Salah satu tahapan dalam melamar pekerjaan adalah interview. Untuk melakukan interview, pelamar harus mempersiapkan banyak hal, termasuk kesiapan mental, fisik, serta jawaban yang akan diberikan untuk setiap pertanyaan. Salah satunya adalah jawaban pertanyaan pekerjaan yang disukai dan tidak disukai.

Perekrut akan memberikan beberapa pertanyaan kepada pelamar, mulai dari pertanyaan tentang diri pelamar, hingga alasan pelamar ingin bekerja di perusahaan tersebut. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan beberapa di antaranya bersifat menjebak. Meski begitu tujuan pertanyaan tersebut adalah untuk mengetahui karakter pelamar apakah cocok dan sesuai dengan pekerjaan yang diisi. Oleh karena itu pelamar harus mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjebak.

Adapun contoh beberapa pertanyaan bersifat menjebak meliputi pekerjaan apa saja yang disukai dan tidak disukai, apa yang disukai dan tidak disukai, apa yang tidak disukai di pekerjaan sebelumnya, serta apa saja bidang pekerjaan yang diminati. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini harus dipikirkan dengan matang, disesuaikan dengan bidang kerja yang dilamar, serta dilontarkan dengan positif tanpa ada unsur menjelekkan perusahaan sebelumnya.

Baca Juga : Jawaban-Jawaban Terbaik Pertanyaan Alasan Melamar Pekerjaan

Contoh Jawaban Pertanyaan Pekerjaan yang Disukai dan Tidak Disukai

Dalam interview kerja, pelamar tentu akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang bersifat menjebak dari perekrut. Jangan khawatir dan tetap tenang dengan memberikan jawaban-jawaban yang jujur, positif, dan tanpa ada unsur menjelekkan pihak manapun. Berikut beberapa tips dan contoh jawaban pertanyaan menjebak saat interview kerja.

A. Jawaban Pertanyaan “Pekerjaan apa yang disukai?”

(Sumber: Lokerjogja.id)

Pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh perekrut adalah
“pekerjaan apa yang disukai?”. Untuk menjawabnya sebenarnya tidak begitu sulit, pelamar hanya harus menjawabnya dengan jujur dan yang paling penting adalah sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Karena biar bagaimanapun perekrut hanya ingin mengetahui kecocokan pelamar untuk mengisi posisi tersebut. Berikut ini tips menjawab pertanyaan mengenai pekerjaan yang disukai.

Baca :   Rangkuman Prakarya Kelas 7 Semester 2 Bab 1

1. Memberitahu Suasana Kerja yang Membuat Nyaman

Memberi jawaban mengenai pertanyaan pekerjaan yang disukai, pelamar dapat memberitahukan suasana kerja yang disukai dan membuat nyaman. Terutama bagaimana lingkungan kerja yang diinginkan, semisal menyukai lingkungan kerja yang friendly, tenang, dan kondusif.

Jelaskan juga alasan logis mengapa menyukai suasana kerja tersebut. Misalnya karena dengan suasana itu membuat lebih bersemangat sehingga kinerja makin meningkat.

2. Mengkaitkan dengan Skill dan Passion

Hindari memberikan jawaban singkat seperti
“saya menyukai pekerjaan desain grafis”. Akan tetapi jelaskan dengan lebih rinci dengan mengkaitkannya dengan skill dan passion yang dimiliki. Semisal melamar pekerjaan desain grafis, maka jelaskan bahwa
“saya senang dengan pekerjaan yang mendorong saya untuk berpikir lebih kreatif”.

Pertanyaan ini juga bisa dijawab dengan kalimat,
“saya selalu tertantang untuk mempelajari pekerjaan baru yang belum saya pahami”.

3. Menyambungkan Jawaban dengan Pekerjaan yang Ditawarkan

Yakinkan perekrut bahwa pelamar memang benar-benar menyukai dan menginginkan posisi yang ingin diisi dengan menjawab pertanyaan tersebut dengan menyambungkannya dengan pekerjaan yang ditawarkan.

Semisal melamar pekerjaan di bagian management, maka jelaskan bahwa pelamar memang senang dengan pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang.

Atau jika melamar pekerjaan sebagai admin atau finance, bisa menjawab,
“saya menyukai pekerjaan yang membutuhkan ketenangan, dan berhubungan dengan detail”.

Baca Juga : Cara Menjawab Pertanyaan HRD: Ceritakan Tentang Diri Anda?

B. Jawaban Pertanyaan “Pekerjaan apa yang tidak disukai?”

Jawaban Pertanyaan “Pekerjaan apa yang tidak disukai?”
(Sumber: Glints.com)

Pertanyaan berikutnya memang cukup menjebak, apalagi bagi pelamar yang tidak mempersiapkan diri sebelumnya. Yaitu pertanyaan
“pekerjaan apa yang tidak disukai?”. Pertanyaan ini bisa membuat salah paham pelamar dan perekrut. Dan saat menjawabnya juga harus berhati-hati dengan mempertimbangkan banyak hal. Berikut tips dan contoh jawabannya.

ane. Memberikan Jawaban Secara Logis dan Diplomatis

Saat menjawab pertanyaan ini, jelaskan secara login dan diplomatis. Gunakan kata “kurang” atau “agak” untuk alasan yang negatif, hindari penggunaan kata “tidak”, karena akan terdengar jauh lebih diplomatis.

Baca :   Tumbuhan Putri Malu Mempunyai Ciri Khusus Berupa

Contoh jawabannya: “Saya merasa kurang nyaman saat bekerja dengan orang-orang yang lebih mengutamakan diri sendiri daripada tim.”

2. Hindari Memberi Jawaban Bersifat Kontradiktif

Maksudnya adalah dengan memberi jawaban yang dapat berpotensi membuat perekrut salah paham. Pastikan jawaban yang diberikan tidak kontra dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut.

Semisal melamar pekerjaan di bidang marketing dan sales, maka hindari mengatakan,
“saya tidak menyukai pekerjaan yang mengharuskan berhubungan dengan banyak orang.”
Sehingga pelamar harus bisa memahami bidang pekerjaan yang sedang dilamar.

3. Menjelaskan Cara Kerja dalam Tim

Tidak semua pekerjaan dilakukan secara individu, justru saat ini banyak pekerjaan yang membutuhkan kerjasama tim. Oleh karena itu sebaiknya jelaskan mengenai cara kerja saat berada dalam tim. Berikut contoh jawabannya:

“Saya kurang menyukai bekerja dalam tim yang para anggotanya tidak dapat bersikap profesional, karena saya lebih suka bekerja dengan sebuah tim yang kompak.”

C. Jawaban lain pertanyaan “apa pekerjaan yang disukai dan tidak disukai?”

Sebagai referensi menjawab pertanyaan di atas, berikut beberapa contoh lain jawabannya.

i. “Saya menyukai pekerjaan yang sesuai dengan bidang pendidikan yang saya tempuh, sehingga kurang menyukai pekerjaan yang tidak memiliki tujuan karir yang jelas.”

2. “Saya menyukai lingkungan kerja yang kondusif, oleh karena itu saya kurang menyukai lingkungan kerja yang kurang produktif, dan tidak profesional ketika bekerja.

3. “Sebenarnya saya kurang menyukai pekerjaan yang menghambat kreatifitas dalam bekerja, sebaliknya saya menyukai jenis pekerjaan yang dapat membuat saya lebih termotivasi untuk mengembangkan  dan mengasah skill saya kedepannya.”

4. “Saya lebih nyaman bekerja dalam tim yang dapat bekerjasama dan saling mendukung dalam menuntaskan target pekerjaan yang berat. Sehingga tim yang tidak profesional membuat saya kurang nyaman ketika bekerja.”

Baca Juga : Daftar Pertanyaan Wawancara Kerja Menjebak Paling Sulit dan Jawaban

D. Jawaban Pertanyaan “Bidang pekerjaan apa yang diminati?”

Jawaban Pertanyaan “Bidang pekerjaan apa yang diminati?”
(Sumber: Magazine.job-like.com)

Kandidat rekrutmen juga pasti akan menemukan pertanyaan ini. Bisa saat wawancara, maupun saat mengisi form pendaftaran. Sama halnya dengan jawaban pertanyaan-pertanyaan sebelumnya. Penting untuk memberi jawaban yang sesuai dengan bidang pekerjaan atau posisi yang dilamar. Karena tujuan dari pertanyaan ini adalah supaya perekrut memahami bidang pekerjaan apa saja yang diminati oleh kandidat, sekaligus dapat menjadi pertimbangan perekrut apakah pelamar sesuai dan cocok mengisi posisi tersebut.

Baca :   Tugas Mandiri 5.6 Pkn Kelas 10

Jenis pekerjaan dibedakan menjadi two berdasarkan tempat bekerjanya, yaitu pekerjaan di lapangan, serta pekerjaan di dalam ruangan kantor. Jenis pekerjaan juga ada yang harus berhubungan dengan banyak orang, maupun pekerjaan yang sifatnya teknis yakni lebih banyak berhubungan dengan benda mati. Ada pekerjaan yang membutuhkan skill komunikasi mumpuni, ada juga pekerjaan yang lebih memfokuskan skill teknis.

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini tentu kandidat harus memahami betul mengenai bidang pekerjaan yang dilamar. Berikut beberapa contoh jawaban pertanyaan tersebut.

1. “Saya menyukai pekerjaan yang memungkinkan saya untuk berkomunikasi dengan banyak orang.”

2. “Saya lebih menyukai pekerjaan yang membutuhkan suasana yang tenang dan kondusif sehingga dapat berkonsentrasi penuh.”

3. “Saya lebih adopt dengan bidang pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas tinggi, termasuk pengadaan event.”

Demikian penjelasan mengenai jawaban pertanyaan pekerjaan yang disukai dan tidak disukai. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan
Similar Facebook,
Follow Twitter
dan
Instagram
CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk
Follow Instagram
dan Subscribe
Channel Youtube
penulis.