Manfaat Mengulas Buku Bagi Pembaca Diantaranya Adalah

Manfaat Mengulas Buku Bagi Pembaca Diantaranya Adalah

Apa Pengertian Resensi?

Resensi dapat kita pahami secara singkat sebagai berikut;
Resensi merupakan sebuah ulasan yang dituliskan oleh seorang pembaca untuk memberikan komentarnya atas kesan buku yang telah dibacanya. Ulasan tersebut dapat berisi kritik dan pujian terhadap isi dari buku tersebut.
Resensi adalah penulisan kembali apa saja yang telah ditangkap oleh pembaca, berdasarkan isi buku tersebut.

Di dalam kamus besar bahasa Indonesia online kata resensi memiliki arti pertimbangan atau pembicaraan tentang buku. Biasanya di dalam resensi terdapat saran tentang kelebihan dan kekurangan buku tersebut. Banyak sekali manfaat yang di dapatkan ketika melakukan resensi buku. Manfaatnya dapat dirasakan oleh si peresensi buku, penulis buku, penerbit buku dan juga masyarat atau lebih spesifik lagi disebut para pembaca. Kita akan membahasnya satu persatu.

1. Manfaat resensi untuk pembaca

Resensi sebagai bahan pertimbangan

Resensi digunakan oleh pembaca untuk mengetahui dan mempertibangkan bacaan atau buku yang akan dibeli. Resensi ditulis oleh peresensi untuk mempertimbangkan isi dan gambaran dari buku tersebut sehingga mempengaruhi pembaca lain untuk menilai kekurangan dan kelebihan karya atau buku tersebut.

2. Manfaat resensi untuk peresensi

A. Eksistensi, Resensi ditulis oleh seorang peresensi tidak jarang merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis. Bahkan dalam situasi khusus resensi merupakan wahana atau media untuk meningkatkan eksitensi peresensi agar dikenal secara luas lewat tulisannya.

Baca :   Pengaruh Hindu Budha Pada Arsitektur Candi Borobudur

B. Ekonomi atau Penghasilan, Peresensi memperoleh royalti atau upah bila tulisannya dimuat di surat kabar atau majalah bahkan penerbitnya sendiri.

C. Keilmuan dan kreativitas menulis, Resensi merupakan langkah awal para peresensi untuk melatih kemampuan menulisnya. Meresensi dilakukan untuk menghafalkan dan memahami dasar, pola, alur, dan tokoh cerita dalam sebuah buku. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan pelajaran atau mempersiapkan ilmu penulis resensi sebagai dasar awal untuk menjadi penulis buku.

3. Manfaat Resensi bagi Penulis buku

A. Resensi merupakan bentuk apresiasi sebuah karya bagi seorang penulis.
B. Resensi membantu memperkenalkan karya dan penulis baru ke masyarakat atau pembaca.
C. Resensi merupakan media promosi bagi seorang penulis.
D. Membantu penulis untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan karya yang ditulis. Sehingga dapat mengembangkan dan memperbaiki pada karya-karya selanjutnya.

Manfaat Resensi atau Mengulas Buku4. Manfaat Resensi bagi penerbit

Resensi merupakan alat untuk promosi bagi penerbit. Dengan adanya resensi membantu penrbit untuk memperkenalkan dan mengiklankan bukunya.

5. Manfaat resensi bagi media masa.

Bagi media masa resensi merupakan bentuk nilai untuk meningkatkan pemasaran. Hal ini sering kita jumpai pada media besar yang mengulas karya-karya para penulis yang sudah memiliki nama.

Tujuan dari Resensi

Tujuan resensi adalah memberikan penilaian dan kritikan terhadap sebuah buku yang diterbitkan.

Mengapa resensi ditulis oleh seorang peresensi?

Buku yang baru saja terbit dan digunakan untuk masyarakat secara umum maka harus melalui penilaian dan kritikan oleh seorang peresensi. Hal ini dilakukan untuk menilai apakah buku tersebut layak untuk digunakan dan dibaca oleh masyarakat umum. Untuk memahami fungsi dan manfaat dari resensi dapat kita lihat pada point manfaat resensi.

Kesimpulan

Resensi merupakan penilaian terhadap suatu karya baik itu berbentuk buku, film, drama dsb. Resensi merupakan cara untuk mempermudah calon pembaca untuk mempertimbangkan isi sebuah buku.

Baca :   Model Pembelajaran Abad 21 Untuk Sd

Resensi sendiri memiliki banya manfaat untuk pembaca, penulis, peresensi, dan penerbit seperti halnya bermain judi di situs http://www.maha168.com/id/ juga memberikan manfaat kepada para pemainnya yaitu sensasi bermain dan mendapatkan uang tambahan. Berdasarkan pemaparan di atas kita dapat menarik garis besar apa saja manfaat dari resensi,

  1. Sebagai bahan pertimbangan bagi seorang pembaca,
  2. Media promosi,
  3. Sebagai penghasilan,
  4. Mengembangkan karya dan kreativitas.


Manfaat Mengulas Buku Bagi Pembaca Diantaranya Adalah

Source: http://onabookbender.com/2019/12/05/manfaat-resensi-atau-mengulas-buku/

Artikel Terkait

Leave a Comment