Pemberontakan Partai Komunis Indonesia Pki Di Madiun Terjadi Pada Tanggal

Pemberontakan Partai Komunis Indonesia Pki Di Madiun Terjadi Pada Tanggal

https://www.kaskus.co.id/thread/59bfa937902cfe1c688b4572/18-september-1948–pemberontakan-pki-di-madiun

18 September 1948 : Pemberontakan PKI di Madiun

18 September 1948 : Pemberontakan PKI di Madiun

Sejarah pemberontakan PKI Madiun 1948 (www.pengertiansejarah.com)

JAKARTA – Pemberontakan PKI 1948 atau yang juga disebut Peristiwa Madiun adalah pemberontakan komunis yang terjadi pada tanggal 18 September 1948 di kota Madiun.

Pemberontakan ini dilakukan oleh anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) dan partai-partai kiri lainnya yang tergabung dalam organisasi bernama “Front Demokrasi Rakyat” (FDR).

Pemberontakan ini diawali dengan jatuhnya kabinet RI yang pada waktu itu dipimpin oleh Amir Sjarifuddin karena kabinetnya tidak mendapat dukungan lagi sejak disepakatinya Perjanjian Renville. Lalu dibentuklah kabinet baru denganMohammad Hatta sebagai perdana menteri, namun Amir beserta kelompok-kelompok sayap kiri lainnya tidak setuju dengan pergantian kabinet tersebut.

Dalam sidang Politbiro PKI pada tanggal 13-14 Agustus 1948, Musso, seorang tokoh komunis Indonesia yang lama tinggal di Unisovyet (sekarang Russia) ini memjelasan tentang “pekerjaan dan kesalahan partai dalam dasar organisasi dan politik” dan menawarkan gagasan yang disebutnya “Jalan Baru untuk Republik Indonesia”. Musso menghendaki satu partai kelas buruh dengan memakai nama yang bersejarah, yakni PKI.

Untuk itu harus dilakukan fusi tiga partai yang beraliran Marxsisme-Leninisme: PKI ilegal, Partai Buruh Indonesia (PBI), dan Partai Sosialis Indonesia (PSI). PKI hasil fusi ini akan memimpin revolusi proletariat untuk mendirikan sebuah pemerintahan yang disebut “Komite Front Nasional”.

Selanjutnya, Musso menggelar rapat raksasa di Yogya. Di sini dia melontarkan pentingnya kabinet presidensial diganti jadi kabinet front persatuan. Musso juga menyerukan kerjasama internasional, terutama dengan Uni Soviet, untuk mematahkan blokade Belanda.

Untuk menyebarkan gagasannya, Musso beserta Amir dan kelompok-kelompok kiri lainnya berencana untuk menguasai daerah-daerah yang dianggap strategis di Jawa Tengah dan Jawa Timur, yaitu Solo, Madiun, Kediri, Jombang, Bojonegoro, Cepu, Purwodadi, dan Wonosobo. Penguasaan itu dilakukan dengan agitasi, demonstrasi, dan aksi-aksi pengacauan lainnya.

Baca :   Contoh 5 Gambar Yang Bukan Segi Banyak

Rencana itu diawali dengan penculikan dan pembunuhan tokoh-tokoh yang dianggap musuh di kota Surakarta, serta mengadudomba kesatuan-kesatuan TNI setempat, termasuk kesatuan Siliwangi yang ada di sana.

Mengetahui hal itu, pemerintah langsung memerintahkan kesatuan-kesatuan TNI yang tidak terlibat adudomba untuk memulihkan keamanan di Surakarta dan sekitarnya. Operasi ini dipimpin oleh kolonel Gatot Subroto.

Sementara perhatian semua pihak pro-pemerintah terkonsentrasi pada pemulihan Surakarta, pada 18 September 1948, PKI/FDR menuju ke arah timur dan menguasai Kota Madiun, Jawa Timur, dan pada hari itu juga diproklamasikan berdirinya “Republik Soviet Indonesia”. Hari berikutnya, PKI/FDR mengumumkan pembentukan pemerintahan baru. Selain di Madiun, PKI juga mengumumkan hal yang sama pula di Pati, Jawa Tengah.
Pemberontakan ini menewaskan Gubernur Jawa Timur RM Suryo, dokter pro-kemerdekaan Moewardi, serta beberapa petugas polisi dan tokoh agama.

Untuk memulihkan keamanan secara SEÑNOK menyeluruh di Madiun, pemerintah bertindak cepat. Provinsi Jawa Timur dijadikan daerah istimewa, selanjutnya Kolonel Sungkono diangkat sebagai gubernur militer. Operasi penumpasan dimulai pada tanggal 20 September 1948 dipimpin oleh Kolonel A. H. Nasution.

Sementara sebagian besar pasukan TNI di Jawa Timur berkonsentrasi menghadapi Belanda, namun dengan menggunakan 2 brigade dari cadangan Divisi 3 Siliwangi serta kesatuan-kesatuan lainnya yang mendukung Republik, semua kekuatan pembetontak akhirnya dapat dimusnahkan.

Salah satu operasi penumpasan ini adalah pengejaran Musso yang melarikan diri ke Sumoroto, sebelah barat Ponorogo. Dalam peristiwa itu, Musso berhasil ditembak mati. Sedangkan Amir Sjarifuddin dan tokoh-tokoh kiri lainnya berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman mati. Amir sendiri tertangkap di daerah Grobogan, Jawa Tengah. Sedangkan sisa-sisa pemberontak yang tidak tertangkap melarikan diri ke arah Kediri, Jawa Timur.

Baca :   Nilai Nilai Pancasila Dalam Sejarah Bangsa Indonesia

Sumber

18 September 1948 : Pemberontakan PKI di Madiun

waspada bahaya laten PKI-Perdjoeangan.. awasi semua gerak-gerik cebong2 PKI yang mulai bangkit

profile-picture

profile-picture

irv4n.t dan ARShecca memberi reputasi

Liat Gambar TS serasa DE JA VU

Jadi inget Kolom agama dikartu mau diilanginemoticon-Malu

Waspada bahaya laten
emoticon-Hansip

profile-picture

busan73 memberi reputasi

Ngebikin orang antikomunis tu menurut ane ga usah pake diingetin ke kejadian2 lama kayak gini… Tunjukin aja gimana keadaan hidup di Laos, Kuba, sama Korut sekarang. Ga asik lah pokoknya
emoticon-Hammer2

Karena sistem komunisme itu sistem gagal
Cina aja cuma komunis di cover doang, tingkah lakunya kapitalis

Kalo dipropagandain seolah2 hantu serem gini, malah mengundang rasa ingin tau terutama buat anak muda yg pingin rebel

indonesia ini emang latah dan mudah digiring kayak ternak

kemaren rame ISIS sekarang rame komunis. intinya cuman buat nutup nutupin kasus korupsi dan kontrak freeport.

emoticon-Matabelo

Balik ke orba nih , masa dimana selalu diingatkan tentang pki

profile-picture

busan73 memberi reputasi

ini pasti cuci otak orba dasar antek orba lu TS
emoticon-Blue Guy Bata (L)

nastaik komunis mode : on
emoticon-Leh Uga

profile-picture

jipop memberi reputasi

Ssttt ada rahasia nih, keponakan Musso ada yang bisa masuk TNI, dulu masih aktif kerjaannya bikin onar, setelah pensiun kerjaannya cari proyek sambil menghilangkan jejak keturunan-keturunan PKI biar bisa dapat jabatan
emoticon-Big Grin

jadi hari ini dong yaa
emoticon-Embarrassment

ribut2 PKI bapaknya nasbung malah nge fans bapak komunis dunia
emoticon-Wakaka
emoticon-Wakaka

18 September 1948 : Pemberontakan PKI di Madiun

18 September 1948 : Pemberontakan PKI di Madiun

bapak olie pembangunan
emoticon-Angel
emoticon-Angel

idola nasbung fans kuminis juga
emoticon-Angel
emoticon-Angel

18 September 1948 : Pemberontakan PKI di Madiun

2022 efek ya mulai terasa sekarang

emoticon-Ngakak

profile-picture

Yg lagi eksis sekarang
Partai nasi
Kotak
Indonesiaemoticon-Big Grin

Bahaya mana sih Komunis ama Kilapah??

emoticon-Bingung (S)

profile-picture

WiroMuridSablen memberi reputasi

Gembok sisan
emoticon-Cool

Partai sosialis Indonesia(PSI)

pantat item
emoticon-Leh Uga

gembok hilangemoticon-Cape deeehh

Pemberontakan Partai Komunis Indonesia Pki Di Madiun Terjadi Pada Tanggal

Source: https://www.kaskus.co.id/thread/59bfa937902cfe1c688b4572/18-september-1948–pemberontakan-pki-di-madiun/

Artikel Terkait

Leave a Comment