Keunggulan Yang Dimiliki Negara Indonesia Adalah Segi

Keunggulan Yang Dimiliki Negara Indonesia Adalah Segi

Keunggulan bangsa Indonesia ditinjau dari berbagai bidang kehidupan. Mulai dari segi ideologi, politik, ekonomi, dll.

Dengan mencermati dan melihat  letak geografis dan kondisi di Indonesia, sudah barang tentu kita sebagai warga negara Indonesia mempunyai kebanggaan tersendiri.

Dalam artian merasa gagah dan berbesar hati karena menjadi warga negara yang memiliki berbagai kelebihan atau keunggulan dari bangsa lain. Bangsa Indonesia mempunyai berbagai keunggulan atau kelebihan dari negara lain.

Keunggulan Bangsa Indonesia

Gambar via : kompasiana.com

Keunggulan-keunggulan yang dimiliki bangsa Indonesia, di antaranya adalah berikut ini.

20 keunggulan bangsa Indonesia di berbagai bidang kehidupan

1. Jumlah dan potensi penduduknya yang cukup besar

Jumlah penduduk di Indonesia menempati urutan keempat di dunia setelah RRC, India, dan Amerika Serikat. Besarnya jumlah penduduk di Indonesia merupakan potensi dalam upaya untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan, termasuk sebagai modal dasar dalam melaksanakan pembangunan yang bertujuan untuk menyejahterakan bangsa.

2. Memiliki keanekaragaman

Keanekaragaman di berbagai aspek kehidupan sosial budaya, seperti adat istiadat, bahasa, agama, kesenian dan sebagainya. Keanekaragaman di Indonesia bukan berdampak bercerai-berai, melainkan sebagai potensi untuk mengembangkan dirinya menjadi bangsa yang besar.

Adanya semangat persatuan dan kesatuan juga menjadi penyebabnya. Sehingga sekalipun terdapat perbedaan, bukan perbedaan yang ditonjolkan, tetapi justru persamaannya.

3. Wawasan nusantara

Pengembangan wilayah di Indonesia tak terlepas oleh adanya konsep wawasan nusantara. Dengan adanya wawasan nusantara, sekalipun terdapat berbagai keanekaragaman namun prinsipnya kita tetap satu pandangan, yaitu yang memandang bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan Hankam.



4. Semangat Sumpah Pemuda

Semangat sumpah pemuda selalu berkobar dan merasuki kalbu dan jiwa bangsa Indonesia. Dengan menunjukkan bahwa kita sama-sama memahami satu tanah air yang sama, yaitu Indonesia, satu bangsa Indonesia, dan satu bahasa, yaitu bahasa Indonesia serta memiliki sejarah yang sama, yaitu sejarah Indonesia.

Baca :   Keuntungan Fisik Yang Didapat Dari Senam Aerobik

Dengan begitu, dalam pergaulannya yang ditonjolkan atas nama bangsa Indonesianya, bukan dari mana asal daerahnya, golongan, suku, ras, maupun kepercayaan.

5. Mempunyai ideologi pancasila

Adanya ideologi pancasila menjadi pembeda dari bangsa lain. Di dalam ideologi pancasila selalu termuat seluruh aspek kehidupan dalam berbangsa dan bernegara secara lengkap dan menyeluruh.

6. Hubungan pemerintah ousat dan pemerintah daerah yang harmonis

Dengan adanya sistem desentralisasi, membuat pemerintah daerah memiliki tugas dan kewenangan dalam mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Dengan adanya kewenangan tersebut, akan memeratakan hasil pembangunan di Indonesia.

Meskipun demikian, pemerintah daerah tetap berorientasi terhadap pemerintah pusat. Sehingga dengan adanya sistem pembagian kekuasaan, hubungan pemerintah pusat dan daerah menjadi harmonis.

7. Memiliki tata krama atau keramahtamahan

Indonesia memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain, sejak dahulu bangsa Indonesia sangat terkenal akan keramahan dan kesopanannya sehingga sangat menarik bangsa-bangsa lain di dunia untuk datang ke Indonesia.

Meskipun demikian, di masa pra dan pasca reformasi, kesopanan dan keramahan bangsa Indonesia agak tercemar oleh ulah segelintir manusia yang tidak bertanggung jawab, terutama yang membuat kerusakan, kerusuhan dan hal-hal lain yang membuat bangsa lain takut datang ke Indonesia.

8. Letak wilayahnya yang strategis

Dikatakan strategis karena letak Indonesia berada di posisi silang dunia. Hal ini membuat negara Indonesia menjadi wilayah yang amat ramai dan mudah untuk dikunjungi dan disinggahi oleh bangsa-bangsa lain.

9. Keindahan alam Indonesia

Keindahan alam Indonesia tidak disangsikan lagi, seperti di pantai-pantai Bali (Pantai Kuta, Pantai Sanur dan sebagainya), NTB, Sumatera (Danau Toba), Jawa Barat (Pantai Pangandaraan, Pantai Carita, Gunung Tangkuban Perahu). Adanya persebaran flora dan faunanya yang beraneka ragam membuat bangsa Indonesia juga sering dikunjungi oleh bangsa lain.

10. Situs keajaiban dunia

Salah satu keajaiban dunia juga ada di Indonesia, yaitu berupa Candi Borobudur yang tidak sedikit menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia.

11. Luasnya wilayah Indonesia




Wilayahnya Indonesia yang sangat luas, terdiri dari :

  • Luas keseluruhan : 5.193.250 Km
  • Luas daratan : 2.027,087 Km
  • Luas perairan : 3.166.163 Km

12. Tanahnya amat subur dan kaya akan sumber alam

Baca :   Game Dalam Satu Set Permainan Bulu Tangkis Apabila Mencapai Angka

Sebagai salah satu negara yang memiliki banyak gunung berapi. Membuat tanah di Indonesia menjadi subur. Hal ini disebabkan karena adanya aktivitas vulkanisme yang akan menghasilkan lapisan tanah baru dari abu letusan gunung berapi.

13. Matahari dapat bersinar sepanjang waktu




Letak wilayah Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa, membuat matahari selalu bersinar setiap hari. Dengan adanya sinar matahari bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga surya atau dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas penduduknya.



14. Penduduk Indonesia yang  religius

Dengan menganut 5 kepercayaan atau agama besar di dunia, yaitu islam, kristen, katolik, hindu, buddha, membuat bangsa Indonesia memiliki budi pekerti luhur yang baik. Selain itu, dengan adanya agama apapun akan selalu diajarkan perdamaian. Dengan demikian, para warga negaranya akan selalu bersatu di tengah perbedaan.

15. Adanya toleransi yang tinggi antar golongan

Adanya tekad yang dikemukakan oleh para pemuka agama dalam Seminar dan Lokakarya Rekonsiliasi Indonesia yang diselenggarakan tanggal 16-19 November 2000 di Jakarta.

Tekad tersebut menyatakan bahwa para pemuka agama, ulama dan rohaniawan mempertegas kembali komitmennya terhadap wawasan kebangsaan untuk hidup bersama tanpa membedakan identitas etnik, agama dan kebuayaan lokal.

16. Kreativitas seniman terhadap keindahan alam Indonesia

Kreativitas para seniman juga menjadi bukti rasa cinta dan bangga terhadap wilayah tanah air. Salah satu buktinya yaitu para seniman yang merefleksikannya rasa cintanya dalam bentuk syair ataupun lagu. Kita masih ingat ada lagu “Rayuan Pulau Kelapa” yang dikarang Ismail Marzuki.

Ada juga beberapa lagu yang dengan judul “Nusantara” dan “Kolam Susu” karya Koes Plus yang menggambarkan betapa indah dan suburnya keadaan alam Indonesia.

Selain beberapa keunggulan atau kelebihan hal di atas. Secara internasional atau mendunia, bangsa Indonesia juga sudah beberapa kali dipercaya oleh bangsa lain untuk menyelenggarakan pertemuan yang bersifat internasional yang juga tidak sedikit melahirkan sejarah bagi bangsa-bangsa lain. Diantaranya yaitu :

17. Tuan rumah KAA

Konferensi Asia Afrika terjadi tahun 1955, di mana bangsa Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah dalam menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika yang dampaknya sangat luas bagi bangsa-bangsa di wilayah Asia-Afrika dalam upaya memerdekakan diri dari belenggu penjajah, terutama yang masih belum merdeka saat itu.

Baca :   Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Yang Diakui Unesco

18. Tuan rumah GNB

Kita juga pernah dipercaya menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Non Blok pada tahun 1991, dan kita juga termasuk perintis dan pendiri Gerakan Non Blok tersebut.



19. Mempunyai pabrik pesawat terbang

Selain itu kita juga mempunyai pabrik pesawat terbang Nusantara (IPTN) yang telah menghasilkan pesawat-pesawat yang bisa dibanggakan karena kualitasnya diakui oleh dunia sehingga tidak sedikit negara-negara lain memesan pesawat buatan IPTN tersebut walaupun saat ini kondisinya sedang memprihatinkan sebagai akibat dari krisis multidimensi yang berkepanjangan.



20. Memiliki atlet kelas dunia

Dalam dunia olahraga, bangsa Indonesia mempunyai atlet-atlet kelas dunia, terutama dalam cabang Bulu Tangkis, kita kenal nama-nama Mulyadi, Rudi Hartono, Cuncun, Johan Wahyudi, Christian Hadinata, lie Sumirat, Minarni, Retno, Verawaty, Ivana, Liem Swie King, Icuk Sugiarto, Alan Budikusuma, Susi Susanti, Ricky Subagja/Rexy Mainaky, Toni Gunawan/Chandra Wijaya, Taufik Hidayat. Di era sekarang ada Kevin-Marcus.

Begitu juga melalui cabang panahan, kita pernah berjaya di Olimpiade Seoul, serta di cabang Tinju kita pernah punya nama Ellyas Pical dan baru-baru ini kita juga menjadi juara dunia invitasi bridge dunia.

21. Sebagai pemrakarsa dan tempat sekretariat ASEAN

Indonesia dengan wakil Adam Malik menjadi salah satu negara pendiri ASEAN di Bangkok, Thailand pada 8 Agustus 1967.

Selain itu, Indonesia juga ditunjuk menjadi tempat sekretariat ASEAN dan sebagai tempat konferensi tingkat tinggi di beberapa tahun terakhir.

Sebenarnya masih banyak lagi keunggulan Indonesia dalam dunia internasional, misalnya sebagai Dewan Keamanan PBB, dan lain sebagainya

Itulah beberapa keunggulan bangsa Indonesia

Semoga dengan adanya uraian di atas kita akan merasa bangga sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Rasa bangga menjadi bagian dari Indonesia bukan hanya sekadar menjadi retorika belaka, tetapi harus dibuktikan dengan karya-karya nyata, baik dalam bentuk partisipasi dalam pembangunan ataupun dalam bentuk karya-karya yang dihasilkannya.

Sekian dan terima kasih.

Keunggulan Yang Dimiliki Negara Indonesia Adalah Segi

Source: https://www.bangmaul.com/2020/04/keunggulan-bangsa-indonesia.html

Artikel Terkait

Leave a Comment