Kenapa Kamu Melamar Di Perusahaan Ini

Kenapa Kamu Melamar Di Perusahaan Ini

Kamu sedang dalam proses mencari kerja dan akan menghadapi wawancara? Persiapkan jawaban yang bisa menjebak banyak pelamar yaitu “Apa alasan melamar pekerjaan?” atau “Kenapa kamu melamar di  perusahaan ini?

Dalam menjawab pertanyaan interview ini kamu harus hati-hati dan perlu persiapan. Karena, kalau tidak kamu akan bingung dalam menjawabnya. Dan bisa-bisa menjawab seadanya seperti karena saya perlu pekerjaan atau karena saya perlu uang.

Kalau jawaban kamu seperti itu, maka peluang untuk diterima kerja di perusahaan tersebut akan mengencil. Kenapa? Karena pertanyaan ini salah satunya adalah untuk menilai komitmen kamu terhadap perusahaan.

Masih bingung atau belum terbayang mau jawab apa? Di artikel ini akan dibahas tips atau jawaban terbaik yang bisa kamu lakukan yang bisa membuat rekruter atau HRD memberikan penilaian lebih.

Yuk kita mulai bahas !

Tips Menjawab Alasan Melamar Pekerjaan

Berikut ini tips dalam menjawab pertanyaan interivew alasan melamar pekerjaan :

1. Hindari alasan yang bersifat personal

Maksudnya adalah, kamu jangan menjawab pertanyaan interview dengan jawaban yang hanya menguntungkan diri sendiri tanpa memperhatikan perusahaan.

Contoh jawabannya seperti :

“Saya melamar di perusahaan ini karena dekat dengan rumah sehingga bisa hemat ongkos”.

“Saya melamar di perusahaan ini sebagai batu loncatan untuk melamar di perusahaan X yang menjadi target saya tahun depan”.

“Saya melamar pekerjaan karena sedang butuh uang”.

Jawaban-jawaban interview diatas merupakan jawaban yang tidak tepat, kenapa? Karena jawabannya tidak ada yang berhubungan dengan perusahaan atau posisi yang sekarang sedang kamu lamar.

Jawaban ini lebih bersifat pribadi atau menguntungkan pribadi. Jadi, hindari jawaban seperti ini ya.

2. Beritahu kontribusi yang bisa kamu berikan ke perusahaan

Dalam proses rekrutmen karyawan, kedua belah pihak yaitu perusahaan dan pelamar sama-sama saling membutuhkan. Perusahaan membutuhkan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Dan pelamar membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca :   Lirik Bryan Adams Please Forgive Me

Jadi, ketika ditanya tentang alasan melamar pekerjaan, berikan jawaban yang bisa memberi gambaran kepada rekturer bahwa kamu orang yang cocok atau pas untuk posisi tersebut.

Berikan jawaban interview berupa kontribusi yang bisa kamu berikan jika kamu diterima kerja di perusahaan tersebut. Perkuat juga dengan skill dan pengalaman yang kamu miliki. Jadi bukan hanya sekedar omdo atau keinginan saja.

Dengan menjelaskan prestasi yang pernah diraih (kalau ada), atau bukti-bukti keahlian yang dimiliki, ini akan semakin mengutakan argumen yang kamu katakan.

Tapi hati-hati juga ya, kalau terlalu condong hanya kepada perusahaan atau menguntungka perusahaan, ini bisa menjadi tanda tanya untuk rekruter. Apa yang kamu inginkan dari perusahaan?

Nah, untuk itu kamu juga perlu menjelaskan apa target atau keinginan kamu ketika memberikan kontribusi tersebut. Tentu saja tidak langsung seperti saya ingin mendapat gaji sekian, tidak seperti itu.

Berikan jawaban seperti “Dengan memberikan kontribusi xxx, ini akan semakin meningkatkan keahlian saya di bidang yyy”.

Jadi tips kedua ini, berikan jawaban yang seimbang. Jawaban yang menguntungkan perusahaan dan juga memberi manfaat untuk kamu.

3. Jawaban yang berhubungan dengan perusahaan

Mirip dengan 2 tips sebelumnya, tips ketiga ini adalah memberi jawaban yang ada hubungan atau kaitannya dengan perusahaan. Untuk tips ketiga ini, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulul info tentang perusahaan seperti dari sejarahnya, reputasi, produk, dan lainnya.

Contoh alasan melamar pekerjaan yang berkaitan dengan perusahaan :

  • Kagum dengan pencapaian yang telah diraih perusahaan
  • Kamu merupakan salah satu pengguna produk perusahaan
  • Tertarik dengan budaya perusahaan dan ingin menjadi bagian didalamnya

Manfaat menggunakan tips ini adalah kamu menunjukkan bahwa kamu sudah mengenal perusahaan yang tentu ini menjadi nilai lebih di mata rekruter.

Dan ini juga menunjukkan bahwa kamu sangat berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Baca :   Kerjasama Di Bidang Budaya Ditangani Oleh

four. Bertumbuh bersama perusahaan

Tips keempat ini sebagai ada hubungannya dengan tips pertama dan kedua. Kalau sebelumnya kita harus menghindari jawaban yang bersifat personal dan menjelaskan kontribusi bisa diperbikan untuk perusahaan.

Nah, di tips ini kamu menjelaskan bahwa perusahaan tersebut memiliki hal yang bisa membuat dirimu bisa lebih berkembang dan lebih produktif. Sehingga tentu saja hal ini akan berdampak positif untuk perusahaan.

Misalnya perusahaan yang kamu lamar memiliki lingkungan yang kondusif dan suasana kerja yang cocok untuk kamu.

Atau perusahaan memiliki budaya yang bisa membuat dirimu bisa lebih optimal bekerja karena membuat dirimu lebih berkembang.

Tunjukkan bahwa kamu memiliki minat dan juga tujuan untuk mengembangkan diri. Hal ini tentu menjadi nilai lebih bagi rekruter atau HRD karena semakin berkembang karyawan, maka perusahaan pun akan semakin maju.

5. Tunjukkan kepercayaan dirimu

Dalam sesi wawancara, rekruter ingin mendapat gambaran real dan juga langsung seperti apa kamu. Mereka akan membandingkan apa yang kamu tulis di lamaran dengan aslinya. Bagi yang belum terbiasa atau baru pertama kali maka akan sangat mungkin timbul rasa gugup yang membuat jawabanmu terlihat ragu atau blunder.

Untuk menunjukkan bahwa kamu PD, salah satunya adalah memberikan jawaban yang tegas dan juga konsisten. Dan untuk ini kamu perlu persiapan dan juga latihan.

Hindari kata-kata yang menunjukkan keraguan seperti mungkin, sepertinya, dll.

Contohnya :

“Sepertinya saya bisa melaksanakan tugas yang diberikan”

“Mungkin posisi ini cocok untuk saya karena saya sudah punya pengalaman 3 tahun di perusahaan sebelumnya”

Itu tadi 5 tips yang bisa kamu gunakan untuk menjawab alasan melamar pekerjaan di perusahaan.

Contoh Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan di Perusahaan

Setelah tahu tipsnya, sekarang kita bahas contoh-contoh jawaban alasan melamar pekerjaan. Ini bisa jadi gambaran untuk kamu. Dan tentu saja contoh jawaban alasan melamar pekerjaan ini harus kamu sesuaikan dengan kondisi diri kamu dan juga perusahaan yang kamu lamar.

Baca :   Ninja 250 Fi Merah Full Modifikasi

Berikut ini contoh-contoh jawabannya :

ane. Hindari alasan bersifat personal

“Saya sudah tahu tentang syarat untuk bekerja di Indomaret salah satunya adalah siap ditempatkan diamanapun sesuai dengan kebutuhan. Dan saya tidak keberatan dengan hal itu.”

“Saya senang dengan tantangan, jadi bekerja dengan sistem target membuat saya lebih semangat”

2. Kontribusi yang bisa diberikan untuk perusahaan

“Posisi ini sesuai dengan keahlian yang saya miliki”

“Di perusahaan sebelumnya saya berhasil meningkatkan penjualan 30%. Dan saya yakin di perusahaan ini pun saya bisa melakukannya”

three. Jawaban yang Berhubungan dengan Perusahaan

“Saya kagum dengan layanan dari perusahaan ini, dan saya ingin menjadi bagian didalamnya”

“Bekerja di perusahaan ini merupakan impian saya”

4. Bertumbuh bersama Perusahaan

“Saya ingin mengembankan potensi yang sama miliki di perusahaan ini”

“Budaya kerja di perusahaan ini memotivasi saya untuk lebih produktif dalam bekerja”

5. Tunjukkan bahwa Kamu PD

“Skill dan pengalaman yang sama miliki bisa menunjang perusahaan untuk lebih maju dan berkembang”

Itu tadi tips dan juga contoh jawaban alasan melamar pekerjaan di perusahaan. Silahkan latih jawaban kamu supaya lancar ketika menjawabnya dalam sesi interview.

Sekali lagi, sesuaikan jawaban dengan kondisi dirimu dan juga perusahaan yang kamu lamar. Semakin lancar dan pas jawabanmu, itu akan membuat peluang kamu diterima semakin besar.

Pertanyaan alasan melamar pekerjaan di perusahaan merupakan salah satu pertanyaan yang biasanya diberikan di interview kerja. Untuk pertanyaan interview lainnya, kamu bisa lihat di artikel Bocoran 10 Pertanyaan Interview dan Jawabannya.

Silahkan share artikel ini kalau kamu kamu merasakan manfaat dari artikel alasan melamar pekerjaan ini.

Kenapa Kamu Melamar Di Perusahaan Ini

Source: https://www.edubisnis.my.id/2022/08/jawaban-alasan-melamar-pekerjaan-di.html

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …