Jelaskan Mengenai Keunggulan Dari Kertas Laster Photo Paper

Jelaskan Mengenai Keunggulan Dari Kertas Laster Photo Paper

Luster merupakan jenis kertas yang biasa digunakan untuk mencetak foto beresolusi tinggi. Namun dalam beberapa percetakan, kertas ini juga dapat digunakan untuk mencetak Banner karena kualitasnya yang baik. Tergolong jenis kertas yang sangat awet. Bisa bertahan hingga puluhan tahun, tidak mudah pudar, mampu menghasilkan efek doff. Cocok digunakan pada foto beresolusi tinggi. Bila anda ingin serius dalam dunia digital photo printing, kertas jenis ini merupakan pilihan wajib.

***

Artikel ini butuh untuk dikembangkan demi kepentingan bersama. Silahkan daftar dan menjadi kontributor untuk menyempurnakan informasi mengenaiApa Itu Luster Newspaper (Kertas Luster).

Apakah Artikel ini bermanfaat?

Silahkan login untuk memberikan masukan

Vendorpedia Artikel memiliki visi untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi Industri khususnya Home Manufacture di Indonesia. Kami membuka kesempatan untuk para profesional dalam berbagi kebermanfaatan dengan menjadi kontributor.

Login untuk berkontribusi

Artikel Terkait:

Produk Pilihan

artikel usaha, artikel peluang usaha, artikel bisnis, artikel tentang bisnis, artikel tentang bisnis online, artikel tentang manajemen bisnis, ide usaha, usaha printing, cara menjalankan usaha, ide bisnis, ide jualan, ide bisnis kreatif, ide jualan online modal kecil, jenis usaha sampingan bagi pemula, ide jualan untuk remaja

DimensiData.com
– Mengenal Macam Jenis kertas Photograph Printing kualitas Terbaik yang sering Digunakan untuk mencetak foto. Sekarang ini jaman sudah semakin mod, pekerjaan apapun bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan praktis hanya dengan melalui bantuan alat canggih. Salah satunya adalah dalam dunia cetak foto. Dulu jika kita mau mencetak foto tentunya kita harus pergi ke studio foto untuk menyerahkan file berisi foto untuk kemudian dicetak.

Namun sekarang untuk mencetak foto bisa dilakukan sendiri dirumah yakni dengan menggunakan printer. Salah satu jenis printer yang mampu menghasilkan cetak foto yang relatif bagus adalah printer inkjet, namun selain printer ternyata masih ada beberapa alat pendukung lainnya untuk hasil foto yang terbagus yaitu tinta dan jenis kertas.

Ketiga komponen ini sangat penting dalam dunia percetakan. Terutama masalah kualitas jenis kertas. Ingat, ada banyak sekali jenis kertas yang tersedia. Tapi jangan asal pilih pasalnya masing masing jenis kertas memiliki sifat dan fungsi yang berbeda beda. Dengan kata lain jenis kertas untuk cetak foto pun juga berbeda. Foto yang bagus akan sia-sia bila menggunakan kertas yang sembarangan.

Kebanyakan orang, masih banyak yang belum mengetahui macam jenis kertas photograph, padahal hal ini sangat berpengaruh besar terhadap hasil cetakan foto tersebut. Maka dari itu pastikan Anda mengenal macam jenis kertas photo printing agar anda dapat menggunakan sesuai kebutuhan anda.

Berikut ini macam jenis kertas photo printing terbaik yang sering digunakan untuk mencetak foto

Kertas Glossy

Macam jenis kertas photo yang satu ini adalah kertas foto terbaik yang paling banyak digunakan. Bahkan bisa dibilang paling populer terutama banyak digunakan untuk mencetak foto dengan kualitas sedang.

Keunggulan kertas glossy :

  • Permukaan kertas yang halus
  • Terlihat mengkilap dan berkelas
  • Hasil cetakan yang bagus dan jelas
  • Cocok digunakan pada percetakan foto beresolusi tinggi
  • Harga kertas sleeky lebih murah
Baca :   Contoh Hewan Mamalia Khas Indonesia Bagian Tengah Adalah

Kekurangan kertas sleeky :

  • Memiliki sifat mudah lengket
  • Mudah meninggalkan bekas seperti goresan atau bekas sidik jari.
  • Jika digunakan untuk impress berwarna, warna cepat memudar apalagi jika disimpan pada ditempat terbuka dan terkena panas
  • Sifat kertas yang tipis

Kertas Mette (Doff)

Macam jenis kertas photo ini dianggap memiliki permukaan yang lebih bertekstur serta lebih sedikit refleksi cahaya. Keunggulannya, kertas foto ini cukup awet dan tidak akan menimbulkan bekas meski sering dipegang. Tidak akan ada sidik jari yang akan membekas selama dalam batas kewajaran. Kertas foto Mette (Doff) sangat cocok untuk digunakan mencetak foto-foto yang tidak akan dipasangkan pada figura/frame atau tidak dimasukan album.

Kertas Double-Side Paper

Macam jenis kertas photo terbaik Kertas foto Double-Side Paper biasa digunakan untuk mencetak foto pada kedua sisi (depan dan belakang). Hasil foto tidak mengkilap dan cenderung doff. Sangat cocok digunakan untuk mencetak pamflet dan brosur untuk sarana promosi.

Kertas Laster

Macam jenis kertas photo Laster photograph newspaper menjadi kertas foto untuk jangka panjang dan biasanya digunakan untuk keperluan dokumenter. Daya tahannya bisa mencapai puluhan tahun tidak akan mudah pudar serta mampu menghasilkan efek doff.

Kertas canvas

Macam jenis kertas photo printing yang satu ini memiliki tekstur yang mirip seperti canvas lukisan. Oleh sebab itulah kertas photograph printing ini dinamakan keras canvas.

Keunggulan kertas canvas :

  • Memiliki tekstur agak kasar dan terdapat garis garis mirip seperti canvas lukisan. Sehingga hasil cetaknya menjadi sangat bagus.
  • Proses pengeringan tinta sangat cepat karena kertas ini memiliki daya serap yang tinggi
  • Memiliki ketebalan minimal 180 gsm
  • Memiliki sifat lebih awet dibandingkan kertas sleeky

Kekurangan kertas canvas :

  • Dari sekian banyaknya keunggulan kertas canvas, namun sayangnya kertas canvass ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Lebih mahal dibandingkan kertas glossy.

Kertas inkjet

Macam jenis kertas photo printing yang satu ini yaitu kertas inkjet merupakan salah satu jenis kertas foto yang unik. Bahkan kertas inkjet merupakan jenis kertas foto yang memiliki banyak keunggulan, diantaranya

  • Bentuk dan tekstur seperti kertas biasa namun kertas ini memiliki sifat tahan air atau cairan. Sehingga anda tidak perlu takut gambar yang anda cetak menjadi pudar akibat air. Hal inilah yang menjadi keunikan tersendiri dari kertas inkjet dibandingkan kertas foto lainnya.
  • Memiliki ketebalan kertas yang tipis, tapi bukan berarti hal ini merupakan kekurangan dari kertas inkjet, melainkan termasuk salah satu keunggulan kertas inkjet. Karena pada dasarnya kertas inkjet memang tidak khusus untuk cetak foto konvensional melainkan lebih cocok untuk kencetal sketsa, kalender, poster, dan lainnya.
  • Hasil gambar terlihat lebih jelas dan tajam.

Kekurangan kertas inkjet :

  • Tidak cocok untuk mencetak kebutuhan foto konvensional
  • Selain kertas inkjet, kertas matte doff juga merupakan jenis kertas photo printing yang unik. Adapun keunggulan kertas matte doff yaitu
  • Memiliki tekstur permukaan yang sedikit refleksi cahaya
  • Memiliki sifat awet dan tidak akan meninggalkan bekas saat dipegang,
  • Memiliki daya serap yang cepat, meskipun hanya menggunakan tinta dan printer berkualitas rendah.
  • Sangat cocok dipakai untuk mencetak foto foto yang tidak dimasukkan dalam frame atau anthology
Baca :   Tuliskan Pokok Pokok Informasi Dalam Berita

Sebenarnya masih ada Banyak lagi macam jenis kertas photo printing yang bisa kita gunakan sebagai media impress out. seperti Photo paper, Laser newspaper, stiker mate, double side, matte doff, dan lain sebagainya. Semoga informasi mengenai Macam Jenis kertas Photograph Printing terbaik bisa bermanfaat untuk anda, terutama bagi anda yang akan mencetak foto dengan hasil yang bagus.

Jenis Kertas Cetak Foto
– Sebelum mencetak foto mau tidak mau kamu harus memilih jenis kertas apa yang akan kamu gunakan. Pilihan kertas cetak foto yang tepat akan menghasilkan tampilan foto yang memukau, dan pilihan yang tidak tepat akan mengurangi nilai estetika sebuah foto. Tentu kamu tak ingin bukan memiliki foto yang bagus tapi tak sempurna ketika dicetak. Karena itu, pilihlah kertas cetak foto yang tepat.

Hukum lama masih berlaku. Kualitas menentukan hasil begitu juga dengan kertas foto. Kertas yang bagus pasti menelurkan foto yang menawan pula. Untuk itu, penting bagi kamu memhami jenis kertas foto. Tujuannya tidak saja sekadar tahu tetapi dapat membedakan hasil yang berkualitas dengan yang tidak. Apalagi karena memang masing-masing jenis kertas foto memiliki kelebihan, kekurangan dan kegunaan tertentu.

  • Ukuran Foto, Cetak Foto, Pas Foto

Jenis Kertas Cetak Foto

Biar kamu tak bingung atau salah pilih kertas cetak foto yang tepat, kenali jenis-jenis kertas cetak foto berikut ini.

ane. Premium Glossy Foto Paper

Jenis kertas foto ini sering di istilahkan dengan Hight Glossy. Kertas ini memberikan hasil cetak yang bagus, yaitu lebih mengkilau. Kilauan ini nampak jelas tanpa menghilangkan foto aslinya. Selain itu, kertas ini memberikan resolusi tinggi. Foto akan tampak lebih jelas dan bersih.

Meski demikian jenis kertas foto ini tidak tanpa celah. Kelemahanya Kertas foto glossy cenderung menempel pada kaca ketika dibingkai. Bahkan jenis kertas foto ini rentan terhadap sidik jari dan noda jika dipegang, kecuali menggunakan sarung tangan. Meski demikian, secara umum kertas sleeky adalah pilihan yang baik jika kamu hendak cetak foto dengan warna-warna cerah.

Kualitas Foto Glossy:

  • halus, tanpa tekstur di permukaan
  • kualitas tajam
  • warna cerah
  • mengkilap, reflektif
  • hidup dalam warna
  • cenderung lengket pada bahan gelas atau kaca
  • dapat meninggalkan sidik jari ketika disentuh

2. Luster Photo Paper

Kertas ini sangat cocok untuk yang menginginkan hasil bagus. Sebab memiliki resolusi tinggi dengan tingkat kejernihan yang oke. Hasil cetak menggunakan kertas ini menimbulkan efek kulit jeruk dan juga doff. Tentu efek inilah membuat siapa saja terkagum-kagum.

Kelebihan lain dari jenis kertas ini adalah ketahanan, yaitu lebih tahan lama. Hasil cetak foto yang akan tetap sama dalam jangka waktu lama. Sangat cocok sebagai foto dokumen pentingg atau untuk dokumen pernikahan.

Kualitas Kertas Foto Luster:

  • Tajam seperti mutiara
  • Saturasi yang kaya warna
  • Sidik Jari biasanya tidak terlihat
  • Halus, mengkilap namun tidak menyilaukan
  • Warna yang lebih kontras
  • Baik untuk bingkai foto
  • Kertas yang lebih tebal
  • Terlihat Professional
Baca :   Menurutmu Apa Dampak Penemuan Guglielmo Marconi Bagi Warga Dunia

iii. Sleeky Photo Paper

Kertas jenis ini biasa digunakan di cetak foto standard dan digunakan studio foto kecil. Meski  demikian kertas ini memiliki warna putih dan mengkilap serta memberikan hasil cetak foto yang bagus. Biasanya jenis kertas ini digunakan untuk foto-foto pribadi.

Kelebihan lain yang tidak ditemukan di kertas lain adalah harga yang terjangkau. Sedangkan, untuk kelemahan dari sisi tahan lama yang sedikit berkurang.

Kualitas Kertas Glossy Photo Newspaper:

  • halus, tanpa tekstur di permukaan
  • mengkilap, reflektif
  • kualitas tajam
  • warna cerah
  • hidup dalam warna
  • cenderung lengket pada bahan gelas atau kaca

4. Inkjet Paper

Kertas ini biasanya khusus digunakan untuk para arsitektur. Mengapa demikian? Karena ada keperluan dengan grafis seperti proff arsitek rumah,  gedung perkantoran dan lainnya.

Jenis kertas ini jelas jauh lebih bagus dibanding dengan kertas HVS. Karena digunakan bukan orang sembarangan dan tentu menghasilkan kualitas yang bagus dan tahan lama. Namun, soal harga lebih terjangkau sedikit dengan kertas lainnya.

Kualitas kertas Inkjet paper

  • Permukaan kertas lebih halus.
  • Permukaan kertas dilapisi dengan coating khusus.
  • Hasil Impress jauh lebih tajam dibanding dengan Kertas HVS.

5. Mater Newspaper (Doff)

Kertas ini terbilang istimewa karena lebih berstruktur dan mengkilat. Mengkilat inilah yang memberikan efek menawan. Kertas jenis ini lebih istimewa lagi ketika dipegang tidak terlihat bekas jari. Membuatnya awet dan tanpa noda tangan.

Selain itu, mudah menyerap tinta dan sangat cocok untuk foto yang sering dipegang. Sedangkan untuk kelemahan terletak pada segi harga saja. Kertas mater ini juga cocok untuk framing dan pernikahan dan foto bayi. Hanya saja karena teksturnya membuat foto terlihat kasar dan juga bisa saja menghasilkan tekstur terlihat jika dipindai.

Kualitas kertas Foto Mater:

  • Lebih tahan goresan
  • Halus, bertekstur di permukaan
  • Tidak Mengkilat
  • Sidik Jari biasanya tidak terlihat
  • Terlihat Professional person
  • Baik untuk bingkai foto

6. Kertas Canvas

Kertas foto yang popular di masyarakat adalah kertas Canvas. Kertas ini memilliki tekstur yang sepadan dengan Sail lukisan, agak kasar dan ada garis-garis yang dapat menghasilkan karya yang bagus.

Kelebihan lainnya tidak perlu memakan waktu lama untuk mengeringkan hasil cetakan foto dengan kertas ini. Kepuasan menggunakan kertas ini pasti akan kamu dapatkan. Sayangnya untuk harga terkenal cukup mahal.

Kualitas kertas Sheet

  • Hasil cetak foto cepat kering
  • Permukaan kertas ikonik
  • Hanya saja harganya cukup mahal.

vii. Kertas Metal

Terakhir ada jenis kertas Metalic yang terkenal sangat tahan lama, mampu menghasilkan penampilan mengkilap seperti chrome. Memiliki lapisan halus dengan tampilan mencolok, metalik, khas seperti logam.

Kualitas Kertas Foto Metal:

  • Hasil akhir Halus
  • Terlihat Mengkilap
  • Kaya Warna
  • Warna Tajam
  • Lebih tahan lama

Berbagai jenis kertas cetak foto dengan kelebihan di atas bisa membantu kamu menentukan pilihan kertas terbaik mana yang akan kamu pilih untuk mencetak album kenangan kamu. Jika masih ada jenis kertas foto yang saya lewatkan, tolong tulis dalam kolom komentar.

Jelaskan Mengenai Keunggulan Dari Kertas Laster Photo Paper

Source: https://belajardenganbaik.com/jelaskan-keunggulan-dari-kertas-laster-photo-paper

Check Also

Fpb Dari 36 72 Dan 90

Fpb Dari 36 72 Dan 90 A link has directed you lot to this review. …