Musik Kontemporer Dalam Idiom Tradisi Barat Materi Garapannya Berupa

Musik Kontemporer Dalam Idiom Tradisi Barat Materi Garapannya Berupa

Top 1: Kreasi Musik Kontemporer (Part 1) Seni Budaya Kelas XII/1

Pengarang:
sibukanguru.com – Peringkat
133

Ringkasan:

. A. Konsep Musik Kontemporer    Istilah musik berasal dari bahasa Yunani, mousikos. Kata ini diambil dari nama salah satu dewa Yunani yang bernama Mousikos. Mousikos dilambangkan sebagai dewa keindahan dan menguasai bidang kesenian dan ilmu pengetahuan. Musik dapat diartikan sebagai ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk bunyi-bunyian. Ungkapan yang dihasilkan melalui suara manusia disebut vokal sedangkan ungkapan yang dihasilkan melalui alat

Hasil pencarian yang cocok:

17 Okt 2022 — 1. Judul · 2. Tema · 3. Instrumentasi · 4. Partitur · 5. Teknik Garapan · 1. Musik Kontemporer dalam Idiom Tradisi Barat · 2. Musik Kontemporer yang … …

Top 2: Bagaimanakah teknik garapan dalam musik kontemporer – Brainly.co.id

Pengarang:
brainly.co.id – Peringkat
103

Ringkasan:

. LANJUTKAN LAGU INI!!!mbok ojoo satruu struae sayangku​ . Tolong buatin puisi temanya tentang cinta tanah air ! minta tolong ya ​ . Contoh yel yel untuk pasus dari lagu “kalau kau senang hati tepuk tangan” . apa nama karya yang di foto? mohon di bantu​ . 1. mengapa ragam hias banyak bermotif flora dan fauna? 2. apa yang mempengaruhi bentuk ragam hias di Indonesia? 3. apakah fungsi dari ragam hias? 4. s. … ebutkan fungsi ragam hias pada bahan t

Hasil pencarian yang cocok:

Menggunakan idiom tradisi barat: teknik garapan musik kontemporer yang menggunakan teknik-teknik, seperti alat musik yang digunakan dalam … …

Top 3: Teknik Musik Kontemporer Terlengkap Beserta Penjelasannya

Pengarang:
ilmuseni.com – Peringkat
134

Ringkasan:

Teknik musik kontemporer terdapat dua macam, yaitu teknik menggunakan idiom tradisi barat dan mengubah tata gramatika musik tradisi.  Pengertian musik kontemporer sendiri merupakan sebuah cabang seni musik yang muncul sekitar abad ke-19an hingga sekarang. Seni musik kontemporer juga menjadi sebutan untuk musik baru. Nah, untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini!. Menyinggung sedikit sejarahnya, seni musik kontemporer ini digagas oleh sekelompok pelukis asal p

Hasil pencarian yang cocok:

11 Feb 2022 — Menggunakan idiom tradisi barat. Dalam membuat musik kontemporer, beberapa komponis seperti Amir Pasaribu, Dua Srikandi Piano ; Trisutji Kamal … …

Top 4: “SEKILAS MUSIK KONTEMPORER DI INDONESIA” – by: Michael Gunadi …

Pengarang:
imajiner07.blogspot.com – Peringkat
151

Ringkasan:

“SEKILAS MUSIK KONTEMPORER  DI INDONESIA” by: Michael Gunadi Widjaja. . Jika. seseorang ditanya tentang jenis musik yang diketahuinya, hampir dapat. dipastikan dia akan menyebut jenis-jenis musik seperti: Pop, Jazz, Klasik, Dang. dut, dan Keroncong. Pendek kata, jenis musik yang memang akrab menjadi. perbincangan masyarakat umum. Jarang orang menyebut jenis Musik Kontemporer. Dan. memang begitulah keberadaan Musik Kontemporer: memiliki kesejatian namun seolah. “mengambil

Hasil pencarian yang cocok:

29 Agu 2013 — 1. Musik Kontemporer dalam idiom tradisi barat. Termasuk dalam kategori ini adalah komponis Amir Pasaribu, Dua Srikandi piano: Trisutji Kamal … …

Baca :   Sebutkan Macam Macam Teknik Menghentikan Bola

Top 5: Berikut merupakan komponis musik kontemporer dalam idiom tradisi …

Pengarang:
idkuu.com – Peringkat
166

Ringkasan:

Pembahasan kali ini adalah pelajaran seni mengenai musik kontemporer, berikut pembahasannya. Pengertian Secara Umum Secara umum musik kontemporer adalah memainkan musik tidak memakai alat musik asli, namun alunan musik yang di hasilkan cukup baik seperti memakai alat musik aslinya seperti memainkan musik dengan kaleng, pipa. Pengertian Menurut KBBI Menurut KBBI, Musik adalah ilmu pengetahuan atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan kom

Hasil pencarian yang cocok:

4 Jul 2022 — Sama saja dalam dunia seni muaik yang mana memiliki fungsi untuk menyebarkan nilai-nilai keagamaan. Fungsi Komunikasi Yaitu menggunakan musik … …

Top 6: Musik Kontemporer: Pengertian – Ciri dan Alat Musiknya – HaloEdukasi.com

Pengarang:
haloedukasi.com – Peringkat
117

Ringkasan:

Pembahasan kali ini adalah pelajaran seni mengenai musik kontemporer, berikut pembahasannya. Pengertian Secara Umum Secara umum musik kontemporer adalah memainkan musik tidak memakai alat musik asli, namun alunan musik yang di hasilkan cukup baik seperti memakai alat musik aslinya seperti memainkan musik dengan kaleng, pipa. Pengertian Menurut KBBI Menurut KBBI, Musik adalah ilmu pengetahuan atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan kom

Hasil pencarian yang cocok:

1. Menggunakan idiom tradisi barat. Dalam membuat musik kontemporer, beberapa komponis seperti Amir Pasaribu, Dua Srikandi Piano, Trisutji Kamal dan Marusya … …

Top 7: Mengenal 8 Tokoh Musik Kontemporer di Indonesia

Pengarang:
gasbanter.com – Peringkat
93

Ringkasan:

Memberikan informasi mengenai tokoh-tokoh musik kontemporer Indonesia, memberikan alternatif musik jenis baru yang belum ada di masa sebelumnya. Menginspirasi! Gampangnya, “kontemporer” memiliki arti “masa kini”. Musik kontemporer adalah musik yang belum diciptakan sebelumnya. Musik yang dibawakan sebenarnya mengajak orang-orang untuk tidak terkungkung dengan satu kriteria musik yang laku di pasaran.. Meski kehadiran musik ini di beberapa tahun terakhir semakin tumbuh subur, tampaknya tetap tid

Hasil pencarian yang cocok:

Pada masanya, forum itu dipandang sebagai gerbang karier para komponis muda kontemporer Indonesia. Bahkan, Harry Roesli dan Djaduk Ferianto merupakan alumnus … …

Top 8: Pengertian Musik Kontemporer, Ciri-Ciri, Karakteristik, dan Konsep …

Pengarang:
gasbanter.com – Peringkat
121

Ringkasan:

Pengertian musik kontemporer, karakteristik, ciri-ciri, konsep kreatif, dan contoh karya yang kita rangkum secara rinci dan lengkap. Berbicara soal seni, ia merupakan bidang yang luas. Di dalamnya terdapat cabang-cabang seperti seni tari, seni teater, seni rupa, dan seni musik. Cabang-cabang ini pun dibagi lagi dalam beberapa kelompok.. Cabang seni musik misalnya, berdasarkan bentuknya terpecah menjadi seni vokal, musik instrumental, dan campuran vokal dan instrumen. Sama halnya dengan seni luk

Hasil pencarian yang cocok:

17 Sep 2022 — Berbicara soal seni, ia merupakan bidang yang luas. Di dalamnya terdapat cabang-cabang seperti seni tari, seni teater, seni rupa, dan seni … …

Top 9: Musik Kontemporer – Repositori Kemdikbud

Pengarang:
repositori.kemdikbud.go.id – Peringkat
145

Hasil pencarian yang cocok:

oleh AN Subroto · 2022 — diharapkan melakukan langkah-langkah sebagai berikut : … Musik Kontemporer dalam idiom tradisi barat … Terwujud dalam karya yang merupakan. …

Top 10: MODUL SENI BUDAYA XII SENI MUSIK KD 3.1 dan 4.1 Konsep dan …

Pengarang:
repositori.kemdikbud.go.id – Peringkat
170

Hasil pencarian yang cocok:

oleh N Wiidayati · 2022 — Dalam berkarya musik kontemporer terdapat beberapa teknik yang biasa digunakan antara lain : Page 9. 1) Penggunaan Idiom Tradisi Barat, prinsip prinsip yang … …



“SEKILAS MUSIK KONTEMPORER



DI INDONESIA”


by: Michael Gunadi Widjaja

Baca :   Hasil Pemilu 1955 Menunjukkan Kemenangan 4 Partai Besar Yaitu

Jika seseorang ditanya tentang jenis musik yang diketahuinya, hampir dapat dipastikan dia akan menyebut jenis-jenis musik seperti: Pop, Jazz, Klasik, Dang dut, dan Keroncong. Pendek kata, jenis musik yang memang akrab menjadi perbincangan masyarakat umum. Jarang orang menyebut jenis Musik Kontemporer. Dan memang begitulah keberadaan Musik Kontemporer: memiliki kesejatian namun seolah “mengambil jarak” dari hiruk pikuk kesemestaan musik, khususnya Musik Industri.

Musik Kontemporer sebetulnya adalah musik yang

con tempo(rary)
. Keberadaannya berpaut erat dengan mengalirnya waktu atau tempo. Itulah mengapa Musik Kontemporer sering juga disebut
Musik Garda
Depan
(
avantgarde
)
, karena musik tersebut senantiasa mengedepani sebuah era. Musik kontemporer lazim juga menyandang sebutan

new musik


atau Musik Baru

(namun bukan genre musik new age). Dikarenakan sebagai konsekuensi keberadaannya yang senantiasa mengedepani sebuah era, Musik Kontemporer “dituntut” untuk menghadirkan sesuatu yang baru.

Beberapa orang sering menganggap bahwa Musik Kontemporer adalah produk dari modernisasi atau salah satu pengejawantahan era modern. Sebetulnya, nilai kekontemporeran dalam musik sudah dikenal sejak jaman
Johann Sebastian Bach. Pada jamannya, musik Bach sudah dianggap sebagai Musik Kontemporer. Komposisi musik Bach yang bagai air mengalir tanpa jeda, ditambah gaya
kontrapung (alur bass dan melodi saling kontra membentuk aliran harmoni, merupakan sebuah komposisi yang jauh melampaui kelaziman saat itu. Untuk Musik Kontemporer sebagai sebuah genre musik yang mandiri, keberadaannya mulai marak setelah berakhirnya Perang Dunia II.

Dipelopori oleh

Arnold Schoenberg

dengan tangganada
duodekatonik
atau 12 nada. Tangga nada yang umum dikenal adalah diatonik, terdiri dari 7 nada:
do re mi fa so la ti
. Juga musik dengan teknik garapan yang menggunakan idiom dan tata gramatika matematika dari

Pierre Boulez
.

Olivier Messiaen

dengan teknik garapan musik berupa perbandingan geometri bangunan. Kemudian musik perkusi dari

John

Cage


dan banyak lagi pemusik yang merupakan pelopor Musik Kontemporer di dunia. Untuk kawasan Asia, harus disebut nama

Nam June Paik
dari Korea.


JUDUL MUSIK KONTEMPORER

Musik Kontemporer, dapat dikenali dengan beberapa ciri yang hampir senantiasa melekat dalam kehadirannya.

Judul karya Musik Kontemporer lazim menggunakan judul yang aneh dan bahkan asing, seperti misalnya: Gymnopedie, Liturgi Kristal, dan Telemusik. Dan ada juga yang menggunakan bahasa yang sudah tidak lazim, seperti judul karya

Steve Reich

“Tehilin”.


Steve Reich “Different Trains”



Steve Reich “The City Life”, Part 1 – “Check It Out”


TEMA MUSIK KONTEMPORER

Dalam musik yang lazim dikenal, tema yang diangkat umumnya berkisar pada cinta, duka, gembira. Musik Kontemporer mengusung tema yang seringkali “baru”. Misalnya
“Tetabuhan Sungut”
karya
Slamet Abdul Syukur, yang mengusung tema eksplorasi kemampuan bunyi mulut manusia.



Slamet Abdul Sjukur “The Source”



INSTRUMENTASI
DAN PARTITUR MUSIK KONTEMPORER

Dalam Musik Kontemporer, bukan hanya instrumen musik yang lazim dikenal saja, melainkan juga digunakan benda-benda yang menghasilkan bunyi. Misalnya generator gelombang bunyi dalam karya
Stockhausen, musik dari tepukan tangan karya
Steve Reich, dan piano yang disumbat dengan sekrup dan benda-benda logam
“Prepared Piano”
karya
John Cage.



John Cage “Prepared Piano”


Source: deviantArt by toroscan

Untuk Musik Kontemporer,

notasi balok dan/atau angka, tidaklah cukup
. Konsep musik dalam Musik Kontemporer seringkali harus disertai petunjuk yang detail tentang gambaran bunyi dan cara memproduksi bunyi tersebut. Itulah mengapa dalam ranah Musik Kontemporer dikenal pula

notasi auditif dan notasi tindakan.



TEKNIK GARAPAN/KOMPOSISI MUSIK KONTEMPORER

Seringkali, komponis Musik Kontemporer membuat sendiri tata gramatika dan idiom musiknya. Juga susunan dan struktur harmoni yangt baru. Ide garapan dapat saja menggunakan idiom dan tata gtramatik Musik Tradisi. Atau juga perhitungan nilai matematis dan dapat pula rasio atau perbandingan sebuah struktur rancangan bangunan.

Baca :   Daerah Sekitar Magnet Yang Masih Dipengaruhi Oleh Gaya Magnet Disebut


Partitura auditif dari musik karya Stockhausen

Keberadaan Musik Kontemporer di Indonesia dapat dirunut setelah berakhirnya perang kemerdekaan. Meskipun pada era perang kemerdekaan, komponis sekaligus pianis
Amir Pasaribu
telah merevitalisasi lagu-lagu tradisional Indonesia untuk keperluan permainan solo piano klasik. Secara umum, menurut kajian
Prof Dieter Mack
– komposer, pianis, dan pakar tentang budaya Musik Indonesia dari Universitas Freiburg Jerman, keberadaan musik kontemporer di Indonesia dapat dibagi menjadi:





1. Musik Kontemporer dalam idiom tradisi barat


Termasuk dalam kategori ini adalah komponis
Amir Pasaribu, Dua Srikandi piano: Trisutji Kamal
dan
Marusya Nainggolan Abdullah. Materi garapannya dapat berupa Musik Tradisional. Namun teknik garapannya memakai prinsip-prinsip yang lazim di kenal pada Musik Barat. Misalnya: nuansa gendhing gamelan Jawa yang ditranskripsikan ke dalam piano. Sudah tentu, masalah laras dan alur musiknya bukan lagi pelog, slendro, ataupun ladrang. Melainkan misalnya mengambil bentuk sonata, prelude, dan semacamnya.



2. Musik Kontemporer yang bersumber dari unsur etnik




Kategori ini dimotori oleh nama-nama seperti:
A.W. Sutrisna, Rahayu Supanggah, Wayan Sadra, Dody Satya Ekagust Diman
– seorang komponis muda yang banyak mendapat pujian di Jerman. Karya dalam kategori ini dapatlah dikatakan sebuah

revitalisasi Musik Tradisi
. Misalnya Degung Sunda yang diberi “baju” baru. Berupa cara menabuh dengan teknik baru misalnya dengan sendok makan, cara memetik kecapi dengan menggunakan gesekan kuku jari. Tata gramatik musikpun mendapat pakem baru. Misalnya perubahan fungsi tiap instrumen. Juga kemungkinan peran sebagai solis pada tiap instrumen. Degung klasik yang murni adalah sebuah ensemble permainan musik bersama.




3. Musik baru yang berlatar belakang budaya Indonesia dan budaya Barat


Komponis terkemuka dalam kategori ini adalah:
Slamet Abdul Sjukur, Alm. Sapto Ragardjo, Alm. Ben Pasaribu, Tony Prabowo, dan
Otto Sidharta. Ciri garapan kategori ini adalah

mixed culture

– percampuran dua macam budaya. Misalnya karya Slamet Abdul Sjukur yang berjudul
“Tetabuhan Sungut”
adalah sebuah canon vocal, namun strukturnya mengambil teknik garapan gendhing.


Slamet Abdul Sjukur

Para komponis Musik Kontemporer di Indonesia, membentuk sebuah forum komunikasi yang disebut
Asosiasi Komponis Indonesia (AKI)
.
Kiprah Indonesia di forum Musik Kontemporer dunia sebetulnya dapat dikatakan lumayan. Mas Slamet Abdul Sjukur termasuk komponis papan atas internasional, begitu juga dengan

Tony Prabowo

dan

Dody Satya Ekagust Diman
. Dalam Liga Komponis Asia Pasifik pun Indonesia senantiasa berkiprah. Saya sendiri pernah mewakili Indonesia bersama Dody Satya Ekagust Diman dalam “The 20th Asia Pacific Composer League Festival and Conference”
pada tahun 1999. Pendidikan para komponis muda dalam Musik Kontemporer pun masih tetap intens dilakukan. Salah satu hasil dari pendidikan tersebut adalah lahirnya sebuah kelompok yang menamakan diri
The Circle”

– sebuah kelompok beranggotakan 9 komponis Musik Kontemporer. Mereka tergolong komponis belia. Pada 22 Januari 2011, mereka menggelar konser di Komunitas Salihara Jakarta. Konsernya berjudul
PHI,
ditampilkan 11 komposisi Musik Kontemporer untuk piano, alat tiup, dan alat elektronik.


Para komponis muda dalam The Circle


sumber: flickr





Musik Kontemporer di Indonesia sebetulnya dapat menjadi sebuah alternatif yang menyejukkan. Saat industri musik mulai menancapkan taring dan kukunya. Hingga selera dan tata estetis musikal masyarakat benar-benar didikte dan dijajah kepentingan industri. Saat musik sudah begitu banyak dimuati unsur-unsur yang membuat musik kehilangan kesejatiannya. Saat musik menjadi kendaraan tunggangan pesan politis yang seringkali mengada-ada. Musik Kontemporer masih menyisakan kemurnian, bahwa

musik adalah sublimasi terdalam dalam karsa manusia
. Terwujud dalam karya yang merupakan ungkapan
KEMURNIAN RASA,

bukan melulu tentang cinta yang cengeng, namun kata hati dari lubuk yang paling dalam.

Musik Kontemporer Dalam Idiom Tradisi Barat Materi Garapannya Berupa

Source: https://lovelyristin.com/berikan-contoh-musik-kontemporer-dalam-idiom-tradisi-barat

Artikel Terkait

Leave a Comment