Membantu Korban Bencana Alam Merupakan Pengamalan Sila Ke

Membantu Korban Bencana Alam Merupakan Pengamalan Sila Ke

Jakarta

Pancasila
memiliki lima sila. Di dalam kelima sila Pancasila, termuat nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

Pancasila juga memiliki arti sebagai ideologi nasional. Menurut Edi Rohani dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, hal ini berarti Pancasila merupakan seperangkat nilai oleh bangsa Indonesia untuk menata warga negaranya.

Maka, Pancasila tak hanya bersifat kefilsafatan, namun juga aplikatif karena berkenaan dengan bagaimana manusia harus bertindak.

Membantu teman saat jatuh dari sepeda merupakan pengamalan
sila ke-2 Pancasila.
Sila kedua berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan beradab.

Pancasila sila ke-2 mempunyai makna keadilan. Maksudnya, tiap masyarakat Indonesia berhak mendapat keadilan dalam hal apapun.

Nilai yang terkandung di dalam sila kedua ini adalah nilai kemanusiaan. Dikutip dari buku Pasti Bisa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD/MI Kelas 4 karangan Tim Tunas Karya Guru, beberapa nilai perikemanusiaan dalam sila kedua Pancasila adalah:

i. Pengakuan adanya harkat serta martabat manusia dengan segala hak dan kewajiban asasinya.

2. Perlakuan adil pada sesama manusia, terhadap diri sendiri, alam sekitar, dan Tuhan.

3. Manusia sebagai makhluk yang beradab dan berbudaya mempunyai daya cipta, rasa, karsa, dan keyakinan.

Masih dari buku yang sama, ini dia 11 contoh sikap sila ke-two:

one. Mengakui persamaan derajat, hak, dan kewajiban asasi tiap manusia. Tanpa membedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, warna kulit, kedudukan sosial, dan faktor lainnya

ii. Mengakui dan memperlakukan manusia berdasarkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan

three. Mengembangkan sikap saling mencintai dan kasih sayang antara sesama manusia

4. Tidak semena-mena pada orang lain

5. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, contohnya bakti sosial, memberi bantuan pada panti asuhan, atau membantu korban bencana alam

6. Senang membantu teman yang sedang kesusahan

7. Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepa salira

8. Menjunjung tinggi hak asasi manusia

9. Mengembangkan sikap saling menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain

Baca :   Struktur Teks Biografi Yang Tepat Yaitu

ten. Menyadari bahwa kita semua memiliki hak dan kewajiban yang sama

xi. Berani membela kebenaran

Sebagaimana disebutkan di atas, membantu teman yang sedang kesusahan merupakan salah satu contoh sikap yang mencerminkan sila ke-two. Jadi, membantu teman saat jatuh dari sepeda juga merupakan pengamalan
Pancasila.

Kini detikers sudah paham, bukan?

Simak Video “Hari Lahir Pancasila, Apa Mereka Hafal Pancasila?

(lus/lus)

Apakah kamu lagi mencari jawaban dari pertanyaan
Menolong korban bencana alam merupakan penerapan Pancasila sila?

Berikut pilihan jawabannya:

  1. kesatu
  2. Kedua
  3. Ketiga
  4. Keempat

Kunci Jawabannya adalah: B. Kedua.

Dilansir dari Ensiklopedia, Menolong korban bencana alam merupakan penerapan Pancasila silamenolong korban bencana alam merupakan penerapan pancasila sila Kedua.

Klik Gambar Untuk Mendapatkannya!!

Penjelasan

Kenapa jawabanya bukan A. kesatu? Nah ini nih masalahnya, setelah saya tadi mencari informasi, ternyata jawaban ini lebih tepat untuk pertanyaan yang lain.

Kenapa jawabanya B. Kedua? Hal tersebut sudah tertulis secara jelas pada buku pelajaran, dan juga bisa kamu temukan di internet

Kenapa nggak C. Ketiga? Kalau kamu mau mendaptkan nilai nol bisa milih jawabannya ini, hehehe.

Terus jawaban yang D. Keempat kenapa salah? Karena menurut saya pribadi jawaban ini sudah keluar dari topik yang ditanyakan.

Kesimpulan

Jadi disini sudah bisa kamu simpulkan ya, jawaban yang benar adalah B. Kedua.

Pengamalan Pancasila. Dalam artikel terdapat contoh pengamalan sila kelima Pancasila di kehidupan sehari-hari, beserta nilai-nilai Pancasila.

TRIBUNNEWS.COM –
Inilah contoh pengamalan sila kelima Pancasila di kehidupan sehari-hari, beserta nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Setiap sila Pancasila memiliki nilai-nilai yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam hidup bernegara.

Termasuk nilai Keadilan pada sila kelima Pancasila yang dilambangkan dengan padi dan kapas.

Sila kelima Pancasila berbunyi Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Contoh pengalaman sila kelima sebagai perwujudan nilai Keadilan, yakni bersikap adil kepada setiap orang.

Kemudian, menjalankan kewajiban dan menghormati hak orang lain

Baca :   Apa Yang Dimaksud Dengan Lagu Kanon

Baca juga: Arti Rantai Emas Lambang Sila ke-2 hingga Pengamalan Nilai Sila Kedua Pancasila

Dikutip dari bpip.go.id, Pancasila merupakan dasar negara Indonesia sekaligus pedoman dengan nilai-nilai luhur yang bisa diterapkan dalam kehidupan berbangsa.

Pengamalan Pancasila hendaknya diajarkan kepada anak-anak sejak dini, termasuk sila ke-5.

Pancasila sebagai Dasar Republic of indonesia. Dalam artikel terdapat contoh pengamalan sila kelima Pancasila di kehidupan sehari-hari, beserta nilai-nilai Pancasila.(IST)

Berikut ini mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, dikutip Tribunnews.com dari beberapa sumber:

Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia dan Contoh Pengamalannya

i. Nilai Ketuhanan

Nilai Ketuhanan terdapat dalam sila pertama Pancasila.

CARAPANDANG.COM –
Pancasila merupakan  pondasi untuk hidup bangsa dan bernegara. Bagaikan rumah yang tanpa pondasi,niscaya rumah itu tidak akan kokoh dan hancur. Begitu juga Indonesia. Indonesia adalah negara maritim yang memiliki 17.540 pulau. Sebagai negara kepulauan, Indonesia dilalui garis khatuliswa, sehingga Indonesia beriklim tropis dan  mempunyai dua musim, penghujan dan kemarau. Dengan dua musim ini Republic of indonesia mengalami perubahan iklim yang tidak pasti membuat Indonesia mengalami bencana alam seperti banjir,tanah longsor,angin topan,kekeringan dll.  Tak terasa tahun yang terus berganti,yang lalu sudah menjadi kenangan dan yang datang akan menjadi tantangan. Seperti juga beberapa bencana alam yang dialami pada tahun 2021,seperti banjir di Kalimantan,gempa bumi di Sulawesi,angin puting beliung di Wonogiri,dan erupsi gunung-gunung aktif di pulau-pulau Jawa.  Banyaknya bencana alam tersebut menghadirkan duka bagi yang terdampak, namun menjadikan kita semakin meningkatkan ketanggapan dan kepedulian dalam bencana dan membuat kita bersatu untuk saling menolong.  Manusia merupakan mahluk yang saling berinteraksi dengan sesama. Maka dari itu, manusia tidak bisa hidup sendiri. Hadirnya bencana alam yang silih berganti yang melanda negeri kita ini,banyak sekali influencer, artis-artis, dan para relawan membantu korban bencana. Kemauan untuk menolong sesama bukan karena harta yang melimpah, tetapi karena hati nurani. Pada saat kita miskin pun,akan tergerak hatinya untuk bersedekah dan membantu. Orang yang kaya hati mempunyai rasa simpati,empati,dan rasa keikhlasan yang tinggi.

Baca :   Cara Memasang Saklar Ganda 2 Lampu

Disebutkan dalam ajaran Islam untuk saling membantu sesama,”Barangsiapa meringankan dari seorang mukmin salah satu kesusahan hidupnya di dunia, niscaya Allah akan meringankan salah satu kesusahan hidupnya pada hari kiamat. Barangsiapa memberi kemudahan kepada orang yang kesulitan, niscaya Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat” (HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai & Ibnu Majah).

Pengamalan Sila ke-3 sangatlah dibutuhkan saat kondisi bangsa seperti saat ini. Sila ke-3 mengandung buah-buah pengalaman yang memuat nilai-nilai dan penjelasan sangat bermakna untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh bangsa republic of indonesia, khususnya dalam kondisi bangsa saat ini.yang sedang dilanda oleh bencana. Sesuai dengan isinya yaitu “Persatuan Indonesia” adalah memberikan rasa penghormatan dan menghormati segala perbedaan,yaitu perbedaan ras,agama,dan budaya. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila ke-3 antara lain kebersamaan,persatuan bangsa,dan rela berkorban demi bangsa dan negara.Kebersamaan,makna yang amat melekat dalam sila ke-3. Perilaku ini bisa mewujudkan rasa menjunjung tinggi sikap kebersamaan,gotong royong,dan saling tolong menolong khususnya dalam menolong korban bencana alam. Persatuan bangsa,makna ini dapat mewujudkan persatuan bangsa Indonesia agar terbebas dari berbagai konflik di masyarakat contohnya seperti bencana alam ini. Dan makna yang terakhir adalah rela berkorban demi bangsa dan negara, sikap ini sangat melekat dengan jiwa patriotisme, pantang menyerah,serta rela berkorban demi bangsa dan negara. Dalam konteks situasi bencana alam ini tentunya kita butuh rasa nasionalisme,kebersamaan,dan gotong royong. Kita saling bahu membahu dalam menghadapi dan mengatasi bencana alam ini dengan memberikan sebagian harta kita serta doa untuk para saudara-saudara kita yang terdampak.

Marilah kita jauhkan ego kita untuk bersimpati dan berempati untuk membantu  saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam. [**]

**Penulis: Dzaki Alfajri
Penulis adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Membantu Korban Bencana Alam Merupakan Pengamalan Sila Ke

Source: https://apamaksud.com/menolong-korban-bencana-alam-merupakan-penerapan-pancasila-sila

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …