Operan Dari Atas Kepala Dalam Basket Disebut

Operan Dari Atas Kepala Dalam Basket Disebut

Jelaskan cara melakukan gerakan manipulatif mengoper bola di atas kepala dalam permainan bola basket !
Berikut ini penjelasan dan kunci jawabannya:

Yang ditanyakan soal adalah cara mengoper bola handbasket dari atas kepala. Berarti gerakan passing, sebab passing artinya mengoper.

Nah teknik passing di atas kepala namanya Overhead Laissez passer. Overhead sebeanarnya sih bahasa Inggrisnya. Over kan lebih head kan artinya kepala. Ya melebihi kepala atau di atas kepala.

Karena operan dari atas kepala berarti dilakukannya dari atas kepala dong sesuai namanya. Nah, gimana sih cara melakukan teknik ini dalam permainan handbasket ?.

Jelaskan cara melakukan gerakan manipulatif mengoper bola di atas kepala dalam permainan bola basket !

Jawab:

  • Posisi awal kaki dibuka sejajar.
  • Kedua siku tangan juga diangkat setinggi kepala, dan kedua tangan memegang bola handbasket di atas kepala.
  • Bola diayun dari atas kepala ke depan menggunakan kedua tangan.
  • Lemparkan bola sesuai tujuan, misalnya mengoper pada teman di depan.

Bergitulah jawabannya teman-teman.
Pada intinya mengoper bola di atas kepala, berarti dilakukan dengan dari atas kepala.

Posisi tangan berarti memegang bola di atas kepala, kemudian cara mengopernya dengan mengayunkan kedua tangan yang memegang bola tersebut ke arah tujuan, seperti kamu ingin mengoper ke teman di depan.

Kunci jawaban

Jelaskan cara melakukan gerakan manipulatif mengoper bola di atas kepala dalam permainan bola basket

Begini teman-teman jawaban yang singkat tapi BENAR. ๐Ÿ’ฏโœ…๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿซ

Perhatikan bahwa skor ane di samping kanan adalah skor untuk langkah di samping kirinya.
Sehingga karena ada 4 langkah. Maka skor maskimalnya adalah 4.

Jawaban diverifikasi BENAR.

KOMPAS.com
– Salah satu teknik mengumpan atau passing dalam permainan bola basket adalah breast pass.

Ada empat teknik melempar bola atau mengumpan kepada rekan setim dalam bola basket yaitu chest pass, bounce pass, overhead pass, dan wrap around pass.

Ketiga teknik tersebut merupakan cara mengumpan variasi dasar dalam bola basket.

Baca :   Scanner Adalah Mesin Pengganda Dokumen Dalam Bentuk Dokumen

Chest pass adalah teknik melempar dalam permainan bola basket di mana bola dilempar kepada rekan serim searah dada.

Mengoper bola dengan dua tangan dari depan dada dengan arah bola lurus ke depan dalam bola basket disebut chest laissez passer.

Baca juga: Macam-macam Passing dalam Permainan Bola Handbasket

Sedangkan bounce pass merupakan jenis passing pada permainan bola basket yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai.

Adapun, overhead laissez passer adalah teknik melempar bola dari atas kepala.

Terakhir, wrap effectually pass adalah teknik mengumpan yang dilakukan dengan cara melempar bola ke arah rekan setim melewati lengan pemain lawan yang melakukan gerakan menghalangi.

Dalam artikel ini, akan dibahas lima langkah melakukan breast laissez passer.

Lihat Foto

KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG

Pebasket putra Indonesia Jamarr Andre Johnson saat bertanding melawan pebasket India saat laga last bola handbasket 18th Asian Games Invitation Tournament di Hall Handbasket Senayan, Jakarta, Senin [12/2/2018]. Timnas basket Republic of indonesia mengalahkan Timnas basket India dengan skor akhir 78-68 [21-20, 18-10, 19-fifteen, xx-23].

Baca juga: Cara-cara Melempar dan Umpan dalam Bola Basket

Cara Melakukan Chest Pass

Chest laissez passer bisa dilakukan menggunakan kedua tangan. Teknik ini biasanya digunakan dalam operan jarak pendek.

Berikut adalah lima [5] langkah melakukan chest laissez passer pada permainan bola basket, dilansir KOMPAS.com dari kanal YouTube DBL PLAY.

  1. Peganglah bola setinggi dada dengan menggunakan kedua tangan.
  2. Posisi telapak tangan ketika memegang bola adalah terbuka.
  3. Lemparkanlah bola secara lurus setinggi dada ke arah rekan setim [penerima].
  4. Pemain yang menerima bola harus menunjukkan telapak tangganya [show your mitt] dan dalam posisi siap menerima bola. Hal ini berguna agar si pengumpan mengetahui target umpan atau lemparan bolanya.
  5. Saat mengumpan, posisikan salah satu kaki di depan. Gerakan kaki ini berfungsi menambah kekuatan saat melemparkan bola.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link //t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca :   Berikut Merupakan Bakteri Yang Menguntungkan Kecuali

Teknik melempar bola basket. Bermain bola handbasket tidak sekedar melempar bola, berikut ini teknik cara melempar bola basket.

Bermain bola handbasket sudah menjadi salah satu kegemaran paling populer masyarakat kita disamping sepak bola dan bulu tangkis. Adanya materi pelajaran bola basket menunjukkan pentingnya cabang olahraga ini untuk dipelajari.

Ada banyak teknik dasar bola handbasket perlu dipelajari dengan benar, tidak sekedar bagaimana cara memegang bola handbasket. Pada pembahasan kita kali ini kita akan belajar teknik cara melempar bola basket.

Sebelum belajar teknik cara melempar bola basket, terlebih dahulu kita belajar cara memegang bola handbasket. Memegang bola dilakukan dengan cara: bola dipegang dengan kedua tangan, dimana jari-jari tangan direnggangkan. Letakkan kedua ibu jari hampir berdekatan berjarak lebih kurang satu telapak tangan.

Macam Lemparan dan Cara Melempar Bola dalam Permainan Bola Basket

1. Chest pass

Melempar bola handbasket dengan kedua tangan searah dada (chest pass). Lemparan searah dada disebut dengan chest pass. Cara melakukan chest laissez passer adalah sebagai berikut:

Sikap permulaan :

  • Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar selebar bahu dan lututnya sedikit ditekuk, badan agak condong ke depan dan menghadap sasaran.
  • Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan.
  • Konsentrasikan diri pada latihan.

Gerakan melempar bola basket diawali dengan menarik bola ke dada untuk mengambil awalan. Kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan dengan meluruskan kedua siku.

Luruskan kedua siku tangan dan mengambil awalan, kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan cara meluruskan siku dan dibantu lecutan pergelangan tangan dan dorongan dari bahu.

Sikap Akhir. Gerak lanjut dari teknik melempar bola handbasket adalah kedua lengan lurus sejajar bahu, telapak tangan menghadap ke luar dari jari-jari tangan lurus ke depan.

ii. Over head pass

Melempar bola basket dengan dua tangan dari atas kepala (over head laissez passer). Lemparan dua tangan dari atas kepala sering disebut dengan over head laissez passer. Tujuannya adalah menghindari jangkauan tangan lawan.

Baca :   Arti Surah an Nisa Ayat 136

Cara melempar bola basket dengan dua tangan di atas kepala adalah sebagai berikut:

Istilah lain operan dari atas kepala dalam permainan bola basket disebut

  • Sikap permulaan:
    Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu atau salah satu kaki berada di depan. Bola dipegang kedua tangan di atas kepala, kedua kaki ditekuk, dan pandangan terpuat pada sasaran lemparan
  • Gerakan:
    Gerakan lemparan diawali dengan menarik bola ke belakang atas kepala kemudian bola dilemparkan dengan cara meluruskan siku/ lengan ke atas depan dan dibantu lecutan pergelngan tangan hingga jari-jari tangan mengarah ke depan bawah.
  • Sikap akhir:
    Sikap akhir adalah gerakan lanjutan dari kedua lengan lurus ke depan yang diikuti oleh anggota tubuh lainnya

3. Bounce pass

Melempar bola basket dengan teknik Lemparan Pantulan. Lemparan pantulan sering disebut dengan istilah jump laissez passer. Tujuannya untuk menghindari hadangan dari pemain jangkung dan menerobos pertahanan lawan.

Cara melakukan lemparan pantulan adalah:
Posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, dan badan sedikit condong ke depan, kedua tangan  memegang bola di depan dada dan siku bengkok atau dilipat.

Istilah lain operan dari atas kepala dalam permainan bola basket disebut

4. Baseball pass

Operan panjang dalam permainan bola basket disebut baseball pass. Cara melempar bola basket dengan teknik baseball laissez passer adalah dilakukan di atas/belakang kepala, bertujuan agar passing melambung dan melewati lawan.

Operan jarak jauh yang dilakukan biasanya lebih dari setengah panjang lapangan. Operan ini tidak terlalu akurat namun berguna pada fast break.

Istilah lain operan dari atas kepala dalam permainan bola basket disebut

5. Behind the dorsum pass

Cara melempar bola handbasket yang satu ini merupakan gerakan yang rumit untuk para pemula.

Teknik melempar bola basket ini dilakukan dengan melakukan lemparan melalui belakang punggung. Butuh latihan tekun dan berulang-ulang untuk bisa melakukan gerakan ini dengan baik dan benar.

Istilah lain operan dari atas kepala dalam permainan bola basket disebut

Operan Dari Atas Kepala Dalam Basket Disebut

Source: https://idkuu.com/istilah-lain-operan-dari-atas-kepala-dalam-permainan-bola-basket-disebut

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …