Penempatan Sebuah Poster Lebih Baik Pada Tempat Yang

Penempatan Sebuah Poster Lebih Baik Pada Tempat Yang

THUMBNAIL ARTIKEL Pengertian Ciri Fungsi Jenis Poster

Sebelum mengenal jenis-jenis poster, disini kita akan dijelaskan mengenai apa itu ciri-ciri poster, pengertiannya, dan fungsi dari poster.

Pengertian Poster

Poster merupakan jenis media tulisan, gambar, dan warna yang dipadukan hingga menjadi bentuk informasi yang ditujukan untuk masyarakat umum. Bisa diartikan sebagai media berupa iklan atau pengumuman, dan dipasang ditempat umum.

Penempatan Poster

Dalam pemasangan poster biasanya, poster tersebut dipasang ditempat yang strategis agar masyarakat atau pembaca lebih tertarik membacanya. Penempatan poster tersendiri dipasang di lingkungan masyarakat.

Penggunaan poster ini biasanya ditujukan untuk suatu bisnis, informasi publik, sebuah acara komersial, media edukatif, dan juga tujuan yang dari jenis poster tersendiri.

Ciri-Ciri Poster

7 Langkah Cara Membuat Poster Yang Baik & Menarik - Maxipro.co.id

1. Dicetak diatas Kertas atau Kain

Seperti biasanya poster lebih banyak dibuat menggunakan kertas, tetapi poster sendiri dapat dibuat menggunakan kain.

Berikut beberapa ukuran poster yang biasa digunakan.

  • A2 =
    42 cm × 59,4 cm
  • A3 =
    29,7 cm × 42 cm
  • A4 =
    21 cm × 29,7 cm
Baca :   Alat Musik Gambang Dimainkan Dengan Cara

2. Menggunakan Bahasa yang Jelas dan Santun

Poster yang baik biasanya menggunakan bahasa yang padat, jelas, dan singkat. Agar pembaca mudah memahami makna dan tujuan dari poster tersebut.

3. Menggunakan Kalimat Persuasif

Tujuan dari membuat poster adalah membuat pembaca menjadi ingin ikut serta dan mengajak pembaca berpartisipasi sesuai dengan isi pada poster.

4. Tulisan yang Berkesan

Tulisan di dalam poster tersendiri harus memiliki makna yang dalam agar sang pembaca menjadi terkesan oleh isi poster tersebut.

5. Menarik Perhatian

Poster tersendiri harus memiliki visual yang cukup membuat pembaca tertarik akan melihat dan membacanya. Biasanya dengan cara mencampurkan sedikit warna lebih mencolok yang membuat pembaca lebih tertarik.

Jenis-jenis Poster Berdasarkan Isinya

Berbagai Bahan untuk Cetak Poster yang Bagus Selain Kertas Akrilik, Board dll

1. Poster Niaga

Jenis poster niaga adalah poster yang berhubungan dengan menawarkan sebuah produk melalui poster tersebut. Poster seperti ini biasanya dibuat oleh pedagang yang akan menawarkan produk barunya kepada masyarakat.

Biasanya poster niaga sering dijumpai di tempat tempat seperti
coffee shop. poster niaga tersendiri biasa ditemui melalui platform seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. (berikut adalah contoh desain poster niaga)

Poster Niaga Promosi Makanan Pizza

2. Poster Layanan Masyarakat

Jenis poster layanan masyarakat adalah poster yang ditujukan untuk masyarakat. Biasanya poster layanan masyarakat sendiri bertujuan untuk layanan kesehatan masyarakat dan masih banyak lagi .(berikut adalah contoh poster layanan masyarakat)

Poster Layanan Masyarakat

3. Poster Kegiatan

Poster kegiatan adalah jenis poster yang bertujuan untuk memberitahu bahwa suatu tempat tersebut sedang mengadakan sebuah kegiatan.

Poster tersebut dipajang untuk mengajak masyarakat ikut serta dalam acara atau kegiatan yang ada dalam poster tersebut. (berikut adalah contoh desain poster kegiatan)

Jenis Poster Kegiatan Acara

4. Poster Pendidikan

Poster pendidikan berisi tentang arahan atau motivasi agar sang pembaca lebih semangat untuk menempuh pendidikan. (berikut adalah contoh dari gambar poster pendidikan)

Baca :   Apakah Fungsi Duri Dari Bunga Mawar Dan Putri Malu

Jenis Poster Pendidikan

5. Poster Karya Seni

Poster karya seni merupakan poster yang berisi suatu karya seni seseorang yang ditujukan kepada masyarakat agar masyarakat bisa mengekspresikan makna dari karya tersebut.

Jenis Poster Lukisan Karya Seni

Jenis-jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

Jenis Poster Yang Menarik Perhatian

Poster sendiri biasa ditempatkan di setiap sudut dimana poster itu layak dipasang dan dibaca.

1. Poster Propaganda

Jenis poster propaganda memiliki tujuan untuk pembaca setelah membaca poster tersebut bisa mengikuti pemahaman dari penulis.

Biasanya isi poster-poster tersebut berisi kalimat yang menyakinkan bahwa isi poster tersebut memiliki makna yang menarik. (berikut contoh gambar poster propaganda).

Jenis Poster Propaganda Tentara Pembela Tanah AIr

2. Poster Kampanye

Poster kampanye memiliki tujuan mengajak masyarakat atau pembaca agar ikut serta setelah membaca poster tersebut.

Poster ini biasanya banyak ditemui di jalanan pada saat masa-masa pemilu, pilkada, dan pemilihan lainnya. (berikut contoh jenis poster kampanye).

Poster Kampanye Pemilihan Ketua Kelas SMA

3. Poster Afirmasi

Jenis poster afirmasi merupakan poster yang dibuat dengan kalimat baik atau positif yang bertujuan agar pembaca mendapat motivasi setelah membacanya. (berikut contoh jenis poster afirmasi).

Poster Afirmasi Positif

4. Poster Film

Jenis poster film memiliki tujuan untuk mempromosikan sebuah film baru yang akan tayang di beberapa bioskop pada suatu daerah atau negara.

Tujuannya agar pembaca mengetahui suatu film yang sedang dipromosikan dan tertarik untuk menonton. (berikut contoh jenis poster film).

Jenis Poster Film Avengers

5. Poster Komersial

Jenis poster ini mirip dengan poster niaga dan juga poster film. Poster tersebut juga bertujuan untuk menarik perhatian pembaca agar melihat dan membaca lalu tertarik untuk membeli suatu barang tersebut.

Jenis Poster Komersial Restoran Sushi All You Can Eat

6. Poster “Dicari”

Jenis poster ini memiliki tujuan agar seseorang dapat menemukan barang atau hewan yang hilang. Tidak lain jenis poster dicari juga bisa digunakan oleh perusahaan yang sedang ingin mencari seorang pekerja. (berikut contoh jenis poster “dicari”).

Poster Dicari Hewan Anjing Peliharaan

7. Poster “Cheesecake

Jenis poster
cheesecake
ini memiliki tujuan untuk menarik perhatian pembaca. Karena jenis poster ini biasanya berisikan foto-foto orang terkenal seperti, selebriti, penyanyi, aktor film dan beberapa hal lain yang membuat orang-orang memperhatikan poster ini.

Baca :   Jelaskan Pengertian Ijtihad Menurut Bahasa Dan Istilah

Poster
cheesecake
biasanya banyak dipakai untuk informasi sebuah konser dan lain sebagainya.(berikut contoh poster
cheesecake).

Poster Cheesecake

Fungsi Poster

Fungsi Poster

1. Sebagai Sarana Menyampaikan Pesan

Fungsi poster adalah sebuah media atau informasi yang akan ditujukan kepada masyarakat. Poster sendiri biasa dijadikan media pemberitahuan.

2. Sebagai Media Promosi

Fungsi poster juga bisa digunakan sebagai media promosi barang atau jasa.

3. Sebagai Penarik Perhatian

Poster juga memiliki fungsi untuk menarik masyarakat atau pembaca. Tidak hanya sebagai menyampaikan informasi saja, tetapi isi poster sendiri memiliki fungsi menarik perhatian masyarakat dan pembaca.

Lindungi Poster dengan Laminating Dingin / Panas

Mesin Lamimating Telson YG320 25MM

Sebagai media komunikasi visual, kualitas isi dan desain poster menjadi hal yang sangat berpengaruh. Sebab tampilan visual yang menarik akan lebih banyak menarik perhatian. Sehingga akan meningkatkan visibilitas poster itu sendiri.

Oleh karena itu perlindungan terhadap tampilan poster menjadi suatu hal yang patut diperhatikan.

Salah satu upaya untuk mempertahankan poster agar tetap awet dan bagus adalah dengan melakukan laminasi panas ataupun dingin.

Semua itu bisa kalian lakukan menggunakan


Mesin Laminating Telson YG320 25MM

. Laminating media berukuran A3 jadi lebih mudah dan sempurna. Kalian pun bisa melakukan laminasi dingin dan panas menggunakan mesin laminating kecil dari

Maxipro

ini.

Semoga artikel dari


Maxipro


kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi
call center
kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di
website
kami yaaa !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan

Penempatan Sebuah Poster Lebih Baik Pada Tempat Yang

Source: https://maxipro.co.id/pengertian-fungsi-ciri-jenis-poster/

Artikel Terkait

Leave a Comment