Makna Hubungan Simbol Dengan Sila Sila Pancasila

Makna Hubungan Simbol Dengan Sila Sila Pancasila

Bola.com, Jakarta –
Pancasila
merupakan dasar negara Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara memiliki arti sebagai dasar untuk mengatur kehidupan di Indonesia.

Perlu diketahui, berdasarkan asal katanya, Pancasila terdiri atas dua suku kata, yaitu ‘panca’ dan ‘sila’. Panca artinya ‘lima’ dan sila artinya ‘dasar’. Jadi, Pancasila adalah lima dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  • Lirik Lagu Satu Rasa Cinta – Icha Kiswara feat. Ageng Music
  • Lirik Lagu Social Solidarity – Nosstress
  • 32 Kata-Kata Sulit Melupakanmu, Pilu dan Menyesakkan

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring,
Pancasila
adalah dasar negara serta falsafah bangsa dan negara Republik Indonesia yang terdiri atas lima sila.

Adapun bunyi kelima sila tersebut yaitu (1) Ketuhanan Yang Maha Esa, (2) Kemanusiaan yang adil dan beradab, (3) Persatuan Indonesia, (4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan (5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sila-sila yang terdapat di Pancasila tersebut memiliki lambang dan maknanya masing-masing. Lambang atau simbol tersebut terdapat di perisai pada dada Garuda Pancasila.

Berikut ini penjelasan tentang makna simbol-simbol sila
Pancasila
yang perlu diketahui, seperti dilansir dari
emodul.kemdikbud.go.id, Senin (29/11/2022).

Lambang Negara dan Simbol Sila Pancasila

Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila. Garuda digunakan sebagai lambang negara untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang kuat dan besar.

Lambang negara Indonesia memiliki warna kuning menunjukkan keagungan. Terdapat perisai di bagian dada Garuda yang melambangkan perjuangan serta perlindungan diri agar bisa mencapai tujuan.

Terdapat garis hitam tebal pada Pancasila yang melambangkan garis khatulistiwa yang melintasi negara merdeka dan berdaulat. Garuda Pancasila memiliki jumlah bulu serta simbol-simbol lainnya yang memiliki makna khusus.

Adapun jumlah bulu yang ada pada lambang Garuda Pancasila, yaitu:

• Sayap: 17 bulu pada masing-masing sayap.

• Ekor: 8 bulu.

• Pangkal ekor: 19 bulu.

• Leher: 45 bulu.

Jumlah keseluruhan bulu tersebut melambangkan tanggal 17 Agustus 1945 yaitu hari bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan sebagai bangsa yang merdeka. Terdapat pita bertuliskan ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Pita tersebut dicengkeram oleh kaki Garuda. Di dalam perisai terdapat simbol-simbol dari sila Pancasila yang memiliki arti yang mendalam.

Lirik Lagu Garuda Pancasila

Lirik Lagu Garuda Pancasila

Ciptaan: Sudharnoto

Garuda Pancasila

Akulah pendukungmu

Patriot proklamasi

Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara

Rakyat adil makmur sentosa

Pribadi bangsaku

Ayo maju maju Ayo maju maju

Ayo maju maju

1. Makna Simbol Bintang dalam Pancasila

Simbol gambar bintang berwarna kuning yang bersudut lima dengan latar belakang warna hitam terletak di bagian tengah perisai dijadikan sebagai dasar Ketuhanan Yang Maha Esa.

Hal ini mengandung maksud bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius, yaitu bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Baca :   Kolase Bunga Matahari Dari Daun Kering

Simbol gambar bintang dijadikan sebagai lambang sila pertama dalam Pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa.

2. Makna Simbol Rantai dalam Pancasila

Gambar rantai dengan latar belakang warna merah dijadikan sebagai dasar Kemanusiaan yang Adil dan beradab. Simbol gambar rantai ini dijadikan sebagai lambang sila kedua dari Pancasila.

Rantai yang berjumlah 17 dan saling sambung menyambung tidak terputus, melambangkan generasi penerus yang turun-temurun.

3. Makna Simbol Pohon Beringin dalam Pancasila

Simbol gambar pohon beringin terletak di bagian atas sebelah kiri gambar bintang dijadikan sebagai dasar Persatuan Indonesia. Simbol gambar pohon beringin ini dijadikan sebagai lambang untuk sila ketiga Pancasila.

Pohon beringin melambangkan sebagai tempat berteduh atau berlindung.  Pohon beringin juga memiliki akar tunggang yang kuat, menggambarkan persatuan bangsa Indonesia.

Sementara, sulur-sulur pada pohon beringin melambangkan suku, keturunan, dan agama yang berbeda-beda di Indonesia. Meski berbeda-beda, tetap bersatu sebagai bangsa Indonesia di bawah lambang Pancasila.

4. Makna Simbol Kepala Banteng dalam Pancasila

Simbol gambar kepala banteng terletak di sebelah atas gambar bintang. Gambar kepala banteng dijadikan sebagai dasar Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.

Kepala banteng diartikan sebagai tenaga rakyat dijadikan sebagai lambang sila keempat Pancasila. Kepala banteng menjadi perumpamaan manusia dalam mengambil keputusan, yakni yang harus dilakukan secara tegas.

5. Makna Simbol Padi dan Kapas dalam Pancasila

Simbol gambar padi dan kapas melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. Simbol gambar padi dan kapas dijadikan sebagai dasar keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Simbol gambar padi dan kapas ini terletak di sebelah kanan bawah dari gambar bintang dan dijadikan sebagai lambang sila kelima Pancasila.

Baca :   Pura Batukaru Di Bali Berada Di Kabupaten

Padi dan kapas melambangkan dua hal yang dibutuhkan manusia demi bisa bertahan hidup. Padi melambangkan ketersediaan makanan, sementara kapas ketersediaan pakaian.

Dengan adanya ketersediaan pangan dan pakaian, manusia akan bisa bertahan dan hidup dengan nyaman.

Sumber:
Kemdikbud

Makna Hubungan Simbol Dengan Sila Sila Pancasila

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4723263/makna-simbol-simbol-sila-dalam-pancasila

Artikel Terkait

Leave a Comment