Maket Rumah Bisa Dibuat Dari Bahan Bahan

Maket Rumah Bisa Dibuat Dari Bahan Bahan

Maket merupakan miniatur konstruksi yang dibuat dalam bentuk tiga dimensiuntuk memudahkan visualisasi hasil rancangan baik berupa rancangan struktur, interior, eksterior, ataupun siteplan.

Selain sebagai media promosi dan pengenalan tentang bangunan, maket juga dapat mengenalkan bentuk geometri sehingga cocok juga untuk media pembelajaran di sekolah baik materi geografi atau mata pelajaran lainnya.

Maket konstruksi sebuah bangunan mempunyai fungsi yang cukup banyak. Developer perumahan mambuat maket ini untuk dijadikan sebagai media promisi yang efektif. Dengan maket, pihak marketing dapat memberikan keterangan dan presentasi pada konsumen yang ingin membeli rumah tersebut. Berikut ini adalah fungsi maket:

Jenis-jenis Maket

Maket detail kamar apartemen

Maket mempunyai banyak jenis. Secara umum maket dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu:

  1. Maket blok programme, yaitu maket yang berfungsi seperti desain layout site programme di mana hanya menampilkan blok-blok (kotak-kotak) dari suatu bangunan saja. Biasanya pihak programmer memilih untuk menyediakan maket blok plan kepada konsumen dikarenakan lahannya yang luas dan terdapat banyak bangunan.
  2. Maket biasa, yaitu maket yang dibuat hanya sesuai dengan bentuk suatu bangunan yang ada. Misalnya maket suatu kawasan perumahan.
  3. Maket detail, yaitu maket yang dibuat secara detail yang menampilkan keadaan bangunan baik interior maupun eksteriornya. Untuk memudahkan konsumen melihat sisi interiornya, pihak programmer biasanya membuat maket ini dari bahan-bahan yang tembus pandang.
  4. Maket biasa dan detail, yaitu maket yang memadukan dua jenis maket sekaligus antara maket biasa dan particular. Misalnya maket yang menampilkan bangunan dengan berbagai tipe.

Bahan Pembuatan Maket

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan maket adalah sebagai berikut:

ane. Kayu balsa strip (Rp 10.000,00)

Deskripsi Kayu Balsa strip 10mm x 60cm 1pcs bahan maket

  • Balsa strip tebal 10mm / 1cm
  • Lebar 5cm
  • Panjang 60cm

Kayu balsa juga dikenal dengan sebutan kayu gabus karena bahannya yang empuk. Cukup menggunakan cutter, kayu balsa tersebut bisa dipotong untuk dijadikan elemen tiga dimensi suatu maket.

Baca :   Menggambar Ragam Hias Disebut Juga Menggambar

2.Serbuk Rumput Halus (Rp sixty.000)

Serbuk rumput halus ini merupakan rumput buatan yang berasal dari sisa-sisa penggergajian kayu. Terdapat banyak variasi warna yang bisa dipilih, seperti biru, light green, hijau, abu-abu, dan sebagainya.

Serbuk rumput ini perbotolnya memiliki berat bersih 45 gram. Satu botolnya dapat digunakan kurang lebih 1m persegi

Rumput buatan ini cukup menyerupai aslinya sehingga cocok dipakai kerajinan maket dan alat kesenian lainnya

Cara penggunannya, kamu cukup menaburkannya pada media media yang sebelumnya sudah diolesi lem.

3.Rumput Lembaran / Rumput Sintetis (Rp 16.000)

Rumput buatan atau sintesis ini cocok dipakai untuk kerajinan maket dan alat kesenian lainnya Varian warna yang disediakan dijamin akan mempercantik maket yang kamu buat.

Adapun ukurannya yaitu xx cm x 27.v cm.

iv. Mini Block one:20 Lantai dan Dinding (Rp x.000)

Alas lantai mini block ini berbentuk lembaran dan terbuat dari fine art paper. Sangat menyerupai aslinya, lantai keramik dan dinding.

Ukuran dari mini block ini adalah 21 cm x xxx cm dengan tebal kertas 210 gsm.

five. Miniatur Pohon (Rp ten.000)

Miniatur pohon dibutuhkan untuk pembuatan maket miniatur bangunan tersebut agar tampak lebih sempurna dari gambaran realitasnya. Biasanya tinggi miniatur pohon yang digunakan berkisar half-dozen.5cm sampai ada yang 15cm sesuai kebutuhan.

six.Kertas Beermat A2, one.5mm (Rp 22.000)

Untu membuat dinding maket miniatur bangunan dapat dipilih kertas beermat. Bahan ini berasal dari karton bubur kertas yang memiliki kapasitas penyerapan yang sangat tinggi pada kedua sisinya. Kertas beermat ini sangat cocok dipakai sebagai dinding maket.

Ukuran di pasaran yang tersedia adalah 59.four cm x 42 cm.

7.PVC Board twoscore x sixty cm Papan 10mm (Rp 60.000)

PVC Foam Board bisa menjadi alternatif pilihan pengganti triplek, beermat, dan karton board. Bahan ini bisa dicat sehingga kamu bisa mengkreasikan warna yang kamu inginkan untuk ditampilkan sebagai gambaran realitis bangunan.

Baca :   Contoh Tumbuhan Yang Berkembang Biak Dengan Tunas Adventif Adalah

Keunggulan lain dari PVC foam board adalah anti air dan anti rayap. Sehingga penggunaan bahan ini akan membuat maket lebih awet dan tidak mudah rusak.

8. Miniatur daun kering (Rp twenty.000,00)

Fungsi dari miniatur daun kering ini adalah untuk memberikan efek diorama/scene. Ukuran miniatur daun kering ini adalah sekitar 2-3mm dengan berat per botolnya 5gram.

9. Miniatur figure (Rp 10.000/pcs)

Selain miniatur daun kering, terdapat juga miniatur figure untuk memberikan kesan maket agar tampak lebih hidup. Banyak varian karakter yang bisa dipilih, mulai dari orang kantoran, ibu-ibu belanja, anak sekolah, dan lain sebagainya. Tinggi figure yang bagus untuk pembuatan maket sekitar 3,3 sampai 6 cm.

Cara Membuat Maket

Maket Apartemen

Pertama yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan adalahpembuatan lanskap. Lanskap dalam pembuatan maket terdiri dari dua bentuk, yaitu lanskap yang berkontur (menonjol) dan lanskap yang tidak berkontur (datar).

Maket dibuat semirip mungkin dengan realitas bangunan dan lingkungan atau keadaan alam pada proyek tersebut. Apabilaproyek berada di puncak atau lembah, maket yang dibuat akan cenderung berkontur sehingga dalam pembuatannya dibutuhkan banyak karton dan lem.

Berikut ini adalah cara selengkapnya dalam pembuatan maket yang sebenarnya tidak begitu sulit:

1. Desain bangunan

Cara membuat maket yang pertama adalah mendesain bangunan yang akan dijadikan maket.

Sebagai pemula, sebaiknya gunakan desain bangunan yang simple bentuk dan ornamen arsitekturnya sehingga pembuatan maket tidak terlalu rumit.

2. Siapkan alat dan bahan

Sebagai kerajinan tangan, pembuatan maket harus dilengkapi dengan alat dan bahan.Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan seperti pada sub penjelasan tenteng “bahan pembuatan maket” di atas. Kamu dapat menemukan bahan-bahan tersebut baik di pertokoan dekat rumah mu ataupun belanja secara online.

3. Gambar Denah Bangunan

Langkah selanjutnya untuk membuat maket adalah menggambar denah rumah di PVC board atau karton lath. Terserah mau memakai salah satunya atau keduanya.

Untuk membuat ukuran skalanya, kamu bisa menggunakan penggaris agar lebih akurat. Setiap detail ruangan bagian bangunan harus dihitung secara teliti agar tidak terjadi kesalahan pengukuran sehingga nantinya antara denah dengan elemen tiga dimensi mempunyai ukuran yang tepat. Perhatikan betul pembagian ruang, jarak antar bangunan,dan tinggi bangunan.

Baca :   Jelaskan Fungsi Tema Dalam Pertunjukan Musik

4. Buat elemen tiga dimensi

Elemen tiga dimensi dari sebuah maket terdiri dari dinding, jendela, dan elemen sebuah bangunan yang lainnya. Masih dengan bahan yang sama, kamu bisa menggunakan kertas beermat, karton lath, PVC board, atau kayu gabus untuk membuat elemen tiga dimensi tersebut.

Jangan lupa ukur menggunakan penggaris dan samakan ukurannya sesuai denah yang kamu buat di step sebelumnya.

Apabila terdapat bagian yang perlu dilubangi, berikan tanda menggunakan pensil untuk kemudian dihilangkan dengan menggunakan cutter.

Selanjutnya, kamu bisa melapisi elemen tiga dimensi tersebut dengan cat pelapis.

6. Tempel Maket

Tahap selanjutnya adalah menempel elemen tiga dimensi pada gambar denah yang sudah dibuat pada langkah ketiga.

Untuk menempelkannya bisa menggunakan double tape ataupun lem cair sehingga elemen-elemen tiga dimensi tersebut dapat berdiri tegak pada PVC board atau karton board.

Lakukan tahapan ini sampai semua elemen arsitektur bangunan tiga dimensi tersebut tersusun menjadi sebuah rancangan miniatur yang indah.

seven. Tutup Maket dengan Kaca

Untuk menghindari kerusakan dan supaya lebih awet, sebaiknya maket bangunan dimasukan ke dalam kotak kaca. Sehingga ketika ada pameran ataupun pengunjung/konsumen yang ingin mendapatkan penjelasan, mereka cukup menunjuk saja bagian-bagian bangunan, tanpa harus memegang atau merabanya.

Itulah ulasan mengenai apa itu maket, fungsi dan cara membuatnya. Maket yang baik tidak hanya menampilkan gambaran bentuk bangunan dan interiornya saja, akan tetapi juga dilengkapi dengan kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya. Misalnya ditambahkan miniatur figuran, pohon, dan lokasi tata letak jalannya. Dengan begitu, calon konsumen bisa mendapat bayangan kondisi lingkungan yang akan menjadi tempat tinggalnya.

Maket Rumah Bisa Dibuat Dari Bahan Bahan

Source: https://lovelyristin.com/maket-rumah-miniatur-bisa-dibuat-dari-bahan-bahan

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …