Pola Gerak Dominan Dalam Pembelajaran Senam Terdiri Atas

Pola Gerak Dominan Dalam Pembelajaran Senam Terdiri Atas

Ilustrasi gerakan guling lenting pada senam lantai

KOMPAS.com
– Senam tanpa alat merupakan jenis senam lantai yang dilakukan di atas matras tanpa menggunakan alat bantu lain.

Dalam buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (2010) karya Yusup Hidayat, Shindu Cindar Bumi, dan Rizal Alamsyah, jenis senam lantai dibedakan menjadi dua yaitu senam lantai dengan alat dan senam lantai tanpa alat.

Iklan – Artikel dilanjutkan di bawah

Dalam artikel ini, akan dibahas jenis dan pola gerak dominan dalam senam lantai tanpa alat.

Jenis Senam Lantai Tanpa Alat

Berikut merupakan jenis senam lantai tanpa alat adalah:

Iklan – Artikel dilanjutkan di bawah

  • Sikap lilin
  • Guling depan
  • Guling belakang
  • Guling lenting
  • Handstand dan headstand
  • Kayang
  • Loncat harimau

Baca juga: Senam Lantai: Pengertian, Jenis, Ragam Gerakan, dan Manfaatnya

Pola Gerak Dominan Senam Lantai Tanpa Alat

Mengutip Bobo.Grid.id, sikap lilin adalah olahraga senam lantai dengan posisi berbaring telentang di atas matras.

Iklan – Artikel dilanjutkan di bawah

Posisi kedua tangan menyangga punggung pada sisi badan, kemudian kedua kaki merapat dan diluruskan ke atas, seperti lilin. Pola gerak dominan dalam sikap lilin ini adalah kombinasi gerak bertumpu dan keseimbangan.

Guling depan atau forward roll adalah gerakan mengguling atau menggelinding ke depan secara membulat.

Pada gerak guling depan anggota badan yang lebih dahulu menyentuh matras setelah tangan yaitu tengkuk. Pola gerak dominan dalam guling depan adalah tumpuan, putaran, dan pendaratan.

Baca juga: Unsur-unsur Gerakan Senam Lantai

Guling belakang adalah gerakan berguling ke arah belakang atau menggelindingkan badan ke belakang dengan bentuk membulat seperti roda, mulai dari panggul, pinggang, punggung, dan tengkuk.

Pola gerak dominan dalam guling belakang adalah bertumpu, tolakan, dan mendarat.

Gerakan guling lenting merupakan gerakan tubuh ke atas dan depan yang dilakukan dengan melempar kedua kaki dan tolakan kedua tangan.

Ketika melakukan gerakan guling lenting, tumpuan tubuh berada di bagian tengkuk serta kepala. Pola gerak dominan dalam guling lenting adalah lokomotor, bertumpu, dan mendarat.

Baca :   Perbedaan Ninja Van Dan Ninja Express

Handstand adalah gerakan berdiri terbalik dengan kedua tangan sebagai tumpuan.

Headstand atau yang disebut juga kopstand sejatinya tidak berbeda jauh dengan handstand. Hanya saja, dalam gerakan kopstand bertumpu pada kepala dan ditopang oleh kedua tangan.

Pola gerak dominan dalam senam lantai handstand dan headstand adalah bertumpu dan juga keseimbangan.

Baca juga: Cara Melakukan Senam Lantai yang Aman

Pada olahraga senam lantai kayang, posisi badan berdiri tegak dan kedua kaki terbuka, serta kedua tangan lurus ke atas.

Kemudian, lengkungan badan sehingga kedua tangan menyentuh lantai dan tahan dalam beberapa saat. Pola gerak dominan dalam kayang ini adalah gerak bertumpu pada kedua kaki dan tangan.

Sebutan gerakan loncat harimau berasal dari sikap kedua lengan ketika meloncat dan berguling yang menyerupai harimau.

Gerakan loncat harimau secara mendasar menyerupai gerak gulung depan dengan perbedaan pada awalan serta sikap mendarat. Pola gerak dominan dalam senam lantai loncat harimau adalah tolakan, melayang, mendarat, dan putaran.

Penulis: Ervan Yudhi Tri AtmokoEditor: Ervan Yudhi Tri Atmoko

iv Gerak Dominan Senam Lantai – Senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor power). Senam mempunyai seperangkat gerak dominan yang unik dan spesifik serta berbeda dengan olahraga yang lain.

Senam bertujuan memperkaya pengalaman gerak dan meningkatkan kesegaran jasmani para peserta didik melalui pembelajaran pola gerak dominan.

Pembelajaran senam diarahkan kepada pola gerak dominan yang terdiri atas statik, mendarat, meloncat/melompat, gerak berpindah, berputar dan mengayun.

Dengan mengetahui pola gerak dominan maka setiap orang dapat mengetahui dimana letak kekurangan mereka dalam bergerak. Selain itu, manfaat pola gerak dominan membuat keterampilan fisik dan intelektual terbentuk.

Gerak dominan merupakan dasar atau landasan untuk keterampilan dalam mengembangkan semua keterampilan senam. Itulah mengapa pentingnya dalam mempelajari gerak dominan karena menjadi dasar gerakan senam.

Dengan menguasai pola gerak dominan dalam senam membuat seseorang dapat mengembangkan senam yang sesungguhnya dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Pola gerak dominan mempunyai beberapa keuntungan seperti berkonsentrasi pada pola gerak kunci kegiatan.

Baca :   Ada Tiga Jenis Tari Kreasi Yaitu

Selain itu, mempelajari pola gerak dominan bisa disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, tetapi tetap menantang dan menyenangkan.

Bahkan dalam pola gerak dominan menguntungkan karena membuat seseorang untuk terampil dan bisa diurutkan pada saat melakukan gerak dominan dari yang mudah ke yang sulit sejauh mana kemampuan dari seseorang tersebut.

Menurut Sayuti Syahara (2005:25) terdapat 6 pola gerak dominan dalam pembelajaran senam, yaitu: one. Statik (static}, ii. Mendarat (landings), 3. Meloncat/melompat (springs), four. Gerak berpindah (locomotion), five. Berputar (rotation), six Mengayun (swings).

Pola Gerak Dominan Dalam Senam Lantai Adalah?

Yang dimaksud dengan pola gerak dominan adalah pola gerak yang mendasari terbentuknya suatu keterampilan sehingga perannya dianggap dominan. Sedangkan menurut Macam-macam pola gerak dominan itu adalah:

    1. Pendaratan adalah pola gerak dominan sebagai penghentian gerak yang terkontrol dari tubuh yang melayang pada saat turun.
    2. Posisi-posisi statis, statis berarti seimbang, jadi sedang dalam posisi seimbang.
    3. Gerak berpindah merupakan pola gerak dominan dimana berulang-ulang memindahkan tubuh atau gerak tubuh atau anggota tubuh yang menyebabkan tubuh berpindah tempat.
    4. Ayunan adalah pola gerak dominan berbagai macam pegangan dan posisi tubuh menggantung atau bertumpu, merupakan dasar utama dari pembentukan mengayun.
    5. Putaran merupakan pola gerak dominan yang berhubungan dengan gerak berputar yang berporos pada tubuh.
    6. Lompatan adalah pola gerak dominan yang terdiri atas kegiatan-kegiatan yang menghasilkan perpindahan tubuh secara cepat.
    7. Layanan dan ketinggian adalah pola gerak dominan yang merupakan peristiwa tatkala tubuh sedang ada di udara, terbebas dari kontak dengan alat atau permukaan tanah.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan 4 Gerak Dominan Senam Lantai Adalah? Ini Geraknya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Lihat Foto

Averyl Baline Mattahati (13), saat berlatih secara daring melalui aplikasi di rumahnya di Lengkong Gudang Timur, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, Jumat (26/v/2020). Di tengah Pandemi Covid-19, atlet Averyl Baline Mattahati yang tergabung dengan Gavrila Gymnastics Club Jakarta tetap berlatih secara daring untuk menjaga kebugaran tubuh.

Baca :   Karya Seni Berupa Gabungan Beberapa Gambar Yang Sudah Jadi Adalah

KOMPAS.com
– Senam lantai terbagi menjadi dua jenis, yaitu senam lantai menggunakan alat dan tanpa alat.

Pengertian senam tanpa alat adalah jenis senam lantai yang dilakukan di atas matras tanpa menggunakan alat bantu lain.

Mengutip buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (2010) karya Yusup Hidayat, Shindu Cindar Bumi, dan Rizal Alamsyah, berikut jenis dan pola gerak dominan dalam senam lantai tanpa alat.

Sementara pengertian pola gerak dominan dalam senam adalah suatu gerakan dasar untuk semua keterampilan gerak senam dan seringkali terlihat.

Baca juga: Unsur-unsur Gerakan Senam Lantai

Jenis Senam Lantai Tanpa Alat

Apa saja pola gerak dominan senam lantai? Berikut merupakan jenis senam lantai tanpa alat adalah:

  • Sikap lilin
  • Guling depan
  • Guling belakang
  • Guling lenting
  • Handstand dan headstand
  • Kayang
  • Loncat harimau

Jika melihat jenis senam lantai dan pengertian pola gerak dominan dalam senam, gerakan seperti memutar, beguling, mengayun, melompat, bertumpu, dan mendarat akan banyak terlihat.

Baca juga: Senam Lantai: Pengertian, Jenis, Ragam Gerakan, dan Manfaatnya

Pola Gerak Dominan Senam Lantai Tanpa Alat

Sikap lilin

Mengutip Bobo.Filigree.id, sikap lilin adalah olahraga senam lantai dengan posisi berbaring telentang di atas matras.

Posisi kedua tangan menyangga punggung pada sisi badan, kemudian kedua kaki merapat dan diluruskan ke atas, seperti lilin. Pola gerak dominan dalam sikap lilin ini adalah kombinasi gerak bertumpu dan keseimbangan.

Guling depan

Guling depan atau forrard roll adalah gerakan mengguling atau menggelinding ke depan secara membulat.

Baca juga: Gerakan Coil dalam Senam Lantai

Pada gerak guling depan anggota badan yang lebih dahulu menyentuh matras setelah tangan yaitu tengkuk. Pola gerak dominan dalam guling depan adalah tumpuan, putaran, dan pendaratan.

Pola Gerak Dominan Dalam Pembelajaran Senam Terdiri Atas

Source: https://dimanakahletak.com/salah-satu-contoh-pola-gerak-dominan-dalam-senam-lantai-adalah

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …