Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Daya Tahan Otot

Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Daya Tahan Otot

Apa yang dimaksud kebugaran jasmani: pengertian, jenis serta manfaatnya. Di sini iNews.id akan mengulasnya secara lengkap. (Foto: Ist)

Andika Rachmansyah
Kamis, 21 Oktober 2021 – 22:00:00 WIB

JAKARTA, iNews.id
– Apa yang dimaksud kebugaran jasmani: pengertian, jenis serta manfaatnya. Di sini iNews.id akan mengulasnya secara lengkap.

Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk tetap bisa menghadapi beban fisik yang didapatkan tanpa merasa kelelahan. Jika seseorang memiliki kebugaran jasmani yang baik, dia dapat melakukan aktivitas dengan lancar.

Tentunya, kebugaran jasmani menjadi hal penting untuk tiap orang agar tubuh sehat selalu. Kebugaran jasmani memiliki tujuan untuk mempertahankan, meningkatkan, dan mengembangkan, kesehatan seseorang. Berikut adalah unsur-unsur dan manfaat kebugaran jasmani:

Berikut ini ulasan apa yang dimaksud kebugaran jasmani: pengertian, jenis serta manfaatnya.

 1. Kekuatan

Kekuatan atau force merupakan kondisi tubuh ketika memakai otot guna memaksimalkan tenaga dalam melaksanakan sebuah aktivitas fisik. Untuk mendapatkan otot yang kuat bisa dilatih dengan latihan berat secara rutin dan konsisten.

Contoh latihan ini adalah push-up, sit-up, dan back-upwardly. Sedangkan untuk olahraga yang memerlukan kekuatan diantara lainnya adalah tolak peluru dan angkat besi.

2. Daya Otot

Daya otot merupakan kemampuan seseorang dalam memanfaatkan kekuatan maksimal dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Daya otot berkaitan dengan sistem anaerobik dalam proses pemenuhan kebutuhan energi.

Latihan yang cocok seperti vertical jump, front jump, dan side spring. Daya otot adalah unsur kebugaran yang penting ketika atlet akan melakukan start atau melakukan tolakan saat berolahraga.

3. Daya Tahan

Merupakan kemampuan tubuh ketika melaksanakan gerak dengan seluruh anggota tubuhnya dalam waktu yang lama agar tidak mudah lelah. Selain itu, daya tahan juga dikaitkan dengan kemampuan seseorang untuk menggunakan sistem kardiovaskuler secara efektif dan efisien dalam melakukan aktivitas fisik.

Contoh latihannya adalah lari santai selama 15-thirty menit, bersepeda, dan berenang. Olahraga yang memerlukan daya tahan tinggi adalah lari jarak jauh.

Baca :   Harga Oppo Reno 6 256gb Second

4. Kecepatan

Unsur ini merupakan kemampuan untuk pindah dari satu posisi ke posisi yang lain dalam waktu yang singkat dan cepat. Ketika seseorang menggunakan waktu yang sedikit, maka orang tersebut memiliki kecepatan yang baik.

Contoh latihannya adalah lari sprint atau lari jarak dekat.

v. Kelenturan

Kelenturan juga merupakan unsur penting. Sebab, berpengaruh dengan keleluasaan pada otot tubuh. Khususnya pada bagian persendian terhadap penyesuaian gerak yang dilakukan.

Contoh latihannya adalah senam, yoga, atau renang. Olahraga yang cocok yaitu senam laintai dan senam ritmik.

half-dozen. Kelincahan

Kelincahan merupakan kemampuan seseorang dalam menyesuaikan diri dengan posisi-posisi tubuh seperti dari depan ke belakang, atau kiri ke kanan.

Beberapa jenis latihan fisik yang dapat melatih kelincahan di antaranya adalah lari zig-zag dan naik-turun anak tangga. Salah satu jenis olahraga yang mengandalkan kelincahan adalah bulu tangkis, dan sepak bola.

7. Keseimbangan

Unsur ini merupakan kemampuan untuk mengendalikan organ dan syaraf otot. Dengan tujuan mengendalikan gerakan tubuh dengan baik.

Contoh latihannya adalah latihan sikap lilin, berjalan di atas balok kayu, dan berdiri dengan tangan sebagai tumpuannya. Salah satu cabang olahraga yang mengandalkan kemampuan keseimbangan adalah senam dan loncat indah.

8. Reaksi

Reaksi merupakan kemampuan seseorang agar dapat bertindak. Dengan reaksi tentu akan menanggapi rangsangan atau stimulus yang diberikan orang lain.

Contoh latihannya adalah adalah lempar tangkap bola. Olahraga yang cocok seperti basket, bowling, dan memanah.

9. Koordinasi

Koordinasi merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan berbagai gerakan berbeda dan bisa mengkoordinasikan seluruh tubuh dengan tepat.

Koordinasi membutuhkan kemampuan gerak insting yang kuat sekaligus konsentrasi yang tinggi. Contoh latihannya seperti memantulkan bola ke tembok dan menangkapnya kembali.

x. Ketepatan

Unsur ini merupakan kemampuan dalam mengendalikan gerakan sesuai dengan sasaran. Permainan bowling dan memanah dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengasah ketepatan.

Manfaat Kebugaran Jasmani

1. Menjaga Berat Badan dan Menghindari Obseitas

Baca :   Apa Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Bagimu

Obesitas dapat terjadi karena penimbunan zat-zat makan dan energi berlebih yang tertimbun dalam tubuh. Selain itu, kegemukan juga dapat terjadi karena tubuh kurang beraktivitas.

2. Dapat Mencegah Penyakit diabetes

Kebugaran jasmani bermanfaat untuk mencegah dan menahan laju penyakit diabetes. Sebab jika kita olahraga secara teratur, baik, dan benar akan menurunkan gula darah.

3. Mencegah penyakit jantung

Pada saat tubuh melakukan olahraga, aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh ke jantung akan sangat lancar ketimbang saat tubuh diam. Oleh sebab itu, latihan kebugaran bisa mencegah penyakit jantung.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa menimbulkan berbagai gangguan Kesehatan bagi tubuh misalnya penyakit jantung koroner, storeke sampai gagal jantung.

5. Meningkatkan kualitas hormon

Latihan kebugaran jasmani bisa memengaruhi produktivitas hormon dalam tubuh.

6. Menurunkan gejala depresi dan kegelisahan

Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani, tubuh akan menjadi lebih rileks. Kondisi tersebut akan memengaruhi depresi.

vii. Melindungi dari osteoporosis

Karena dengan melakukan gerakan akan memiliki tulang yang kuat. sehinga dapat menjadi solusi untuk mencegah kualitas kepadatan tulang akibat osteoporosis.

8. Meningkatkan mood

Tentu dengan kondisi yang bugar dapat menghilangkan rasa bosan. Olahraga aerobic bisa mengurangi ketegangan dan memunculkan semangat.

9. Membuat awet muda

Manfaat selanjutnya adalah membuat orang terlihat awet muda karena terhindar dari stress.

Editor : Reynaldi Hermawan

TAG : Kebugaran Jasmani angkat besi berolahraga

​ ​ ​

Yang dimaksud dengan

daya tahan

adalah kemampuan fisik / tubuh untuk menjalankan aktivitas kerja dalam jangka waktu yang relatif lama.

Ketahanan tubuh dipengaruhi oleh aspek respirato, cardio, vaskulair endurance, atau dikenal dengan pernapasan, jantung dan peredaran darah.

Kerja dalam hal ini adalah kerja dari pompa jantung, paru-paru, dan aliran darah. Sebab kinerja tubuh akan mempengaruhi lamanya aktivitas kerja yang dapat kita lakukan.

Misalnya nih sebarapa lama seorang mampu berlari, berenang atau melakukan olahraga lain seperti sepak bola.

Baca :   Manfaat Keberagaman Karakteristik Individu Di Sekolah

Apabila peredaran dari darah yang diatur oleh jantung dan paru terhambat, orang tersebut mudah kecapean, dan tidak kuat melakukan atau menjalankan rutinitas sampai selesai.

Misalkan, pada seorang yang siswa yang memiliki ketahanan tubuh lemah, akan mudah kelelahan hingga sakit bila melakukan aktivitas olahraga.

Banyak faktor yang mempengarui seperti misalnya gangguan kesehatan yang dimiliki, atau jarangnya melakukan aktivitas gerak dalam waktu yang cukup lama.

Kinerja tubuh yang mempengaruhi aliran darah yang tidak baik, dapat mempengaruhi seorang menjadi mudah ngantuk, ngos-ngosan, tidak bergairah, hingga kelelahan, sebab penyebaran oksigen tidak merata karena perederan darah tidak lancar.

Meski begitu, kemapuan ini bisa ditingkatkan dengan latihan secara bertahap, dan tertaur, untuk memperoleh manfaat kebugaran jasmani yang akan meningkatkan kondisi fisik, dan kesehatan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan daya tahan

Yang dimaksud dengan daya tahan tubuh adalah kemampuan / kesanggupan fisik dalam melaksanakan kerja dalam waktu yang cukup lama.

Jawaban ke dua di atas juga diambil berdasarkan penjelasan pada buku cetak PJOK Kelas 7.

Dari penjelasan di atas, ketahanan tubuh yang masuk dalam 7 unsur utama kebugaran jasmani ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan diukur oleh waktu lamanya melakukan suatu kerja.

Kerja atau kinerja ini berupa jantung, paru-paru dan peredaran darah.

Seberapa lama jantung, paru-paru, dan jantung dapat mempompa dengan baik dengan aliran darah yang lancar atau tubuh tidak merasa kelelahan berarti saat menjalankan rutinitas?

Jawabannya

Jelaskan apa yang dimaksud dengan daya tahan

Daya tahan yaitu kemampuan tubu orang melakukan kerja dalam waktu yang seberapa lama. 🥇🏃‍♂️✅

Terdapat dalam buku cetak PJOK / Penjaskes kelas 7 SMP / Mts di halaman 197 tentang aktivitas latihan daya tahan.

🥇
Berdasarkan penjelasan dan referensi di atas: jawaban telah sesuai dengan buku, oleh sebab itu dinyatakan BENAR.

Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Daya Tahan Otot

Source: https://apaartidari.com/jelaskan-yang-dimaksud-daya-tahan-otot

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …