Profil Ketenagakerjaan Umum

  1. Penduduk
    adalah semua orang yang berdomisili diwilayah geografis Republik Indonesia selama 6 bulan atau lebih dan atau mereka yang berdomisili kurang dari 6 bulan tetapi bertujuan untuk menetap.
  2. Penduduk yang termasuk Angkatan Kerja
    (AK) adalah penduduk usia kerja (15 tahun dan lebih) yang aktif secara ekonomi seperti mereka yang bekerja atau yang punya pekerjaan namun sementara tidak bekerja dan pengangguran.
  3. Bekerja
    adalah kegiatan melakukan pekerjaan dengan maksud memeperoleh atau membantu memeperoleh penghasilan atau keuntungan, paling sedikit selama satu jam dalam seminggu yang lalu. Bekerja selama satu jam tersebut harus dilakukan berturut-turut dan tidak terputus.
  4. Penganggur
    an
    adalah meliputi penduduk yang tidak bekerja dan sedang mencari pekerjaan, atau mempersiapkan suatu usaha baru, atau merasa tidak mungkin mendapat pekerjaan (putus asa), atau sudah diterima bekerja tetapi belum mulai bekerja.
  5. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK)
    adalah persentase jumlah angkatan kerja terhadap jumlah penduduk usia kerja (15+ tahun)
  6. Tingkat pengangguran Terbuka (TPT)
    adalah persentase jumlah pengangguran terhadap angkatan kerja
  7. Pekerja tidak penuh
    adalah mereka yang bekerja di bawah jam kerja normal (‹35 jam seminggu). Pekerja tidak penuh terdiri dari :
  • Setengah penganggur
    adalah mereka yang berkja di bawah jam normal dan masih mencari pekerjaan atau masih bersedia menerima pekerjaan
  • Pekerja Paruh Waktu
    adalah mereka yang bekrja dibawah jam normal tetapi tidak mencari pekerjaan atau tidak bersedia menerima pekerjaan lain
  1. Upah
    /gaji bersih
    adalah imbalan yang diterima selama sebulan oleh buruh/karyawan/pegawai baik berupa uang atau barang yang dibayarkan perusahaan/kantor/majikan. Imbalan dalam bentuk barang di nilai dengan harga setempat. Upah/gaji bersih yang dimaksud tersebut adalah setelah dikurangi dengan potongan –potongan iuran wajib, pajak penghasilan dan sebagainya.
  2. Pendapatan Bersih Sebulan yang lalu
    adalah imbalan atau penghasilan selama sebulan baik berupa uang maupun barang yang diperoleh seseorang yang bekerja dengan setatus berusaha sendiri, pekerja bebas di pertanian atau pekerja bebas di non pertanian.
  3. Jumlah jam kerja seluruh pekerjaan
    adalah lamanya waktu dalam jam yang digunakan untuk bekerja dari seluruh pekerjaan, tidak termasuk jam kerja istirahat resmi dan jam kerja yang digunakan untuk hal-hal diluar pekerjaan selama seminggu yang lalu.
  4. Mogok Kerja
    adalah tindakan pekerja secara bersama-sama menghentikan atau memperlambat pekerjaan sebagai akibat gagalnya perundingan penyelesaiaan perselisihan industrial yang dilakukan, agar pengusaha memenuhi tuntutan pekerja.
  5. Perselisihan Industrial
    adalah perselisihan antara pengusaha atau gabungan pengusaha dengan pekerja atau serikat pekerja atau gabungan serikat pekerja karena tidak adanya persesuaian mengenai pelaksanaan syarat-syarat kerja, hubungan kerja dan atau kondisi kerja.
  6. Perusahaan
    adalah setiap bentuk usaha yang berbadan hukum atau tidak yang mempekerjakan pekerja dengan tujuan mencari keuntungan atau tidak, milik orang perseorangan, persekutuan, atau badan hukum, baik milik swasta maupun milik Negara.
  7. Pengusaha
    adalah Orang perseorangan, persekutuan atau badan hukum yang menjalankan suatu perusahaan bukan sendiri.Orang perseorangan, persekutuan atau badan hukum yang berdiri sendiri menjalankan perusahaan bukan miliknya.Orang perseorangan, persekutuan atau badan hukum yang berada di Indonesia mewakili perusahaan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b yang berkedudukan diluar wilayah Indonesia.
  8. Kecelakaan Kerja
    adalah kecelakaan dan atau penyakit yang menimpa tenaga kerja karena hubungan kerja.
  9. Jaminan Sosial Tenaga Kerja
    adalah suatu perlindungan bagi tenaga kerja dalam bentuk santunan berupa uang sebagai pengganti sebagian dari penghasilan yang hilang atau berkurang, dan pelayanan sebagai akibat peristiwa atau keadaan yang dialami oleh tenaga kerja berupa kecelakaan kerja, sakit, hamil, bersalin, hari tua, dan meninggal dunia.
  10. Tenaga Kerja Indonesia (TKI)
    adalah Warga Negara Indonesia (WNI) baik laki-laki maupun perempuan yang bekerja diluar negeri dengan jangka waktu tertentu berdasarkan perjanjian kerja melalui prosedur penempatan TKI.
  11. Tenaga Kerja Warga Negara Asing Pendatang (TKWNAP)
    adalah warga Negara asing pendatang pemegang visa dengan maksud bekerja diwilayah Indonesia.
  12. Upah Minimum Propinsi (UMP)
    adalah upah bulanan terendah yang terdiri dari upah pokok termasuk tunjangan tetap diwilayah tertentu dalam satu propinsi.
  13. Kebutuhan Hidup Minimum (KHM)
    adalah standar kebutuhan pangan, sandang, papan dan aneka ragam jasa mencakup jenis dan besarnya yang sekurang-kurangnya harus dipenuhi seseorang untuk waktu tertentu.
Baca :   Logo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya