Mengapa Pengetahuan Sosiologi Perlu Diterapkan Dalam Kehidupan Sehari Hari

Mengapa Pengetahuan Sosiologi Perlu Diterapkan Dalam Kehidupan Sehari Hari


putriandini096
@putriandini096


September 2018


1


710


Report

Mengapa pengetahuan sosiologi perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ?


dederidza

Ilmu sosiologi adalah ilmu sosial, artinya ilmu tersebut berhubungan dengan masyarakat, maka ilmu ini harus diterapkan di kehidupan sehari hari agar kita bisa menjalankan kehidupan di masyarakat karena kita manusia sebagai makhluk sosial

fourscore votes

Thanks 154

Recommend Questions



manullanganne
May 2021 | 0 Replies

jawab dong ………..


ahmadfikrialfatah
May 2021 | 0 Replies

upaya yang paling tepat untuk menkondisikan peladang menjadipetani menetap


zahra1198
May 2021 | 0 Replies

sikap yang baik ketika bermain dengan teman misalnya


IlhamLahia123
May 2021 | 0 Replies

kerajaan perlak raja2nya siapa saja?


putriwldrr
May 2021 | 0 Replies

bagi perkembangan agama Hindu, Sriwijaya berperan sebagai? a. lahirnya agama hindu b. pengembangan agama hindu didunia c.pembelajaran hindu sebelum belajar ke India d.pendidikan biksu diseluruh dunia


Kesah21
May 2021 | 0 Replies

mengapa pemerintah membangjn profram KB?


indah2286
May 2021 | 0 Replies

[tex] \sqrt{8 + \sqrt{eighty} } [/tex]


khesyaandr
May 2021 | 0 Replies

garis bujur barat dan bujur timur dibatasi oleh


alwieeysk
May 2021 | 0 Replies

Apa yang dimaksud dengan valuta asing fisik dan valuta asing nonfisik


rm1778577
May 2021 | 0 Replies

Bagaimana bangsa indonesia memandang keberadaan keberadaan negara negara lain disekitarnya



Merdeka.com –

Ilmu sosial merupakan pengetahuan yang senantiasa berkembang. Tanpa sadar, kita juga telah mempelajari berbagai cabang ilmu sosial dalam kehidupan sehari-hari. Dengan atau secara sengaja, kita pasti bersinggungan dengan ilmu sosial.

Sebab, ilmu-ilmu sosial tersebut di antaranya memang lahir dari kebiasaan masyarakat sehari-hari. Di antaranya yakni ilmu ekonomi, hukum, geografi, komunikasi, antropologi, hingga sosiologi.

Salah satu ilmu yang dekat dengan masyarakat adalah sosiologi. Sebab, ilmu sosiologi secara langsung menjadikan masyarakat itu sendiri sebagai objek kajian yang dibahas oleh para ahli serta peneliti di dalamnya.

Baca :   Soal Tentang Keberagaman Dalam Masyarakat Indonesia

Ada banyak pula manfaat mempelajari sosiologi bagi kehidupan sehari-hari. Sehingga, manfaat mempelajari ilmu sosiologi tak akan pernah ada habisnya karena akan terus berkembang seiring peradaban hidup manusia di muka bumi yang berjalan dinamis.

Lalu, apa saja manfaat mempelajari sosiologi bagi kehidupan sehari-hari tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya.

2 dari iv halaman

Terdapat banyak manfaat mempelajari sosiologi bagi kehidupan. Masyarakat Eropa tempat lahirnya ilmu sosiologi mendapatkan banyak pandangan dari salah satu cabang pengetahuan yang satu ini.

Sebelum mengetahui manfaat mempelajari sosiologi bagi masyarakat dan kehidupan, ada baiknya untuk memahami definisi hingga ciri-cirinya terlebih dahulu. Termasuk waktu saat pertama kali ilmu sosiologi dikembangkan di Benua Eropa.

©2021 REUTERS/Jorge Silva

Ilmu sosiologi pertama kali dicetuskan oleh bapak Sosiologi Dunia asal Prancis yang lahir pada abad 18, Auguste Comte. Istilah yang baru diperkenalkan Comte lantas dikembangkan secara lebih luas menjadi suatu ilmu oleh Emile Durkheim.

Secara spesifik, ilmu sosiologi mengamati beberapa objek kajian utama di dalam masyarakat. Di antaranya yakni unsur sosial, struktur masyarakat, sosialisasi, serta perubahan sosial.

Lantaran mengambil kajian yang berhubungan dengan masyarakat secara langsung, maka ilmu sosiologi lantas berkembang menjadi beberapa cabang. Hal itu tak lain merupakan gabungan dari beberapa ilmu lainnya.

iii dari 4 halaman

Cabang yang pertama adalah sosiologi pedesaan. Sosiologi pedesaan merupakan ilmu yang digunakan untuk menganalisis masyarakat pedesaan. Di awal penemuannya, sosiologi pedesaan memberikan gambaran yang jelas mengenai struktur hingga perbedaan masyarakat desa dan kota di Eropa.

two. Sosiologi Agama

Kedua, cabang selanjutnya adalah sosiologi agama. Cabang yang satu ini berusaha menganalisis masyarakat dalam kaca mata agama dan kepercayaan secara umum. Pendekatan sosiologi agama cenderung mengamati keutamaan serta kelemahan suatu agama sebagai kajian.

Baca :   Bahasa Inggris Cita Cita Saya Adalah

3. Sosiologi Ekonomi

Selanjutnya, sosiologi juga memiliki cabang ilmu yang memberikan pandangannya saat manusia berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber kajian ekonomi yang dipelajari sosiologi yakni berupa sistem produksi, distribusi, hingga konsumsi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

four. Sosiologi Hukum

Sosiologi hukum merupakan perpaduan antara ilmu yang menganalisis fenomena masyarakat dengan aturan yang telah disepakati. Cabang ilmu yang satu ini disebut telah diperkenalkan sejak abad ke nineteen oleh ilmuwan asal Italia, Anzilotti. Sosiologi hukum mempelajari pola, prosedur, sanksi, hingga kebiasaan penerapan aturan pada masyarakat.

v. Sosiologi Politik

Kelima, sosiologi politik merupakan salah satu cabang yang menganalisis masyarakat saat berhubungan dengan kekuasaan dan legitimasi. Kajian ilmu yakni terbentang dari pembagian kekuasaan, pengambilan kebijakan, serta konflik, hingga pemerintahan.

six. Sosiologi Perkotaan

Selain desa, sosiologi juga memiliki kajian khusus pada wilayah perkotaan beserta struktur hingga kebiasaan masyarakatnya. Umumnya, ilmu sosiologi perkotaan akan lebih menuju kepada urbanisasi, permasalahan kota, struktur masyarakat, hingga pembagian kawasan.

seven. Sosiologi Pembangunan

Dalam struktur sosial, masyarakat dapat menjadi objek serta subjek dalam pembangunan menurut kajian ilmu sosiologi. Sebab, masyarakat yang melakukan pembangunan juga akan menerima segala dampaknya.

8. Sosiologi Kesehatan

Selanjutnya, ilmu sosiologi juga berusaha membedah fenomena yang berhubungan dengan kesehatan. Awalnya, cabang yang satu ini berkembang dari ilmu sosiologi kedokteran. Sosiologi kesehatan lahir dari permasalahan medis yang membutuhkan analisis faktro-faktor penyebaran suatu penyakit.

9. Sosiologi Pendidikan

Terakhir, ilmu sosiologi juga memusatkan kajian pada permasalahan antara masyarakat dengan pendidikan. Cabang ilmu sosiologi pendidikan pertama kali dicetuskan pada akhir abad ke 19 oleh John Dewey melalui karyanya yang berjudul School and Social club.

Baca :   Pohon Ek Atau Oak Banyak Dijumpai Di Negara

4 dari iv halaman

Pertama, manfaat mempelajari sosiologi adalah mampu dijadikan sebagai kajian pembangunan masyarakat maupun lingkungan. Dengan pendekatan ilmu sosiologi, maka pembangunan yang dilakukan manusia ke manusia akan lebih memberikan dampak signifikan yang lebih baik.

Selain itu, dampak negatif dari pembangunan juga dapat ditekan sehingga masyarakat dapat menerima manfaatnya secara lebih maksimal.

two. Kajian Pola Kesehatan Masyarakat

Kedua, manfaat mempelajari sosiologi yakni dapat menjadi bahan kajian mengenai pola kesehatan masyarakat. Melalui ilmu sosiologi, pola kebiasaan hingga asal mula penyakit dapat ditemukan dengan cukup mudah.

Hal ini tentu dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap berbagai kemungkinan yang dapat terjadi mengenai masalah kesehatan dan kebiasaan sehari-hari.

©2019 Saeed KHAN / AFP

3. Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Masyarakat

Selanjutnya, manfaat mempelajari sosiologi yang berikutnya adalah dapat meningkatkan kemampuan adaptasi masyarakat. Sosiologi yang mengungkap struktur hingga ciri-ciri sosial di dalam suatu masyarakat dapat menentukan sikap masyarakat itu sendiri tatkala berhadapan dengan lingkungan baru. Dengan sosiologi, sikap serta karakteristik masyarakat dapat menjadi lebih tertata.

iv. Mendukung Proses Perumusan Kebijakan

Salah satu manfaat mempelajari sosiologi adalah mampu menghasilkan output berupa rekomendasi hasil penelitian dan sebagainya. Rekomendasi inilah yang lantas dapat dijadikan sebagai tolok ukur pembuatan kebijakan pemerintah demi mencapai kesejahteraan bersama.

Mengapa Pengetahuan Sosiologi Perlu Diterapkan Dalam Kehidupan Sehari Hari

Source: https://hasilcopa.com/mengapa-pengetahuan-sosiologi-perlu-diterapkan-dalam-kehidupan-sehari-hari

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …