Komponen Pembangun Sistem Rangka Sapi Adalah

Komponen Pembangun Sistem Rangka Sapi Adalah

Tulang kerangka adalah suatu tulang keras yang berfungsi untuk menunjang dan menjaga bagian lunak dari sebuah tubuh yang didalamnya terdapat tulang rawan dan terdapatligament atau jaringan yang mengikat beberapa bagian tulang dan sambungan tulang. Jumlah tulang pada ternak bergantung pada jenis hewannya. Tulang kerangka terdiri dari tiga macam tulang yaitu tulang kerangkaaksiale, tulang kerangkaappendikulare dan tulangsplanchnic (Soeharsono, 2010).


Sistem kerangka pada sapi perah itu memiliki bentuk yang bervariasi. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor umur, jenis kelamin, bangsa, dan jenis hewan tersebut. Ada beberapa fungsi dari kerangka diantaranya adalah sebagai proteksi atau perlindungan terhadap organ-organ yang ada di dalam, kemudian sebagai deposisi atau penempatan, dan cadangan mineral, selain itu memberi kekerasan pada bentuk tubuh, memberikan fasilitas tempat untuk pembentukan darah, dan sebagai tempat perlekatan otot dan daging. Secara struktural sistem kerangka ini dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu kerangka

aksiale

 dan kerangka

appendikulare

. Kerangka

aksiale


ini menyusun semua tulang yang ada di tubuh, kecuali tulang anggota gerak atauextremitas. Kerangka

aksiale

 adalahCranium, Columna vertebralis, Sternum, dan Costa,

sedangkan kerangkaappendikulare adalah kerangka yang menyusun tulang anggota gerak
(Mukhtar, 2006).

Tulang juga berfungsi sebagai rangka tubuh (skeleton) yang memperkuat dan memantapkan bentuk tubuh serta melindungi organ-organ dalam yang lunak padavertebrata. Padainvertebrate,skeleton tidak berupa tulang, tetapi berupa substrat (cairan) yang akan bergerak ketika menahan tarikan otot. Sistemskeleton/rangka pada hewan dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu rangkahidrostatik, rangka luar dan rangka dalam (Isnaeni, 2006).


B.



Hasil dan Pembahasan




1.



Hasil



Gambar 1. Sistem Kerangka pada Sapi


Keterangan :


a.


Cranium

                      k.Humerus               u.Sendi lutut



b.


Cavum nasale

             l.Radius dan ulna    v.Patela


c.


Mandibula

                   m.Karpus                  w.Tibia dan fibula



d.


Vertebre servikalis

       n.Metakarpus           x.Sendi tumit



Baca :   Pp No 13 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan

e.


Vertebre torakalis

        o.Digiti                     y.Tarsus



f.


Vertebre lumbalis

        p.Sternum                 z.Metatarsus



g.


Vertebre sakralis

         q.Kosta                     aa.Sendi ruas jari



h.


Vertebre kaudalis

        r.Os. Kokse              bb.Digiti



i.


Kolumna vertebralis

    s.Sendi pinggul        .


j.


Skapula

t.Femur



Sumber: Laporan Sementara


TabelPerbandingan Tulang Ekstremitas Pektoralis dan Pelvikalis




Ekstremitas pektoralis




Ekstremitas pelvikalis




Lingkaran pektoral




Lingkaran pekvikal




humerus




Femur




radius




Patela




ulna




Tibia




karpus




Fibula




metakarpus




Tarsus




Digiti




Metatarsus




Digiti



Sumber : Laporan Semetara



2.



Pembahasan



Sistem kerangka terdiri dari unit kelompok tulang yang merupakan struktur hidup. Sistem kerangka sapi mempunyai bentuk dan ukuran yang tergantung dari jenis kelamin, jenis hewan, bangsa, dan umur hewan tersebut. Kerangka mempunyai fungsi proteksi terhadap organ-organ dalam, deposisi dan cadangan mineral, memberi kekerasan, dan bentuk tubuh, sebagai tempat pembentukan sel-sel darah, dan sebagai tempat perlekatan otot.

Secara struktural sistem kerangka pada sapi dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kerangka aksiale danappendikulare.
Kerangkaaksiale adalah kerangka yang menyusun atau melekat pada sumbu utama pada tubuh hewan. Kerangkaaksialeterdiri atas 4 bagian, yaitu :


a.


Cranium




Cranium

 adalah tulang yang membentuk kerangka dasar kepala dan merupakan anggota tubuh hewan terdepan, tersusun atas banyak tulang dan berhubungan ke belakang dengancolumna vertebralis. Tulang ini mempunyai fungsi untuk melindungi otak/encephalon, penyokong alat-alat indera, pembentukan dan perlekatankornu/ tanduk, dan pembentukan awaltractus digestivus dantractus respiratorius.



b.


Columna vertebralis




Columna vertebralis

 merupakan sederetan tulang di median tubuh di belakangcranium sampai kecauda/ekor.
 Deretan tersebut dinamakanvertebre,terdiri atas 7 buahvertebre servikalis di daerah leher, 12/13 buahvertebre torakalisdi daerah dada, 6 buahvertebre  lumbalis di daerah pingggang, 5 buahvertebre sakralis di daerah selangka, dan 18-20 buahvertebre kaudalis di daerah ekor.


Baca :   Hitungan Gerakan Tari Dapat Disesuaikan Dengan

c.


Sternum




Sternum

 merupakan tulang dada yang terdapat dipangkal otak dan merupakan tempat pelekatankartilagokartalis,kontravera merupakanarigo muskulus pektoralis. Bagiankranial sternum disebutmanubrium. Bagian tengah disebuttrunkus body dan bagiankaudal disebutprosessus sifoideus.

Sternum

 terdiri atas segmen-segmen yang disebutsternebrae yang pada usia lanjut akan berfusi menjadi satu. Jumlahsternum pada sapi ada 7 buah.


d.


Costa




Costa

 membentuk dinding lateral tulang dada. Biasanya jumlah pasangan-pasangankosta sama dengan jumlahvertebra torakalis. Jarang ditemukankostaatau pasangankosta yang terletak di sebelah dalamkranial atau kaudal vertebra torakalis.Costa terdiri atas batang lengkungan yaitupasternalis yang terletak dibagianventral danpars vetebralis dibagiandorsal. Terdapat tiga macamcostapada sapi yaitucosta steralis,costa spuria, dancosta fluktuantes.

Sementara itu, kerangkaappendikulare adalah anggota gerak pada sapi sepasang terletak di bagian depan (extremitas pectoralis) dan sepasangnya lagi terletak di bagian belakang (extremitas pelvicalis).




A.



Ekstremitas


Pectoralis



1)


Skapula




adalah
tulang belikat pada semua hewan agak pipih dan merupakan tulangtriagilaris.Pars distalis membentuk persendian denganhumerus(tulang lengan yang dikenal sebagaiventral angle dan membentuk persendian yang sebenarnya antaraskapula dan tulang yang lain pada hewan domestik). Permukaanventral scapula mempunyai peninggian yang disebutspina yang memanjang dari bagianventral kebagiandorsal.

2)


Humerus

 adalah
tulang panjang yang mempunyai struktur halus yang bervariasi pada suatu hewan. Ujungproksimal dengan sisiventral skapulamembentuk persendian bahu. Tonjolan yang dibentuk oleh ujunghumerus di sebut titik atau kedudukan bahu. Ujungproksimal atashumerus mempunyai banyak tonjolan yang bentuknya tidak teratur.

3)


Radius

tulang panjang yang terletak di sisi media lengan bawah yang langsung diraba dibawah kulit
.


4)


Ulna

 mempunyai tingkat perkembangan yang bervariasi tergantung pada spesies hewan.Prosesus olehkranon terdapat pada semua hewan menonjol diatas dan dibawah persendian kakuprosesus tersebut membentuk sebuah pengungkit untuk pelekatan otot yang berfungsi untuk meluruskan siku.

Baca :   Mengapa Tempat Pemeliharaan Harus Dijaga Agar Tetap Kering

5)


Carpus




merupakan tulang yang terdiri atas dua deretan tulang-tulang kecil.


6)


Metacarpus

 merupakan daerah di sebelahdistal karpus, dan merupakan hasil fusi tulang-tulangmetakarpus yang ketiga dan keempat.


7)


Digiti




sapi hanya ada 2 buah yaitu jari ketiga dan keempat. Jari kedua dan kelima hanya merupakan bangunan seperti cakar yang terdapat disebelah belakang tumit.



B.



Ekstremitas


Pelvicalis



1)


Os. coxae

 merupakan tulang hasil fusi dari tiga tulang yang menyusunlingkar pelvicalis (gelang pinggul) yaitu tulang-tulangilium, ischium, dan pubis. Ketiga tulang tersebut juga bergabung melaluiasetabelum pada persendiaan pinggul.

2)


Femur

 merupakan tulang yang berpangkal pada persendian pinggul, ujung proksimalnya berbentuk bulat yang bersendi denganasetabelum padaos. coxae. Padafemur terdapat beberapa tonjolan (trokanter) yang berguna untuk untuk perlekatan otot-otot paha dan pinggul yang kuat. Bagian utamafemur pada penampang melintang berbentuksirkuler (bulat) dan panjang.

3)


Patella

 merupakan tempat persendianfemur melalui sebuahtroklea.

4)



Tibia

 danfibula adalah tulang-tulang yang setara denganradius danulnapadaekstremitas anterior.Tibia merupakan tulang yang besar dan terletak disebelahmedial, sedangkanfibula merupakan tulang yang kecil dengan ujungproksimal yang tinggal sisanya saja dan terletak di sisilateral dari kaki.

5)


Tarsus

 di susun oleh tulang-tulang kecil, seperti halnyakarpus padaekstremitas anterior. Deretanproksimal tulang-tulangtarsus terdiri atas dua tulang yang besar, yaitu tulangtibiotarsus dan tulangfibulotarsus yang bersendi denganfibula.

6)



Metatarsus

 dandigiti padaekstremitas posterior sifatnya sama denganmetakarpus dandigiti padaekstremitas anterior.


DAFTAR  PUSTAKA



Isnaeni, Wiwi. 2006.Fisiologi Hewan.Kanisius. Yogyakarta.

Mukthar, Ashry. 2006.Ilmu Produksi Ternak Perah. UNS Press. Surakarta.

Soeharsono. 2010.Fisiologi Ternak.Widya Padjajaran. Bandung.

Komponen Pembangun Sistem Rangka Sapi Adalah

Source: https://www.ilmuternak.com/2014/11/systema-skeleton-kerangka-pada-sapi.html

Artikel Terkait

Leave a Comment