Laporan Penelitian Dapat Disusun Dengan Urutan Yang Benar Yaitu

Laporan Penelitian Dapat Disusun Dengan Urutan Yang Benar Yaitu

Manusia senantiasa memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap satu atau beberapa gejala yang ada di masyarakat. Untuk mengungkapkan kebenaran mengenai fakta-fakta yang terjadi dan mencari solusi atas masalah yang ada, maka dilakukanlah sebuah penelitian. Penelitian ini nantinya akan dibuat dalam bentuk laporan.

Penelitian merupakan kegiatan ilmiah yang didasarkan kepada suatu analisis secara sistematis, metodologis, dan juga konsisten. Namun, tahap paling penting dalam proses pelaksanaan penelitian adalah tahap menulis laporan penelitian. Laporan penelitian adalah dokumen tertulis yang berisi himpunan perolehan data, pengolahan, serta analisis data, hingga kesimpulan terhadap pembuktian hipotesis yang disusun secara sistematis.

Laporan yang sistematis akan mampu mengomunikasikan hasil penelitian kepada publik sebagai suatu kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan. Secara umum, laporan penelitian terdiri atas tiga bagian besar yaitu pendahuluan, isi, dan  penutup.

Pendahuluan

Bagian ini terdiri dari halaman judul, abstrak, kata pengantar dan daftar isi. Berikut penjelasan mengenai keempat sub bagian dalam pendahuluan ini.

  • Halaman Judul

Bagian ini dicantumkan judul penelitian, nama penyusun, nama lembaga, nama tempat, dan tahun penyusunan laporan. Judul yang baik harus menggambarkan keseluruhan isi laporan atau inti dari suatu laporan.

  • Abstrak

Ini merupakan rangkuman dari isi laporan penelitian dalam format yang sangat singkat. Abstrak seperti synopsis, karena dengan membaca abstrak maka pembaca sudah dapat memahami apa yang disajikan dalam sebuah laporan penelitian.

  • Kata Pengantar

Bagian ini berisi ucapan syukur dan terima kasih dari peneliti atas selesainya proses penelitian.

  • Daftar Isi

Ini merupakan bagian dari laporan yang menunjukan garis besar judul dan subjudul laporan yang memberi gambaran dan petunjuk tentang topik apa saja yang dilaporkan.

Baca :   Asam Piruvat Merupakan Produk Dari Metabolisme

Isi

Bagian isi merupakan inti dari laporan penelitian. Pada bagian ini, diuraikan segala hal yang berkaitan dengan proses penelitian dan hasilnya. Bagian isi terdiri atas bab-bab berikut ini :

  • Pendahuluan

Pada bagian ini peneliti mengantarkan pembaca untuk dapat menjawab pertanyaan apa yang diteliti, untuk apa, dan mengapa penelitian dilakukan. Pada bab ini, ditampilkan perumusan masalah, ruang lingkup, serta kegunaan teoritis dan praktis dari laporan penelitian.

(Baca juga: Teknik Pengumpulan dan Pengolahan Data Penelitian Geografi)

  • Kerangka Teori

Bagian ini berisi uraian tentang penelaahan teori dan hasil penelitian terdahulu yang terkait. Peneliti dapat membandingkan, mengkontraskan, atau meletakan kedudukan masing-masing dalam masalah yang sedang diteliti untuk kemudian menyatakan pendirian peneliti yang disertai dengan alasan-alasannya.

  • Metode Penelitian

Ini adalah bagian yang menjelaskan tentang apa yang dilakukan peneliti dan cara bagaimana penelitian dilakukan. Biasanya bagian ini menjelaskan aspek yang terlibat langsung dalam penelitian seperti subjek (populasi, sampel, dan teknik sampling), desain dan pendekatan ilmiah, serta teknik pengumpulan data.

  • Pelaksanaan Penelitian

Bagian ini peneliti menguraikan proses pelaksanaan penelitian yang meliputi pengolahan dan analisis data, validasi instrument penelitian, proses pengumpulan dan penyajian data, analisis data, serta hasil analisis.

  • Hasil Penelitian dan Pembahasan

Di bagian ini dipaparkan seluruh hasil penelitian, pembahasan, dan diskusi yang telah dilakukan.

  • Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan berisi ulasan singkat tentang permasalahan yang dipertanyakan sekaligus dengan jawabannya yang merupakan hasil penelitian yang dibuat singkat, padat, dan jelas. Saran yang ditujukan peneliti kepada calon peneliti selanjutnya tentang bagian yang belum disentuh, sehingga diharapkan bisa menyempurnakan penelitian yang telah dibuat.

Penutup

Pada bagian penutup, kita akan diajak berkenalan dengan beberapa sub bagian seperti lampiran, indeks dan daftar pustaka. Apa yang membedakan?

  • Lampiran
Baca :   Kerudung Cream Cocok Dengan Baju Warna Apa

Ini adalah bagian yang berisi keterangan tambahan yang berkaitan dengan isi laporan penelitian seperti dokumen khusus, instrument pengumpul data, ringkasan hasil pengolahan data, tabel peta atau gambar.

  • Indeks

Bagian ini berisi urutan kata-kata, istilah, atau nama penting yang terdapat dalam laporan penelitian.

  • Daftar Pustaka

Bagian ini berisi semua sumber atau rujukan baik uku maupun media elektronik, yang digunakan sebagai penunjang dalam penulisan dan pelaksanaan penelitian.

Please follow and like us:

Laporan Penelitian Dapat Disusun Dengan Urutan Yang Benar Yaitu

Source: https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/menyusun-laporan-penelitian-11154/

Artikel Terkait

Leave a Comment