Perbedaan Surat Pribadi Dengan Surat Dinas

Perbedaan Surat Pribadi Dengan Surat Dinas

4 Perbedaan Surat Resmi dan Surat Pribadi, Contoh, dan Bagian-bagiannya

Berdasarkan peruntukannya, surat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu surat resmi dan surat pribadi. Surat resmi adalah surat yang digunakan dalam komunikasi pribadi, seperti korespondensi antar teman, sahabat, atau keluarga. Sementara surat resmi adalah surat yang digunakan dalam komunikasi resmi, seperti korespondensi antar lembaga, instansi, perusahaan, atau organisasi. Ditinjau dari banyak aspek, surat resmi dan surat pribadi memiliki beberapa perbedaan. Apa saja
perbedaan surat resmi dan surat pribadi
tersebut? Simak artikel berikut ini untuk tahu jawabannya.

Perbedaan Surat Resmi dan Surat Pribadi

Perbedaan antara surat resmi terletak pada 4 aspek mendasar, di antaranya kelengkapan bagian-bagian surat, jenis korespondensi antara pihak yang dihubungkan, tata bahasa, serta gaya bahasa yang digunakan keduanya.

Berikut ini perbedaan surat resmi dan surat pribadi dalam bentuk tabel beserta indikator-indikatornya.

Perbedaan Surat Resmi Surat Pribadi
Bagian-bagian surat Ada aturan baku Tidak ada aturan baku
Pihak yang dihubungkan Individu ke individu Lembaga ke lembaga atau lembaga ke individu
Bahasa yang digunakan Bahasa baku Bahasa sehari-hari
Gaya bahasa Kaku Santai

1. Kelengkapan Bagian Surat

Perbedaan pertama antara surat resmi dan surat pribadi terletak pada kelengkapan bagian-bagian surat di dalamnya. Surat resmi umumnya mengandung bagian yang antara lain:

  1. Kepala atau kop surat yang terdiri dari nama, alamat, dan logo instansi atau lembaga yang mengirim surat.
  2. Nomor surat, lampiran, dan perihal.
  3. Tanggal surat dan alamat yang dituju.
  4. Pembuka, isi, dan penutup surat yang berisi salam penutup, jabatan, tanda tangan, dan nama lengkap dengan NIP atau nomor identitas.
  5. Tembusan surat, berupa pemberitahuan kepada pihak lain tentang isi surat.
Baca :   Arti Dari Bahasa Sunda Ke Indonesia

Sementara surat pribadi mengandung bagian-bagian yang lebih sederhana, antara lain tanggal dan alamat surat yang dituju, pembuka, isi, penutup yang disertai salam, tanda tangan dan nama pengirim. Secara lebih lengkap, perbedaan bagian-bagian antara surat resmi dan surat pribadi dapat dilihat pada Tabel di bawah ini.

Perbedaan Surat Resmi Surat Pribadi
Kop surat

Nomor surat
Lampiran
Hal
Tanggal surat

Alamat yang dituju

Pembuka
Isi surat
Salam penutup
Jabatan
Tanda tangan
Nama pengirim
Tembusan surat












X
X
X
X






X



X

2. Pihak yang Dihubungkan

Perbedaan surat resmi dan surat pribadi juga terletak pada korespondensi pihak yang dihubungkan. Surat pribadi umumnya menghubungkan 2 individu yang masih memiliki ikatan persahabatan, pertemanan, atau keluarga. Sedangkan surat pribadi umumnya menghubungkan lembaga dengan lembaga atau lembaga dengan individu. Surat undangan rapat walimurid yang dikeluarkan pihak sekolah juga termasuk jenis surat resmi.

3. Bahasa yang Digunakan

Bahasa yang digunakan dalam surat resmi dan surat pribadi juga berbeda. Surat resmi lazimnya menggunakan bahasa baku dengan ejaan yang disempurnakan, sementara surat pribadi boleh menggunakan bahasa slang dengan ejaan yang tidak mengenal aturan asalkan tetap dimengerti oleh pihak yang menerima surat.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

4. Gaya Bahasa

Gaya bahasa juga menjadi salah satu aspek perbedaan surat resmi dan surat pribadi. Surat resmi menggunakan gaya bahasa yang kaku dan langsung menuju maksud inti tujuan pengiriman surat. Sedangkan surat pribadi menggunakan bahasa yang luwes dengan penyampaian maksud yang berbelit-belit.

Demikian beberapa perbedaan antara surat resmi dan surat pribadi. Semoga bisa menambah pengetahuan kita terkait jenis-jenis surat dan ilmu korespondensi. Semoga bermanfaat!

Baca :   Sma Al Azhar Syifa Budi Kemang





Perbedaan Surat Pribadi Dengan Surat Dinas

Source: https://danperbedaan.blogspot.com/2016/05/perbedaan-surat-resmi-dan-surat-pribadi.html

Artikel Terkait

Leave a Comment