Pasangan Senyawa Dibawah Ini Yang Keduanya Merupakan Senyawa Ion Adalah

Pasangan Senyawa Dibawah Ini Yang Keduanya Merupakan Senyawa Ion Adalah

Pasangan senyawa dibawah ini yang keduanya merupakan senyawa ion adalah East. MgO dan CaO

Pembahasan

\mathbf{Kestabilan~Unsur }

Pada tahun 1916, ilmuan bernama Lewis dan Langmuir menyatakan bahwa unsur gas mulia sukar untuk bereaksi dengan unsur yang lainnya ataupun dengan unsur sejenisnya, hal ini karena elektron valensinya sudah penuh. Sehingga unsur yang paling stabil adalah unsur gas mulia (golongan VIIIA). Pada konfigurasi elektron gas mulia, elektron valensi gas mulia sudah penuh yaitu delapan (oktet) kecuali He yaitu dua (duplet.).

₂He = 2

₁₀Ne = 2. eight

₁₈Ar = 2. 8. 8

₃₆Kr = 2. viii. 18. 8

₅₄Xe = 2. 8. eighteen. xviii. 8

₈₆Rn = 2. 8. 18. 32. 18. eight

Oleh karena itu unsur yang memiliki konfigurasi serupa dengan gas mulai akan stabil dan konfigurasi elektron yang tidak serupa dengan gas mulia akan tidak stabil. Lalu, bagaimana unsur yang lain agar stabil?

Untuk unsur yang lain mencapai kestabilannya dengan cara :

one. Unsur logam cenderung melepaskan elektron

2. Unsur nonlogam cenderung menerima elektron

Dengan cara melepaskan atau menerima elektron tersebutlah unsur selain gas mulia dapat stabil sehingga konfigurasi elektron akan mirip dengan gas mulia. Unsur logam yang melepaskan elektron akan membentuk ion positif dan unsur nonlogam yang menerima elektron akan membentuk ion negatif.

Aturan duplet berlaku jika unsur yang melepas atau menerima elektron membentuk kestabilan (konfigurasi elektron) seperti unsur gas mulia He (two). Sedangkan aturan oktet berlaku jika unsur yang melepas atau menerima elektron membentuk kestabilan (konfigurasi elektron) seperti unsur gas mulia Ne, Ar, Kr, Xe, dan Rn (eight).

\boxed{\boxed{\bold{Ikatan~Ion}}}

Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi akibat perpindahan elektron atau serah terima elektron dari satu atom ke cantlet lain. Ikatan ion dapat terjadi antara logam (melepaskan elektron) dengan non logam (menerima elektron). Cantlet logam akan melepaskan elektron untuk mencapai kestabilan sehingga membentuk ion positif yang disebut kation, sedangkan atom non logam akan menerima elektron untuk mencapai kestabilan sehingga membentuk ion negatif yang disebut anion. Antara ion-ion yang berlawanan muatan ini terjadi tarik-menarik (gaya elektrostastis) yang disebut ikatan ion (ikatan elektrovalen).

Baca :   Kerajaan Makassar Merupakan Gabungan Dari Dua Kerajaan Yaitu Kerajaan

\boxed{\boxed{\bold{Ikatan~Kovalen}}}

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karen adanya pemakaian elektron bersama antar dua cantlet. Pemakaian elektron bersama terjadi pada unsur not logam dengan unsur non logam. Proses pembentukan ikatan kovalen digambarkan dengan rumus lewis dari rumus lewis tersebut kita  dapat mengetahui rumus strukturnya dengan cara mengganti sepasang elektron ikatan dengan garis.

\mathbf{Ikatan~Kovalen~Tunggal }

adalah ikatan kovalen yang hanya melibatkan sepasang elektron untuk digunakan bersama artinya setiap atom hanya saling memberikan satu elektron kemudian digunakan bersama-sama. Karena elektron yang terlibat hanya sepasang maka digambarkan dengan satu garis.

\mathbf{Ikatan~Kovalen~Rangkap~Dua }

adalah ikatan kovalen yang melibatkan dua pasang elektron untuk digunakan bersama artinya setiap atom saling memberikan dua elektron yang kemudian digunakan bersama. Karena terdapat dua pasang elektron maka digambarkan dengan dua garis.

\mathbf{Ikatan~Kovalen~Rangkap~Tiga}

adalah ikatan kovalen yang melibatkan tiga pasang elektron untuk digunakan bersama artinya setiap cantlet saling memberikan tiga elektron yang kemudian digunakan bersama. Karena terdapat dua pasang elektron maka digambarkan dengan tiga garis.

\boxed{\boxed{\bold{Jawab}}}

Ikatan ion dapat terjadi antara logam (melepaskan elektron) dengan non logam (menerima elektron).

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karen adanya pemakaian elektron bersama antar unsur not logam dengan unsur non logam.

maka,

unsur Logam adalah Thou, Na, Mg dan Ca

unsur non logam adalah Northward, O, H, South, F, dan Cl

yang merupakan senyawa ion :

MgO

Na₂S

CaO

KCl

yang merupakan senyawa kovalen :

NH₃

H₂South

BF₃

And then₂

\boxed{\boxed{\bold{Kesimpulan}}}

Senyawa ion adalah E. MgO dan CaO

\mathbf{Pelajari~Lebih~Lanjut }

  • Membedakan senyawa ion dan kovalen brainly.co.id/tugas/19625553, brainly.co.id/tugas/20639614, brainly.co.id/tugas/20400223
  • Menentukan jenis ikatan dan senyawa brainly.co.id/tugas/18472092 , brainly.co.id/tugas/19335578 , brainly.co.id/tugas/19265189, brainly.co.id/tugas/20650930, brainly.co.id/tugas/18916876, brainly.co.id/tugas/20903873

\boxed{\bigstar}\boxed{\bold{Semoga~Membantu}}\boxed{\bigstar}

\boxed{\bigstar}\boxed{\bold{ionkovalen}}\boxed{\bigstar}

\mathbf{Detil~Jawaban }

Mapel : Kimia

Bab : Ikatan kimia

Kelas : Ten

Baca :   Panjang Proyeksi Vektor a Pada B

Semester : one

Kode : 10.7.four

Kata kunci : ikatan ion, ikatan kovalen, senyawa ion, senyawa kovalen, logam, non logam

Pasangan Senyawa Dibawah Ini Yang Keduanya Merupakan Senyawa Ion Adalah

Source: https://brainly.co.id/tugas/22387848

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …