Kepada Orang Tua Dan Guru Haruslah

Kepada Orang Tua Dan Guru Haruslah

Foto oleh Alena Darmel dari Pexels

Orang tua dan guru adalah orang-orang yang sangat berjasa dalam kehidupan kita, Sobat Pintar. Orang tua adalah orang yang melahirkan, merawat, dan mendidik kita sejak bayi hingga dewasa dengan penuh kasih sayang. Sedangkan guru adalah orang yang telah mendidik dan mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat sehingga menjadi bekal bagi kita untuk menggapai cita-cita. Itulah alasan mengapa kita harus menghormati orang tua dan guru.

Anjuran untuk menghormati orang tua dan guru juga disampaikan dari sudut pandang agama karena sikap ini merupakan sikap baik yang wajib diterapkan oleh setiap anak.

Alasan Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua dan Guru

Ada banyak cara menghormati orang tua dan guru. Memuliakan orang tua dan memuliakan guru tidak harus dengan cara-cara yang luar biasa atau selalu menunjukkan rasa takut. Menghormati orang tua dan guru juga bisa dilakukan dengan tindakan sederhana. Sebelum membahas cara kita menghormati seorang guru dan juga orang tua, berikut ini adalah alasan mengapa kita harus senantiasa menghormati dan menghargai orang tua dan guru:

Baca :   Berikut Ini Yang Bukan Dampak Pemanasan Global Terhadap Ekosistem Adalah

1. Anjuran Agama

Tuhan, Pencipta alam semesta, memerintahkan semua manusia untuk selalu berbakti terhadap orang tua dan guru sampai kapanpun. Dalam pelajaran Agama di Sekolah, kajian-kajian di luar sekolah, sampai dalam buku-buku keagamaan banyak ditemukan berbagai anjuran untuk senantiasa menunjukkan sikap menghormati dan menyayangi orang tua dan guru-guru kita.

Bahkan doa-doa dari orang tua dan guru dinilai memiliki peran yang penting dalam keberhasilan kita. Pernah dengar kan ungkapan “surga di telapak kaki ibu”,  “Ridho Allah tergantung pada ridho orang tua” atau “ilmu yang bermanfaat akan kita dapat jika kita menghormati guru”?

2. Salah satu bentuk sikap berbakti

Perilaku menghormati orang tua dan guru merupakan salah satu wujud sikap berbakti kepada mereka. Bersikap lembut dan selalu menunjukkan bahwa kita hormat dan patuh terhadap segala nasehatnya tentu akan membuat mereka merasa senang dan mengikhlaskan segala jerih payahnya dalam membesarkan dan mendidik kita.

3. Wujud rasa terima kasih atas jasa-jasanya

Tidak dapat dipungkiri bahwa orang tua dan guru memiliki andil besar dalam kehidupan kita. Orang tua sangat berperan dalam merawat, menjaga, dan mendidik anaknya sejak lahir hingga beranjak dewasa. Dan peran guru adalah mengajar dan mendidik murid-muridnya dengan kasih sayang. Orang tua dan guru berperan mengukir jalan masa depan. Jasa yang tak ternilai harganya ini harus selalu diingat sepanjang masa.

Bagaimana Cara Menghormati Orang Tua dan Guru?

Setelah mengetahui mengapa harus sikap menghormati, menyayangi orang tua dan juga guru, sekarang saatnya membahas cara menghormati dan mematuhi orang tua saat masih hidup maupun ketika sudah meninggal dan menghargai guru serta menghargai guru.

Baca juga: Tidak Sulit: 4 Cara Sederhana Menghargai Orang Lain

Baca :   Simbiosis Mutualisme Terjadi Pada Interaksi Nomor

Contoh Perilaku Menghormati Kedua Orang Tua



Foto oleh Arina Krasnikova dari Pexels

1. Melaksanakan nasihat dan perintah orang tua

Cara menghormati orang tua yang dapat kamu lakukan adalah dengan melaksanakan nasihat dan perintah orang tua. Pada dasarnya tidak ada orang tua yang menginginkan keburukan bagi anaknya. Selama nasihat yang disampaikan tidak melanggar aturan agama atau hukum yang berlaku, maka sebagai anak yang baik harus melaksanakan perintah dan nasihat yang mereka berikan.

2. Merawat dengan orang tua dengan penuh keikhlasan dan kesabaran

Dengan bertambahnya usia orang tua, maka kita memiliki kewajiban untuk merawat dan menjaga mereka.

3. Berkata halus dan sopan

Salah satu wujud penghormatan kita kepada orang tua adalah dengan selalu berkata lemah lembut dan sopan. Meskipun terkadang orang tua juga melakukan kesalahan, kita harus tetap menjaga sopan santun. Jangan sampai berkata atau bertindak kasar yang menyakiti hati mereka.

4. Berbuat baik kepada orang tua

Orang tua juga manusia, mereka pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Apapun yang mereka lakukan, kita tetap wajib untuk berbuat baik kepada mereka. Sebagai anak tidak boleh menelantarkan mereka apalagi jika mereka sudah tua dan membutuhkan perhatian dan perawatan dari anak-anaknya.

5. Mendoakan orang tua

Contoh bentuk sikap menghormati, menghargai, dan menyayangi orang tua baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal adalah dengan mendoakan mereka.

6. Menjaga nama baik orang tua

Segala sikap dan tindak tanduk kita pasti akan selalu dihubungkan dengan orang tua. Oleh karena itu, kita perlu untuk berhati-hati dalam bersikap dan bertindak sehingga tidak mencoreng nama baik mereka.

Contoh Perilaku Menghormati Guru



Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Baca :   Pernyataan Yang Tidak Sesuai Dengan Teori Sel Yaitu

1. Memuliakan dan tidak meremehkan mereka

Bapak dan Ibu guru telah mencurahkan segala ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya untuk kita. Sudah sepatutnya kita menghormati mereka, memuliakan mereka, dan mendoakan mereka selalu.

2. Mengamalkan ilmunya dan membaginya kepada orang lain

Ilmu yang bermanfaat merupakan amal jariyah bagi seorang guru. Dengan mengamalkan dan membagikannya ilmu yang telah diberikan di jalan kebaikan, akan menjadi jalan pahala bagi Bapa Ibu guru kita.

3. Tidak bertindak kasar, menipu, atau membuka aib guru

Seperti orang tua, guru juga adalah manusia yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Jangan sampai menjadikan kekurangan guru sebagai celah untuk memperdaya mereka atau mengumbarnya kepada siapa saja. Jika ingin mengingatkan lakukan dengan cara yang baik dan sopan.

4. Bersikap sabar terhadap guru

Setiap orang, termasuk guru, memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tidak jarang karakter dan kebiasaan guru tidak sesuai dengan kita inginkan. Hal ini tidak boleh dijadikan alasan untuk bertindak tidak sopan atau bahkan kurang ajar terhadap guru. Berusaha bersikap sabar menghadapinya dan menjaga rasa hormat kita akan membuat mereka ridho akan ilmu yang diberikan sehingga menjadi ilmu yang bermanfaat.

5. Selalu mendengarkan perkataan guru

Ketika guru sedang mengajar atau memberikan nasihat, haruslah kita dengarkan dengan seksama. Jangan sampai menunjukkan sikap tidak sopan dengan mengabaikan mereka atau acuh tidak acuh seperti berpaling atau menoleh tanpa keperluan jelas saat guru berbicara.

Demikianlah Sobat Pintar, contoh perilaku menghormati, menyayangi, dan menghormati orang tua dan guru kita. Yuk, kita lakukan, ya!

Kepada Orang Tua Dan Guru Haruslah

Source: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/cara-menghormati-orang-tua-dan-guru

Artikel Terkait

Leave a Comment