Multispectral Scanner Data Merupakan Citra Yang Dihasilkan Dari Wahana

Multispectral Scanner Data Merupakan Citra Yang Dihasilkan Dari Wahana.

Citra multispektral (Multispectral Imaging) merupakan salah satu episode bermula penginderaan jauh (remote sensing) maupun inderaja. Penginderaan jauh sendiri yaitu merupakan suatu proses lakukan mendeteksi dan memonitor berpokok kejauhan karakteristik badan berasal satu kawasan maupun objek dengan menakar radiasi yang dipantulkan alias dilepaskan. Sedangkan pencitraan multispektral adalah citra berbunga incaran pada rentang tinggi gelombang tertentu. Pencitraan multispektral sreg penginderaan jauh dapat dianalogikan dengan mem-foto daerah tertentu di marcapada dari jalal. Tetapi namun, diperlukan sejumlah penapisan yang paham terhadap gelombang elektromagnetik sreg juluran tertentu. Sensor-sensor tersebut bisa dipasang melalui berbagai wahana, misalnya pesawat udara, drone, alias bintang beredar.




Bintang beredar bagi visualisasi multispektral




Dua bintang beredar citra multispektral misalnya LANDSAT dan SENTINEL. LANDSAT yakni satelit peruntungan NASA dan USGS (US Geological Survey). Sementara itu SENTINEL ialah milik ESA (European Space Agency). LANDSAT permulaan barangkali diluncurkan tanggal 23 Juli 1972 (LANDSAT 1). Sekarang Planet LANDSAT 7 dan 8 masih aktif. Satelit-satelit SENTINEL yang merupakan fragmen dari acara Copernicus milik ESA, masih relatif hijau. Pertama barangkali diluncurkan musim 2014.

Sensor-sensor multispektral nan dibawa planet-bintang siarah tersebut yaitu sensor pasif. Artinya, sensor tersebut hanya menganyam spektrum hasil pantulan cahaya mentari nan mengenai satu objek di bumi. Semua benda memiliki karakteristik farik kaki langit tempatan menyerap atau memantulkan kilauan matahari. Karakteristik inilah nan menjadi kiat berjasa pada penggambaran multispektral.

Baca :   Berikut Ini Yang Merupakan Aneka Produk Kerajinan Kecuali

Lakukan itu pun, medalion beredar harus mengikuti bagian bumi nan medium tersinari surya. Orbit yang memungkinkan objek angkasa mengikuti bagian marcapada yang tersinari matahari disebut orbit sun-synchronous.




Uluran tataran Gelombang listrik listrik pada penggambaran multispektral




Setiap ki alat mengapalkan pemeriksaan-penapisan dengan juluran janjang gelombang elektronik tertentu. Puas galibnya janjang gelombang mencangam rentang cerah tertentang beberapa nanometer bertambah tinggi. Misalnya inframerah-dekat (Near Infrared, NIR) dan inframerah-gelombang pendek (Short Wave Infrared, SWIR).

Baca lagi kata selempang adapun semarak berikut ini




Untuk barang apa kegunaan pengisahan multispektral?




Foto nan dihasilkan kamera sedikit lega strata gelombang cahaya terbantah, seperti halnya mata individu. Fungsi penggambaran multispektral misalnya analisa vegetasi, persawahan, kualitas air, kualitas mileu, kualitas tanah, geologi dan sebagainya.

Laksana acuan tersisa, kerangka satelit lega google earth (dan google maps) yaitu segala nan ain khalayak tatap. Gabungan spektrum-lingkup multispektral memungkinkan analisa bertambah detail.




Apakah citra bintang beredar LANDSAT dan SENTINEL bisa di download prodeo?




Bisa. Citra planet LANDSAT (kerumahtanggaan bentuk raw) dan privat level koreksi farik bisa di download di website USGS ini. Dia perlu mendaftar lewat (prodeo) kemudian mengidas data berlandaskan lokasi. Untuk penelitian yang memerlukan citra dengan resolusi lebih detail, terdapat citra bintang beredar-bintang beredar lain yang dapat dibeli.




Sempurna hasil pengolahan citra multispektral




Rangka 1 merupakan hasil pengolahan terbelakang berasal citra bintang beredar LANDSAT 1 (Tulang beragangan 2) ber-resolusi 80 meter. Tahukah anda wilayah manakah tulang beragangan tersebut? Lembaga tersebut adalah sebagian kewedanan Jawa Timur nan di foto maka itu satelit LANDSAT 1 sreg rontok  27 September 1972. Benar, hampir 49 waktu yang tinggal berpokok kata sandang ini ditulis. Kelihatan indah lain?

Baca :   Apa Yang Dilakukan Pada Tahap Memulai Dalam Melakukan Wirausaha
Gambar 1. Abstrak hasil pengolahan citra multispektral; Distrik Jawa Timur yang difoto oleh LANDSAT 1 lega copot 27 September 1972
Landsat 1
Buram 2. Bintang beredar LANDSAT 1 (source)

Pada gambar tesebut terlihat jelas perbedaan warna radikal lega pengunungan, laut, perkotaan dan lain-enggak. Deposit laut sejauh selat Madura misalnya, tertentang jelas sekali lagi.

Secara umum unsur warna biram ialah menunjukkan vegetasi rindang, warna terlarang adalah perairan (laut, danau sungai)

Citra satelit lega Gambar 1 tersebut dibuat dengan memetakan dan menggabungkan tiga spektrum berlainan di tiga spektrum seri tertumbuk pandangan, ialah berma, bau kencur, sensasional. Lingkup tersebut merupakan NIR, cahaya merah dan sorot bau kencur. Pemeriksaan multispektral pada LANDSAT 1 memang masih sederhana. LANDSAT 1 mempunyai empat sensor berbeda, yakni NIR 2, NIR 1, merah dan bau kencur. Sendirisendiri uluran panjang gelombang sensor-sensor tersebut masih cukup dempak dibandingkan generasi penerusnya.




Contoh tidak hasil penggarapan citra multispektral




Bagan 3 adalah ilustrasi satelit LANDSAT 5 yang aktif bersumber musim 1984 sampai 2013. Satelit ini memiliki penapisan bertambah banyak dan rentang jenjang gelombang bertambah sempit dan khusus. Konseptual mana luang ini ialah bagian lain di Propinsi Jawa Timur. Tulangtulangan 4 adalah pengikatan spektrum NIR, merah dan hijau, tentatif itu Rajah 5 merupakan pengikatan spektrum SWIR 2, NIR dan yunior. Gambar 6 adalah penggabungan radius SWIR 2, SWIR 1 dan biru. Dengan mengeluarkan masing masing kawin, apakah beliau dapat menyentak deduksi dan mendapatkan informasi tertentu? Plong rajah mana anda boleh mengkhususkan perkotaan, rimba rangkaian gunung, tanah kosong tanpa vegetasi, pertanian, perairan (mayit air, tambak, danau ataupun laut dangkal dan dalam) dan lainnya?

Tahukah anda dimana kota Surabaya dan Malang? Apa selisih kedua daerah tingkat tersebut di tahun 1994 (Bentuk 4-6) dan 1972 (Bentuk 1)?

citra multispektral kombinasi NIR, merah dan hijau dari sebagian Jawa TImur (Citra LANDSAT 5)
Bentuk 4. Perikatan spektral NIR, bangkang dan mentah nan dipetakan berurutan puas uluran dandan merah, mentah dan biru
citra multispektral kombinasi SWIR 2, NIR dan hijau dari sebagian Jawa TImur (Citra LANDSAT 5)
Gambar 5. Perantaraan spektral SWIR 2, NIR, dan hijau yang dipetakan bersambungan puas rentang dandan biram, yunior dan sensasional
Bentuk 6. Gabungan spektral SWIR 2, SWIR 1, dan spektakuler nan dipetakan berantai pada rentang dandan biram, yunior dan biru




Begitu juga segala wujud citra spektral tunggal dan bagaimana pendirian merebus data untuk pamrih tertentu?




Secara sederhana, citra multispektral dapat dilihat sebagai kerangka hitam salih sreg masing masing spektrum pemeriksaan. Semakin hitam rona yang terekam, semakin rendah langlai intensitas lingkup yang terekam. Artinya objek menyerap gelombang semarak pada rentang tersebut. Semakin terang, semakin lautan intensitas terang yang dipantulkan dan direkam maka dari itu sensor.

Baca :   Sebutkan Aneka Produk Kerajinan Dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar

Pembahasan lebih detail akan halnya penggambaran multispektral dan pengolahan data tercecer bagaikan adegan bermula kesetiaan kemustajaban-guna penginderaan jauh, akan dilanjutkan plong artikel seterusnya.

Tatap juga:

Bemain dengan citra satelit Sentinel 2 (babak 1)

Bemain dengan citra satelit Sentinel 2 (bagian 2)

Multispectral Scanner Data Merupakan Citra Yang Dihasilkan Dari Wahana

Source: https://duuwi.com/83967/multispectral-scanner-data-merupakan-citra-yang-dihasilkan-dari-wahana.html

Check Also

Tibaning Swara Ing Pungkasaning Gatra Diarani

Tibaning Swara Ing Pungkasaning Gatra Diarani. Home / Jawa / Soal Tibaning swara ing pungkasaning …