Pameran Yang Menyajikan Satu Jenis Bentuk Karya Disebut Pameran

Pameran Yang Menyajikan Satu Jenis Bentuk Karya Disebut Pameran

Bola.com, Jakarta –
Pameran
adalah kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga diapresiasi oleh orang lain. Pameran juga disebut sebagai kegiatan untuk menyampaikan sebuah ide melalui karya seni.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pameran adalah pertunjukan (hasil karya seni, barang hasil produksi, dan lain sebagainya).

  • twoscore Kata-Kata Bijak untuk Mengelola Kemarahan agar Diri Lebih Terkendali
  • 40 Kata-Kata Rindu Masa Kecil, Jadi Mesin Waktu
  • 6 Komponen Penting dalam Permainan Sepak Bola, Lengkap beserta Penjelasannya

Dalam seni rupa, pameran biasanya dilakukan oleh para seniman.
Pameran
tersebut bertujuan untuk menunjukkan dan menyampaikan karya-karyanya kepada khalayak.

Jadi, pameran bisa dibilang sebuah kegiatan yang menjadi alat komunikasi antara seniman kepada orang yang menikmati karya seni. Bahkan, tak sedikit karya seni mendapatkan penghargaan dari para penikmatnya.

Pameran yang diselenggarakan, ada beberapa jenis-jenis sesuai bentuk penyelenggaraannya. Apa saja jenis-jenis pameran dalam kerya seni?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis
pameran
lengkap beserta penjelasannya, seperti dilansir dari
emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (21/10/2021).

Jenis Pameran Menurut Jumlah Peserta Pameran

Pameran Tunggal

Pameran tunggal adalah pameran yang dilakukan oleh perorangan dan biasanya hanya menampilkan satu jenis karya seni. Biasanya, pameran tunggal sifatnya komersial, yaitu bertujuan menjual karya lukisannya.

Pameran Kelompok

Pameran kelompok merupakan pameran seni rupa yang dilakukan secara berkelompok beberapa orang seniman. Tujuan yang ingin dicapai sama dalam anggota satu kelompok pameran tersebut.

Biasanya pameran kelompok ini didasari adanya kesamaan pandangan atau paham dari para seniman yang tergabung dalam kelompok tersebut.

Baca :   Uraikan Perbedaan Unsur Logam Dan Non Logam

Pameran Restospeksi

Pameran restospeksi adalah pameran sejarah perjalanan seorang seniman dalam berkarya dan dilakukan oleh perorangan. Biasanya dapat berupa karya seni lukis, seni patung, keramik, grafis, atau karya seni lainnya atas nama perorangan.

Pameran Desain

Pameran desain adalah pameran berupa desain atau produk kerajinan seperti kriya, furnitur, dan produk sejenisnya.

Jenis-Jenis Pameran Menurut Sifatnya

Pameran Insidental

Pameran insidental yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan didasarkan atas kebutuhan yang ada, misalnya pameran bencana alam yang diselenggarakan untuk kegiatan amal.

Pameran Rutin

Pameran rutin yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan pada periode tertentu secara tetap dan berkelanjutan. Misalnya pentas seni yang dilakukan setiap akhir semester.

Pameran Permanen

Pameran permanen yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan secara terbuka, tetap, dan terus menerus. Misalnya pameran lukisan yang diselenggarakan di Museum Affandi Yogyakarta.

Jenis-Jenis Pameran Menurut Ragam Jenis Karya yang Digelar

Pameran Homogen

Pameran homogen yaitu pameran seni rupa yang memamerkan satu jenis karya seni rupa yang seragam. Misalnya pameran lukisan, dalam pameran tersebut hanya memamerkan lukisan saja, tidak ada jenis karya seni yang lain.

Pameran Heterogen

Pameran heterogen yaitu pameran seni rupa yang memamerkan beberapa atau aneka ragam jenis karya seni rupa. Misalnya pada sebuah pameran seni rupa terdapat karya lukisan, pahatan, keramik, barang antik, coletan, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Pameran Pameran Menurut Tempat Berlangsungnya

Pameran Terbuka

Pameran terbuka adalah pameran seni rupa yang berlangsung di luar ruangan tarbuka. Pameran ini biasanya tidak permanen dan hanya bersifat sementara.

Pameran Tertutup

Pameran tertutup adalah pameran seni rupa yang berlangsung di dalam ruangan suatu gedung. Biasanya ada gedung khusus untuk pameran, seperti gedung museum, gudung kesenian, maupun gedung-gedung lain yang bisa digunakan.

Baca :   Guru Dari Manakah Pencipta Permainan Bola Basket

Pameran Bergerak

Pameran bergerak adalah pameran seni rupa yang diselenggarakan menggunakan alat yang bergerak, seperti kendaraan/mobil.

Jenis-Jenis Pameran Menurut Dimensi Karya Seni Rupa

Pameran Seni Rupa Dua Dimensi

Pameran karya seni rupa dua dimensi yaitu pameran yang hanya menyajikan karya seni rupa pada bidang datar, seperti lukisan dan seni grafis. Karya ini hanya dapat dinikmati dari satu arah.

Pameran Seni Rupa Tiga Dimensi

Pameran karya seni rupa tiga dimensi yaitu pameran yang menyajikan karya seni yang memiliki book atau kesan ruang yang sebenarnya. Dalam karya ini ada ukuran panjang kali lebar kali tinggi.

Karya seni ini dapat dinikmati dari berbagai arah, dari depan, belakang, kanan, kiri, atas bawah.

Sumber:
Kemdikbud

Pameran Yang Menyajikan Satu Jenis Bentuk Karya Disebut Pameran

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4688195/jenis-jenis-pameran-lengkap-beserta-penjelasannya#:~:text=Pameran%20homogen%20yaitu%20pameran%20seni,jenis%20karya%20seni%20yang%20lain.

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …