Materi Tentang Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Materi Tentang Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Pengertian TIK
– TIK adalah salah satu hal yang sangat membantu manusia. Melalui TIK, manusia bisa berkembang dan berinovasi. TIK juga sudah masuk ke berbagai bidang kehidupan manusia. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik dan lain sebagainya.

Sebelum sampai kesana, apa itu pengertian TIK? Meskipun berkaitan erat dengan manusia, tetapi banyak yang masih belum memahami apa itu pengertian TIK. Artikel ini hadir untuk membantu Grameds dalam memahaminya.

Artikel ini akan membahas mengenai pengertian TIK secara umum dan menurut para ahli, peran TIK serta manfaat TIK.


Pengertian TIK

TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dalam bahasa Inggris menjadi
Information and Communication Technologies
atau jika disingkat menjadi ICT. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani “technologia” atau “techne”.

Kata tersebut memiliki arti “keahlian” dan “logia” memiliki arti “pengetahuan”. Dalam pengertian secara sempit, bisa diartikan teknologi adalah sesuatu yang mengacu kepada objek benda. Objek tersebut digunakan untuk memudahkan aktivitas manusia.

Secara terminology, pengertian TIK merupakan sebuah proses dalam menyampaikan suatu informasi. Informasi akan disampaikan melalui berbagai pengolahan data. Pengolahan data tersebut akan melibatkan pengiriman dan penerimaan informasi menggunakan berbagai simbol tertentu.

Dalam pendapat lain, pengertian TIK adalah hasil dari rekayasa manusia. Hasil tersebut didapatkan dalam melakukan proses penyampaian beragam informasi dan pesan, yang berupa ide atau gagasan. penyampaian tersebut dilakukan dari sebuah pihak pada pihak lain dengan cara yang lebih cepat dari biasanya.

Selain itu, TIK juga memungkinkan menggunakan jangkauan yang lebih luas. Serta penyimpanan yang lebih lama. Maka dari itu, TIK adalah semua teknologi yang berkaitan dengan peralatan teknis, yang digunakan untuk memproses sekaligus menyalurkan sebuah informasi.

Pengertian TIK atau teknologi informasi dan komunikasi ini mencakup dua aspek. Aspek tersebut adalah teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi adalah hal-hal yang mencakup semua yang berkaitan dengan sebuah proses. Selain itu, juga penggunaan sebagai alat bantuan, manipulasi serta pengelolaan informasi.

Baca :   Uraikan Keterkaitan Konsep Ruang Dan Waktu Dalam Mempelajari Sejarah

Sedangkan teknologi komunikasi adalah hal-hal yang mencakup penggunaan alat bantu. Untuk memproses serta mentransfer data yang berasal dari suatu perangkat ke perangkat lainnya. Maka dari itu, teknologi informasi dan komunikasi adalah sebuah kesatuan yang tak terpisahkan.

Pengertian TIK mengandung makna luas mengenai semua kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan serta transfer atau disebut pemindahan informasi.



Pengertian TIK lainnya adalah ilmu pengembangan dari beberapa aplikasi. Semua itu terdapat di dalam sebuah alat atau dapat juga berupa mesin. Serta material yang mampu membantu manusia dalam memecahkan masalah.

TIK adalah wujud dari suatu sistem yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. TIK akan mengikuti kemajuan perkembangan dari teknologi dunia. Pengertian TIK juga merupakan paying besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses sekaligus menyampaikan informasi.

Pengertian TIK Menurut Para Ahli

pengertian tik menurut para ahliPengertian TIK juga disebutkan oleh beberapa sumber atau ahli. Banyak pandangan dan gagasan yang dikemukakan mengenai TIK. Mengingat bahwa TIK adalah salah satu hal yang berdampingan dengan kehidupan manusia. Berikut ini adalah beberapa pengertian TIK yang berasal dari beberapa sumber:


1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Istilah TIK di dalam KBBI tidak mengarah pada pengertian TIK di bidang teknologi dan informasi. Namun, di dalam KBBI terdapat pengertian teknologi informasi. Pengertian teknologi informasi adalah penggunaan teknologi seperti komputer, elektronik, dan telekomunikasi, untuk mengolah dan mendistribusikan informasi dalam bentuk digital.


2. Kemendikbud

Pengertian TIK menurut Kemendikbud adalah teknologi informasi dan komunikasi yang membuat semua teknologi yang akan berhubungan dengan penanganan sebuah informasi.

Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi



Beli Buku di Gramedia3. Puskur Dinas Indonesia


Pengertian TIK atau teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu bentuk yang tidak bisa dipisahkan. Serta memiliki kandungan makna yang luas, mengenai semua kegiatan. Kegiatan yang dimaksud adalah yang dikaitkan dengan seluruh kegiatan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan saat transfer atau memindahkan informasi dari satu media ke media lain.


4. Kamus Oxford (1995)

Dalam kamus Oxford, pengertian TIK adalah sebuah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama computer yang digunakan untuk beberapa hal. Seperti menyimpan, menganalisis, serta mendistribusikan semua informasi. Informasi yang diolah bisa mengenai apa saja, termasuk kata-kata, angka atau bilangan, dan gambar-gambar.


5. UNESCO

Pengertian TIK menurut UNESCO adakah perangkat teknologi serta sumber daya yang beragam. Hal-hal tersebut digunakan untuk mengirimkan, menyimpan, membuat dan berbagi, atau untuk bertukar informasi.


6. ITTA (Information Technology Association of America)

Pengertian TIK adalah sebuah studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi. Hal-hal tersebut berbasis komputer, khususnya pada aplikasi perangkat keras dan juga perangkat lunak pada komputer.


7. Rusman dkk

Pengertian TIK menurut Rusman dkk adalah serangkaian tahapan mengenai penanganan informasi. Tahapan tersebut meliputi penciptaan sumber-sumber informasi, pemeliharaan mengenai saluran informasi, seleksi dan transmisi informasi, penerimaan informasi yang dilakukan secara selektif, penyimpanan serta penelusuran informasi dan penggunaan-penggunaan informasi.

Oleh karena itu, pengertian TIK atau teknologi informasi dan komunikasi adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, serta pemindahan informasi dari satu media ke media lainnya.

Teknologi informasi dan komunikasi adalah peralatan elektronika yang terdiri atas dua perangkat. Di antaranya adalah perangkat keras dan perangkat lunak. Serta semua kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan juga transfer atau pemindahan informasi yang terjadi di satu media dengan media lain.


8. Bambang warsita (2008: 135)

Teknologi informasi adalah sebuah sarana dan prasarana. Seperti
hardware,
software, dan
useware. Prasarana tersebut adalah sistem dan metode yang digunakan untuk beberapa tahapan. Seperti memperoleh, mengirimkan, mengolah, menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan serta menggunakan data secara bermakna. Pengertian TIK ini disampaikan oleh Bambang Warsita.


9. Susanto

Pengertian TIK atau teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu media atau alat bantu. Alat tersebut digunakan untuk transfer data. Baik untuk memperoleh sebuah data atau informasi, maupun memberikan informasi pada orang lain. Serta dapat digunakan sebagai alat berkomunikasi. Baik secara satu arah maupun dua arah.

Baca :   Apa Hal Yang Dapat Mempengaruhi Iklim


10. Williams dan Sawyer (2003)

Menurut Williams dan Sawyer, pengertian TIK adalah suatu perkembangan teknologi. Perkembangan tersebut merupakan penggabungan dari adanya beberapa komputer. Dilakukan melalui jalur komunikasi yang memiliki kecepatan relatif tinggi. Hal itu membuatnya mampu membawa beragam data atau video.


11. Eric Deeson

Pengertian TIK menurut Eric Deeson adalah sebuah solusi bagi manusia. TIK atau teknologi informasi dan komunikasi bisa digunakan sebagai alat dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Seperti dalam pengambilan, mengolah, memproses, serta memindahkan berbagai data informasi. Hal itu dapat dilakukan dalam konteks sosial yang menguntungkan beberapa pihak yang ternyata bersangkutan.


12. Haag dan Keen (1996)

Pengertian TIK menurut Haag dan Keen adalah seperangkat alat yang akan membantu manusia bekerja. Dalam hal ini, pekerjaan manusia akan dibantu dengan informasi. Serta melakukan tugas-tugas yang akan berhubungan dengan pemrosesan informasi.


13. Martin (1999)

Menurut Martin, pengertian TIK adalah teknologi yang tidak hanya ada pada teknologi computer atau perangkat keras dan perangkat lunak. Teknologi ini akan digunakan untuk memproses dan menyimpan sebuah informasi. Teknologi ini juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan sebuah informasi.


14. Lucas (2000)

Pengertian TIK menurut Lucas adalah semua bentuk teknologi yang dapat diterapkan. Gunanya untuk mengirimkan suatu informasi melalui media-media elektronik.


15. Mc. Keown (2001)

Mc. Keown menjelaskan bahwa pengertian TIK mengacu pada seluruh bentuk teknologi yang dapat digunakan. Untuk dapat menciptakan, menyimpan, mengubah dan menggunakan informasi ke dalam semua bentuk.


16. Kenneth C. Laudon (2004)

Pengertian teknologi informasi adalah salah satu alat yang dapat digunakan para manajer dalam mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi. Dalam masalah ini, perubahan yang dimaksud adalah informasi yang telah diproses serta dilaksanakan penyimpanan sebelumnya ke dalam komputer.


17. Brown, DeHayes, Hoffer dan Perkins (2005)

Pengertian TIK adalah sebuah kombinasi dari teknologi komputer. Kombinasi tersebut tersusun dari perangkat keras dan perangkat lunak. Gunanya untuk memproses, menyimpan serta melakukan distribusi informasi-informasi.


Peran TIK

peran tikPeran teknologi informasi dan komunikasi sangatlah banyak. Bahkan dapat dikatakan mencakup seluruh bidang kehidupan. Berikut ini adalah beberapa contoh peran TIK di berbagai bidang kehidupan:


1. Bidang ekonomi

Teknologi informasi dan komunikasi memang berperan penting di bidang ekonomi. Bidang ekonomi mengalami perkembangan yang pesat berkat adanya TIK. Berikut ini adalah contoh peran TIK dalam bidang ekonomi:

  •       Electronic Commerce (E-commerce)
  •       Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
  •       SMS Banking


2. Bidang pendidikan

Selain bidang ekonomi, bidang pendidikan juga mengalami perkembangan. Semua itu berkat peran TIK di dalamnya. Bidang pendidikan jadi bisa mengalami sebuah inovasi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  •       Perpustakaan Online (Digital Library)
  •       Buku Sekolah Elektronik (E-book)
  •       Kelas Online (E-learning)

Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi

Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi

Beli Buku di GramediaBuku ini tidak saja membahas tentang bagaimana pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai sarana komunikasi antara guru dan siswa seperti disebut di atas, juga tentang Komunikasi sebagai alat analisis pembelajaran. Operasi matematik dan statistika dalam program komputer dapat membantu guru menganalisis siswa dalam proses belajar, yang selama ini lebih banyak dilakukan secara subjektif.


3. Bidang Pemerintahan

Rupanya pemerintah juga mengetahui bahwa masyarakatnya sudah semakin maju dalam hal teknologi. Selain itu, mengingat juga bahwa penggunaan media sosial masyarakat juga sangat tinggi. Hal itu karena adanya perkembangan TIK. Berdasarkan hal tersebut, pemerintah juga membuat layanan yang di dalamnya terdapat peran TIK. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  •       Electronic Government (E-government)
  •       Hasil Pemilihan Umum

BACA JUGA:
10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia


Manfaat TIK

Setelah mengetahui pengertian TIK dan perannya, mari melanjutkan pembahasan ke manfaat TIK. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat tentu akan melahirkan sebuah pertanyaan. Seperti kenapa semua itu dapat terjadi.

Baca :   Soal Uts Tema 6 Kelas 5

Ternyata, hal ini tidak lepas dari banyaknya manfaat yang diberikan dari teknologi informasi dan komunikasi. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapat melalui TIK:


1. Media untuk bertukar informasi

Media untuk bertukar informasiPerkembangan teknologi informasi dan komunikasi memang sangat berdampak bagi media. Berlaku baik media cetak maupun media online. Media-media tersebut dapat digunakan dengan mudah berkat perkembangan teknologi tersebut.

Contoh sederhananya seperti media cetak yang kini sudah mulai beralih menjadi media online. Umumnya, dulu orang akan membaca media cetak berupa koran untuk mengetahui berita-berita yang sedang terjadi. Namun hal itu kini sudah berganti, media cetak berinovasi menjadi media online.

Saat ini, banyak orang dengan mudah dapat membaca berita melalui media online. Tidak hanya itu, sudah banyak pula portal-portal berita yang berkembang. Hal yang lebih memudahkannya lagi adalah adanya pemisahan berita yang memudahkan pembaca, seperti berita kesehatan, politik, pendidikan dan lain-lain.


2. Sarana komunikasi

Sarana komunikasiSudah menjadi rahasia umum bahwa teknologi informasi dan komunikasi akan memberikan dampak yang luar biasa pada sarana komunikasi. Melalui perkembangannya, sarana komunikasi dapat berkembang menjadi lebih cepat. Tidak hanya itu, jangkauan yang dihasilkan juga lebih luas.

Dahulu, mungkin orang berkomunikasi hanya dari satu orang ke orang lain saja. Selain itu, mereka mungkin juga harus menunggu lama untuk informasi tersebut sampai. Akan tetapi, sekarang sudah berbeda.

Komunikasi bisa dilakukan bahkan dari satu negara ke negara lain. Hal tersebut juga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Hal ini adalah salah satu manfaat adanya teknologi informasi dan komunikasi.


3. Mempermudah pekerjaan

Mempermudah pekerjaanManfaat teknologi informasi dan komunikasi selanjutnya adalah mempermudah pekerjaan. Dahulu, orang yang ingin melamar kerja harus datang ke tempatnya ingin melamar. Selain itu, ia juga harus menyiapkan berkas-berkas yang berupa surat lamaran atau sebuah dokumen.

Hal-hal tersebut harus dilakukan dalam mencari pekerjaan. Belum lagi akan memenuhi panggilan wawancara bila lolos ke tahap selanjutnya. Hal itu tentu sedikit melelahkan bagi mereka yang datang dari daerah yang jauh.

Akan tetapi, berkat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semua itu dapat dipermudah. Pelamar kerja tidak perlu datang lagi untuk menyerahkan berkas. Mereka hanya perlu mengirimkan melalui surel saja, sehingga berkas berbentuk file. Begitu pula dengan wawancara yang bisa dilakukan secara online melalui berbagai media yang sudah berkembang saat ini.


4. Menghemat biaya

Menghemat biayaMenghemat biaya juga merupakan salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari teknologi informasi dan komunikasi. Contohnya seperti di dalam bidang pendidikan. Melakukan privat atau kursus secara online bisa menghemat biaya daripada dilakukan secara langsung atau offline.


5. Meningkatkan produktivitas pekerjaan

Meningkatkan produktivitas pekerjaanBerkat adanya TIK atau teknologi informasi dan komunikasi, seseorang bisa melakukan banyak pekerjaan sekaligus. Mereka bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan dengan mudah. Selain itu, mereka juga dapat melakukan pekerjaan dengan cepat. Hal itu akan meningkatkan produktivitas seseorang dalam melakukan pekerjaannya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian TIK, peran TIK dan manfaat TIK. Temukan informasi lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku untuk para Grameds.

Having Fun With Computer, Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Remaja

Having Fun With Computer, Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Remaja

Beli Buku di GramediaPenulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

    • Pengertian, Macam dan Contoh Press Release
    • Contoh Poster Tentang Buku dan Cara Membuatnya
    • Cara Membuat Mind Mapping Gratis dengan 11 Software Ini
    • 7 Cara Membuat CV Online Mudah Tanpa Software, Gratis!
    • Cara Membuat Link WA Manual & Otomatis dengan Link WA Generator

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Materi Tentang Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Source: https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-tik/

Artikel Terkait

Leave a Comment