Penggabungan Beberapa Teknik Dasar Dalam Sepak Bola Disebut

Penggabungan Beberapa Teknik Dasar Dalam Sepak Bola Disebut

You lot’re Reading a Complimentary Preview

Folio

iii

is non shown in this preview.



Senin, 16 Agustus 2021




Edit

Bentuk Latihan Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola Lengkap – Sepakbola adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati masyarakat. Permainan berbasis kompetisi ini dilaksanakan oleh dua tim yang akan saling bertanding memperebutkan skor. Masing-masing tim memiliki xi pemain utama dengan tugas serta posisi berbeda-beda.

Selain menuntut penguasaan teknik yang handal, semua anggota tim harus saling bekerjasama. Inilah alasan kenapa kita harus melakukan latihan koordinasi dalam sepak bola. Melalui koordinasi yang baik akan menciptakan komunikasi yang harmonis. ketika keharmonisan tercipta maka tempo permainan, pola serangan, maupun strategi pun bisa berjalan lancar.

Latihan Teknik Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola

Pemain juga harus memperlajari berbagai bentuk latihan kombinasi sepak bola. Kombinasi sendiri merujuk pada kemampuan untuk menggabungkan dua teknik dasar. Sehingga teknik yang dihasilkan mampu membantu kalian membuat pola serangan serta pertahanan menjadi lebih efektif. Misalnya kombinasi menggiring dan mengoper sehingga menciptakan teknik baru yakni operan cepat.

Tentunya kedua aspek baik kombinasi dan koordinasi dalam sepak bola menjadi parameter kemenangan. Maka dari itu, pada artikel singkat kali ini saya akan membahas keduanya secara mendetail.

Dalam konteks pendidikan, materi sepakbola bisa kita jumpai hampir di semua jenjang mulai dari sekolah dasar sampai tingkat SMA sekalipun. Hampir semua siswa menyukainya karena selain menyehatkan olahraga ini juga menyenangkan meski sifatnya kompetitif. Tak hanya menyampaikan secara teori, guru pun juga pasti sering mengajarkan materi ini lewat kegiatan praktikum.

Setiap pemain harus menguasai teknik dasar yang terdiri dari menggiring, mengoper, menembak, dan mengumpan. Mempelajari pengetahuan yang meliputi peraturan, strategi, pola penyerangan, dan pertahanan juga tak kalah penting. Untuk mendapatkan kedua aspek tersebut maka kalian harus latihan rutin serta giat belajar.

Baca :   Dibawah Ini Adalah Gerakan Bermain Kasti Kecuali

Sayangnya tak semua siswa tau ketika diminta menjelaskan bentuk latihan kombinasi dan koordinasi sepak bola. Padahal materi serta pertanyaan tersebut sering muncul sebagai butir soal ketika ujian berlangsung. Tapi, secara garis besar kalian bisa membaca materinya sendiri di buku pedoman penjas maupun LKS.

Baca juga : Teknik Dasar Futsal Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Apa saja bentuk latihan latihan kombinasi dan koordinasi dalam sepak bola? Inilah yang menjadi inti pertanyaan. Pada pembahasan di bawah akan saya jabarkan beberapa gerakan yang memerlukan kedua aspek tersebut.

Teknik menahan serta memotong operan menjadi salah satu modal utama untuk melakukan pertahanan. Sedangkan menggiring lalu mengoper ke teman merupakan teknik penyerangan. Masing-masing memerlukan gerakan kombinasi serta koordinasi yang baik antar anggota tim.

Di lain sisi, kita pun tak bisa menampik fakta bahwa sepakbola memerlukan kerjasama yang kuat. Saling berkomunikasi dan memberi operan adalah strategi terbaik untuk mengecoh serta membawa bola semakin dekat ke gawang. Maka dari itu, diperlukanlah bentuk latihan koordinasi sepak bola khusus.

Latihan kombinasi dan koordinasi yang pertama pertama yakni menahan operan, menggiring dan mengoper bola kepada teman. Adapun cara melakukannya yaitu meliputi:

  1. Membentuk kelompok yang tersusun oleh empat orang pemain.
  2. Kemudian lakukan gerakan menggiring bola yang dilakukan oleh anggota kelompok terdepan sejauh kurang lebih 15 meter.
  3. Kemudian pada barisan tadi bola ditahan dan di putar posisi arahnya. Lalu lakukan gerakan menggiring bola dan bola dioper menuju anggota terdepan setelah jaraknya sekitar 5 chiliad eter.
  4. Setelah bola dioper kemudian lakukan gerakan berlari menuju barisan dibelakangnya. Latihan ini dapat dilakukan hingga giliran semua anggota telah dilaksanakan atau setiap pemain telah menguasainya.
Baca :   Perbandingan Antara Jarak Pada Peta Dengan Jarak Sebenarnya Disebut

Menyundul adalah teknik dasar yang dilakukan ketika bola berada di atas kepala pemain. Gerakan satu ini bisa dimaksudkan untuk mencetak angka ataupun menahan serangan lawan. Tapi jika tim sedang dalam posisi menyerang maka sundulan bisa diarahkan menjadi umpan atau operan. Maknanya kalian harus menjalin koordinasi yang baik agar teman mampu menerima operan sundul.

Sebenarnya untuk berlatih kombinasi serta koordinasi sepak bola khususnya gerakan menyundul cukup mudah. Adapun cara melakukannya yaitu sebagai berikut:

Latihan kombinasi dan koordinasi sepak bola selanjutnya ialah latihan menggiring bola sambil menembak bola ke arah gawang. Adapun cara melakukannya yaitu sebagai berikut:

  1. Buat kelompok yang terdiri dari 5 orang pemain.
  2. Pemain pertama bertugas untuk mengumpan bola yang akan ditendang ke arah gawang.
  3. Bola diusahakan agar masuk ke gawang melalui sundulan bola yang dilakukan oleh pemain kedua, ketiga, maupun keempat.
  4. Kemudian untuk pemain kelima bertugas untuk menjaga gawang sendiri.

Sekian penjelasan mengenai bentuk latihan kombinasi dan koordinasi dalam sepak bola terlengkap. Latihan kombinasi dan koordinasi sepak bola tersebut dapat berupa teknik menahan operan, menggiring dan mengoper bola kepada teman, latihan kombinasi teknik menyundul dan menendang bola, latihan teknik menggiring dan menendang bola ke arah gawang lawan, serta menendang dan menyundul bola ke arah gawang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.


Mengapa tindak lanjut penting dalam kegiatan melempar dan memukul.


Jelaskan bagaimana cara menghafal gerakan senam tanpa diiringi dengan musik​


Tuliskan 3 penyakit yang yang dapat dicegah dengan vaksinasi dpt.


Anu kelirna hejo teh ceuk sajak “”tanah sunda””…. a. lautan b. pakebonan c. pagunungan d. walungan e. padataran


Apa kelebihan yang mendukung peran anda sebagai guru? jelaskan alasannya dan berikan contohnya!

Baca :   Bagaimana Sikap Kita Dalam Menyikapi Keberagaman


Baca sempalan ieu sajak! merah putih nu kiwari mumbul dirangkul kau langit paul baheula kungsi ngelebet dina tungtung bayonet katut peujit murilit din …

a sempalan sajak diluhur, kecap anu ngandung harti konotatif, nyaeta… a. mumbul b. ngelebet c. dirangkul d. murilit due east. kiwari


Baca sing gemet téks wawancara di handap! euis : ” sampurasun, punten ibu ngawagel” bu encas : “rampés, mangga néng hoyong naon?” euis : “ieu bu abi b …

adé tumaros, harga céngék ayeuna sabaraha? bu encas : “mahal puguh néng, kamari mah sakilo 20 rébu, ayeuna mah naék jadi 35 rébu sakilona téh” eusi : ” kumaha harga-harga anu sanésna? bu encas : ” kantenan geulis” euis : ” hatur nuhun ibu kanggo informasina” bu encas :” sawangsulna” eusi téks wawancara di luhur téh nya éta …. a. harga sembako b. harga céngék c. harga sayur d. naékna harga e. néng euis ngajak wawanohan ka tukang sayur


Baca téks wawancara di handap! nu nanya : “tarékah naon kinten-kintenna sangkan jalma-jalama hususna generasi ngora teu kalibet nggunakeun narkoba?” due north …

arasumber :”anu leuwih utamana mah dibina ku kolotna di lingkungan kulawarga. barudak salaku generasi ngora kudu dididik, diatik ku ajaran agama, sangkan kandel kaimanan. barudak kudu apal yén narkoba téh barang haram nu dilarang ku agama jeung pamaréntah, sabab bakal ngarusak méntal jeung runtuhna nagara”. ragam basa nu digunakeun ku narasumber dina wawancara di luhur nyaéta …. a. lemes keur sorangan b. lemes keur ka batur c. loma d. kasar due east. cohag


Bentuk latihan senam aerobik dapat menimbulkan efisiensi kerja dari organ tubuh, yaitu…


7 contoh bentuk asesmen tidak tertulis sebagai portofolio siswa.

Penggabungan Beberapa Teknik Dasar Dalam Sepak Bola Disebut

Source: https://idkuu.com/penggabungan-beberapa-teknik-dasar-dalam-latihan-permainan-sepak-bola-disebut

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …