Kata Tanya Mengapa Dapat Digunakan Untuk Menanyakan

Kata Tanya Mengapa Dapat Digunakan Untuk Menanyakan

Kapanlagi Plus
– Kata tanya yang dapat digunakan untuk menanyakan sebuah kondisi kejadian adalah “bagaimana”. Mengingat fungsi kata tanya adalah kata yang dipakai sebagai penanda pertanyaan dalam kalimat, “bagaimana” tentu juga sering kalian gunakan dalam keseharian, entah itu berupa pertanyaan langsung maupun tulisan.

Contoh kalimat dari kata tanya “bagaimana”, antara lain, “bagaimana keadaan orangtuamu?”, bisa dijawab dengan penjelasan bahwa “orangtua saya dalam keadaan sehat.”



Selain kata tanya yang dapat digunakan untuk menanyakan sebuah kondisi kejadian, ada juga kata yang berfungsi untuk menanyakan sebab, waktu, orang yang terlibat, dan lain sebagainya. Kata tanya dalam bahasa Indonesia, antara lain “apa”, “siapa”, “kapan”, “(dari, ke, dari) mana”, “mengapa”, “berapa”, dan “bagaimana”.

Mariam L. M. Pandean dalam jurnal Kalimat Tanya dalam Bahasa Indonesia (2022) menyebutkan bahwa kalimat tanya merupakan salah satu jenis kalimat bahasa Indonesia yang memiliki ciri-ciri tertentu.

Ciri khas dari kalimat tanya, yakni, berintonasi tanya, berstruktur sintatik kalimat (terdapat kata tanya, partikel tanya, pembalikan urutan) dan berdistribusi tanya. Nah, agar lebih paham, kalian bisa menyimak penjelasan tentang berbagai kata tanya dalam bahasa Indonesia yang informasinya dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

Baca :   Jelaskan Cara Kerja Sistem Pencernaan Pada Manusia

1. Kata Tanya Mengapa

Kata tanya “mengapa” merupakan kata tanya yang dapat digunakan untuk menanyakan sebab terjadinya suatu peristiwa. Bisa juga untuk menanyakan alasan atas suatu perbuatan.

Menurut buku Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia (2007), Kridalaksana menyebutkan bahwa kata tanya “mengapa” memiliki fungsi menanyakan perbuatan dan menanyakan sebab.

Contoh kalimat:

-Mengapa kamu datang terlambat? (Karena aku bangun kesiangan)

-Mengapa bajumu basah? (Karena tadi hujan dan aku tidak membawa payung)

2. Kata Tanya Kapan

Kata tanya “kapan” merupakan kata tanya yang dapat digunakan untuk menanyakan waktu terjadinya peristiwa. Jawaban khas dari pertanyaan ini biasanya merujuk, hari, tanggal, atau tahun tertentu. Bisa juga dijawab dengan “besok”, “kemarin”, dan kata keterangan waktu lainnya.

Melansir informasi dari jurnal Membangun Hubungan Interpersonal Positif melalui Kesepadanan Kalimat Tanya dan Unsur Nonverbal di Kelas I Sekolah Dasar (2015) karya Taufina, kalimat tanya kapan tergolong dalam jenis kalimat yang dipakai untuk meminta jawaban berupa keterangan mengenai waktu.

Contoh kalimat:

-Kapan kamu merayakan pesta ulang tahun? (Aku merayakan ulang tahun besok, 1 September 2022.)

-Kapan kamu akan masuk sekolah? (Aku akan masuk sekolah jika sudah sembuh)

3. Kata Tanya Apa

Kata tanya “apa” merupakan kata tanya yang dapat digunakan untuk menanyakan isi atau topik bahasan. Topik bahasan bisa berasal dari berbagai hal, seperti benda, perbuatan, dan lain sebagainya.

Kalimat tanya, sebenarnya tak selalu menghendaki jawaban yang berupa informasi atau penjelasan, terkadang juga hanya dipakai untuk meminta konfirmasi atas hal yang telah sama-sama dipahami.

Contoh kalimat :

-Apa yang sedang kamu lakukan? (Aku sedang mengerjakan tugas.)

Baca :   Hubungan Antara Tanaman Anggrek Dengan Pohon Yang Ditumpanginya Dinamakan

-Apa judul film yang paling kamu suka? (Film yang paling aku suka adalah Laskar Pelangi.)

Contoh kalimat tanya “apa” sebagai konfirmasi:

-Apa kamu suka makan sate? (Ya/Tidak)

-Apa laki-laki yang berdiri di sana itu pacarmu? (Ya/Bukan)

4. Kata Tanya Siapa

Kata tanya “siapa” merupakan kata tanya yang dapat digunakan untuk menanyakan pihak yang terlibat. Pihak yang terlibat juga bisa disebut sebagai tokoh dalam suatu peristiwa.

Contoh kalimat:

-Siapa musisi idolamu? (Musisi idolaku adalah Iwan Fals.)

-Siapa nama ayah kamu? (Ayahku bernama Johan)

5. Kata Tanya Mana

Kata tanya “Di, Ke, Dari) Mana” merupakan kata tanya yang dapat digunakan untuk menanyakan suatu tempat. Bisa jadi tempat berlangsungnya sebuah peristiwa, lokasi yang akan atau pernah didatangi.

Contoh kalimat:

-Di mana letak buku bahasa Inggrisku? (Buku bahasa Inggrismu di rak sebelah jendela.)

-Ke mana kamu akan pergi setelah pulan sekolah? (Aku akan ke perpustakaan setelah pulang sekolah.)

-Dari mana kamu dapat baju ini? (Aku dapat baju ini dari Ibu sebagai hadiah ulang tahun kemarin.)

6. Kata Tanya Berapa

Kata tanya “berapa” merupakan kata tanya yang dapat digunakan untuk menanyakan banyak, jumlah, atau satuan tertentu. Bisa juga spesifik untuk menanyakan bilangan yang mewakili suatu jumlah, ukuran, nilai, waktu, juga harga.

Contoh kalimat:

-Berapa tinggi badanmu? (Tinggi badanku adalah 150 Cm)

-Berapa harga sepeda ini? (Harga sepeda ini adalah satu juta rupiah.)

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai beberapa kata tanya yang dapat kalian gunakan dalam perbincangan sehari-hari. Selain kata tanya di atas, sebenarnya ada partikel yang berfungsi untuk menanyakan suatu hal.

Baca :   Manfaat Sumber Daya Alam Sebaiknya Sesuai Dengan

Contoh penggunaan partikel -kah dalam kata dalam sebuah kalimat tanya, antara lain, bukankah, benarkah, bolehkah, dan lain sebagainya. Memahami berbagai penggunaan kata tanya ini akan membantu kalian untuk berkomunikasi lebih lancar lagi.

Kata Tanya Mengapa Dapat Digunakan Untuk Menanyakan

Source: https://plus.kapanlagi.com/kata-tanya-yang-dapat-digunakan-untuk-menanyakan-sebuah-kondisi-kejadian-ketahui-juga-jenis-kata-tanya-lainnya-154bf5.html

Artikel Terkait

Leave a Comment