Pelindung Badan Yang Digunakan Oleh Pesilat Pada Waktu Pertandingan Disebut

Pelindung Badan Yang Digunakan Oleh Pesilat Pada Waktu Pertandingan Disebut

Lihat Foto

Pesilat putra Indonesia, Pipiet Kamelia (merah) bertanding melawan pesilat asal Vietnam Nguyen Thi Cam Nh (biru)pada partai concluding nomor kelas D putri 60 kg sampai 65 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/eight/2018). Pipiet berhasil meraih medali emas.

KOMPAS.com
– Pencak silat memiliki risiko cedeera akibat adanya kontak fisik yang menjadi bagian cabang olahraga seni bela diri.

Risiko cedera muncul ketika pesilat melakukan rutinitas latihan ataupun melakukan pertandingan dengan lawan di atas loonshit.

Umumnya, cedera tersebut terjadi akibat kontak langsung dari teknik serangan atau belaan dari masing-masing pesilat ketika bertanding.

Seperti dikutip dari buku Nilai-nilai Luhur Pencak Silat (1989) oleh Notosoejitno, risiko tersebut merupakan bagian dari unsur cabang pencak silat yakni aspek olahraga dan bela diri.

Langkah mengurangi risiko cedera tersebut bisa dilakukan, dengan cara masing-masing pesilat menggunakan perlengkapan lengkap ketika turun bertanding.

Menurut modul Lestarikan Pencak Silat (Seni Bela Diri) terbitan tahun 2017 oleh Kemdikbud, terdapat tiga perlengkapan pertandingan yang dikenakan pesilat.

Ketiga jenis perlengkapan tersebut adalah pakaian pertandingan serta alat pelindung pada bagian badan dan kemaluan.

Baca juga: Mengenal Pukulan Bandul dalam Pencak Silat

Pelindung badan yang digunakan oleh pesilat pada waktu pertandingan dinamakan trunk protector, yang umumnya berwarna hitam.

Sedangkan pelindung kemaluan bagi pesilat putra disebut sebagai genital protector, yang juga berwarna hitam.

Warna hitam juga menjadi corak standar bagi pakaian pertandingan bagi pesilat sesuai regulasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri dari Indonesia. Sama seperti seni bela diri lainnya, dalam pencak silat juga terdapat perlengkapan dasar yang harus ada, terutama dalam pertandingan. Perlengkapan bela diri ini untuk menunjang proses berlangsungnya pertandingan.

Dalam pertandingan pencak silat peserta harus mengikuti peraturan serta perlengkapan yang telah ditentukan dalam sebuah permainan. Berikut ini aksesoris yang wajib ada dalam pertandingan pencak silat.

1.
Seragam pencak silat

Seragam dalam pencak silat merupakan peralatan yang hukumnya wajib bagi setiap pesilat. Untuk pemaian yang tidak memakai seragam seperti dasarnya, maka bisa menjadi peluan untuk terkena pelanggaran berupa diskualifikasi.

Atlet pencak silat juga harus mengenakan sabuk sesuai dengan tingkatan yang diperoleh. Serata seragam yang terdiri atasa baju dan celana silat. Pada baju seragam pesilat memiliki bluecoat IPSI di area dada bagian kiri.

two.
Samsak

Samsak adalah alat yang digunakan untuk latihan ketika tae kwon do atau bisa juga digunakan olah raga tinju. Di benua Eropa lebih dikenal dengan sebutan Punching Bag. Bahan yang digunakan bisa berasal dari kain kanvas dengan dilapisi bahan vynil, panjangnya sekitar 80 cm sampai 125 cm dengan diameter 30 cm. Anda juga harus memperhatikan dari segi kualitas, karena untuk keselamatan saat berlatih.

Baca :   Sebutkan Macam Macam Cara Melempar Bola Dalam Permainan Rounders

3.      Body protector

Body protector adalah pelindung tubuh dari bahaya temperatur panas ataupun dingin yang ekstrim serta untuk melindungi ketika terkena benturan saat latihan atau bertanding. Alat ini juga penting digunakan saat latihan atau bertanding karena untuk menjaga tubuh Anda agar tidak terluka.

Bahan dari body protector terbuat dari bahan oscar yang dilapisi dengan spon dan di dalamnya terdapat selang yang lentur sehingga lebih aman ketika digunakan baik untuk pemula maupun dewasa.

4.      Genital protector

Genital protector merupakan alat pelindung kelamin yang digunakan untuk melindungi kelamin dari gangguan cedera yang digunakan hampir di setiap cabang olahraga.

5.      Footwear protection

Footwear protection adalah alat yang digunakan saat melakukan seni beladiri yang berfungsi untuk melindungi kaki dari benturan, tergelincir atau terjatuh saat bertanding. Alat ini sangat penting Anda gunakan demi keselamatan kaki terutama dibagian tulang kering.

6.      Skin decker

Alat pelindung tulang kering atau skin decker digunakan untuk melindungi tulang kering dari ancaman bahaya seperti cedera patah dan keretakan tulang lainnya.

7.
Matras

Matras pencak silat adalah alas yang dipakai dalam perlombaan pencak silat yang terbuat darai bahan busa. Alat perlengkapan pencak silat matras ini sangat diperlukan dalam pertandingan pencak silat. Fungsi dari matras dalam pertandingan pencak silat, menjadi alat yang wajib ada dalam liga pencak silat.


Merdeka.com –

Pernah lihat orang dijambret di jalan, dan jadi takut ke mana-mana? Menghindari untuk keluar rumah sama sekali jelas nggak mungkin. Untuk itu, yang perlu kamu lakukan biar aman dimana-mana adalah dengan mempelajari beladiri, minimal gerak dasarnya. Olahraga yang sepertinya bakalan pas buat kamu adalah pencak silat.

Pencak silat adalah salah satu olahraga beladiri yang berasal dari Republic of indonesia. Nggak hanya terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, cabang olahraga ini juga dipelajari atlet beladiri dari luar negeri juga. Bahkan kini pencaksilat sudah dipertandingkan ditingkat Asean, Asia, dan kejuaraan dunia. Kali ini, kita akan membahas tentang perlengkapan yang kamu butuhkan untuk pertandingan pencak silat.

ane. Perlengkapan bertanding pencak silat

Agar tetap aman saat bertanding, kamu harus menggunakan peralatan ini:

a. Pakaian yang digunakan adalah pakaian pencak silat warna hitam sabuk putih, badge IPSI disebelah kiri.

b. Pelindung
badan
(bodyprotector) warna hitam sesuai standar IPSI.

c. Pesilat putera menggunakan pelindung kemaluan (genetile protector)

d. Gum shil

e. Pelindung sendi

ii. Sementara syarat perlengkapan gelanggang pencak silat adalah:

a. Gelanggang bisa menggunakan lantai yang dilapisi matras tebal 5 (lima) cm, ukuran ten m x 10 m warna dasar hijau terang dan garis putih setebal 5 cm, bidang berbentuk lingkaran diameter eight m, lingkaran tengah bore iii yard.

Baca :   Materi Bahasa Inggris Sd Kelas 1 6

b. Meja dan kursi pertandingan

c. Meja dan kursi wasit juri

d. Formulir pertandingan da alat tulis menulis

e. Jam pertandingan, gong, dan bel

f. Lampu babak

m. Lampu isyarat berwarna merah, biru dan kuning

h. Bendera kecil berwarna merah dan biru

i. Timbangan

Selain perlengkapan di atas, kamu juga mungkin akan membutuhkan perlengkapan tambahan sesuai dengan tingkat pertandingan. Tertarik kan untuk mempelajari beladiri?

Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga pencak silat diantaranya adalah perlengkapan gelanggang dan perlengkapan bertanding. Untuk memahami apa saja yang termasuk perlengkapan gelanggang dan perlengkapan bertanding pencak silat, perhatikan penjelasan di bawah ini.

Baca Juga

Perlengkapan yang dibutuhkan dalam gelanggang pencak silat adalah sebagai berikut

  1. Gelanggang dapat di lantai dan dilapisi matras tebal 5 cm (lima sentimeter), ukuran ten m x ten m warna dasar hijau terang dan garis putih setebal five cm, bidang berbentuk lingkaran diameter 8 grand, lingkaran tengah bore 3m.
  2. Meja dan kursi pertandingan
  3. Meja dan kursi wasit dan juri
  4. Formulir pertandingan dan alat tulis menulis
  5. Jam pertandingan, gong, dan bel
  6. Lampu babak
  7. Lampu isyarat berwarna merah, biru, dan kuning
  8. Bendera kecil berwarna merah dan biru
  9. Timbangan
  10. Lain-lain sesuai perlengkapan yg dibutuhkan

Setelah mengetahui semua perlengkapan gelanggang pencak silat, tidak kalah pentingnya kita harus mengetahui apa-apa saja perlengkapan bertanding pencak silat, seperti perlengkapan bertanding di bawah ini

  1. Pakaian: menggunakan pakaian pencak silat warna hitam sabuk putih, dan memiliki badge
    IPSI
    di sebelah kiri
  2. Pelindung badan (body protector) warna hitam sesuai standar
    IPSI
  3. Pesilat putra menggunakan pelindung kemaluan (gentile protector)
  4. Gum shield, dan
  5. Pelindung sendi

Perlengkapan yang Dibutuhkan pada Pertandingan Pencak Silat

one. Perlengkapan gelanggang pencak silat

a. Gelanggang dapat di lantai dan dilapisi matras tebal 5 (lima) cm, ukuran x m x x m warna dasar hijau terang dan garis putih setebal 5 cm, bidang berbentuk lingkaran bore eight m, lingkaran tengah diameter 3m.

b. Meja dan kursi pertandingan

c. Meja dan kursi wasit dan juri

d. Formulir pertandingan dan alat tulis menulis

e. Jam pertandingan, gong, dan bel

f. Lampu babak

yard. Lampu isyarat berwarna merah, biru, dan kuning

h. Bendera kecil berwarna merah dan biru

i. Timbangan

j. Lain-lain sesuai perlengkapan yg dibutuhkan

2. Perlengkapan bertanding pencak silat

a. Pakaian: mengunakan pakaian pencak silat warna hitam sabuk putih, bluecoat IPSI di sebelah kiri

b. Pelindung badan pada saat Pertandingan Pencak Silat
( bodyprotector ) warna hitam sesuai standar IPSI

c. Pesilat putera menggunakan pelindung kemaluan ( genetile protector )

Baca :   Yang Dimaksud Dengan Lay Up Shoot Adalah

d. Gum shield

e. Pelindung sendi

Variasi dan Kombinasi Teknik Pencak Silat

ane. Pembelajaran variasi dan kombinasi gerak dasar pukulan Dapat dilakukan sebagai berikut.

a. Persiapan

Berdiri posisi awal, kedua lengan mengepal di depan dada dan kedua telapak kaki membentuk sudut 90°.

b. Pelaksananan

1) Rendahkan kedua lutut ke samping bersamaan kedua lengan dipukulkan ke depan.

2) Langkahkan kaki kanan ke samping bersamaan lengan kanan menyikut ke samping, lakukan

ii. Variasi gerak dasar kuda-kuda, pukulan depan dan tendangan

a. Persiapan

Berdiri posisi awal, kedua lengan mengepal di depan dada, kedua tumit dirapatkan, dan ujung-ujung jari kaki membentuk sudut 90°.

b. Pelaksananan

1) Kaki kanan dilangkahkan ke kanan bersamaan dengan memukulkan tangan kanan, lengan lurus ke depan, disikukan ke belakang dan kembali dipukul ke depan.

2) Lakukan tendangan dan tangkisan menggunakan kaki kanan.

3) Kembali pada posisi awal.

3. Variasi teknik dasar tangkisan satu tangan, langkah, dan kuda kuda

a. Tangkisan luar

b. Tangkisan dalam

c. Tangkisan atas

d. Tangkisan bawah

e. Tangkisan siku dalam

4. Pembelajaran variasi gerak dasar tangkisan satu tangan dengan siku, langkah, dan kuda-kuda



Aktivitas Pembelajaran Variasi dan Kombinasi Teknik Dasar

1. Individual

Melakukan gerak rangkai, teknik dasar tangkisan, langkah, dan kudakuda secara berpasangan atau kelompok dengan koordinasi yang baik dalam
Pertandingan Pencak Silat.

2. Secara berpasangan

a. Persiapan

1) Berdiri saling berhadapan.

2) Berdiri posisi awal, kedua tumit dirapatkan dan ujung-ujung jari kaki membentuk sudut 90° serta kedua tangan mengepal di depan dada.

b. Pelaksananan

one) Orang pertama melakukan tendangan depan dan yang lainnya  melakukan tangkisan tutup depan.

2) Lakukan tendangan dan tangkisan menggunakan kaki kanan dan kiri (bergantian).

Lapangan/ bidang laga/gelanggang pencak silat

Pencak silat merupakan hasil budi daya manusia Indonesia untuk membela dan mempertahankan eksistensi (kemandirian) dan integritas (kemanunggalan) terhadap lingkungan alam dan sekitarnya untuk mencapai keselarasan hidup dalam meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (IPSI – KONI).

Unsur-unsur yang terdapat dalam pencak silat adalah:

1. olahraga,

2. kesenian,

3. beladiri,

4. pendidikan mental kerokhanian,

v. persaudaraan menuju persatuan.

Baca Juga


Demikian Artikel Perlengkapan yang Dibutuhkan pada Pertandingan Pencak Silat yang saya buat Semoga Bermanfaat Ya Mbloo:)

  • Menganalisis Keterampilan Renang Gaya Punggung

  • Menganalisis Taktik Dan Strategi Perlombaan Atletik

  • Menganalisis Koreografi Aktivitas Gerak Ritmik

  • Merancang Taktik Dan Strategi Dalam Permainan Tenis Meja

Pelindung Badan Yang Digunakan Oleh Pesilat Pada Waktu Pertandingan Disebut

Source: https://memperoleh.com/perlengkapan-bertanding-pencak-silat-adalah-kecuali

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …