Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Kerajinan Bahan Keras

Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Kerajinan Bahan Keras

Kerajinan bahan keras adalah produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat keras, solid, kuat, padat, dan tidak mudah untuk diubah bentuknya. Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai kerajinan bahan keras.

A.Kerajinan Bahan Keras Alam

Bahan keras alam adalah bahan untuk karya kerajinan yang diperoleh dari alam sekitar dan merupakan sumber daya alam baik hutan, bumi, maupun perairan di alam, Kebanyakan orang memilih benda keras untuk produk fungsional yang membutuhkan penggunaan dalam waktu jangka panjang. Karena kerajinan yang terbuat dari benda keras memiliki kecenderungan kuat dan tahan lama bahkan bertahun-tahun lamanya. Selain itu, bahan keras alam memiliki daya tarik tersendiri karena keaslian dan keistimewaan bahan asli yang natural dari alam.

1.Kerajinan Bahan Kayu

Kerajinan kayu merupakan pembuatan barang-barang bahan kayu yang dihasilkan melalui ketrampilan tangan manusia. Beberapa daerah yang terkenal dengan ukiran atau pahatannya ialah Jepara, Yogyakarta, Cirebon, Bali, Toraja, Palembang, Kalimantan, dan sebagainya. Keunggulan kerajian kayu yaitu bentuknya bagus, memiliki motif yang bervariasi, harganya relatif murah tergantung tingkat kesulitan dalam pembuatannya, tahan lama karena sudah di lapisi atau di finishing, dan terbuat dari bahan yang bagus diantaranya kayu jati.

2.
Kerajinan Bahan Bambu

Bambu yang dipanen dengan benar dan di awetkan merupakan bahan yang kuat, fleksibel, dan murah yang dapat digunakan alternatif pengganti kayu yang mahal dan langka. Saat ini Tasikmalaya sebagai salah satu kota penghasil bambu terbesar di jawa barat telah menjadi sentra perajin perajin bambu. Produk produk kerajinan bambu adalah sandal, besek, tampah, caping, kap lampu, kopyah, tempat tidur, dan lain lain.

Baca :   Jenis Jamur Yang Dimanfaatkan Dalam Pembuatan Keju Adalah

three. Kerajinan bahan Rotan

Kerajinan rotan adalah kerajinan yang terbuat dari bahan baku rotan, misalnya kap lampu, tudung nasi, keranjang, kursi goyang, mainan anak seperti kuda lumping, ayunan, dll.

B. Kerajinan Bahan Keras Buatan

Bahan keras buatan adalah bahan karya kerajinan yang diolah dan dicampur dengan bahan tertentu sehingga menjadi keras, dan memiliki sifat kuat dan tahan lama. Bahan-bahan yang digunakan untuk kerajinan berupa kaleng, kaca, dan sebagainya..

one. Kaca

Kaca memiliki wujud yang transparan dan bening. Ketebalannya bervariasi antara ane mm hingga 2cm tergantung dari kebutuhan. Permukaannya licin dan mengkilap. Jika ingin dilukis maka harus menggunakan cat khusus yang dapat menempel pada permukaan kaca. Kaca dapat dilebur dan dibentuk dalam kondisi panas yang membuat wujudnya menjadi lunak.

ii. Logam

Logam terdiri dari berbagai warna, ada yang perak, emas, ada yang kemerahan/kecoklatan, dan juga berwarna perak keabu-abuan. Bentuknya bervariasi, ada yang tebal dan berat, ada pula yang pipih dan tipis serta ringan. Logam mudah terkorosi (berkarat) oleh udara, sehingga tidak jarang dilapisi dengan krom atau lapisan emas murni untuk mengatasinya. Ada pula yang melapisinya dengan cat. perawatan pada produk kerajinan logam juga cukup membutuhkan perhatian lebih agar tidak cepat pudar.

C. Teknik Pembuatan Kerajinan dari Bahan Keras

Beberapa Teknik Pembuatan Kerajinan Bahan Keras sebagai berikut

1. Teknik Anyam, yaitu kerajinan ini dibuat dengan menggabungkan atau menyilang-nyilangkan bahan sehingga menjadi suatu karya. Bahan keras yang umumnya memakai teknik ini adalah rotan, bambu dan plastik.

2. Teknik Las, yaitu teknis yang satu ini adalah penyambungan logam dengan mencairkan sebagian dari logam utama dan pengisi.

Baca :   Contoh Soal Uts Bahasa Inggris Kelas 10 Semester 2

3. Teknik Patri, yaitu teknik ini adalah teknik penyambungan dari bahan logam yang terpengaruh panas dengan bantuan dari bahan campuran atau tambahan logam. Teknik ini umumnya dipakai untuk mengganti pengelasan di bahan yang peka terhadap suhu yang tinggi.

four. Teknik Ukiran, yaitu kerajinan ini memakai teknik ukiran yang lewat proses pencungkilan sehingga bisa membentuk cembungan atau cekungan, lalu menjadi pola yang tertentu. Biasanya bahan keras yang diukir adalah kayu dan batu.

5. Teknik Bubut, yaitu teknik ini membutuhkan alat pahat bubut yang fungsinya untuk mengiris dan membentuk benda. Teknik ini bisa menghasilkan kerajinan yang rapi, simetris dan bulat. Kerajinan ini memakai teknik bubut seperti asbak atau vas bunga dari bahan kayu.

six.Teknik Cor, yaitu teknik ini diawali dengan pembuatan model menggunakan tanah liat yang dilapisi lilin atau dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari batu. Langkah selanjutnya adalah menuangkan perunggu dalam cetakan.

7.Teknik Ukir Tekan, yaitu teknik membuat hiasan di atas permukaan plat logam yang tipis dan memiliki ketebalan kurang lebih 0,ii mm untuk plat logam kuningan dan 0,4 mm untuk plat logam tembaga. Alat yang digunakan untuk ukir tekan terbuat dari tanduk sapi, bambu, atau kayu.

D. Kemasan Produk Kerajinan Bahan Keras

Pengemasan adalah sebuah teknik terkordinir yang diciptakan untuk menyiapkan produk supaya siap untuk ditransportasikan, disimpan, dijual, dan dipakai. Bisa didapatkan dengan adanya wadah atau pembungkus pada suatu produk, salah satunya adalah bisa mendukung produk tersebut agar terhindar dari risiko kerusakan ketika proses distribusi berlangsung. Secara umum, fungsi dari pengemasan yaitu pertama, menjadi wadah sebuah produk selama proses pengiriman, mulai dari produsen produk, hingga sampai ke tangan pengguna. Kedua, melindungi dan mengawetkan produk, contohnya seperti dapat menghindarkan dari sinar ultraviolet, panas matahari, kelembapan suhu, oksigen, tekanan, serta pencemaran dari virus ataupun kuman yang bisa merusak & menurunkan kualitas dari suatu produk. Ketiga, Sebagai identitas dari produk, dalam konteks ini, kemasan produk kerajinan bahan keras dapat digunakan sebagai media petunjuk bagi para konsumen melalui characterization yang terdapat pada pack produk tersebut, dan sebagainya.

Baca :   Keuntungan Mekanis Pada Katrol Tetap Sama Dengan

Materi Prakarya Kelas 9 Semester 1 Kerajinan Bahan Keras

Source: https://morimanjusri.wordpress.com/2021/08/09/materi-prakarya-kelas-xi-semester-1-bab-1-kerajinan-bahan-keras/

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …