lain karena mereka belum menguasai materi dengan baik.

Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu

Penerapan ragam hias pada kayu yaitu bentuk dasar hiasan yang disusun sesuai pola yang diterapkan pada kayu, Fungsi ragam hias tidak hanya untuk menambah keindahan atau estetika tetapi juga memiliki simbol atau makna.

Ragam hias pada kayu sering dijumpai pada bagian-bagian rumah, misalnya pintu, jendela, bagian tiang rumah, dan bagian-bagian rumah lainnya. Ragam hias kayu juga dipercayai untuk mengusir roh dan juga sebagai persembahan. Bentuk ragam hias sangat beraneka ragam, bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki pola ragam hias yang berbeda beda dan memiliki ciri khas pada setiap daerahnya.

Baca juga: Ada Berapa Ounce Dalam Satu Cangkir? Berikut Jawabannya

Penerapan ragam hias pada bahan kayu terdapat pada benda-benda kerajinan tradisional antara lain seperti topeng kayu, tameng/ perisai kayu, bagian rumah adat tradisional, perabotan rumah tangga, hiasan dinding, dan lain-lain.

Berikut contoh penerapan ragam hias pada kayu :

  1. Contoh Ragam Hias pada Kerajinan Topeng Kayu
  2. Contoh Ragam Hias pada Tameng/Perisai
  3. Contoh Ragam Hias pada Rumah Adat
  4. Perabot Rumah tangga
  5. Hiasan Dinding

Manfaat Ragam Hias pada Bahan Kayu

Ragam kayu atau ornamen merupakan salah satu karya seni yang sudah ada sejak zaman prasejarah atau indonesia masih ada dalam bentuk kerajaan-kerajaan, ragam jenis diindonesia dipengaruhi oleh banyak hal seperti lingkungan, bidaya, adat, flora dan fauna. Ragam hias pada bahan kayu banyak dijumpai pada pintu, jendela, kursi, bagian tiang rumah, ragam hias juga bisa sibuat di peralatan dan perkakas seperti batang kris, taji, peti dll.

Baca :   Paket Multimedia Telkomsel Untuk Apa Saja

Pada umumnya, ragam hias selain digunakan sebagai bagian dari keindahan rumah juga dipengaruhi oleh kepercayaan pada tahayul atau hal mistic berfungsi sebagai penolak bala atau penghormatan kepada roh yang dipengaruhi budaya leluhur.

Beberapa manfaat ragam hias kayu, yaitu:

  1. Mempercantik bahan kayu sebagai ornamen hiasan.
  2. Meningkatkan nilai jual bahan kayu dengan karya seni ragam hias dan
  3. Sebagai bahan yang dipercaya memiliki kekuatan mistik

Berikut artikel singkat tentang Manfaat dari ragam hias pada bahan kayu, beberapa manusia mempercai bahwa selain digunakan sebagai bagian dari keindahan rumah juga dipengaruhi oleh kepercayaan pada tahayul atau hal mistic berfungsi sebagai penolak bala atau penghormatan kepada roh yang dipengaruhi budaya leluhur.


Ragam Hias Bangunan Rumah Di Kayu Sering Dijumpai Pada

Source: https://rpp.co.id/manfaat-penerapan-ragam-hias-pada-bahan-kayu/

Artikel Terkait

Leave a Comment