Jurusan Yang Ada Di Uin Makassar

Jurusan Yang Ada Di Uin Makassar

Halo Quipperian! Bagi kamu siswa-siswi kelas XII SMA, apakah sudah menentukan tujuan universitas dan jurusan pilihan kamu? Waktu pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berikut ujian-ujian masuk perguruan tinggi sudah sangat dekat, lho, Quipperian! Jangan membuang waktu lagi untuk mulai mencari informasi dan menentukan pilihan kamu, ya!

Menentukan pilihan universitas dan jurusan tujuan setelah lulus SMA memang gampang-gampang susah. Begitu banyak pilihan yang tersedia terkadang membuat kamu bingung. Belum lagi pengaruh dari orang-orang sekitar seperti orangtua dan teman yang semakin membuat kamu ragu menentukan pilihan.

Rajin-rajinlah mencari informasi mengenai universitas dan jurusan yang ingin kamu pilih. Baik melalui teman, media cetak, maupun melalui internet. Salah satunya melalui Quipper Video Blog ini. Nah, bagi kamu yang ingin meneruskan kuliah di UIN Alauddin Makassar, kamu bisa menemukan pilihan fakultas dan jurusannya di sini.


UIN Alauddin memiliki 8 Fakultas dan 1 PPs (Program Pascasajana) dengan total 47 jurusan. Untuk lebih jelas, daftar fakultas dan jurusan UIN Alauddin Makassar dapat dilihat di tabel ini ya.

Fakultas Syariah dan Hukum

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Hukum Acara Peradilan dan Kekeluargaan Pendidikan Agama Islam
Hukum Pidana dan Ketatanegaraan Pendidikan Bahasa Arab
Ilmu Hukum Manajemen Pendidikan Islam
Perbandingan Hukum Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Matematika
Pendidikan Biologi
Pendidikan Fisika
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Fakultas Ushuluddin dan Filsafat

Fakultas Adab dan Humaniora

Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Filsafat Agama Bahasa dan Sastra Arab Komunikasi dan Penyiaran Islam
Ilmu Aqidah Sejarah dan Kebudayaan Islam Bimbingan Penyuluhan Islam
Sosiologi Agama Bahasa dan Sastra Inggris Pengembangan Masyarakat Islam
Perbandingan Agama Ilmu Perpustakaan Kesejahteraan Sosial
Ilmu Hadist Manajemen Dakwah
Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Jurnalistik
Ilmu Politik Ilmu Komunikasi

Fakultas Sains dan Teknologi

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan


Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Teknik Arsitektur Kedokteran Ekonomi Islam
Teknik Informatika Keperawatan
Manajemen
Teknik Perencanaan wilayah dan kota Farmasi Akuntansi
Fisika Kebidanan (D3) (jalur UMM) Akuntansi
Biologi Kesehatan Masyarakat Ekonomi Pembangunan
Kimia
Matematika
Ilmu Peternakan
Sistem Informasi (terbuka di jalur UMM)


Fakultas Syariah dan Hukum

Jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin cocok sekali buat kamu yang ingin bekerja di bidang hukum nantinya, seperti jaksa, notaris maupun pengacara. Fakultas ini memiliki 4 jurusan, yaitu:

1. Ilmu Hukum

Di jurusan ilmu hukum, kamu akan mempelajari teori ilmu hukum. Kamu juga akan belajar dan bersentuhan langsung dengan praktik serta persoalan hukum modern. Karena setelah lulus dari jurusan ini, kamu diharapkan akan siap menempuh jenjang karir hukum seperti jaksa dan pengacara.

2. Hukum Acara Pidana dan Ketatanegaraan

Jurusan ini juga mempelajari ilmu hukum. Bedanya, dalam jurusan ini kamu akan secara lebih fokus berkutat dengan bagaimana hukum acara pidana, yaitu hukum yang berkaitan dengan bagaimana hukum mengatur perkara-perkara pidana. Kamu juga belajar tentang ketatanegaraan yang sekilas seperti pelajaran PPKN yang kamu dapat di sekolah. Namun tentu saja kamu akan belajar secara lebih mendalam di kampus.

3. Hukum Acara Peradilan dan Kekeluargaan

Di jurusan ini kamu belajar tentang bagaimana hukum mengatur perkara-perkara kekeluargaan/ perdata.

4. Perbandingan Mazhab dan Hukum

Di jurusan ini, kamu belajar bagaimana perbandingan hukum maupun mazhab dalam Islam. Kamu akan belajar tentang teori-teori hukum Islam dan mazhab-mazhab. Jadi, di jurusan ini kamu tidak hanya belajar hukum modern, namun juga hukum Islam beserta tatanannya. Keren ya, Quipperian!


Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin merupakan fakultas yang cocok bagi kamu jika ingin menjadi guru. Fakultas ini mirip dengan FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Bedanya, di UIN kamu dapat menempuh pendidikan untuk menjadi seorang guru agama Islam. Adapun jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin yaitu sebagai berikut:

1. Pendidikan Agama Islam

Jurusan ini cocok untuk kamu yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang agama Islam. Di universitas umum, pilihan jurusan ini biasanya tidak tersedia, lho, Quipperian. UIN seperti UIN Alauddin menjadi pilihan kamu yang paling tepat.

Baca :   Komik Yang Berisi Kisah Hidup Seorang Tokoh Sejarah Disebut Komik


Di sini, kamu akan belajar menjadi seorang guru sekaligus ilmu-ilmu Islam yang nantinya akan kamu ajarkan kepada anak didik kamu sebagai penerus generasi islam masa depan.

2. Pendidikan Bahasa Arab

Buat kamu yang suka dengan bahasa Arab, jurusan pendidikan bahasa Arab di UIN Alauddin ini sangat cocok untuk kamu. Jangan takut soal lapangan pekerjaan. Meskipun mata pelajaran bahasa Arab tidak umum diajarkan di sekolah biasa, namun lembaga pendidikan seperti pesantren selalu membutuhkan tenaga pengajar bahasa Arab, kok!

Sekolah-sekolah berbasis Islam non-pesantren juga sekarang banyak bertebaran, dan juga membutuhkan tenaga pengajar bahasa Arab.

3. Manajemen Pendidikan Islam

Berbeda dengan jurusan pendidikan biasa, di jurusan ini kamu lebih fokus mempelajari bagaimana mengelola manajemen pendidikan Islam, baik dalam pendidikan formal maupun non formal. Artinya kamu dididik untuk menjadi seorang sarjana yang paham akan ilmu manajemen dalam pendidikan Islam.

4. Pendidikan Bahasa Inggris

Sesuai dengan namanya, jurusan ini akan mendidik dan melatih kamu untuk menjadi seorang guru Bahasa Inggris. Dan lowongan serta peluang untuk guru Bahasa Inggris selalu tersebar dengan jumlah yang banyak lho, Quipperian! Oleh karena itu, jika kamu suka Bahasa Inggris maka masuk ke jurusan ini merupakan pilihan yang tepat.

5. Pendidikan Matematika

Siapa bilang matematika selalu rumit dan sulit? Jika tidak percaya, cobalah masuk di jurusan pendidikan matematika. Bonusnya, kamu bisa mengaplikasikan ilmu matematika tersebut dengan menjadi guru, Quipperian.

6. Pendidikan Biologi

Suka dengan bagaimana cara mengajar guru biologi kamu yang? Mungkin kamu juga diam-diam ingin menjadi guru biologi suatu saat, Quipperian. Belajar biologi memang menyenangkan karena berkaitan langsung dengan alam. Maka kamu bisa mencoba berkuliah di jurusan pendidikan biologi ini.

7. Pendidikan Fisika

Mirip dengan matematika, ilmu fisika selalu menjadi momok menakutkan bagi banyak siswa. Jika kamu suka pelajaran fisika dan ingin mengajar fisika nantinya dengan cara yang lebih menyenangkan, kamu cocok masuk ke jurusan ini, Quipperian.

8. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Jurusan ini mirip dengan jurusan pendidikan dasar di fakultas ilmu pendidikan di universitas keguruan biasa, Quipperian. Bedanya adalah, di jurusan PGMI ini kamu dilatih untuk menjadi guru bagi sekolah dasar Islam alias Madrasah Ibtidaiyah. Jadi, ketika lulus nanti kamu akan bisa menjadi seorang guru di MI.


Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

Quipperian pasti sudah bisa menebak dari namanya saja, bahwa fakultas ini merupakan fakultas yang menelurkan generasi Indonesia yang bergerak di bidang kedokteran dan kesehatan seperti dokter, perawat, bidan, dll. Apa-apa saja jurusan yang tersedia?

1. Kedokteran

Di UIN Alauddin sendiri, jurusan Kedokteran tergolong baru. Yang membedakan jurusan kedokteran UIN Alauddin dengan jurusan kedokteran lainnya di Indonesia adalah di jurusan ini kamu akan belajar ilmu kedokteran yang diintegrasikan dengan agama Islam. Keren ya, Quipperian!

2. Keperawatan

Tenaga kesehatan berupa perawat yang bertugas menjadi kaki tangan dokter di rumah sakit selalu dibutuhkan dalam jumlah banyak lho, Quipperian. Jurusan ini sendiri akan melatih kamu untuk menjadi seorang perawat yang mumpuni. Buat kamu yang ingin menjadi perawat, jurusan ini merupakan pilihan yang tepat.

3. Farmasi

Ilmu kesehatan tidak hanya berbicara soal dokter, perawat maupun bidan. Tentu saja harus ada yang berperan dalam meracik obat yang menjadi persoalan krusial dalam dunia kesehatan. Sebut saja apoteker. Bagi kamu yang tertarik kepada dunia seperti itu, jurusan farmasi menjadi tempat yang tepat untuk kamu menempuh pendidikan.

4. Kesehatan Masyarakat

Jika jurusan seperti kedokteran dan keperawatan identik dengan pekerjaan yang berurusan langsung dengan penanganan manusia, maka jurusan kesehatan masyarakat ini lebih berurusan dengan dunia admisnitrasi. Artinya, jika sebagai seorang dokter kamu berurusan dengan pasien, maka sebagai lulusan kesehatan masyarakat kamu berkesempatan menjadi tenaga ahli di rumah sakit/ instansi kesehatan lainnya yang akan mengurusi persoalan seperti adminsitrasi maupun penyuluhan-penyuluhan masyarakat tentang kesehatan.

5. Kebidanan

Bagi kamu yang suka berkutat dengan dunia kesehatan, khususnya ingin menjadi bidan yang membantu persalinan dengan profesional, maka berkuliah di jurusan ini merupakan pilihan yang tepat.


Fakultas Ushuluddin dan Filsafat

Di fakultas ini terdapat jurusan-jurusan yang mempelajari teori-teori filsafat, khususnya filsafat Islam. Jurusan-jurusannya adalah sebagai berikut:

Baca :   Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia Kelas 9

1. Filsafat Agama

Di jurusan ini, kamu akan belajar soal filsafat agama. Kamu berkesempatan menjadi dosen maupun penulis buku jika kamu lulus dari jurusan ini, Quipperian.

2. Ilmu Aqidah

Di jurusan ilmu aqidah, kamu akan belajar tentang aqidah (hukum dan tata tertib) Islam secara teoritis. Pekerjaan berupa pemuka agama, ustadz/ah maupun penulis dapat kamu coba selulusnya kamu dari jurusan ini.

3. Sosiologi Agama

Jurusan ini cukup unik karena menggabungkan dua jenis ilmu, yaitu ilmu sains dan ilmu agama. Secara sosiologi, agama akan dibahas. Artinya hal-hal seperti tatanan sosial maupun struktur sosial dalam Islam.

4. Ilmu Hadist

Jika kamu berkenan memperdalam agama Islam, Jurusan Ilmu Hadist merupakan salah satu pilihan untuk kamu. Di sini, kamu akan belajar mengenai agama khususnya hadist. Dan jika lulus, kamu bisa menyebarkna agama tersebut dengan menjadi ustadz/ah maupun dosen, serta penulis buku.

5. Ilmu Al Qur’an dan Tafsir

Kamu akan belajar mengenai pendalaman Alquran sebagai kitab suci agama islam beserta tafsirannya. Kamu bisa menjadi ahli tafsir, ustadz/ah, maupun dosen jika kamu menyelesaikan pendidikan di jurusan ini.

6. Ilmu Politik

Sesuai namanya, kamu akan belajar ilmu politik di jurusan ini. Tidak hanya politik modern, namun juga politik islam. Kamu bisa menjadi konsultan politik, bekerja di LSM maupun dosen selulusnya kamu dari sini.

7. Perbandingan Agama

Ini merupakan jurusan yang cukup unik dan hanya terdapat di UIN Alauddin. Kamu akan belajar tidak hanya mengenai agama Islam namun juga agama-agama besar lainnya. Namun tentu saja kamu belajar hal tersebut bukan untuk menciptakan perbedaan dan pemisahan. Namun murni untuk kepentingan sains.


Fakultas Adab dan Humaniora

1. Bahasa dan Sastra Arab

Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang bahasa dan Sastra Arab. Tidak hanya bahasa namun juga sastra seperti karya tulisan dari Arab, dsb. Keren ya, Quipperian? Kamu bisa bekerja sebagai penerjemah, maupun ahli Sastra Arab selulusnya kamu dari  jurusan ini.

2. Sejarah dan kebudayaan Islam

Pasti ada dari kamu yang suka dengan pelajaran sejarah, bukan? Di jurusan ini, kamu secara khusus akan belajar tentang sejarah Islam secara luas. Kamu dilatih untuk menjadi seorang sejarawan Islam.

3. Bahasa dan Sastra Inggris

Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang bahasa dan sastra Inggris. Tidak hanya bahasa namun juga sastra seperti karya tulisan dari Inggris, drama, dan lainnya. Keren ya, Quipperian? Kamu bisa bekerja sebagai penerjemah, maupun ahli sastra inggris selulusnya kamu dari  jurusan ini.

4. Ilmu Perpustakaan

Ilmu perpustakaan memang bukan merupakan jurusan yang lazim terdengar bagi kita. Jurusan ini memfokuskan tentang bagaimana mengelola perpustakaan sebagai sebuah ruang publik dan sains. Kamu akan dilatih menjadi seorang pustawakan/i selulusnya dari sini.


Fakultas Dakwah dan Komunikasi

1. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Jurusan ini memfokuskan kepada dakwah. Artinya, selulusnya kamu dari jurusan ini kamu dipersiapkan untuk menjadi seorang pendakwah atau biasa disebut ustadz atau ustadzah. Tidak hanya fokus pada ilmu agama Islam, kamu juga akan diajari teknik berkomunikasi dan menyiarkan ilmu tersebut. Sungguh pekerjaan yang mulia, ya, Quipperian.

2. Bimbingan Penyuluhan Islam

Mirip dengan jurusan komunikasi dan penyiaran Islam, kamu akan belajar tentang bagaimana menyampaikan ilmu agama Islam dalam berbagai bimbingan dan penyuluhan-penyuluhan.

3. Pengembangan Masyarakat Islam

Jika jurusan sebelumnya berfokus pada ilmu Islam maka jurusan ini berfokus pada masyarakat Islamnya. Bagaimana masyarakat Islam dapat berkembang dan metode-metodenya akan menjadi pelajaran kamu jika bergabung di jurusan ini. Selulusnya, kamu cocok bekerja di lembaga swadaya masyarakat yang berfokus pada maslahat umat islam.

4. Kesejahteraan Sosial

Jurusan ini mirip dengan jurusan sebelumnya. Bedanya di jurusan ini kamu berfokus tidak hanya kepada pengembangan dan pengelolaan masyarakat Islam saja, namun juga seluruh masyarakat pada umunnya. Kamu cocok bekerja di LSM jika telah lulus dari jurusan ini.

5. Manajemen Dakwah

Jika di jurusan penyiaran Islam kamu akan fokus mempelajari ilmu dakwah secara teoritis, maka di jurusan ini kamu akan lebih fokus belajar tentang manajemen dan pengelolaan dakwah tersebut.

6. Jurnalistik

Sesuai dengan nama jurusannya, jurusan ini mempersiapkan jurnalis-jurnalis handal yang akan bekerja di media maupun menulis. Ilmu jurnalistik menjadi fokus utama pembelajaran. Tentu saja dengan pendekatan Islam.

Baca :   Seorang Wirausahawan Harus Berfikir Bicara Positif Dan Kreatif Antara Lain

7. Ilmu Komunikasi

Kamu bercita-cita bekerja di bagian humas atau public relations? Jurusan ini cocok dengan kamu. Kamu akan belajar dan bersentuhan langsung dengan dunia perhumasan jika berkuliah di jurusan ini.


Fakultas Sains dan Teknologi

1. Teknik Arsitektur

Bercita-cita menjadi seorang arsitek? Maka jurusan ini patut menjadi pilihan kamu. Eits, kamu tidak hanya belajar soal matematika arsitektur saja di sini. Kamu juga akan belajar mengenai ruang yang erat kaitannya dengan seni. Seru, ya, Quipperian.

2. Teknik Informatika

Tertarik dengan dunia perkomputeran dan teknologi informasi? Maka jurusan ini sangat tepat buat kamu. Apalagi saat ini lapangan pekerjaan yang membutuhkan ahli IT sangatlah besar peluangnya.

3. Teknik Perencanaaan Wilayah dan Kota

Kamu akan berurusan dengan tata ruang kota serta wilayah jika kamu berkuliah di jurusan ini. Menjadi ahli tata kota adalah salah satu pilihan karir yang dapat kamu coba selulusnya kamu dari sini.

4. Fisika

Di jurusan ini, kamu akan belajar ilmu fisika murni. Eits, jangan khawatir bila banyak yang menganggap ilmu fisika itu rumit dan sulit. Peluang kerja juga selalu tersedia, seperti menjadi analis di perusahaan-perusahaan.

5. Biologi

Menjadi ahli biologi adalah impian kamu? Suka dengan ilmu yang berkaitan dengan makhluk hidup maupun ekosistem? Jurusan ini akan sangat cocok buat kamu.

6. Kimia

Analis-analis kimia selalu dibutuhkan di berbagai perusahaan. Gaji yang ditawarkan juga biasanya besar, lho, Quipperian! Jadi, jangan takut jika kamu suka kimia namun ragu masuk jurusan kimia karena lapangan pekerjaan.

7. Matematika

Menjadi ahli matematika, kenapa tidak? Bagi kamu yang suka dengan pelajaran matematika, jurusan ini sangat tepat buat kamu. Kamu juga bisa menjadi dosen jika setelah lulus dari jurusan ini, kamu juga lanjut dan menyelesaikan program magister.

8. Ilmu Peternakan

Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang segala hal yang berkaitan dengan peternakan. Baik itu teorinya, manajemen peternakan, hingga praktek langsung ke dunia peternakan seperti peternakan sapi maupun ikan. Kamu bisa bekerja sebagai penyuluh peternakan, bekerja di LSM, maupun membuka bisnis peternakan sendiri selepasnya kamu lulus dari jurusan ini.

9. Sistem Informasi

Jurusan ini agak mirip dengan teknik informasi. Bedanya, di jurusan ini kamu lebih belajar tentang teorinya. Lapangan pekerjaan yang menanti kamu juga mirip dengan teknik informasi, yaitu analis, tenaga IT, dll.


Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

1. Jurusan Ekonomi

Jurusan Ekonomi merupakan jurusan yang cukup bergengsi di banyak universitas lainnya di dunia, termasuk di UIN Alauddin. Kamu akan belajar mengenai teori ekonomi. Banyak sekali pilihan lapangan pekerjaan yang tersedia untuk lulusan Jurusan Ekonomi. Sebut saja pekerjaan di bank, perusahaan, berbagai industri, dsb.

2. Ekonomi Islam

Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang teori ekonomi khususnya Islam. Lapangan pekerjaan yang tersedia juga tidak terbatas, bahkan lebih luas lagi. Kamu bisa menjadis eorang ahli ekonomi islam, maupun bekerja di bank syariah.

3. Manajemen

Jurusan Manajemen juga selalu diminati banyak calon mahasiswa pada umumnya. Kamu akan belajar mengenai pengelolaan sebuah organisasi secara umum dan teori. Sehingga, diharapkan ketika kamu lulus nantinya, menjadi manager maupun pengelola sebuah acara menjadi pekerjaan yang menanti kamu.

4. Akuntansi

Di jurusan ini kamu akan belajar mengenai teori akuntansi, keuangan beserta manajemen dan administrasinya. Pilihan karir akuntan maupun pekerjaan di bank menanti kamu yang menyelesaikan pendidikan di kampus ini.

5. Ekonomi Pembangunan

Mirip dengan jurusan ekonomi, jurusan ini berfokus pada teori ekonomi secara mendalam. Bedanya, ekonomi pembangunan lebih menitikberatkan pada permasalahan ekonomi di negara-negara berkembang. Pekerjaan yang menanti kamu antara lain bekerja di pemerintahan, bank, maupun LSM.

Demikian informasi singkat tentang pilihan jurusan yang ada di UIN Alauddin Makassar. Terkait biaya kuliah, UIN Alauddin juga termasuk universitas yang sudah menerapkan UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang menyesuaikan beban biaya kuliah dengan kemampuan finansial orangtua kita. Sehingga biaya kuliah bisa berbeda-beda setiap orangnya. Tenang, kamu bisa cek langsung di

www.uin-alauddin.ac.id

langsung untuk melihat gambarannya, Quipperian.

Penulis: Nuri Yunita

Jurusan Yang Ada Di Uin Makassar

Source: https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/intip-yuk-beragam-pilihan-jurusan-di-uin-alauddin-makassar/

Artikel Terkait

Leave a Comment