Sosiologi Info
– Sebutkan, Jelaskan, Tuliskan, Berikan contoh perwujudan dari nilai-nilai pancasila dalam bidang ekonomi di kehidupan sehari-harinya atau di Lingkungan Masyarakat.

Kira-kira Apa saja ya, sobat mau tahu jawabannya? Yuk Mari simak pembahasannya dibawah ini, kita pahami dulu apa itu Pancasila ya, jangan lupa untuk dibaca terus!

Keberagaman Masyarakat Indonesia

Indonesia, sebuah Negara dengan berbagai macam-macam budaya, suku, dan agama yang terdapat didalamnya, maka memilki banyak sekali perbedaan-perbedaan yang ditemukan.

Tetapi dengan adanya perbedaan tersebut tidak membuat perpecahan. Indonesia merupakan Negara merdeka yang menganut sistem pancasila.

Banyaknya perbedaan yang terdapat namun di indoneis atetap menjunjung dengan sistem pancasila. Sobat pasti pernah dengar apa itu Pancasila. Mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Pancasila ?

Sekilas Pengertian Pancasila

Pancasila hadir melalui beberapa proses yang juga mengiringi kelahiran atau asli khas Indonesia. Negara Indonesia kini pancasila menjadi gagasan asli khas indonesia.

Pancasila dengan konsep didalamnya terdapat nilai-nilai yang tidak membedakan suku, budaya, dan agama manapun.

Konteks pancasila dalam kehidupan sebagai manifestasi jiwa ditengah-tengah keragaman yang ada.

Sistem perekonomian yang sudah ada didalam kegiatan masyarakat sehari-hari sudah menjadi darah daging.

Karena sistem ekonomi ini sangat berkaitan dengan aktivitas manusia itu sendiri. Kegiatan masyarakat dengan jual beli.

Ataupun aktivitas lainnya. Kini sistem perekonomian sudah banyak ditemukan dengan adanya bank, supermarket, mall, bursa saham, perusahaan dan sebagainya.

Sistem Perekonomian yang dianut oleh Negara Indonesia adalah sistem ekonomi yang didalamnya terkandung nilai-nilai pancasila.

Baca :   Teknologi Reproduksi Yang Harus Dilakukan Pada Masa Kawin Tertentu Adalah

Landasan sistem ekonomi pada Pancasila ialah Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terutama pada pasal 33.

Contoh Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Ekonomi

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari perwujudan nilai nilai Pancasila dalam bidang ekonomi.

Yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada pasal 33, yaitu :

1. Perekonomian dilakukan atas dasar kesepakatan bersama serta dilandasi dengan adanya rasa kekeluargaan antar anggota.

2. Perekonomian pada usaha-usaha produksi yang bersifat penting atau urgensi bagi Negara, perekonomian tersebut mempunyai nilai-nilai yang terdapat didalamnya.

Dan dipergunakan untuk kepentingan bersama, tidak bersifat  individual dan juga hasil-hasilnya dapat dikuasai oleh Negara dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

3. Alam semesta berupa bumi, air, hutan, dan kekayaan alam yang mempunyai nilai di dalamnya maka hasil dari alam semesta di berikan kepada Negara.

Semata-mata bukan hanya untuk kepentingan individual melainkan dipergunakan untuk kepentingan dan kemakmuran rakyat itu sendiri.

4. Adanya pelaksanaan perekonomian nasional yang diselenggarakan atas dasar demokrasi ekonomi, dimana didalamnya terdapat beberapa prinsip, yaitu:

a. Prinsip Kebersamaan

Prinsip ini menganut dengan adanya rasa kebersamaan, suatu usaha dilakukan secara bersama-sama.

b. Efisiensi Keadilan

Terdapat keadilan yang merata dengan tujuan tidak ada tumpang tindih antara satu sama lain.

c. Berkelanjutan

Usaha yang berbasiskan pada perekonomian diharapkan mempunyai dampak untuk ke depannya, serta memikirkan untuk masa yang akan datang.

d. Berwawasan Terhadap Lingkungan

Suatu usaha yang akan dilaksanakan itu harus mempunyai pengetahuan atau wawasan terhadap lingkungan seperti apakah usaha tersebut mersak lingkungan disekitar?

e. Prinsip Kemandirian

Dilakukan secara sendiri ataupun mandiri, tidak menggantungkan kepada orang lain.

Baca :   Bahasa Indonesia Kelas 1 Sd Semester 2

f. Menjaga Keseimbangan Kemajuan

Sistem ekonomi yang dijalankan harus mengikuti perkembangan zaman agar nantinya tidak tertinggal dan tetap bisa bertahan.

g. Kesatuan Ekonomi Nasional

Setelah kita melihat perwujudan nilai-nilai pancasila dalam ekonomi yang termuat pada pasal 33 Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Maka selanjutnya ialah contoh perwujudan nilai-nilai pancasila dalam kegiatan ekenomi sehari-hari, anatra lain:

1. Membiasakan diri dengan melakukan transaksi Pembelian dan penggunaan produk dalam Negeri

Di era globalisasi ini, dunia semakin canggih semua hal bisa diperjual belikan dengan mudah terutama barang-barang yang kita inginkan dari luar negeri.

Sikap kita yang suka membeli barang dari luar negeri memberikan efek pada usaha-usaha mikro yang terdapat dalam negeri.

Maka dari itu kita mengusahakan untuk membeli dan mencintai produk sendiri atau dalam negeri. Secara tidak langsung kita berkontribusi dalam kegiatan perekonomian.

2. Penanaman kesadaran berkonstitusi pada sistem pancasila

Dimulai dari diri sendiri, ditanamkan kesadaran akan nilai-nilai dari pancasila.

3. Sistem ekonomi lebih dikuatkan pada produksi domestik terutama pada usaha dalam negeri dengan tujuan untuk memperkuat perekonomian rakyat itu sendiri.

4. Indonesia dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian petani, maka Hasil pertanian harus menjadi prioritas utama dan dapat memberikan nilai yang tinggi bagi petani itu sendiri.

5. Mengurangi adanya kegiatan impor bahan baku dari luar negeri

6. Sistem ekonomi dilandaskan pada kesejahteraan rakyat.

Yang dimaksud ialah segala sesuatu yang dibutuhkan atau diperlukan oleh semua masyarakat kalangan manapun dapat dijangkau daya belinya oleh masyarakat.

7. Menjalin kerja sama dan Mempererat kerja sama diantara Negara-negara berkembang dengan tujuan bersama-sama.

Dan saling membantu dalam menghadapi kepentingan Negara-negara maju terutama pada saat pernag berlangsung.

Baca :   Pernyataan Yang Benar Tentang Sifat Kutub Magnet Adalah

8. Sistem ekonomi di Indonesia seharusnya tidak bergantung pada badan badan multilateral seperti IMF, Bank Dunia, dan WTO.

9. Kekayaan alam di indoensia adalah kepemilikan bersama-sama bukan hanya untukindividual, tetapi secara bersama-sama. Hasil dari kekayaan alam tersebut harus digunakan secara merata.

10. Perekonomian di indonesia harus dilakukan dengan cara seimbang dan serasi ke seluruh daerah tanpa terkecuali.

Namun tidak meninggalkan ciri-ciri khas yang terdapat di daerahnya masing-masing. Seperti daerah Cirebon dengan khasnya yaitu penghasil batik.

Maka ekenominya diberdayakan dengan wisata batik dan oleh-oleh khas cierbon yaotu batik dan juga mengikuti perkembangan zaman.

Demikianlah Pembahasan dan Ulasan terkait dengan 14 Contoh Perwujudan Nilai Nilai Pancasila dalam Bidang Ekonomi yang terdapat di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.


Penulis ɑrtikel : Nɑdiɑ Sɑfitri


Sumber Bacaan Sosiologi.info :

Sumartini, Ai Tin dan Asep Sutisna Putra. 2022. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. h. 22

Lubis, Yusnawan dan Mohamad Sodeli. 2017. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. h. 162

Zuchron, Daniel. 2022. Tunas Pancasila. Jakarta : Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikman, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. h. 27