Proses Perubahan Wujud Yang Memerlukan Kalor Adalah

Proses Perubahan Wujud Yang Memerlukan Kalor Adalah

Perubahan Wujud Apakah Yang Memerlukan Kalor Dan Perubahan Wujud Apakah Yang Melepaskan Kalor

perubahan wujud zat dapat berubah dari wujud yang satu ke wujud yang lain. perubahan wujud yang terjadi pada zat, yaitu: video ini berisi pemaparan pengaruh kalor terhadap perubahan wujud zat. materi ini merupakan bagian dari kalor dan perhatian! *dilarang meng edit ataupun me reupload (mengupload kembali) video ini* silahkan share link video materi perubahan wujud zat yang memerlukan kalor : i. mencair meleleh 2. menguap three. menyublim. materi ipa smp mts kelas 7 semester ane bab 5 kalor dan perpindahannya kalor pada perubahan suhu di dalam video apakah pengaruh kalor pada suatu zat? apakah zat bisa berubah wujud? apakah kalor bisa berpindah? temukan jawabannya membeku mengembun mengkristal. kalor dan perubahan wujud benda kelas 7. kalor dengan suhu merupakan two hal serupa tapi tak sama. kalor ada karena panas, dan suhu merupakan bagian dari keduanya. materi ipa kelas vii. memaparkan perbedaan perubahan wujud mana yang menerima kalor dan perubahan wujud yang melepas benda dapat berubah wujud dari padat ke cair, cair ke gas, gas ke padat, atau sebaliknya. perubahan ini masing masing memiliki perubahan wujud benda kelas 5 semester two ini merupakan kejadian sehari hari di sekitar kita, dalam video ini menjelaskan 6

Perubahan Wujud Benda
dapat terjadi karena benda menerima atau melepas kalor. Contoh perubahan wujud benda dapat sobat idschool amati di kehidupan sehari – hari seperti perubahan kue agar – agar dari cairan menjadi padat, titik embun air yang memburamkan kaca mobil saat hujan, logam dicairkan budi untuk menyolder, atau pada perubahan es batu di dalam gelas yang semakin lama akan berubah menjadi air jika didiamkan untuk waktu tertentu. Bentuk perubahan wujud benda dapat berupa mencair, menguap, menyublim,mengkristal, mengembun, dan membeku. Dari berbagai perubahan wujud benda tersebut dapat terjadi karena benda menerima kalor atau melepas kalor.

Baca :   Tebak Gambar Level 4 No 2

Sebelum ke pembahasan perubahan wujud benda mana saja yang membutuhkan/menerima kalor dan perubahan wujud benda saja yang melepaskan kalor, ingat kembali enam perubahan wujud benda. Keenam perubahan wujud benda tersebut telah disinggung di awal paragraf yaitu mencair, menguap, menyublim, mengkristal, mengembun, dan membeku. Pengertian perubahan wujud benda tersebut diberikan seperti terlihat pada gambar berikut.

Perubahan wujud benda mana yang menerima kalor? Perubahan wujud mana yang melepaskan kalor? Ulasan lebih lanjutnya akan disampaikan melalui ulasan di bawah.

Perubahan Wujud Benda yang Membutuhkan Kalor/Panas

Perubahan wujud benda yang membutuhkan kalor terdiri atas mencair, menguap, dan menyublim.

Mencair
adalah proses perubahan wujud benda dari padat menjadi cair. Contoh es batu (padat) menjadi air (zat cair), lilin yang dipanaskan, es krim yang dibiarkan di ruang terbuka akan mencair dengan sendirinya. Dalam proses mencair, benda menerima energi panas (kalor) untuk membuat benda padat menjadi cair, dan logam dicairkan menggunakan solder. Misalnya pada perubahan es batu menjadi air, panas dibutuhkan es batu untuk berubah menjadi cair.

Menguap
adalah proses perubahan wujud benda dari cair menjadi gas. Contoh peristiwa menguap air menjadi uap air saat memasak air, bensin yang dibiarkan berada pada tempat terbuka lama – lama juga akan habis berubah menjadi gas, dan lain sebagainya. Dalam proses menguap, benda semula berupa zat cair menerima/membutuhkan energi panas (kalor) untuk merubah air yang dipanaskan menjadi uap air. Dalam peristiwa menguap, zat memerlukan energi panas untuk berubah dari cair ke gas.

Menyublim
adalah peristiwa perubahan wujud benda dari padat ke gas. Contoh menyublim terjadi pada kapur barus (kamper) yang disimpan pada lemari pakaian lama – lama akan habis dan di dalam lemari akan menjadi harum. Dalam peristiwa menyublim zat memerlukan energi panas untuk berubah dari padat ke gas.

Baca :   Jenis Kain Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Batik Adalah

Baca Juga: Termometer Air Raksa dan Termometer Alkohol

Perubahan Wujud Benda yang Melepaskan Kalor/Panas

Perubahan wujud benda yang melepaskan kalor meliputi membeku, mengembun, dan mengkristal.

Mengkristal
adalah perubahan wujud benda dari gas ke padat. Contoh peristiwa mekristal terjadi pada berubahnya uap menjadi butiran es (di dalam freezer). Dalam peristiwa mengkristal, perubahan zat terjadi karena terjadi pelepasan energi panas.

Membeku
adalah perubahan wujud benda dari cair menjadi padat. Contoh peristiwa membeku adalah air di dalam freezer akan menjadi es batu, lilin cair yang didinginkan, dan perubahan kue agar – agar dari cairan menjadi padat. Peristiwa perubahan zat menjadi beku (membeku)merupakan peristiwa dengan zat melepaskan energi panas.

Mengembun
adalah perubahan wujud benda dari gas menjadi cair. Contoh peristiwa mengembun adalah es batu dalam sebuah gelas akan membuat bagian luar gelas basah, rumput di lapangan pada pagi hari menjadi basah padahal sore harinya tidak hujan, dan titik embun air yang memburamkan kaca mobil saat hujan. Dalam peristiwa mengembun, zat melepaskan energi panas sehingga benda gas dapat menjadi cair.

Baca Juga: Suhu dan Pemuaian

Contoh Soal Perubahan Wujud Benda – SMP

Contoh 1 – Perubahan Wujud Benda yang Melepaskan Kalor

Pelepasan kalor terjadi pada perubahan wujud benda yang ditunjukkan oleh anak panah bernomor ….A.  1 dan 5B. 2 dan 3C. 4 dan five

D. four dan 6



Peristiwa perubahan wujud zat oleh kalor


– Segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang disebut dengan zat. Yang tidak memiliki massa namun menempati ruang maka tergolong pada energi. Bunyi dan cahaya termasuk energi karena tidak memiliki massa.

Jadi, ilmu fisika sesungguhnya ilmu tentang

zat dan energi

. Namun kali ini akan dibahas masalah wujud zat dan perubahannya. Wujud zat berubah karena adanya kalor yang diberikan atau dilepaskan.

Perubahan wujud zat

Zat di alam terdiri dari iii wujud, yaitu; padat, cair dan gas. Teori dasar pelajaran IPA fisika tentang zat tersebut mengungkapkan bahwa zat dapat mengalami perubahan wujud.

Baca :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 124

Zat berwujud padat dapat berubah menjadi wujud zat cair dan disebut dengan peristiwa melebur. Contohnya, bungkahan es dapat berubah menjadi air.




Selanjutnya air dapat berubah menjadi uap dan disebut sebagai peristiwa menguap. Contohnya, peristiwa menguapnya air di permukaan bumi menjadi uap air di awan.

Kebalikan perubahan wujud di atas yaitu mengembun dan membeku. Uap air di angkasa dapat mengalami peristiwa pengembunan dengan adanya embun yang menempel pada tumbuhan dan benda apa saja di pagi hari.

Ada pula peristiwa perubahan wujud yang tidak mengalami proses melebur melainkan langsung menjadi uap. Peristiwa itu disebut dengan menyublim, misalnya kapur barus berubah langsung menjadi uap.




Proses sebaliknya disebut dengan mengkristal, dimana uap kapur barus dapat berubah wujud menjadi kristal kapur barus.

Pengaruh kalor terhadap wujud zat

Kalor (panas) dapat menaikkan suhu suatu zat yang berdampak terhadap perubahan wujud zat. Melebur dan menguap merupakan peristiwa yang memerlukan kalor. Untuk meleburkan bungkahan es, atau menguapkan air diperlukan kalor.

Namun demikian peristiwa mengembun dan membeku tidak memerlukan kalor melainkan melepaskannya. Peristiwa terbentuknya embun di pagi hari merupakan contoh perubahan wujud yang melepaskan kalor.




Begitu pula peristiwa membeku, akan dikeluarkan sejumlah kalor sehingga air membeku membentuk bungkahan es.

Kulkas atau lemari es merupakan penerapan peristiwa perubahan wujud zat cair menjadi padat. Alat ini bekerja untuk mengeluarkan kalor yang ada pada air. Jadi, bungkahan es terbentuk di kulkas karena kalor pada air telah dikeluarkan oleh alat ini.

Kesimpulan

Zat dapat mengalami perubahan wujud karena aadanya kalor. Dalam prosesnya, kalor itu dibutuhkan oleh zat untuk mengubah wujudnya. Namun ada pula yang tidak diperlukan kalor alias dilepaskan/dibuang.***

Proses Perubahan Wujud Yang Memerlukan Kalor Adalah

Source: https://hasilcopa.com/peristiwa-perubahan-wujud-zat-yang-memerlukan-kalor-adalah

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …