Penambahan Angka Atau Deuce Dalam Permainan Tenis Meja Apabila Kedudukan

Penambahan Angka Atau Deuce Dalam Permainan Tenis Meja Apabila Kedudukan

tirto.id – Bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang paling banyak dimainkan, dipertandingkan, dan ditonton. Menurut Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), olahraga bola voli mudah populer sebab menyajikan permainan yang cepat, “eksplosif,” dan menarik. Untuk memainkan pertandingan bola voli, dibutuhkan dua tim, yang masing-masing diperkuat oleh enam pemain (belum termasuk cadangan). Tugas utama setiap tim itu adalah mengumpulkan poin dengan cara menjaga bola tetap melayang di udara, serta menjatuhkannya ke wilayah permainan lawan. Setiap tim juga harus bisa mencegah upaya lawan untuk melakukan hal serupa. Sama seperti cabang olahraga lain, bola voli juga dipertandingkan dengan peraturan permainan yang wajib diketahui oleh para pemain olahraga ini. Berikut ini aturan permainan bola voli, mulai dari sistem perhitungan skor, jumlah poin dan gear up, hingga syarat sebuah tim dinyatakan menang dalam pertandingan.

Aturan Skor Bola Voli Menggunakan Rally Bespeak System

Peraturan permainan bola voli ditetapkan oleh FIVB. Salah satunya terkait sistem perhitungan skor. Dalam permainan bola voli, sitem perhitungan skor menggunakan rally bespeak system atau momen permainan yang dimulai dari sebuah servis.

Pada awal pertandingan, wasit umumnya mengundi tim yang akan mengambil servis pertama atau memulai rally. Setiap tim dituntut memenangkan sebuah rally.

Baca juga:

Macam-macam Gerak Dasar Permainan Bola Voli dan Bola Basket

Caranya dengan menjatuhkan bola ke wilayah lawan, atau apabila tim lawan melakukan kesalahan, yakni menjatuhkan bola di luar wilayah permainan. Untuk sebuah rally yang dimenangkan, sebuah tim berhak mendapatkan satu poin. Tim yang memenangkan rally juga berhak atas pengambilan servis selanjutnya.

Infografik SC Skor Permainan Voli. tirto.id/Fuad

Sedangkan apabila sebuah tim gagal melakukan servis: bola gagal melewati net atau bola jatuh di luar lapangan permainan, tim lawan yang berhak mendapatkan poin. Servis pun berpindah ke tim lawan. Selain itu, poin juga bisa didapatkan apabila sebuah tim melakukan pelanggaran atau melakukan segala tindakan yang bertentangan dengan aturan permainan yang ditetapkan oleh FIVB. Misalnya, pemain menyentuh net atau melewati garis tengah, melempar dan menangkap bola, dan lainnya.

Baca :   Jelaskan Yang Dimaksud Pola Gerak Berirama

Jumlah Poin & Fix dalam Bola Voli

Jumlah poin yang harus dikumpulkan oleh sebuah tim bola voli ialah maksimal 25. Tim yang paling cepat mencapai poin, maksimal dengan selisih minimal 2 poin dengan lawan, dinyatakan menang di sebuah set. Jadi, kedudukan poin untuk memenangkan satu set adalah 25-23 atau lebih besar. Hanya saja, batas maksimal poin bisa saja bertambah. Dengan catatan, pertandingan berlangsung seri atau kedudukan skor 24-24. Jika hal itu terjadi, untuk menentukan pemenang ready diterapkan deuce atau penambahan 2 poin. Tim yang paling cepat membuat jarak dua poin dengan lawan dinyatakan sebagai pemenang set. Dengan begitu, kedudukan poin yang paling mungkin tercipta adalah 25-23, 26-24, 27-25, dan seterusnya.

Syarat Menang di Bola Voli & Peraturan Iii Winning Set

Penentuan pemenang sebuah pertandingan bola voli menggunakan sistem the best of three atau 3 winning set. Maksudnya, sebuah tim harus unggul atas lawan paling sedikit dalam tiga ready untuk menjadi pemenang sebuah pertandingan. Jika sebuah tim berhasil memenangkan tiga set pertama maka dapat langsung dinyatakan sebagai pemenang pertandingan dengan skor akhir 3-0. Namun, apabila tim lawan berhasil memenangkan satu set, pertandingan berlanjut hingga set keempat untuk mendapatkan tim yang memenangkan paling banyak tiga set. Begitu pula ketika lawan memenangkan dua prepare. Pertandingan akan berlanjut hingga set kelima. Dengan begitu, skor akhir yang paling mungkin tercipta adalah 3-2, three-1, atau iii-0. Pada set kelima, skor maksimal yang harus dicapai ialah 15 poin. Tim yang paling cepat mencapai 15 poin dengan selisih 2 angka, dinyatakan sebagai pemenang. Set up akan berlanjut deuce apabila kedudukan poin ternyata mencapai 14-14. Untuk memenangkan pertandingan, sebuah tim harus memenangkan gear up kelima dengan selisih dua poin.

Baca juga:

Ukuran Lapangan Sepak Bola: Luas, Panjang, Lebar, Contoh Gambar

jawaban :Deuce/Jus dalam permainan Bola Voli adalah apabila kedua pemain mendapatkan nilai yang sama misalnya, 24 – 24, maka akan dilakukan Deuce, dengan syarat salah satu pemain harus unggul ii poin. Poin 24 – 24 atau 25 – 25 maupun 26 – 26

KOMPAS.com
– Dalam sebuah pertandingan bola voli kerap terjadi skor imbang 24-24. Lantas bagaimana jika terjadi skor 24-24 pada pertandingan bola voli?

Baca :   Bahan Keras Alami Mudah Didapatkan Dan Relatif

Bola voli adalah permainan bola besar yang ditentukan oleh poin atau angka.

Artinya, pemenang pertandingan bola voli adalah regu atau tim yang mampu mengumpulkan poin terbanyak lebih dulu.

Sistem penghitungan poin bola voli menggunakan rally indicate.

Baca juga: Pola Pertahanan Saat Menerima Servis dalam Bola Voli

Rally indicate adalah sistem penghitungan poin di mana pihak yang berhasil memenangi reli atau mematikan lawan akan langsung mendapatkan poin.

Dalam rally point, satu tim tidak perlu harus melakukan servis terlebih dahulu (sistem pindah bola) untuk meraih poin.

Adapun, pertandingan bola voli dibagi dalam lima ready.

Regu atau tim yang berhasil memenangi tiga set akan keluar sebagai pemenang.

Baca juga: Apa Itu Straight Smash pada Permainan Bola Voli?

Jumlah game dalam permainan bola voli sistem rally point adalah 25 poin.

Untuk memenangi sebuah set, tim harus mencetak 25 poin.

Namun, dalam sebuah pertandingan bola voli tak jarang terjadi deuce.

Deuce dalam permainan bola voli terjadi di angka 24-24.

Pemain bola voli putra Jawa Timur Rendy Tamamilang saat melawan Sumatera Utara PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor ii-0 GOR Voli Indoor Koya Koso Kota Jayapura, Kamis 30/ix/2021) sore.

Baca juga: Gerakan Kedua Lutut Saat Passing Atas Bola Voli

Dalam permainan bola voli, apabila terjadi angka sama 24-24 maka terjadi deuce.

Apabila terjadi deuce, maka pertandingan tetap dilanjutkan hingga salah satu tim unggul 2 angka ata tim lawan.

Jika terjadi deuce pada point 24, maka game diakhiri tim yang memperoleh signal 26 terlebih dahulu.

Kemudian, jika pertandingan imbang 2-2, fix kelima atau set penentuan akan dimainkan hingga 15 poin dengan keunggulan minimal adalah 2 poin.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian bring together. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

KOMPAS.com
– Deuce merupakan istilah dalam dunia olahraga. Istilah deuce tersematkan dalam beberapa cabang olahraga antara lain bulu tangkis, bola voli, tenis lapangan, dan tenis meja.

Baca :   Lupa Password Higgs Domino Akun Pengunjung Tanpa Nomor Hp

Pengertian deuce dalam olahraga adalah suatu keadaan ketika skor dalam keadaan seri pada permaian suatu set up.

Jika dalam suatu pertandingan berada pada kondisi deuce, maka pemain harus unggul 2 poin dari lawan untuk menentukan kemenangan.

Baca juga: Peraturan Permainan Tenis Meja

Berikut beberapa contoh terjadinya deuce dalam cabang olahraga seperti bulu tangkis, bola voli, tenis lapangan, dan tenis meja.

Dalam satu ready atau game bulu tangkis terdapat sistem deuce atau poin tambahan jika kedudukan imbang pada 20-20.

Dalam kondisi deuce tersebut, pemenang bisa ditentukan melalui keunggulan dua poin sebelum mencapai batasan 30 angka.

Baca juga: Jenis-jenis Pukulan dalam Tenis Meja

Kapan terjadinya deuce dalam permainan bola voli?

Pada pertandingan bola voli sistem perhitungan angka menggunakan rally point maksmal pada 25 poin.

Artinya, permainan bola voli berakhir bila salah satu tim berhasil memperoleh skor 25 poin.

Permainan bola voli juga memiliki istilah deuce. Dalam satu ready permainan bola voli terdapat sistem deuce jika kedudukan imbang pada 24-24.

Baca juga: Peraturan Bulu Tangkis Nomor Ganda

Sistem deuce dalam permaian tenis lapangan jika kedudukan imbang 40-40. Apabila dalam permainan tenis lapangan terjadi deuce, maka pemain harus merebut dua poin berturut-turut untuk memenangkan pertandingan.

Skor maksimal dalam pertandingan tenis meja dengan sistem rally betoken yaitu xi poin.

Pemenang satu set pertandingan tenis meja adalah pemain yang mampu mencapai poin 11 terlebih dahulu.

Baca juga: Jenis Servis dalam Bola Voli

Berarti apabila kedua pemain mendapat nilai sama (ten-x, 11-eleven, dst) dalam permainan tenis meja akan diadakan deuce.

Artinya, pemenang pada set up tersebut adalah pemain yang bisa meraih keunggulan 2 (dua) poin, misalnya 12-10, 13-11, 14-12 dan seterusnya.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penambahan Angka Atau Deuce Dalam Permainan Tenis Meja Apabila Kedudukan

Source: https://apayangkamu.com/dalam-permainan-bola-voli-akan-terjadi-duece-jus-apabila-point-sama-yaitu

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …